cover
Contact Name
Nungky Viana Feranita
Contact Email
nungky_viana@yahoo.com
Phone
+6281234700771
Journal Mail Official
dian-ilmu@stiapembangunanjember.ac.id
Editorial Address
Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Majalah Ilmiah Dian Ilmu
ISSN : 08532516     EISSN : 26207451     DOI : 10.37849/midi
Core Subject : Science, Social,
The "DIAN ILMU" Scientific Magazine is a journal that publishes the results of empirical research that is updated with up-to-date references and contributes to the development of scientific fields in Business Administration and Public Administration. The Editorial Team invited the writings of academics and practitioners to be published in this journal with the focus of the study being: 1. Public Policy 2. Public Management 3. Regional Autonomy Policy 4. Public Services 5. Public Policy with Gender Perspective 6. E-Government 7. Village and Village Development Policy 8. Strategic Management 9. Public Sector Coordination Management 10. State Administrative Law 11. Bureaucracy and Public Governance 12. Business Administration 13. Management 14. Finance 15. Human resources 16. Marketing 17. Management information system 18. Production operations 19. Research methods 20. Organization 21. Business policy 22. Business strategy
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2011): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2011" : 5 Documents clear
KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA Siti Husnul Hotima
Majalah Ilmiah DIAN ILMU Vol 11, No 1 (2011): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.02 KB) | DOI: 10.37849/midi.v11i1.9

Abstract

Koperasi sebagai salah satu bentuk badan usaha mempunyai peran strategis bagi pemberdayaan dan penguatan perekonomian rakyat. Koperasi sebagai sebuah lembaga ekonomi rakyat telah lama dikenal di Indonesia dan masih bisa bertahan dan berkembang ditengah persaingan yang ada khususnya di Kabupaten Jember.Koperasi Wanita Budi Pertiwi harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan anggotanya. Salahsatunya adalah dengan meningkatkan pelayanan karyawan kepada anggota koperasi.Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis seberapa besar hubungankualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan pelanggan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan pendapat Slovin dimana sampel dalam penelitian ini adalah 88 orang anggota, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment.Setelah di ketahui nilai r hitung kemudian akan di analisis lagi menggunakan uji tdimana variabel Kepuasan Anggota (Y), variabel Kualitas Pelayanan (X). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh atas uji analisis menggunakan product moment telah membuktikan bahwa, untuk product moment diperoleh hasil sebesar (r hitung) 0,975>0,183(r tabel) menunjukan bahwa pelayanan karyawan koperasi berhubungan erat dengan kepuasan anggota. Dari lima indikator pelayanan anggota yaitu (1) reliability, (2) Responsiveness, (3)  Access, (4) Courtesy, (5) Communication, indikator courtesy merupakan indikator yang mempunyai hubungan paling kuat yaitu sebesar 0,975.
KINERJA DAN PROSPEK KETAHANAN PANGAN KOMODITAS BERAS DI KABUPATEN JEMBER Hotima, Siti Husnul
Majalah Ilmiah DIAN ILMU Vol 11, No 1 (2011): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.923 KB) | DOI: 10.37849/midi.v11i1.10

