cover
Contact Name
Budi Priyo Prawoto
Contact Email
budiprawoto@unesa.ac.id
Phone
+6231-8280009
Journal Mail Official
jurnallitdikmipa@unesa.ac.id
Editorial Address
gedung c8 jurusan matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya kampus ketintang
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
ISSN : -     EISSN : 2580586X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains (JPPMS) adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini memuat artikel penelitian yang berorientasi pada pokok-pokok kajian pendidikan matematika dan sains (fisika, kimia, biologi, dan IPA). Fokus dan cakupan Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains meliputi: Inovasi Pembelajaran Asesmen dan Evaluasi Media Pembelajaran Konsepsi dan Miskonsepsi Kurikulum dan Filsafat Psikologi Kognitif
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): First edition" : 8 Documents clear
REKONSTRUKSI RANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI ANALISIS KESULITAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA TOPIK LISTRIK DINAMIS Juliani, Rini; Utari, Setiya; Saepuzaman, Duden
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS Vol 1, No 1 (2017): First edition
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Literasi sains (LS) merupakan kemampuan untuk memahami, menggunakan serta mengaplikasikan sains agar mampu mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan sains secara efektif dan bertanggung jawab. Individu yang berliterasi sains akan mampu belajar untuk memecahkan permasalahannya dan beradaptasi dalam masyarakat yang terus berkembang. Sehingga, LS dipandang penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Namun, diduga adanya indikasi proses pembelajaran sains belum secara optimal memfasilitasi pelatihanya LS siswa, sebagai contoh instruksi paktikum yang digunakan masih besifat verifikasi sehingga tidak memfasilitasi kemampuan mengembanagkan pertanyaan penyelidikan dan merencanakan penyelidikan. Dengan metode suvey menggunakan 143 sampel di salah satu SMP N kabupaten Bandung bertujuan untuk mendapatkan gambaan rekonstruksi pembelajaan sains yang melatihkan LS bedasakan profil kesulitan LS siswa.Hasil penelitian menunjukkan profil LS yang dipandang rendah pada domain pengetahuan prosedural  43,12%dan pengetahuan epistemik 47,44%, sedangkan pada  domain kompetensi mengevaluasi dan merancang penelitian ilmiah 42,31%, serta kompetensi menginterpretasikan data dan bukti ilmiah 56,76%. Berdasakan analisis profil dan hasil wawancara dengan guru dan siswa, maka rekonstruksi RPP menekankan pada proses observasi untuk menghasilkan pertanyaan penyelidikan, merencanakan penyelidikan (mengenal variabel, membuat predikasi dan meencanakan pediksi), mendapatkan data sebagai bahan pengetahuan epistemik untuk  menganalisis dan membuat kesimpulan, serta memberikan saran berdasarkan hasil evaluasi penyelidikan ilmiah.
PENERAPAN METODE INKURI TERBIMBING PADA KONSEP FOTOSISTESIS DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH Nurmaliah, Cut; Nursafiah, Nursafiah
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS Vol 1, No 1 (2017): First edition
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fotosintesis di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-4 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII-5 (kelas kontrol).  Instrumen penelitian terdiri atas tes dan lembar observasi sikap ilmiah. Analisis data peningkatan hasil belajar berupa gain ternormalisasi (N-gain), dan sikap ilmiah dengan persentase. Perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa pada materi fotosintesis di SMP Negeri 8 Banda Aceh.
PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2013/2014 Haryaka, Usfandi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS Vol 1, No 1 (2017): First edition
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Samarinda Ulu tahun 2013/2014. Dari 4 sekolah yang berbeda, ditentukan 388 siswa sebagai sampel dengan Teknik proportional random sampling. Sebelum penelitian dilaksanakan, diadakan uji coba instrument penelitian pada siswa di SMP Negeri 7 Samarinda kelas VIIIB yang berjumlah 31 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier ganda dengan taraf signifikan 5%. Hasil skor rata-rata kecerdasan intrapersonal sebesar 46,98 kategori sedang, lingkungan keluarga sebesar 114,10 kategori sedang, dan nilai rata-rata dari hasil belajar matematika siswa adalah 47,14. Hal ini berarti hasil belajar matematika siswakelas VII di Kecamatan Samarinda Ulu tergolong kategori sedang.Hasil analisis inferensial diperoleh persamaan penduga  dengan Fhit=242,73serta Ftabel= 3,00. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 58,8% model regresi dugaan dapat menjelaskan pengaruh kecerdasan intrapersonal dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika. Untuk kecerdasan intrapersonal diperoleh thitung = 20,82 dan ttabel = 1,96; terdapat pengaruh antara kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar matematika. Lingkungan keluarga siswa diperoleh thitung = 3,89 dan ttabel = 1,96 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN DI UNIVERSITAS TADULAKO Tureni, Dewi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS Vol 1, No 1 (2017): First edition
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa pada matakuliah Perkembangan Hewan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini mengikuti model penelitian secara bersiklus yang meliputi beberapa tahap, yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2013 sampai  Januari 2014, di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tadulako. Subyek penelitian adalah 50 mahasiswa Pendidikan Biologi semester 5 yang mengampu mata kuliah Perkembangan Hewan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuatitatif. Data diperoleh melalui observasi dan pemberian test pada siswa. Data menunjukkan bahwa diperoleh persentase nilai rata-rata (NR) yang meningkat sebanyak 12,5 % dan 30 % masing-masing pada aktivitas dosen (87,5%) dan aktivitas mahasiswa (90%), yang dikategorikan baik dan sangat baik. Pemberian tes menunjukkan kondisi yang serupa, yakni mahasiswa terbantu untuk dapat melampaui nilai standar kelulusan. Penggabungan kedua data membuktikan bahwa pendekatan saintifik yang berbasis mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Oleh karena itu dapat disimpulkan Penerapan pendekatan Saintifik berbasis Peta Pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan motivasi mahasiswa pada mata kuliah perkembangan  hewan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tadulako.
PENGEMBANGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL BERSARANA KOMPUTER UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN ASAM, BASA, DAN GARAM Lutfi, Achmad
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS Vol 1, No 1 (2017): First edition
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media laboratorium virtual untuk melatih siswa  berpikir kritis pada materi Asam, Basa, dan Garam. Pertama dilakukan pengembangan media laboratorium virtual dan melalui uji validasi, setelah dinyatakan valid dilakukan uji coba dan dilanjutkan penerapan. Uji coba dilakukan terhadap 10  (sepuluh) siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo dan penerapan dalam pembelajaran terhadap 30 siswa di SMA Negeri 1 Manyar Gresik, Jawa Timur.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan melatih siswa berpikir kritis pada pembelajaran asam, basa, dan garam. Penggunaan media interaktif laboratorium virtual bersarana komputer ini dapat menghemat biaya praktikum kimia namun media ini belum bisa melatih  keterampilan (psikomotor) siswa dalam menggunakan alat-alat praktikum.
REKONSTRUKSI RANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI ANALISIS KESULITAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA TOPIK LISTRIK DINAMIS Juliani, Rini; Utari, Setiya; Saepuzaman, Duden
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS Vol 1, No 1 (2017): First edition
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppms.v1n1.p%p

