cover
Contact Name
Ni Putu Yuliana Ria Sawitri
Contact Email
equilibrium.feb@unr.ac.id
Phone
+62895801000213
Journal Mail Official
equilibrium.feb@unr.ac.id
Editorial Address
Jalan Kampus Ngurah Rai No. 30, Desa penatih, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EQUILIBRIUM
Published by Universitas Ngurah Rai
ISSN : 24433934     EISSN : 27231704     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium (MBE) adalah jurnal ilmiah elektronik yang menerbitkan hasil studi manajemen dan bisnis. MBE diterbitkan secara berkala setiap 6 bulan sekali dengan format online. Editor MBE menerima hasil studi tertulis di bidang ekonomi, manajemen, bisnis dan kewirausahaan, baik studi empiris dan teoritis yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dan belum pernah dan tidak akan dipublikasikan di media lain. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan diedit untuk keseragaman format, istilah, dan prosedur lainnya sesuai dengan gaya lingkungan yang berlaku untuk Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium (MBE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai Denpasar. Selanjutnya naskah akan di lakukan review dan analisis kelayakan oleh Dewan Mitra Bestari yang terdiri dari 6 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, dan terdiri dari 1 orang Professor dan 9 orang Dosen bergelar Doktor dan telah memiliki Scopus ID. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium (MBE) diterbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai Denpasar.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium" : 10 Documents clear
Pengaruh Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Lumbung Sari Sedana Desa Buduk Badung I Gede Yoga Pramana Putra; Nyoman Dwika Ayu Amrita
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.411 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v3i2.371

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah agar dapat melihat dampak kedua variabel bebas terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Lumbung Sari Sedana Desa Buduk Badung. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Lumbung Sari Sedana Desa Buduk Badung. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 orang, dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis kuntitatif dan kualitatif adalah teknik yang dipergunakan. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan, didapat hasil bahwa kedua variabel berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Lumbung Sari Sedana Desa Buduk Badung. Kinerja karyawan pada Koperasi Lumbung Sari Sedana Desa Buduk Badung dipengaruhi oleh kedua variabel bebas sebesar 96 persen, sisanya 4 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Untuk meningkatkan kinerja karyawan pada Koperasi Lumbung Sari Sedana Desa Buduk Badung sebaiknya komunikasi dan disiplin kerja harus ditingkatkan agar tujuan dari perusahaan dapat tercapai.
Pengaruh Diklat Dan Hubungan Industrial Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Samabe Bali Suite And Villas Di Nusa Dua, Badung Putu Juli Prastyawati; I Made Santosa
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.818 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v3i2.372

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial antara diklat dan hubungan industrial terhadap kinerja karyawan pada Hotel Samabe Bali Suite and Villas di Nusa Dua, Badung. Jumlah sampel ditentukan dengan metode proportionate stratified random sampling yaitu sebanyak 76 orang karyawan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, F-test dan t-test. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda : Y = 7,490 + 0,344X1 + 0,488X2, menjelaskan ada pengaruh yang positif secara simultan antara diklat dan hubungan industrial terhadap kinerja karyawan. Koefisien determinasi dengan R2 sebesar 0,715 maka koefisien determinasi = 71,50%. Hal ini berarti perubahan diklat dan hubungan industrial secara simultan berkontribusi terhadap perubahan kinerja karyawan sebesar 71,50%, sedangkan sisanya 28,50% dijelaskan oleh variabel lain. Hasil F-test diperoleh F-hitung = 91,545 > F-tabel = 3,12 terletak pada daerah penolakan Ho dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 berarti diklat dan hubungan industrial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil t-test diperoleh t1-hitung = 3,779 > t-tabel = 1,666 terletak pada daerah penolakan Ho dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 berarti diklat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan t2-hitung = 5,100 > t-tabel = 1,666 terletak pada daerah penolakan Ho dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 berarti hubungan industrial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Proses Recruitment Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Restoran Sari Organik Di Ubud Kabupaten Gianyar Anak Agung Aristini; Luh Putu Virra Indah Perdanawati
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.397 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v3i2.373

Abstract

Restoran Sari Organik adalah salah satu restoran terkenal di wilayah Ubud Gianyar . Permasalahan yang diambil adalah pengaruh proses recruitment dan seleksiterhadap kinerja karyawan pada restoran sari organik di Ubud kabupaten Gianyar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pegaruh proses recruiment dan seleksi terhadap kinerja karyawan . Dengan mengambil responden sebanyak 30 orang dari 60 karyawan sebagai responden penelitian.Menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara,kuisioner , studi dokumentasi dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, determinasi, analisi uji t , dan analisis uji F. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh Y = 5,637 + 0,351X1 + 0,431 X2. Hasil determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 74,2% dan sisanya 25,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.Dari analisis uji t diperoleh t1 hitung > tabel (3,000>1,703 ) t2hitung>t tabel (3,879>1,703) dan analisis uji F didapat hasil (38,805 >3,35) .Hal ini menunjukan secara parsial dan simultan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara proses recruitmen dan seleks terhadap kinerja karyawan pada Restoran Sari Organik.
Analisis Kondisi Keuangan Ditinjau Dari Segi Likuiditas, Rentabilitas Dan Solvabilitas Pada Koperasi Simpan Pinjam Nirmala Tuban Kecamatan Kuta Kabupaten Badung Ni Luh Gede Putu Sudiarni; I Made Sukaja
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.663 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v3i2.374

