cover
Contact Name
Firmansyah
Contact Email
firmanyk@gmail.com
Phone
+6261- 6615683
Journal Mail Official
jurnaleduriligia@gmail.com
Editorial Address
Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan 20371, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education
ISSN : 25977377     EISSN : 25810251     DOI : http://dx.doi.org/10.47006
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education sciences formed in year 2017 with E-ISSN 2581-0251 with DECREE No. 0005.25810251/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.07-27 July 2017 and P-ISSN 2597-7377 SK No. 0005.25977377/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.09-19 September 2017. The study and judgment done by the experts (peer-reviewed). The journal is affiliated to the UIN graduate of North Sumatera Islamic Education study Program located in Medan. The purpose of this journal is to be a writing platform relating to education, research for students, alumni and other academic civitas related to the scope of this journal.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): Januari - Maret" : 12 Documents clear
KEMAMPUAN GURU BERSERTIFIKASI DALAM MENGEMBANGKAN TUGAS POKOK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 RANTAU SELATAN Achyar Zein, Syamsu Nahar, Khairul
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 1 (2020): Januari - Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i1.8114

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Perencanaan guru yang telah sertifikasi dalam menyusun strategi pembelejaran, metode pembelajaran dan materi pembelajaran SMA Negeri 2 Rantau Selatan Provinsi Sumatera Utara. 2) Pelaksanaan atau mengemplementasikan program pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang telah sertifikasi di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Provinsi Sumatera Utara. 3) Pengawasan atas kinerja yang dilakukan oleh guru pasca sertifikasi serta siapa saja yang terlibat dalam pengawasan tersebut di dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Provinsi Sumatera Utara. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan Tiga temuan yaitu: Hasil temuan peneltian adalah: 1) Perencanaan guru yang telah sertifikasi dalam menyusun strategi pembelajaran, metode pembelajarn dan materi pembelajaran ialah sebelum guru memulai pembelajaran di dalam kelas guru terlebih dahulu mempersiapkan instrumen-instrumen yang akan di gunakan dalam proses pembelajaran. 2) Implementasi program pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang telah sertifikasi berjalan dengan baik.  Terlihat jelas bahwa persiapan yang dibuat oleh guru mata pelajaran terutama pada guru yang telah sertifikasi sebelum proses pembelajaran di mulai. Pelaksanaan yang di lakukan guru didalam kelas sesuai dengan apa yang disusun sebelumnya, sehingga proses belajar mengajar tercapai dengan efektif dan efesien. 3) Pengawasan atas kinerja yang di lakukan terhadap guru pasca sertifikasi serta siapa saja yang terlibat dalam pengawasan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang di lakukan terhadap sangat berpengaruh besar terhadap kinerja guru.  Kata Kunci: Kemampuan, dan Guru
PARTICIPATORY OBSERVATION IN MADRASAH ALIYAH AS A REFERENCE OF LEARNING MODELS IN ERA 4.0 Eva Iryani, M.Sobri, Friscilla
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 1 (2020): Januari - Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i1.7814

Abstract

Abstrack: National education aims to develop the potential of students so that they become individuals who have faith and piety to God Almighty, who have a noble attitude, who are healthy, enlightened, capable, creative, independent, and who can become democratic and responsible citizens. With such heavy objectives, all learning activities and processes must support these goals. Campus as one of the educational institutions that have the responsibility to support goals is required and given the task to carry out the Tridarma of Higher Education. And the outputs of Tridarma in the form of research and service must be based on these goals and integrative intelligence. Community service with the socialization of participatory observation learning model was carried out with Madrasah Aliyah 2 Jambi City as a collaborative partner. With the aim that teachers in these schools can actively use innovative and renewable learning models. And further, the socialization efforts support the Ministry of Education and Culture jargon with the concept of free learning. In supporting these efforts to improve, it must be supported by a set of approaches and learning models that can help and reconstruct and realize this large tagline. One of them is through an approach that seeks to involve and optimize all instruments and learning tools that support the independence of the educational process. One such effort is through a participatory observation clarification model.Keywords: integrative intelligence, Free Learning and observation
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DI SMU MUHAMMADIYAH 10 RANTAU PRAPAT Candra Wijaya, Achyar Zein, Lahmudin Hasibuan
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 1 (2020): Januari - Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i1.8110

