cover
Contact Name
Dr. Intan Dwi Hastuti
Contact Email
jurnal.jpin@gmail.com
Phone
+6281216119880
Journal Mail Official
intancendekiamataram@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok Q 11 Ling. Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
ISSN : 27228134     EISSN : 26208466     DOI : https://doi.org/10.47165/jpin
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1: April 2018" : 10 Documents clear
ANALISIS CAMPUR KODE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Arpan Islami Bilal
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v1i1.32

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian tentang peristiwa campur kode bahasa yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Rancangan penelitian ditujukkan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penentuan subjek penelitian dilakukan dengan menetapkan populasi (seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah) dan sampel (siswa kelas VII.B yang berjumlah 34 orang) sebagai  informan. Metode pengumpulan data yakni metode obsevasi, kemudian dilanjutkan dengan metode dokumentasi, dan wawancara. Metode untuk menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil simpulan: (1) campur kode yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dalam bentuk pergantian unsur-unsur  berupa kata, kelompok kata, kata ulang, dan pergantian unsur yang berwujud klausa (2) faktor penyebab terjadinya campur kode secara ekstralinguistik disebabkan (a) kebiasaan guru dan siswa menggunakan bahasa daerah sehingga kebiasaan tersebut terbawa-bawa dalam kegiatan pembelajaran, (b) siswa lebih paham apabila guru menggunakan bahasa campuran/daerah ketika menjelaskan materi pembelajaran, (c) pergantian unsur bahasa tertentu ditujukan untuk pengormatan dan penghalusan. Adapun faktor penyebab terjadinya campur kode secara intralinguistik dikarenakan beberapa kosakata tidak ditemukan padanannya dalam bahasa Indonesia. 
IDENTIFIYING STUDY ON FACTOR THAT INFLUENCE STUDENTS’ ACTIVENESS IN MATHEMATICS LEARNING DESIGN SUBJECT Sukma Mawaddah; Lalu Muchsin Effendi; Irzani .
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v1i1.12

Abstract

Mathematics Education Department student as future teacher must be active in learning process, especially to improve their pedagogic competence, one of these competencies is to plan Mathematics learning design. The purpose of this research is to identify and to describe the factors that cause student for being active in Mathematics learning process, on Mathematics learning Design subject in Mathematics Education Program, Education and Teacher Training Faculty, Islamic State University of Mataram, 2016/2017 academic year. This research is qualitative type of descriptive study case. Using purposive sampling technic with Milles and Hubberman models’ data analyzed. There are data reduction, data display, and verification. The result of this research is the factors that influenced student learning activeness are: (a) internal factors of student, (b) external factors of student, (c) learning approach of students own, and (d) learning goals.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 45 MATARAM SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING (CL) TIPE STAD Baiq Masniwati
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan cooperative learning (CL) tipe STAD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 45 Mataram. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas senyatanya. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi Peserta Didik untuk meningkatkan motivasi belajar yang berdampak meningkatnya hasil belajar Peserta Didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,21) dan hasil observasi Peserta Didik mencapai skor rata-rata (4,10). Sedangkan dampak dari peningkatan motivasi belajar adalah meningkatnya perolehan hasil belajar Peserta Didik mencapai nilai rata-rata (83,53), artinya indikator keberhasilan ( 4,0) telah terlampaui. Karena indicator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.
WORKSHOP PEMBUATAN HANDOUT DAN PENDAMPINGAN GURU DALAM PROGRAM OLIMPIADE DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MALANG Siti Khoiruli Ummah; Alfiani Athma PutriRosyadi; Reni Dwi Susanti; Mayang Dintarini
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v1i1.9

Abstract

The purpose of the workshop is making handouts in the level of Mathematical Olympiad for student in Vocational School (SMK). The implementation of the workshop and mentoring Olympiad is in SMK Muhammadiyah Malang 2. Stages of devotion in the form of workshop activities include: 1) socialization of mathematical Olympiads, 2) workshop 3 handout) making accompaniment the creation of material handouts, and 4) trials handouts on students. The results of the workshop in the form of handouts mathematical Olympiads CMS trial results and handouts to the students of SMK.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs. NURUL WATHAN PLAMBIK Haniifan Musliman; Sutarto Sutarto; Zainal Abidin; Intan Dwi Hastuti
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v1i1.2

