cover
Contact Name
Firmansyah
Contact Email
firmanyk@gmail.com
Phone
+6261- 6615683
Journal Mail Official
jurnaleduriligia@gmail.com
Editorial Address
Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan 20371, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education
ISSN : 25977377     EISSN : 25810251     DOI : http://dx.doi.org/10.47006
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education sciences formed in year 2017 with E-ISSN 2581-0251 with DECREE No. 0005.25810251/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.07-27 July 2017 and P-ISSN 2597-7377 SK No. 0005.25977377/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.09-19 September 2017. The study and judgment done by the experts (peer-reviewed). The journal is affiliated to the UIN graduate of North Sumatera Islamic Education study Program located in Medan. The purpose of this journal is to be a writing platform relating to education, research for students, alumni and other academic civitas related to the scope of this journal.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember" : 12 Documents clear
DESAIN PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TULISAN ARAB BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH MEDAN Abdul Aziz S Syamsu Nahar, Mardianto
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.248 KB) | DOI: 10.47006/er.v1i4.1089

Abstract

Abstract: This research (1) to know the Instructional al-Imla> 'in improving writing skills for students of Arabic writing in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah Medan, (2) to carry out the process implementation of Instructional in instructional design al-Imla> 'in improving writing skills for students of Arabic writing in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah Medan, (3) Obtaining a result of the implementation of instructional design on Instructional al-Imla> in improving writing skills for students of Arabic writing in Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan and (4) Finding the supporting and hindering factors the on implementation Instructional instructional design al-Imla> in improving writing skills of Arabic writing for students in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah Medan. The results this research from implementation of design Instructional model Dick, Carey and Carey on al-Imla> instructional 'in improving writing skills of Arabic writing for students in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah field is as follows: (1) The purpose of General Instructional al-Imla>, (2) The particular purpose of Instructional al-Imla> (3) .Planning Instructional strategy al-Imla> ‘', (4) .The material Instructional al-Imla> for teacher Subjects>', (5) .The Structure instructional design model on Instructional al-Imla> ‘'.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pembelajaran al-Imla>' dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, (2) Melaksanakan proses implementasi desain pembelajaran pada pembelajaran al-Imla>' dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, (3)dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di PondokPesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan dan (4) Menemukan faktor-faktorpendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan desain pembelajaran pada pembelajaran al-Imla>‘ dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan. Pendekatan yang digunakan pada Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan kombinasi dari metode deskriptif-kualitatif dan eksperimen sederhana yaitu R & D (research and delovement). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). Tujuan Instruksional Umum pembelajaran Imla>’, (2). Tujuan Instruksional Khusus pembelajaran Imla>’, (3). Rancangan Strategi pembelajaran Imla>’, (4). Bahan Ajar guru pembelajaran Imla>’, (5). Pengembangan model desain pembelajaran pada pembelajaran Imla>’ .
PEMBINAAN AKHLAK DALAM MENGHADAPI KENAKALAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BUKHARI MUSLIM YAYASAN TAMAN PERGURUAN ISLAM (YTPI) KECAMATAN MEDAN BARU KOTA MEDAN Hasan Basri, Haidar Putra Daulay, Ali Imran Sinaga
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.344 KB) | DOI: 10.47006/er.v1i4.1511

