cover
Contact Name
ACEP RONI HAMDANI
Contact Email
acepronihamdani2@gmail.com
Phone
+6285223970654
Journal Mail Official
acepronihamdani2@gmail.com
Editorial Address
Jl. Marsinu No.5, Dangdeur, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
ISSN : 2614722X     EISSN : 24775673     DOI : https://doi.org/10.36989/didaktik
Core Subject : Education,
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua reviewer sesuai bidang keahlianya. Jurnal didaktik telah terindex oleh Google Sholar dan ROAD. Adapun P-ISSN dari Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang yaitu 2477-5673, serta E-ISSN dari Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang yaitu 2614-722X. Website jurnal yang digunakan yaitu https://jurnalstkipsubang.ac.id dengan versi OJS ke 2.0, kemudian dirubah domain dan hosting ke alamat https://journal.stkipsubang.ac.id dengan versi OJS 3.0, sehingga kebanyak histori dan jumlah kunjungan berada pada domain https://jurnalstkipsubang.ac.id, namun dikarenakan ada masalah integrasi dari yang lama ke yang baru, sehingga kami menggunakan versi OJS 3.0 di domain baru. Dan menggunakan quicksubmit di OJS yang baru.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019" : 12 Documents clear
ANALISIS PERBANDINGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF Marten Yogaswara, Sri; Novendra, Afief Maula; Almujab, Saiful; Ramafrizal , Yudho
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (904.794 KB) | DOI: 10.36989/didaktik.v5i2.93

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Problem Solving. Dalam penelitian ini digunakan metode quasi-experimental design (eksperimen semu) yaitu jenis eksperimen yang menggunakan seluruh subjek yang utuh (intact group) untuk diberi perlakuan (treatment). Bentuk quasi eksperimental design (eksperimen semu) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Counterbalanced design. Dalam Counterbalanced Design ini menggunakan dua kelas dimana semua kelas merupakan kelas eksperimen. Perbedannya adalah terletak pada sub bahasan atau kompetensi dasar yang dilakukan disetiap kelas dengan berbeda treatment. Desain penelitian Counter balanced Design tidak menggunakan pre test tapi didalam desain ini siswa hanya diberi posttest saja sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem based learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan metode belajar problem solving dan project based learning.
EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI SQ3R DALAM MEMAHAMI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMK PLUS ULUMUL QURAN KUNIR TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Maulana, Irpan
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.401 KB) | DOI: 10.36989/didaktik.v5i2.94

Abstract

The ability of students to read comprehension is relatively low, especially in understanding the reading text of the report of observations, so we need a learning innovation that can improve students' ability to read comprehension through the application of the SQ3R strategy. The formulation of the problem in this study are (1) How is the ability to read text comprehension reports on students' observations? (2) What is the ability to read understanding text reports of students' observations after using the SQ3R strategy? (3) Is the application of the SQ3R learning strategy effective in learning to read the text of the observation report? The purpose of this study is (1) to describe the ability of students to read the understanding of the text of the observation report. (2) describe the ability of students to read the text of the observation report after using SQ3R. (3) describe the effectiveness of the use of SQ3R in learning to read the text of the observation report. This study uses the Pre Experiment research method with the One-Group Pretest-Postest design. The results of the study showed that there was an increase in the ability to read comprehension in the text of the student's observation report. This is indicated by an increase in the average reading comprehension value of 15.98 from the average results before the implementation of the SQ3R learning strategy by 55.83 and after the implementation of the SQ3R strategy by 71.81. So that the SQ3R strategy is effectively applied to the learning of reading comprehension of the observation report text.
PENINGKATAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERAMAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE Ramlan, Willyana; Mustika Sari TS, Shinta
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.281 KB) | DOI: 10.36989/didaktik.v5i2.95

Abstract

There were several reasons for conducting this study, students? seriousness in attending writing speech text were still low and not excited. Therefore, the teacher must choose and apply an effective teaching learning model to improve students? abilities in writing speech text. This study aims to improve students? abilities in writing speech text through concept sentence model and investigated students? responses through teaching writing speech text by using concept sentence model. The quasi experiment is the research method of this study. The control and experiment class were given pre-test and post-test to know the students? abilities before and after treatment. The questionnaire also used to gain the data about students? responses through teaching writing speech text by using concept sentence model. The research finding shows that the model concept sentence is effective to improve students? ability in writing speech text . The indicators of the success of by using SPSS 23.0 are that: (1) the mean of pre-test result in the experiment class was 64,18 and  post-test result in the experiment class was 81,28, meanwhile the mean of pre-test result in the control class was 60,57 and  post-test result in the control class was 71,50; (2) the students? responses through questionnaires found that the application concept sentence model was very positive.  
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Sadat, Anwar; Herlina, Irna
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.516 KB) | DOI: 10.36989/didaktik.v5i2.96