Abstract

Based on the observations of students of class VII in MTs. Nurul Wathan Plambik found that the subject of mathematics is a lesson that is considered relatively difficult. Thus an alternative method is needed to improve student learning outcomes. One of them is by applying cooperative learning model of SAVI type (Somatic, Auditory Visual, Intellectual) This learning model is applied with the aim to describe the learning outcomes on the subject matter of integers.This research is a type of classroom action research conducted in 2 cycles, each cycle consists of five stages of planning, implementation, observation, evaluation, and reflection Based on the data analysis shows the results of observation and evaluation that the students' learning outcomes in the cycle obtained the average value of students 70.89 with the highest score of 87 and the lowest value 30 with the percentage of class 75% , it can be seen that the percentage of students' learning mastery on us I has not met the criteria set at 2 85%, and the increase in the average score of students is 77.86 with the highest score 90 and the low grade 43 with 89% classical completeness. research can be concluded that application of learner model an cooperative type SAVI can improve student learning outcomes in the matter of integers in class VII MTs Nurul Wathan Plambik academic year 2017/2018.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI Jijit Meida; Sutarto .; Yuntawati .
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v1i1.3

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS MA NW Mengkuru. Rumusan masalah yang diajukan yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS MA NW Mengkuru Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS MA NW Mengkuru Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan pertama penyampaian materi dan pertemuan kedua evaluasi. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.C IPS MA NW Mengkuru yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sumber data, jenis data dan cara pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan aktivitas mengajar guru dan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh siklus I pada persentase ketuntasan klasikal sebesar 66,66%, sedangkan pada siklus II hasil tes tindakan meningkat. Siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 90%. Peningkaan keberhasilan dari siklus I dan siklus II adalah 23,34%. Berdasarkan hasil tindakan siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI.C IPS MA NW Mengkuru.
THE EFFECTIVENES OF FISH BOWL OR FISH BOWL TECHNIQUES TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOMES OF IPS IN GRADE STUDENTS V A SND 16 CAKRANEGARA ACADEMIC YEAR 2016/2017 Ni Komang Sri Widari; Nur hasanah; Siti Istiningsih
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v1i1.6

Abstract

Background of this research is the low social learning outcomes on students fifth grade at SDN 16 Cakranegara, it is caused by learning process focus on teaccher (Teacher Centered) and they used monoton method. Teacher usually teach only usuhg speech method and they didn’t support by the appropriate facilities. The problem in this research is how the efectivness of bowl fish teachnique could improve social learning outcomes on fifth grade students at SDN 16 Cakranegara in 2016 to 2017 ? The purpose is to improve social learning outcomes on fifth grade students in 2016 to 2017 by using bowl fish technique or aquarum. This is a base calssrom research in two cydes each cycle consist of planning, implementation, action, observation,and evaluation, reflection as well. The method collecting data are observation, documentation and test. In the frist cycle the result is on average 75,375 with percentage 70,83% and the scores for activities of students are 53 categories active enough. In second cycle the students having an increase on average 82,791 categories active. The conelusion is the efectivness of bowl fish technique could improve social learing outcomes on fifth grade students at SDN 16 Cakranegara in 2016 to 2017.
KREATIVITAS ANAK DAN CLAY TANAH LIAT Dwi Isti Rahayu; Mulianah Khaironi
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v1i1.1

Abstract

This study aims to develop the creativity of children aged 5-6 years in PAUD Pade Angen Tenges-Enges through the use of clay media. The type of research is qualitative study involving 12 children 5-6 years old as the subject of research. Data analysis used in this research is descriptive qualitative with data collecting technique in the form of interview, observation, and documentation. The results of the first stage of development showed that the average of creativity development of children aged 5-6 years in PAUD Pade Angen Tenges-Enges is 61.80% with the percentage of mastery learning by the teacher is 55% and increased in second stage development to 64.72% with the percentage of mastery learning by the teacher is 90% . This shows that the use of clay media can develop the creativity of children aged 5-6 years in PAUD Pade Angen Tenges-Enges.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI-A SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 6 CAKRANEGARA MELALUI PENERAPAN MODEL STAD Raodatul Ahyar
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model STAD dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika Peserta didik kelas VI A SD Negeri 6 Cakranegara. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi peserta didik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil  belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,43) dan hasil observasi peserta  didik  mencapai skor rata-rata (4,48). Sedangkan hasil belajar peserta didik adalah  mencapai nilai rata-rata (84,56), artinya indikator keberhasilan (lebih dari 75,00) telah terlampaui. Karena indikator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.
ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 MALANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BERPANGKAT MATEMATIKA Mayang Dintarini; Alfiani Athma Putri Rosyadi; Reni Dwi Susanti; Siti Khoiruli Ummah
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v1i1.4

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe-tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat pada olimpiade SMK. Subjek penelitian merupakan 15 siswa pembimbingan olimpiade SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan Langkah-langkah penelitian yang dilakukan yaitu mulai dari perencanaan penelitian, pemberian tes, wawancara, analisis, serta forum group discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua macam tipe kesalahan siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang dalam menyelesaikan soal olimpiade, yaitu kesalahan strategi penyelesaian dan kesalahan konsep..

Page 1 of 1 | Total Record : 10