Abstract

kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Bukhari Muslim Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperencanaan pembinaan akhlak, pelaksanaan pembinaan akhlak dan evaluasi pembinaan akhlak dalammenghadapi kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Bukhari Muslim Medan.Jenis penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologik, yaitu penelitian dengan mengamatifenomena yang tejadi di lapangan secara alamiah. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknikobservasi, wawancara dan studi dokumen. Dalam penyajian dan menganalisis data, peneliti menggunakananalisis kualitatif dengan langkah-langkah mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data danmenyimpulkan hasil akhir. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan terdiri dari: mengidentifikasibentuk-bentuk kenakalan siswa yang terjadi di Mts. Bukhari Muslim, faktor-faktor penyebab kenakalansiswa, pembinaan akhlak yang dilakukan, hambatan dalam pembinaan akhlak, evaluasi dan hasil daripembinaan akhlak. 2). Pembinaan akhlak yang dilakukan diantaranya: pembinaan akhlak terhadap AllahSwt, pembinaan akhlak terhadap sesama dan pembinaan akhlak terhadap diri sendiri. 3). Evaluasipembinaan akhlak meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik. Evaluasi ranah psikomotorik merupakanbagian yang paling banyak diperhatikan dalam proses pembinaan akhlak karena sangat terkait denganpengamalan, yakni partisipasi peserta didik dalam melakukan kegiatan pembinaan akhlak.The problem which is discussed in this thesis is about of moral guiding in face of student misbehavior atBukhari Muslim Secondary School Medan. The objectives of this thesis are to understand the planning,the implementation and the evaluation of moral guiding in face of student misbehavior at Bukhari MuslimSecondary School Medan. This is a qualitative thesis by using phenomenologic approaching, whichobserves phenomenon that occurred in the field. In collecting data, the writer used these following techniques;observing, interviewing, and library research. In presenting and analyzing data, the writer usedqualitative method by doing these following steps; collecting the data, selecting the data, presenting thedata, and summarizing the final result. The conclusions of the thesis are as follows, (1) the planning ofmoral guiding consists the types identification of student misbehavior, the causes of student misbehavior,the establishment, the obstacles, the evaluation and the result of moral guiding; (2) the moral guidingconsists the morals toward Allah, morals toward beings, and morals toward ourselves; (3) the evaluation ofmoral guiding includes cognitive, affective and psychomotoric. Psychomotoric domain evaluation is themost concerned part in the process of moral guiding because it is closely related to the practice of participationof learners in conducting moral guiding activities
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA Fahrudin Fahrudin
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.261 KB) | DOI: 10.47006/er.v1i4.1072

Abstract

Abstract: The purpose of this paper was conducted to describe three things. First, About the planning of learning Islamic Religious Education And Character Curriculum 2013 in an effort to cultivate akhlakul karimah of students in Public Vocational Secondary Schools 1 Pematangsiantar. Based on the research findings obtained that information. First, the planning of learning Islamic Religious Education And Character Curriculum 2013 in the effort to cultivate akhlakul karimah students in Public Vocational Secondary Schools 1 Pematangsiantar done by preparing the steps and material akhlakul karimah on learning planning of Islamic Religious Education And Character which includes; preparation of annual programs, semester programs, weekly and daily programs, and in the preparation of the Lesson Plans (RPP). Second, The process of Learning Islamic Religious Education And Character Curriculum 2013 in effort akhlakul karimah of student cultivation in Public Vocational Secondary Schools 1 Pematangsiantar done with; the implementation of Islamic Religious Education And Character -based characteristic learning, the application of learning with habituation and exemplary approach, guidance of familiarity at the time of learning pree test, akhlakul karimah cultivation on the formation of competence, and akhlak planting at post test. Third, the assessment of learning Islamic Religious Education And Character Curriculum 2013 in an effort to cultivate akhlakul karimah of students in Public Vocational Secondary Schools 1 Pematangsiantar done with authentic assessment that includes assessment of attitude competence, knowledge competency assessment, and skills assessment related to mastery akhlakul karimah.Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Akhlakul Karimah Siswa.
MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NAMIRA MEDAN Arafit Hasan Fachruddin Azmi, Syaukani
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.478 KB) | DOI: 10.47006/er.v1i4.1090

Abstract

Abstract: This study aims to identify and analyze the implementation pattern Management in Improving Teacher Competence Junior High School (SMP) Namira Medan, which includes planning, organizing, actuating, evaluation and controlling. In analyzing the data the researchers used qualitative analysis techniques to the process of data reduction, exposure data and drawing conclusions. There were four findings in this study, namely: 1) planned teacher competency development activities to be carried out by school teachers in the period (a period of) specific. 2) organizing by dividing tasks according to their ability and professionalism. 3) actuating influential in improving the quality of teaching and learning, this is due to the mechanism more effective and faster to take advantage of school resources based on need. 4) Approaches were made by way of familiarizing themselves with the teacher. a visit to the teachers lounge. From the interviews that researchers do indicate that the principal establish good relations with teachers and employees in junior Namira stat Medan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi Manajemen Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Namira Medan, yang meliputi Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pembinaan, dan pengawasan terhadap Kompetensi guru. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan proses reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Ada empat temuan dalam penelitian ini, 1) perencanaan program-program pembinaan kompetensi guru adalah rencana kegiatan pembinaan kompetensi guru yang akan dilaksanakan oleh guru sekolah dalam kurun waktu satu periode. 2) pengorganisasian dengan membagi tugas sesuai dengan kemampuan dan profesionalitas. 3) pelaksanaan peningkatan kualitas belajar mengajar, hal ini disebabkan adanya mekanisme yang lebih efektif. 4) pengawasan dan evaluasi dilakukan dengan mendorong guru untuk kreatif dan inovatif dengan melakukan beberapa pendekatan terhadap guru-guru.Kata Kunci: Manajemen, Kepala Sekolah, Kompetensi Guru.
HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK MUSLIM DI KELURAHAN SILALAS LINGKUNGAN VII KECAMATAN MEDAN BARAT KOTA MEDAN Hadi Wijaya Parinduri
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.412 KB) | DOI: 10.47006/er.v1i4.1073