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat, 2) Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat, 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan tiga temuan, yaitu: 1) Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat memimpin dan membina guru-guru melalui cara demokrasi, 2) Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat yaitu melalui pelatihan-pelatihan, pengarahan dan pembinaan terhadap guru-guru, 3) Adanya beberapa faktor yang mendukung dan menghambat gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat, yaitu kurangnya kepatuhan guru dalam mematuhi peraturan sehinggan memicu penghambatan sedangkan faktor pendukung yang bisa dijadikan acuan dalam meningkatkan gaya kepemimpinan adalah seringnya pelatihan-pelatihan atau seminar diadakan untuk meningkatkan profesionalitas guru.Kata Kunci: Kepemimpinan, Kompetensi Profesionalisme
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMPERSIAPKAN PELAKSANAAN UJIAN BERBASIS KOMPUTER (UNBK) DI SMK AL-AZIS KABUPATEN LABUHANBATU Candra Wijaya, Achyar Zein, Muhammad Sanusi
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 1 (2020): Januari - Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i1.8115

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Upaya kepala sekolah dalam mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu, 2) Proses simulasi yang dilakukan untuk persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu, 3) Sistem dan tata tertib pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu, 4) Ketercapaian pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan empat temuan, yaitu: 1) upaya kepala sekolah dalam mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu berjalan dengan baik, jika dilihat dari persiapan yang dilakukan oleh kepala sekolah dari segi sarana dan prasarana, 2) proses simulasi yang dilakukan untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dilakukan sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh kepala sekolah, setelah itu kepala sekolah menentukan teknisi dan proktor untuk mengawasi proses simulasi dan juga pada saat ujian berlangsung, 3) sistem dan tata tertib pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan moda utama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Penerapan moda UNBK dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, kredibilitas, dan integritas ujian. Sistem dan tata tertib Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sesuai dengan prosedur operasional Standar Penyelenggaraan ujian nasional tahun pelajaran 2018-2019, 4) hasil yang dicapai dari pelaksanaan Ujian Nasional berbasis computer adalah kejujuran dari setiap siswa dalam menjawab soal ujian.Kata Kunci: Strategi dan Pelaksanaan
PERAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI SEBAGAI LOKOMOTIF PERUBAHAN SOSIAL (Studi Visi Lembaga dan Paradigma Transintegrasi) Fridiyanto, Miftahul Khairani
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 1 (2020): Januari - Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i1.8082

Abstract

Abstract: the purpose of this study was to explore the roles of Islamic State University Sulthan Thaha Saifuddin Jambi in transforming society, especially in Jambi Province. The research design was qualitative in casestudy. I analysed the Rector Speech, news, documentation, observation and interviews. I studied four major themes related to Islamic State University Sulthan Thaha Saifuddin Jambi those are moderate spirit, Islamic entrepreneurship, locomotive for social change and Transintegration paradigm. The research findings those are moderate spirit is an inclusive vision in building a peacefull society, entrepreneurship based on Islamic teachings vision is an effort to make the academic activities can be usefull economically and encourage the welfare community, locomotive for social change vision is a concept to be a pioneer in building knowledge for humanity. Then Transintegration paradigm is a philosophy and practice to make a melting point for many field disciplines. Key words: UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Moderate, Islamic entrepreneurship, Transintegration 
STRATEGI MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA GURU DI MTS PERSIAPAN NEGERI HADUNDUNG KECAMATAN KOTA PINANG KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN Candra Wijaya, Achyar Zein, Ali Ahmad Rapi Tanjung
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 1 (2020): Januari - Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i1.8111