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran model  Reciprocal Teaching dan yang  memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu, dianalisis pula tentang sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model reciprocal teaching. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan sampel penelitian terdiri dari 64 siswa kelas VIII yang berasal dari dua kelas di SMP Negeri I  Cijambe. Kedua kelas diberikan pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis,  dan diberi angket sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran model reciprocal teaching. Hipotesis penelitian diuji dengan uji parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol; (2) Sebagian besar siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching.  
UPAYA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF Milawati, Fina; Siallagan, Timbo
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.853 KB) | DOI: 10.36989/didaktik.v5i2.97

Abstract

ABSTRACT For the development of education towards more advanced learning mathematics sought metacognitive learning. Learning that can build students' perspectives on mathematical problems, by thinking of an appropriate strategy. Then, from the knowledge obtained by the student is able to draw conclusions or reasoning, in this case the achievement of students' mathematical reasoning abilities. This study aims to determine the achievement of the reasoning ability of students who are given learning with a metacognitive approach and students who are given conventional learning. This study uses an experimental method conducted on eighth grade students of SMP Negeri 3 Kalijati. The sample selection is done randomly by selecting two classes from three classes. Of the two classes selected, class VIIIC as an experimental class whose learning uses a metacognitive approach and class VIIIB as a control class whose learning uses conventional learning models. To determine the ability of the two classes are given a preliminary test and a final test with the same questions. The results of the study concluded that students' reasoning abilities on the subject of the circle using learning metacognitive approaches were higher than using conventional learning.     ABSTRAK Untuk pengembangan pendidikan kearah lebih maju dalam pembelajaran matematika diupayakan suatu pembelajaran metakognitif. Pembelajaran  yang dapat membangun cara pandang siswa terhadap masalah matematika, dengan memikirkan suatu strategi yang tepat. Kemudian, dari pengetahuan yang diperoleh siswa tersebut mampu mengambil kesimpulan atau penalaran, dalam hal ini pencapaian kemampuan penalaran matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kemampuan penalaran siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan metakognitif dan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kalijati. Pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan memilih dua kelas dari tiga kelas. Dari dua kelas yang terpilih, kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan pendekatan metakognitif dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui kemampuan dari kedua kelas tersebut diberi tes awal dan tes akhir dengan soal yang sama. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan penalaran siswa pada pokok bahasan lingkaran menggunakan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran konvesional.
STUDI KOMPARATIF METODE INVESTIGASI KELOMPOK DAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SOSIAL SISWA DI SMPN 3 CIPONGKOR Teguh, Rio
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.855 KB) | DOI: 10.36989/didaktik.v5i2.98

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi social siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Investigasi Kelompok dan Metode Number Heads Together (NHT) telah dilakukan di SMPN 3 Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi social siswa dan pemahaman guru akan pentingnya metode pembelajaran alternative pada proses pembelajaran IPS sehingga sering kali IPS dianggap sebagai pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan. Selain itu, berdasarkan observasi yang dilakukan sebelum penelitian, terdapat beberapa masalah diantaranya: kurang aktifnya siswa dalam belajar, pembelajaran IPS hanya berupa hafalan dan teoritis, serta kuranya guru menguasai metode pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan guru IPS mengenai metode-metode pembelajaran IPS yang dapat digunakan dalam meningkatkan kompetensi social siswa sebagai indicator peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa, serta sebagai masukan yang membangun bagi sekolah tempat penelitian ini berlangsung dalam rangka meningkatkan kompetensi social siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent group post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2013-2014, sedangkan sampelnya adalah 35 orang siswa kelas VIII B dan 35 orang siswa kelas VIII D. berdasarkan hasil analisis data yang terkumpul selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Investiigasi Kelompok lebih dapat meningkatkan kompetensi social siswa dibandingkan dengan penerapan metode Number Heads Together (NHT).
PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA Anih, Euis; Mutmainah, Nita
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.924 KB) | DOI: 10.36989/didaktik.v5i2.99

