cover
Contact Name
Firmansyah
Contact Email
firmanyk@gmail.com
Phone
+6261- 6615683
Journal Mail Official
jurnaleduriligia@gmail.com
Editorial Address
Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan 20371, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education
ISSN : 25977377     EISSN : 25810251     DOI : http://dx.doi.org/10.47006
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education sciences formed in year 2017 with E-ISSN 2581-0251 with DECREE No. 0005.25810251/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.07-27 July 2017 and P-ISSN 2597-7377 SK No. 0005.25977377/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.09-19 September 2017. The study and judgment done by the experts (peer-reviewed). The journal is affiliated to the UIN graduate of North Sumatera Islamic Education study Program located in Medan. The purpose of this journal is to be a writing platform relating to education, research for students, alumni and other academic civitas related to the scope of this journal.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2021): Oktober-Desember" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN Asrul Siregar
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 5, No 4 (2021): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v5i4.12936

Abstract

Dalam perkembangan teknologi informatika dan komunikasi berbagai media visual dijadikan sebagai media pendidikan termasuk Media Sosial. Pemanfaatan jejaring sosial untuk kepentingan belajar mengajar memang belum banyak yang mempraktekkannya. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui efektifitas penggunaan media sosial sebagai media pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literatur yakni menggunakan studi kepustakaan dari berbagai sumber pustaka yang berhubungan dengan permasalahan media pendidikan yaitu dengan memanfaatkan akun yang ada seperti youtube, facebook, twitter dan berbagai akun lainnya yang bisa mengatasi kesulitan belajar disekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  secara tidak langsung para siswa banyak memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran terutama untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran dalam rangka menambah referensi dan menjadi sarana memperoleh kebutuhan pembelajaran dalam berbagai tugas-tugas pada materi pelajaran yang diajarkan di sekolah.
BIMBINGAN KONSELING PERPADUAN ANTARA AGAMA DAN ILMU PENGETAHUAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DI ABAD 21 Elfidayati Elfidayati; Alya Zahro Azhari
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 5, No 4 (2021): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v5i4.12932

Abstract

The implementation of the Indonesian education sector at this time faced several challenges. The stages of learning seem unclear, far from real life. Because of that, it is difficult for students to know the value of learning a subject. This explains that the quality of education in Islamic schools is still very low. This type of research is a qualitative data collection based on a lot of primary and secondary data. The results of this study explain that the contextualization process learning is carried out through integrated learning. Integrated learning can be applied to topics that are discussed from different angles, and what is called a discipline will be interconnected and structured. In addition to building benefits during comprehensive learning, easy experiences are also made. Therefore, students can increase the ability to accept, maintain and implement the concepts learned. So, in this study, it is explained that integrated learning can also help students learn in a complete and meaningful way, not only knowing how to memorize it. Because of that, it is easy for students to use them in everyday life. School research adopts the concept of school nature and applies comprehensive learning for all subjects, which arouses the author's thought to understand the application of comprehensive learning in schools.
INTEGRASI KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL Masdar Limbong; Firmansyah Firmansyah; Fauzi Fahmi
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 5, No 4 (2021): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v5i4.12933

Abstract

Kualitas lulusan pendidikan era disrupsi tidak terlepas dari keberhasilan kurikulum yang menaunginya. Kurikulum pendidikan begitu penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini guna mendeskripsikan terkait pengembangan kurikulum pendidikan yang diterapkan berbasis multikultural di lembaga pendidikan. Pada penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mengandalkan dari sumber bibliografi seperti artikel jurnal ilmiah dan buku yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi dari kurikulum pendidikan berbasis multikultural mampu menggabungkan perbedaan kultural peserta didik, menciptakan pemahaman terhadap kebudayaan orang lain, adanya sikap toleransi antar peserta didik, membangkitkan semangat kebangsaan antar peserta didik, menjaga sikap dan perilaku yang baik serta menyamaratakan kesamaan antar peserta didik. 2) Implikasi kurikulum pendidikan multikulturl dari masa ke masa meliputi tiga dimensi yaitu kurikulum sebagai ide, kurikulum sebagai dokumen dan kurikulum sebagai proses.
PERKEMBANGAN ISLAM ZAMAN KEEMASAN BANI ABBASIYAH (650 M – 1250 M) Siti Syaidariyah Hasibuan
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 5, No 4 (2021): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v5i4.12934

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar kita memahami bagaimana pentingnya sejarah tentang kebudayaan Islam, yang dengan ini kita dapat mengetahui bagaimana sejarah tentang perjuangan para Nabi untuk memperjuangkan agama kita dari zaman mereka hingga saat ini. Salah satu sejarah yang dapat kita ketahui yaitu sejarah tentang Perkembangan Islam Periode/ Zaman Keemasan (Pada tahun 650 M – 1250 M ) Bani Abbasiyah, yang mana Pemerintahan dinasti Abbasiyah dinisbatkan kepada Al- Abbas, paman Rasulullah, sementara Khalifah pertama dari pemerintahan ini adalah Abdullah Ash- Sahffah bin Muhammad bin Ali Bin Abdulah bin Abbas bin Abdul Muthalib.Pada tahun 132 H/750 M, oleh Abul abbas Ashsaffah,dan sekaligus sebagai khalifah pertama. Selama lima Abad dari tahun 132-656 H (750 M- 1258 M). Penelitian ini menggunakan metode sejarah sosial. Data yang diperoleh akan dianalisis dan disajikan secara deskriptif dengan cara memilih topik, mengumpulkan sumber, memverifikasi data, menginterpretasikannya dan untuk selanjutnya dilakukan rekonstruksi agar menjadi penjelasan yang utuh dan komprehensif sehingga mudah dimengerti dan dipahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Pada zaman keemasan ini kita dapat mengetahui sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah beserta Khalifah-Khalifah bani Abbasiyah begitu pula dengan bagaimana runtuhnya Dinasti Abbasiyah tersebut yang kita ketahui bahwa itu terdapat karena dua faktor tertentu yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
EVALUASI KURIKULUM MIS TI AL-MUSHTHAFAWIYAH Maulidah Hasnah Anas
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 5, No 4 (2021): Oktober-Desember
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v5i4.12935

Abstract

Kurikulum titik tolak pelaksanaan pembelajaran.  Evaluasi berguna  mengetahui  pencapaian tujuan, keperluan tambahan/pengurangan, peranan pengawasan dan penerapan. Penelitian bertujuan  mendeskripsikan data  evaluasi penerapan kurikulum MIS TI Al-Mushthafawiyah Medan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif . Teknik pengumpulan data:  wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknis analisis data: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sabjek  penelitian: kepala sekolah dan wakil serta guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 5