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran beras di Kabupaten Jember, untuk menganalisis ketahanan pangan pada beras di Kabupaten Jember tahun 2009 ? 2013, untuk menganalisis kontribusi komoditas beras terhadap total komoditas tanaman pangan.Pangan merupakan kebutuhan dasar yang paling esensial bagi manusia untuk mempertahankan hidup dan kehidupan. Sebagai makhluk bernyawa, tanpa pangan manusia tidak mungkin dapat melangsungkan hidup dan kehidupannya untuk berkembang biak dan bermasyarakat. Untuk menilai keberhasilan kebijakan ketahanan pangan dapat dilakukan dengan mengukur tingkat ketahanan pangan di Kabupaten Jember.Untuk menjawab permasalahan Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi permintaan dan penawaran beras di Kabupaten Jember, bagaimanakah ketahanan pangan pada beras di Kabupaten Jember tahun 2009 ? 2013, bagaimanakah kontribusi komoditas beras terhadap total komoditas tanaman pangan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, Least Square Method dan kontribusi komoditas.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel jumlah beras yang diminta pada tahun t -1 (Qdt-1), variabel harga beras pada tahun t ?1 (Pt-1), variabel pendapatan per kapita penduduk pada tahun t (It) dan variabel jumlah penduduk pada tahun t (Popt) berpengaruh signifikan positif terhadap variabel jumlah beras yang diminta pada tahun t (Qdt); variabel jumlah beras yang ditawarkan pada tahun t -1 (Qst-1), harga beras pada tahun t ?1 (Pt-1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel jumlah beras yang ditawarkan pada tahun t (Qst); tren perkembangan produksi beras di Kabupaten Jember yang diperoleh pada tahun 2004 ? 2013 mengalami peningkatan; tahun 2003 hingga 2008 kontribusi beras mengalami penurunan. Hal ini dapat disebabkan karena jumlah produksi tanaman pangan selain beras, yaitu jagung, kedelai, kacang tanah, ubi, sayur-sayuran sejak tahun 2003 sampai tahun 2008 mengalami peningkatan.
HUBUNGAN PELAYANAN APARATUR PEMERINTAHAN DESA DENGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DESA DI KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER Ibnu Supriyadi
Majalah Ilmiah DIAN ILMU Vol 11, No 1 (2011): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.31 KB) | DOI: 10.37849/midi.v11i1.11

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan publik seringkali menghadapi hambatan dalam memformulasikan strategi pelayanan. Pertama, karena mental atau anggapan sebagai pelayan umum yang dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan yang sama untuk seluruh anggota masyarakat yang ada dalam masyarakat, walaupun sebenarnya mereka mempunyai harapan yang berbeda. Kedua, karena penyelenggaraan pelayanan publik pada umumnya bersifat monopoli, maka keinginan untuk menjadi lembaga pelayanan yang berfokus kepada pencapaian kepuasan masyarakat relatif lemah.Sehingga masih banyak pelaksanaan pelayanan publik yang menurut kacamata masyarakat masih banyak permasalahan sehingga terasa  kurang kurang memuaskan. Salah satunya dalam pelayanan adalah pembuatan Kartu Keluarga (KK).Sehingga penelitian perlu di lakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan hubungan antara pelayanan aparatur pemerintahan desa secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta terhadap tingkat kepuasan masyarakat desa di  Kecamatan balung Kabupaten Jember. Populasinya adalah seluruh penduduk yang ada di  desa-desa di Kecamatan Balung Kabupaten Jember,  sedangkan sampel yang diambil adalah sebanyak 30 (tiga puluh) Kepala Keluarga. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, yang disusun dengan modifikasi dalam skala likert dengan 5 (lima) kategori, untuk jawaban a diberi kreteria sangat baik dengan nilai 5 (lima), untuk jawaban e diberi kreteria sangat buruk dengan nilai 1 (satu). Data yang sudah terkumpul selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis Korelasi Rank Spearmans. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelayanan aparatur pemerintahan desa dengan tingkat kepuasan masyarakat desa di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Hal ini tampak dari nilai korelasi hitung sebesar  0,755.Hasil perhitungan ini dikonsultasikan dengan korelasi rank spearmans tabel dengan jumlah N=30 maka didapatkan angka  korelasi tabel sebesar 0,364. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (r hit. > r tab. yaitu 0,755 > 0,364).
KUALITAS PELAYANAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER Soekirman Soekirman
Majalah Ilmiah DIAN ILMU Vol 11, No 1 (2011): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1060.92 KB) | DOI: 10.37849/midi.v11i1.12