Abstract

ABSTRAK Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru perlu memilih strategi pembelajaran yang efektif. Salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri di daerah Subang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain berbentuk pretest-posttest dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Satu kelas sebagai kelas eksperimen (diberikan strategi pembelajaran REACT) dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di daerah Subang kabupaten Subang, Tahun Pelajaran 2019-2020 dengan sampel adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Materi yang dipilih adalah koordinat kartesius. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis siswa, angket dan lembar observasi. Instrumn berupa soal yang berbentuk uraian sebanyak empat butir soal, 18 pernyataan berbentuk angket, lembar observasi kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung. Intrumen diolah menggunakan Software Microsoft Excel 2013 dan Software Minitab for Windows Version 19.0. Hasil penelitian setelah dianalisis menunjukkan bahwa dengan taraf signifikansi  adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas eksperimen yang dalam pembelajarannya memperoleh strategi pembelajaran REACT lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dalam pembelajarannya menggunakan pembelajaran dengan pendekatan biasa (saintifik). Berdasarkan analisis terhadap angket, siswa memberikan respon positif terhadap pelajaran matematika, maupun strategi REACT. Maka, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran REACT dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VI SDN 033 ASMI KOTA BANDUNG Nurfaidah, Siti Sholiha; Lukman Praja, Azis; Fazriyah, Nurul; Mamad, Akhmad
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.792 KB) | DOI: 10.36989/didaktik.v5i2.100

Abstract

Changes in the context of education are always made in order to improve the quality of education output. One learning model that can be applied is thematic learning with a scientific approach. A scientific approach is a learning process that uses a scientific thought process. Where learning is very important for students to find and build their own knowledge that is fun and meaningful. The purpose of this research is to get a picture of the implementation of a scientific approach in thematic learning in class VI SDN 033 Asmi Bandung. This research is a descriptive research. The research subjects in this study were model teachers (lecturers who teach in schools) and class VI A students at SDN 033 Asmi. Data collection tools in this study are interview guidelines, observation sheets and study documentation. Data analysis was performed by data reduction, data display and conclusion drawing. The results showed that the model teacher had implemented learning using a scientific approach which was carried out through the steps of the activity: 1) observing, 2) asking questions, 3) trying, 4) associating, and 5) communicating. Each step has been implemented well but not always done sequentially on every learning that is done. Thematic learning with a scientific approach has made the learning process more active and enjoyable. So that students really become the center of activity in the learning process that takes place.
HUBUNGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII DI SMP NEGERI SATU ATAP 1 CIPAKU Suryanto, Dudang; Endang, Endang
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.064 KB) | DOI: 10.36989/didaktik.v5i2.102

Abstract

Method of Discussion and Instructional Media has a very big role in shaping an entire process This is nothing else because through the Method of Discussion and Instructional Media can gain knowledge and through knowledge also humans will be able to do good. The main problem in this study is the extent to which the Effects of Discussion Methods and Instructional Media on Student Achievement in PKN Subjects in Class X of SMA Muhammadiyah Pangandaran. While the method that the author uses in this study is the field research method (field research) in order to find out students' reading interest which is supported by library research methods in order to have a strong theoretical foundation. Therefore, the data collection tools used were in the form of questionnaires, observation sheets and interview guide sheets. Keywords: Educative, Discussion, Interview   ABSTRAK Metode Diskusi dan Media Instruksional Edukatif memiliki peranan yang sangat besar dalam membentuk suatu seluruh proses Hal ini tidak lain karena melalui Metode Diskusi dan Media Instruksional Edukatif dapat memperoleh pengetahuan dan melalui pengetahuan pula manusia akan mampu untuk berbuat kebaikan. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana Pengaruh Metode Diskusi dan Media Instruksional Edukatif Terhadap Prestasi siswa Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas X SMA Muhammadiyah Pangandaran. Sedangkan metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research) dalam rangka mengetahui minat baca siswa yang ditopang dengan metode penelitian pustaka (library research) agar memiliki landasan teoretis yang kuat. Karenanya, alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar observasi dan lembar pedoman wawancara. Kunci  : Edukatif, Diskusi, Wawancara
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI HUKUM DAN KONSTITUSI Cahyono, Cahyono; Sukarliana, Lili; Mulyana, Dadang; Deni Normansyah, Asep
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.645 KB) | DOI: 10.36989/didaktik.v5i2.106

Abstract

The learning process in law theory and constitution courses requires variations in the use of learning models, to increase the level of understanding and analysis of student abilities related to concepts and theories of law theory and constitution courses. The purpose of this study is to learn how to apply the problem-based learning model of learning using brainstorming techniques in improving the analysis skills of students specifically with respect to lectures on legal theory and constitution courses. Quantitative research with the main data source is pretest and posttest research with research subjects of all 5 semester students of PPKn study programs taking courses in legal theory and constitution. The results showed that there was an increase in student scores seen from the results of the pretest and posttest scores which increased significantly, the highest value at the posttest score reached 92 and the highest value at the pretest score 76. It can be concluded that the need for a problem based learning learning model with brainstorming techniques proved to be effective in improving students' analytical skills regarding legal theory and constitution.

Page 1 of 2 | Total Record : 12