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak Muslim di Kelurahan Silalas Kecamatan Medan Barat Kota Medan, (2) hubungan antara interaksi sosial terhadap kemandirian anak Muslim, (3) hubungan antara pola asuh orang tua dan interaksi sosial secara bersama-sama terhadap kemandirian anak Muslim, populasinya adalah Lingkungan VII yang berjumlah 38 orang. Keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala likert. Angket disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksa ke pembimbing Tesis, selanjutnya diuji cobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian . Setelah dilakukan uji instrumen, diketahui seluruh instrumen variabel X1 terdiri dari 20 item, variabel X2 terdiri dari 20 item, dan Y terdiri dari 20 item, seluruhnya valid dan reliabel.Kata Kunci: Pola Asuh, Interaksi Sosial dan Kemandirian Anak
PELAKSANAAN PROGRAM TILAWAH ALQURAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN SISWA DI MAS AL MA’SUM STABAT Muhammad Ishak, Syafaruddin, Masganti Sit
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.681 KB) | DOI: 10.47006/er.v1i4.1166

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perumusan program tilawah Alquran dalam meningkatkan kemampuan baca Alquran siswa di MAS al Ma‟sum Stabat, 2) Pelaksanaan program tilawah Alquran dalam meningkatkan kemampuan baca Alquran siswa di MAS al Ma‟sum Stabat, 3) Evaluasi program tilawah Alquran dalam meningkatkan kemampuan baca Alquran siswa di MAS al Ma‟sum Stabat. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu 1) Perumusan program tilawah dilakukan di MAS Al Ma‟sum Stabat pada awal tahun pembelajaran yang didukung oleh berbagai pihak, seperti: kepala madrasah, wakil kepala madrasah guru tilwah, guru-guru, bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa, materi yang diberikan disesuaikan dengan peringatan hari besar Islam dan perayaan besar lainnya, 2) Pelaksanaan pembelajaran program tilawah Alquran dilakukan hari Rabu sampai Jum‟at pada jam 14.30 sampai Shalat „Asar. 3) Proses evaluasi pelaksanaan program tilawah Alquran di MAS Al Ma‟sum Stabat dilakukan setiap pembelajaran dan diakhir semester yang dimana guru tilawah mengadakan tes membaca Alquran secara tilawah.This research aims to know the 1) The formulation of the qur‟anic recitations of program to improve the student ability of reading qur'an in Madrasah Aliyah Private Al Ma‟sum Stabat, 2) The implementation of the qur‟anic recitations of program to improve the student ability of reading qur'an in Madrasah Aliyah Private Al Ma‟sum Stabat, 3) The evaluation of the qur‟anic recitations of program to improve the student ability of reading qur'an in Madrasah Aliyah Private Al Ma‟sum Stabat. Research methods used are the qualitative approach with descriptive method. The results of this research is 1) The formulation of the qur‟anic recitations of program done in Madrasah Aliyah Private Al Ma‟sum Stabat is in the early years of learning supported by various parties, for example: The Head Of The Madrasa, Deputy Head of the madrasa, teacher's recitations, teachers, with the aim of to improve the student ability of reading qur'an, the material being taught adapted to the major Islamic observances and Another great celebration, 2) The implementation of the qur‟anic recitations of program implemented on the Wednesday to Friday at 14.30 until Praying 'Asr. class X on the Wednesday, class XI on the Thursday and class XII on the Thursday. 3) Process of evaluation of of the qur‟anic recitations of program in Madrasah Aliyah Private Al Ma‟sum Stabat implemented each of the learning and the end of the semester, the teacher held a Koran reading test recitations in recitations.Kata Kunci: Tilawah Alquran, Kemampuan Membaca Alquran
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MEDAN Ibrahim Sirait
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.338 KB) | DOI: 10.47006/er.v1i4.1080