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Strategi perencanaan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan. 2) Strategi pelaksanaan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan. 3) Strategi pengawasan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan Tiga temuan yaitu: Hasil temuan peneltian adalah: 1) Strategi perencanaan kepala madrasah dalam mengembangkan sumberdaya guru di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan seperti untuk mengadakan program pelatihan untuk mengembangkan sumber daya guru untuk mewujudkan kualitas kerja guru yang profesional. 2) Strategi pelaksanaan kepala madsarasah dalam mengembangkan sumber daya guru bawasannya kepala sekolah melakukan rapat MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) kepada seluruh guru yang ada di madrasah tersebut. Kemudian kepala sekolah mengirimkan beberapa guru-guru dalam setiap tiga bulan sekali mengikuti pelatihan, pembina seperti worshop,diklat serta pembuatan RPP, silabus dan kurikulum 2013. Untuk mengembangkan dan pembinaan para guru-guru tersebut. 3) Strategi pengawasan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan bahwasannya kepala sekolah dengan melakukan mengobservasi kelas dan melihat kondisi kelas dan kemudian kepala sekolah melakukan komunikasi dengan baik dengan para guru-guru dan kepala sekolah memberi pengembangan guru berupa pelatihan untuk kesejatraan guru.Kata Kunci: Strategi, Manajemen, dan Guru 
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 HALONGONAN TIMUR KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA Syamsu Nahar, Edi Saputra, Khairul Anwar
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 1 (2020): Januari - Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i1.8130

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Bagaimana perencanaan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di SMP Negeri 1 Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara, 2) Bagaimana pelaksanaan supervise kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di SMP Negeri 1 Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara, 3) Bagaimana tindakan kepala sekolah dalam memotivasi guru di SMP Negeri 1 Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan yang dilakukan kepala sekolah adalah membuat kreteria penerimaan anggota baru, membuat program kerja guru per triwulan, menghemat dana sekolah. Pengawasan yang dilakukan adalah pengawasan model formatif dan sumatif yaitu secara berkala dalam setiap minggu masuk langsung ke dalam kelas memperhatikan cara guru mengajar. Motivasi ekstrinsik atau motivasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam memotivasi gurunya yaitu dengan cara memberikan pujian, selalu bersikap menghormati guru, mendengarkan keluhan guru dan menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan guru serta pelatihan di bidang IT. Sedangkan motivasi interinsik yaitu pada saat ada pelatihan guru tidak dapat hadir mengikuti pelatihan tersebut tetapi karena guru tersebut ingin memperoleh ilmu, maka guru itu belajar kepada rekannya agar guru tersebut dapat terus meningkatkan kemampunya. Kata Kunci: Peran dan Profesionalitas
IMPLEMENTASI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI PONDOK PESANTREN DARUS SHOLIHIN KECAMATAN RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU Syamsu Nahar, Candra Wijaya, Ahyar
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 1 (2020): Januari - Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i1.8106