Abstract

Literasi sains (LS) merupakan kemampuan untuk memahami, menggunakan serta mengaplikasikan sains agar mampu mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan sains secara efektif dan bertanggung jawab. Individu yang berliterasi sains akan mampu belajar untuk memecahkan permasalahannya dan beradaptasi dalam masyarakat yang terus berkembang. Sehingga, LS dipandang penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Namun, diduga adanya indikasi proses pembelajaran sains belum secara optimal memfasilitasi pelatihanya LS siswa, sebagai contoh instruksi paktikum yang digunakan masih besifat verifikasi sehingga tidak memfasilitasi kemampuan mengembanagkan pertanyaan penyelidikan dan merencanakan penyelidikan. Dengan metode suvey menggunakan 143 sampel di salah satu SMP N kabupaten Bandung bertujuan untuk mendapatkan gambaan rekonstruksi pembelajaan sains yang melatihkan LS bedasakan profil kesulitan LS siswa.Hasil penelitian menunjukkan profil LS yang dipandang rendah pada domain pengetahuan prosedural  43,12%dan pengetahuan epistemik 47,44%, sedangkan pada  domain kompetensi mengevaluasi dan merancang penelitian ilmiah 42,31%, serta kompetensi menginterpretasikan data dan bukti ilmiah 56,76%. Berdasakan analisis profil dan hasil wawancara dengan guru dan siswa, maka rekonstruksi RPP menekankan pada proses observasi untuk menghasilkan pertanyaan penyelidikan, merencanakan penyelidikan (mengenal variabel, membuat predikasi dan meencanakan pediksi), mendapatkan data sebagai bahan pengetahuan epistemik untuk  menganalisis dan membuat kesimpulan, serta memberikan saran berdasarkan hasil evaluasi penyelidikan ilmiah.
PENGEMBANGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL BERSARANA KOMPUTER UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN ASAM, BASA, DAN GARAM Lutfi, Achmad
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS Vol 1, No 1 (2017): First edition
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppms.v1n1.p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media laboratorium virtual untuk melatih siswa  berpikir kritis pada materi Asam, Basa, dan Garam. Pertama dilakukan pengembangan media laboratorium virtual dan melalui uji validasi, setelah dinyatakan valid dilakukan uji coba dan dilanjutkan penerapan. Uji coba dilakukan terhadap 10  (sepuluh) siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo dan penerapan dalam pembelajaran terhadap 30 siswa di SMA Negeri 1 Manyar Gresik, Jawa Timur.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan melatih siswa berpikir kritis pada pembelajaran asam, basa, dan garam. Penggunaan media interaktif laboratorium virtual bersarana komputer ini dapat menghemat biaya praktikum kimia namun media ini belum bisa melatih  keterampilan (psikomotor) siswa dalam menggunakan alat-alat praktikum.
PENERAPAN METODE INKURI TERBIMBING PADA KONSEP FOTOSISTESIS DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH Nurmaliah, Cut; Nursafiah, Nursafiah
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS Vol 1, No 1 (2017): First edition
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppms.v1n1.p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fotosintesis di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-4 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII-5 (kelas kontrol).  Instrumen penelitian terdiri atas tes dan lembar observasi sikap ilmiah. Analisis data peningkatan hasil belajar berupa gain ternormalisasi (N-gain), dan sikap ilmiah dengan persentase. Perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa pada materi fotosintesis di SMP Negeri 8 Banda Aceh.

Page 1 of 1 | Total Record : 8