Abstract

Kegiatan PNPM Mandiri pada hakekatnya memiliki dua dimensi, yaitu: (1) memberikan wewenang dan kepercayaan kepada masyarakat untuk menentukan sendiri kebutuhannya, merencanakan dan mengambil keputusan secara terbuka dan penuh tanggung jawab, (2) menyediakan dukungan lingkungan yang kondusif untuk mewujudkan peran masyarakat dalam pembangunan, khususnya dalam upaya peningkatan kesejahteraan mereka. Sehingga peranannya yang cukup signifikan selama ini, maka PNPM Mandiri mendapat perhatian dan sorotan lebih dari masyarakat luas terkait programnya yang langsung menyentuh masyarakat bawah.Rumusan  masalah penelitian ini adalah adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan PNPM Mandiri dengan kepuasan masyarakat desa di  Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan antara kualitas pelayanan PNPM Mandiri  secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta terhadap tingkat kepuasan masyarakat desa di  Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Populasinya adalah seluruh penduduk yang ada di  desa-desa di Kecamatan Panti Kabupaten Jember,  sedangkan sampel yang diambil adalah sebanyak 47 (empat tujuh) Kepala Keluarga. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, yang disusun dengan modifikasi dalam skala likert dengan 5 (lima) kategori, untuk jawaban a diberi kreteria sangat baik dengan nilai 5 (lima), untuk jawaban e diberi kreteria sangat buruk dengan nilai 1 (satu). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Korelasi Product Moment Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Variabel kualitas pelayanan PNPM Mandiri (X) dengan kepuasan masyarakat (Y) desa di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Hal ini menunjukan bahwa Kegiatan PNPM Mandiri belum mampu menyentuh masyarakat bawah secara langsung sehingga tidak terlalu terjadi interaksi antara pelaksana PNPM Mandiri dengan masyarakat.
ALTERNATIF KEBIJAKAN KREDIT DENGAN PEMBERIAN POTONGAN TUNAI SEBAGAI UPAYA EFISIENSI MODAL KERJA Kaskojo Adi
Majalah Ilmiah DIAN ILMU Vol 11, No 1 (2011): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1141.517 KB) | DOI: 10.37849/midi.v11i1.8

Abstract

Tantangan bagi perusahaan yang menjual produknya secara kredit adalah menjaga kontinuitas kegiatan operasional atau produksinya. Perusahaan harus menanamkan sejumlah modalnya dalam piutang untuk jangka waktu tertentu. Sehingga untuk waktu tersebut perusahaan harus menyediakan tambahan dana untuk menjaga kontinuitas kegiatan operasional atau produksinya. Perusahaan harus mengupayakan efisiensi dalam penanaman modal dalam piutang. Strategi yang digunakan untuk mengupayakan efisiensi dalam piutang adalah dengan memberikan potongan tunai kepada pelanggan yang menyetorkan hutangnya pada periode potongan tunai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dampak pemberian potongan tunai terhadap efisiensi modal kerja dan keuntungan perusahaa.Penelitian di lakukan terhadap berbagai catatan keuangan perusahaan Tahu Kriuk “QUEEN” selama tahun 2011 dalam bentuk laporan keuangan triwulan. Analisis dilakukan dengan cara membandingkan tingkat perputaran piutang, hari rata-rata pengumpulan piutang, dan investasi rata-rata dalam piutang atas periode sebelum dan sesudah pemberian potongan tunai, serta melihat dampaknya terhadap biaya investasi marginal dan keuntungan perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan pemberian potongan tunai, perusahaan mampu mengumpulkan piutangnya rata – rata 5 hari lebih cepat, adanya penurunan kebutuhan modal kerja sebesar Rp. 939.846,55, adanya penurunan investasi rata-rata dalam piutang sebesar Rp. 1.566.355,48,  adanya peluang tambahan keuntungan sebesar Rp. 160.543,- dan keuntungan perusahaan mengalami kenaikan sebesar Rp. 43.343,- sehingga kebijakan pemberian potongan tunai dalam upaya efesiensi modal kerja dapat dilanjutkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2011 2011