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pola Komunikasi Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu; 2) Upaya Kepala Madrasah dalam mengefektifkan komunikasi di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu; 3) Faktor pendukung dan penghambat  apasajakah yang mempengaruhi proses Komunikasi Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu; 4) Kaitan Komunikasi Kepala madrasah dengan peningkatan mutu guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan Tiga temuan yaitu: 1) Implementasi komunikasi yang dilakukan antara kepala madrasah dengan staf berjalan dengan lancar, bersuasana baik, serta komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan komunikasi lisan dan tulisan. Dengan terjalinnya komunikasi tersebut antara kepala madrasah dengan staf untuk tercapainya tujuan yang sudah diharapkan dalam visi dan misi  Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu; 2) Implementasi komunikasi yang dilakukan antara kepala madrasah dengan guru berjalan dengan lancar, serta menggunakan komunikasi lisan dan tulisan. Terlihat pada rapat yang dilaksanakan pada setiap minggu yaitu pada hari Kamis, kepala madrasah dengan guru mempunyai kerja sama yang baik untuk menuntaskan kendala yang ada pada guru yang belum memenuhi standart pendidikan atau yang sudah, dan menangani kendala yang lain serta menyiapkan kewajiban sebagai seorang guru; 3) Implementasi komunikasi yang dilakukan antara kepala madrasah dengan pengawas berjalan dengan baik, dan dibangun melalui komunikasi langsung untuk dapat bekerja sama dalam menangani kendala yang dialami guru atau mengenai hal lainnya serta dapat mencapai tujuan yang terdapat dalam visi dan misi  Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.Kata Kunci: Implementasi, Komunikasi, Guru
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BILAH HULU KABUPATEN LABUHANBATU Candra Wijaya, Syamsu Nahar, Siti Amrina Hasibuan
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 1 (2020): Januari - Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i1.8112

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Kompetensi manajemen kepala sekolah di SMP Negeri 2 Bila Hulu Kabupaten Labuhanbatu, 2) Upaya kepala sekolah dalam membangun motivasi kerja guru di SMP Negeri 2 Bila Hulu Kabupaten Labuhanbatu, 3) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam membangun motivasi kerja guru di SMP Negeri 2 Bila Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan tiga temuan, yaitu: 1) Kompetensi Manajerial Kepala SMP Negeri 2 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu bahwa kepala sekolah dalam hal ini sudah begitu berusaha keras untuk menerapkan kompetensi manajerial yang dimilikinya, 2) Upaya kepala sekolah dalam membangun motivasi kerja guru di SMP Negeri 2 Bila Hulu Kabupaten Labuhanbatu, yaitu: dengan pendekatan terhadap guru; membangun keakraban; memberikan hadiah; mendengar masukan dari guru, 3) Kompetensi Manajerial Kepala sekolah dalam Membangun Motivasi Kerja Guru di SMP Negeri 2 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, diantaranya sebagai berikut: Kepala sekolah telah berupaya keras mengelola budaya dan iklim sekolah yang baik sehingga terciptanya suasana kerja yang harmonis, terjalinnya komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan personel sekolah lainnya serta dapat dilihat pula dari tingkat kehadiran guru dalam memberikan pengajaran di dalam kelasKata Kunci: Kompetensi Manajerial dan Motivasi
IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU Candra Wijaya, Syamsu Nahar, Ahmad Azhar
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 1 (2020): Januari - Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i1.8108

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pelaksanaan supervisi pengajaran di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, 2) Pelaksanaan fungsi-fungsi supervisi pengajaran di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, 3) Prestasi kerja guru di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, 4) Pelaksanaan supervisi pengajaran dalam meningkatkan prestasi kerja guru di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan empat temuan, yaitu: 1) Pelaksanaan supervisi pengajaran di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu sudah di rencanakan dan di laksanakan di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, 2) Pelaksanaan fungsi-fungsi supervisi pengajaran di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, melihat beberapa hal, yaitu: mengkoordinasi semua usaha sekolah; memperluas pengalaman guru-guru (pelatihan); memperlengkapi kepemimpinan sekolah, 3) Prestasi kerja guru di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu sudah terlaksana sesuai dengan indikator prestasi kerja guru yang harus dicapai, 4) Pelaksanaan supervisi pengajaran dalam meningkatkan prestasi kerja guru di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, dilaksanakan dengan berbagai cara, yaitu: penyusunan rencana pembelajaran; pelaksanaan interaksi proses belajar mengajar; penilaian interaksi peserta didik; pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar; pelaksana bimbingan dan penyuluhan; disiplin kerja; tanggung jawab dan loyalitas dalam tugas. Kata Kunci: Supervisi, Pembelajaran, Prestasi

Page 1 of 2 | Total Record : 12