Abstract

Abstrak: Abstract: This research is generally intended to describe the Implementation of moral education in Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. This research is a qualitative research using naturalistic method. The informants in this research are principal, two teachers of morality, and one teacher of general study. The results showed that the implementation of moral education in the development of character education in Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan run well, effective and conducive although not yet perfect. The value of character developed by morality teacher in moral education activity that is religious value, honest, tolerance, discipline, hard work, curiosity, semagat kebangsaan, love homeland, appreciate achievement, reading, social care. The learning of moral education in the classroom is pursued by direct learning model. The evaluation process is carried out every day in the learning and learning process.Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode naturalistik, Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dua orang guru bidang studi akidah akhlak, dan satu orang guru bidang studi umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan akhlak dalam pengembangan pendidikan karakter di madrasah Aliyah Negeri 1 Medan berjalan dengan baik, efektif dan kondusif walaupun belum sempurna. Nilai karakter yang dikembangkan guru akhlak dalam kegiatan pendidikan akhlak yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, semagat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, gemar membaca, peduli sosial. Pembelajaran pendidikan akhlak di dalam kelas ditempuh dengan model pembelejaran langsung. Proses evaluasi dilaksanakan setiap hari dalam proses belajar dan pembelajaran.Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Pengembangan Pendidikan, Pendidikan Karakter
PEMBERDAYAAN WAKAF MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN MAWARIDUSSALAM KECAMATAN BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG Muhajirin Ansori Situmorang, Jamil, Ali Imran Sinaga
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.947 KB) | DOI: 10.47006/er.v1i4.1385

Abstract

Abstract: This research using of the qualitative research ( the qualitative descriptive design). In thisresearch using of the documentary technique to get the data. The result of this research show that, in theboarding school of mawaridussalam has shaped a tithe institution (LAZISWA) that arrange of the propertydonated. The management concept is formulated significantly. This institution is concepted to get propertydonated and alms. The all are arranged to the importance of education in boarding school of mawaridussalamwith the kinds of active property donated and nonactive property donated and theother developing of theprogram. The steps to arrange the property donated is sosialitated for all sociaty and all visitors that arrive.The steps to get the propert donated is the program did in every years that arrived by all sociaty. And thenext new program is the savings program by sociaty. This program did to all sociaty can give their propertydonated without looked from their level economic. This propert donated institution in mawaridussalamhas taking property donated program. This program is a easy service for the sociaty want to give theirproperty donated in mawaridussalam.Peneltian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan berorientasi pada “kualitatif Deskriptif”(Qualitative descriptive design). Dalam penelitan ini, peneliti melakukan observasi dan wawancara mendalamserta dokumentasi untuk mendapatkan data – data yang diinginkan. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa di Pesantren Mawaridussalam sudah terbentuk sebuah lembaga zakat, infak, sedekah dan wakaf(LAZISWA) yang mengelola wakaf. Dengan konsep manajemen yang dirumuskan bersama secara terperinci.Lembaga ini dikonsep juga untuk menerima bentuk zakat, infak dan sedekah. Kesemua inilah yang dikeloladan diperuntukkan untuk kepentingan pendidikan pesantren Mawaridussalam. Dengan jenis penerimaanbenda wakaf tidak bergerak dan benda wakaf bergerak dan program pengembangan wakaf lainnya.Upaya – upaya yang dilakukan pengelola wakaf dalam menghimpun wakaf adalah dengan cara pengoptimalansosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat, dan para tamu – tamu terhormat yang datang berkunjung.Cara lainnya dalam menggalang wakaf ini adalah program – program acara tahunan yang dihadiri olehribuan masyarakat. Terobosan baru yang dilakukan adalah program tabung wakaf masyarakat. Programini dilakukan agar semua masyarakat dapat berwakaf tanpa memandang ekonominya. Lembaga Zakat,infak, sedekah dan wakaf Mawaridussalam juga mempunyai program jemput wakaf. Program ini adalahsebuah layanan kemudahan untuk masyarakat yang ingin berwakaf kepada pondok pesantren Mawaridussalam.Kata kunci : Wakaf, Pendidikan, Masyarakat, Pengelolaan
INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN M. Nurhadi Amri
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.426 KB) | DOI: 10.47006/er.v1i4.1067

Abstract

Abstrak : This study used a qualitative approach. The research was conducted at Senior High Al ulum Integrated Islamic School Medan. research data collected through observation, interviews, and document analysis.The results revealed that: the policy of implementing the integration of Islamic values in biology learning is based on the historical (historical) and philosophical aspects of Vision and Mission of the Senior High of Al Ulum Integrated Islamic Medan. The learning model illustrates the concept of integration of this interconnect with the visualization of the scientific spider web. In the implementation of the integration of Islamic values Senior high of Al Ulum Integrated Islamic chool has sufficient carrying capacity among others is the MGMP activity that helps in tracing the verses related material. in addition to the infrastructure and training facilities held by the school is very helpful in providing an understanding of the concept of integration that will be implemented in the learning process. (4) the inhibiting factor as the weakness point of the implementation of the integration of Islamic values in biology learning is the ability of teachers especially on the subject of biology, which lacks understanding of the integrated material. besides the main factor was the training which was very minimal done by the school.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini bahwa: Kebijakan pelaksanaan integrasi nilai-nilai keIslaman dalam Pembelajaran Biologi adalah didasarkan pada aspek historis (sejarah) dan filosofis yaitu Visi dan Misi SMA Islam Al Ulum terpadu Medan. Model pelaksanaan integrasi nilai-nilai KeIslaman dalam pembelajaran Biologi di SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan dalam pelaksanaan sebatas pada penelusuran ayat-ayat terkait dengan materi yang akan disajikan. Model pembelajaran menggambarkan konsep integrasi interkoneksi ini dengan visualisasi jaring laba-laba keilmuan (scientific spider web) . Dalam pelaksanaan integrasi nilai-nilai KeIslaman SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan memilki daya dukung yang memadai diantaranya adalah adanya aktifitas MGMP yang membantu dalam menelusi ayat-ayat yang terkait materi. Selain itu sarana prasarana dan pelatihan yang digelar oleh pihak sekolah sangat membantu dalam memberikan pemahaman tentang konsep integrasi yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Factor penghambat sebagai titik kelemahan dari pelaksanaan integrasi nilai-nilai keIslaman dalam pembelajaran Biologi adalah kemampuan guru khususnya pada mata pelajaran Biologi, yang kurang memahami materi yang diintegrasikan. Selain itu factor utama adalah pelatihan-pelatihan yang sangat minim dilakukan oleh pihak sekolah.Kata Kunci: Integrasi,nilai KeIslaman,Pembelajaran Biologi
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA K13 DALAM PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP ISLAM AL AMJAD MEDAN SUNGGAL Zularwan Al Rasyidin, Ali Imran Sinaga
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.104 KB) | DOI: 10.47006/er.v1i4.1088

Abstract

Abstract: This research is intended to answer the problem: What are the values of education character in Islamic Education (PAI) in grade VII of Islamic Junior High School Al Amjad Medan? How to apply character education in Islamic Education PAI in class VII of Islamic Junior High School Al Amjad Medan? What are the problems of application of education character in Islamic Education (PAI) in grade VII of Islamic Junior High School Al Amjad Medan? The application of education character in PAI at Islamic Junior High School Al Amjad Medan uses two ways, namely learning activities at school and outside school. in the learning activities in the school educators put forward the methods of teaching, exemplary, and reflection that exist in the material PAI class VII through the approach of learning model with the principle of Contextual Teaching and Learning. Then evaluation evaluation of character education in PAI at Islamic Junior High School Al Amjad Medan covers: input, process, output, and outcomes. Input implementation (students and teachers).Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam PAI di kelas VII SMP Islam Al Amjad Medan? Bagaimana Penerapan pendidikan karakter dalam PAI di kelas VII SMP Islam Al Amjad Medan? Apa saja problematika Penerapan pendidikan karakter dalam PAI di kelas VII SMP Islam Al Amjad Medan? Penerapan pendidikan karakter dalam PAI di SMP Islam Al Amjad Medan menggunakan dua cara, yakni kegiatan pembelajaran di sekolah dan di luar sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah pendidik mengedepankan metode pengajaran, keteladanan, dan refleksi yang ada dalam materi PAI kelas VII melalui pendekatan model pembelajaran dengan prinsip prinsip Contextual Teaching and Learning. Kemudian evaluasi pelaksanaan Pendidikan karakter dalam PAI di SMP Islam Al Amjad Medan meliputi: input (masukan), process (proses), output (hasil), dan outcomes (dampak). Input pelaksanaan (siswa maupun guru).

Page 1 of 2 | Total Record : 12