Abstract

Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kualitatif yang bersifat deskriptif menggambarkan yang sebenarnya terjadi di perusahaan dengan teori serta menggunakan teknik analisis kuanitatif yaitu dengan menggunakan analisis rasio keuangan terdiri dari rasio likuiditas, rentabilitas dan solvabilitas.Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan berdasarkan Analisis Ratio Likuiditas pada Koperasi Simpan Pinjam Nirmala Tuban Kecamatan KutaKabupaten Badung, dilihat dari current ratio pada periode tahun 2012-2015 masing – masing sebesar 155,75%; 153,69%; 152,95%; dan 152,85% termasuk klasifikasi baik. Dilihat dari cash ratio cenderung meningkat sebesar 7,37% ditahun 2012 menjadi 15,14% ditahun 2013, ditahun 2014 menurun menjadi 13,03% dan kembali menurun ditahun 2015 menjadi 6,55% masih termasuk klasifikasi kurang baik.Analisis Ratio Rentabilitas pada Koperasi Simpan Pinjam Nirmala Tuban Kecamatan Kuta Kabupaten Badung dilihat dari rentabilitas ekonomi pada tahun 2012 sebesar 6,11% termasuk klasifikasi baik dan ditahun 2013 sampai tahun 2015 masing – masing sebesar 5,81%; 5,67% dan 4,87% termasuk klasifikasi cukup baik. Dilihat dari rentabilitas modal sendiri ditahun 2012 sebesar 9,94% termasuk klasifikasi cukup baik, ditahun 2013 menurun menjadi 6,34%, ditahun 2014 dan 2015 masing – masing sebesar 6,16% dan 3,40% namun masih termasuk dalam klasifikasi cukup baik.Analisis Ratio Solvabilitas pada Koperasi Simpan Pinjam Nirmala Tuban Kecamatan Kuta Kabupaten Badung dilihat dari ratio modal sendiri atas hutang pada tahun 2012 sebesar 61,59% termasuk klasifikasi sangat baik, namun ditahun 2013 menurun menjadi 48,37%, ditahun 2014 dan 2015 kembali meningkat masing – masing menjadi 54,03% dan 55,22% tapi masih termasuk dalam klasifikasi sangat baik. Dilihat dari ratio aktiva atas hutang, selama periode tahun 2012 sampai tahun 2015 dengan besar masing – masing 155,74%; 149,88%; 148,72%; dan 150,85% termasuk klasifikasi sangat baik.
Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Ticketing Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Domestik Pada Sales Office PT. Garuda Indonesia Denpasar Ni Kadek Maera Yuliani; I Gst. Gde Purwa Sudarta
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.015 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v3i2.375

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan pada Sales Office PT. Garuda Indonesia Denpasar. Jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan metode slovin. Analisis tingkat kepuasan konsumen atas kualitas pelayanan dianalisis dengan menggunakan metode IPA dan CSI. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari hasil Importance Performance Analysis (IPA) dinyatakan bahwa faktor-faktor atau atribut-atribut yang belum dapat memuaskan pelanggan sehingga dianggap perlu mendapat prioritas yaitu : pelayanan yang tidak berbelit-belit, pelaksanaan pelayanan yang sesuai dengan jadwal/rencana yang sudah disusun, memberikan informasi yang jelas jika terjadi masalah dan karyawan melayani konsumen dengan cepat. Berdasarkan Indeks kepuasan konsumen dengan menggunakan teknik Customer Satisfaction Index (CSI) memperoleh skor sebesar 81,4% dimana point terletak diantara 66% sampai dengan 82,99% hal ini berarti konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan PT. Fast Food Indonesia Cabang Gatsu Timur Denpasar I Made Sukaja; I Putu Budi Hariawan
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.233 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v3i2.376

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah agar dapat melihat dampak kedua variabel bebas terhadap kinerja karyawan pada perusahaan PT. Fast Food Indonesia Cabang Gatsu Timur Denpasar. Penelitian ini dilakukan di PT. Fast Food Indonesia Cabang Gatsu Timur di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 38 orang, dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis kuntitatif dan kualitatif adalah teknik yang dipergunakan. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan, didapat hasil bahwa kedua variabel berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan PT. Fast Food Indonesia Cabang Gatsu Timur Denpasar. Kinerja karyawan pada Perusahaan PT. Fast Food Indonesia Cabang Gatsu Timur Denpasar dipengaruhi oleh kedua variabel bebas sebesar 57,30 persen, sisanya 42,70 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Untuk meningkatkan kinerja karyawan pada Perusahaan PT. Fast Food Indonesia Cabang Gatsu Timur Denpasar sebaiknya motivasi dan lingkungan kerja fisik harus ditingkatkan agar tujuan dari perusahaan dapat tercapai.
Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank Mandiri Taspen Pos Kantor Cabang Sukawati, Di Kabupaten Gianyar I Wayan Juli Merta; Ida Ayu Arini
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.522 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v3i2.377

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedua variabel bebas terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Mandiri Taspen Pos Kantor Cabang Sukawati, di Kabupaten Gianyar. Penelitian ini dilakukan di PT Bank Mandiri Taspen Pos Kantor Cabang Sukawati, kabupaten Gianyar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Regresi linear berganda merupakan teknik analisis yang dipergunakan. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan, didapat hasil bahwa kedua variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Mandiri Taspen Pos Kantor cabang sukawati sebesar 76,30 persen, sisanya 23,70 persen dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan dan variabel motivasi kerja sama-sama mempengaruhi variabel kinerja karyawan pada PT Bank Mandiri Taspen Pos Kantor Cabang Sukawati, Kabupaten Gianyar. Untuk meningkatkan kinerja sebaiknya kepemimpinan harus ditingkatkan, pemberian motivasi harus di tingkatkan agar karyawan semangat dalam bekerja sehingga tujuan perusahaan bisa tercapai.
Pengaruh Komunikasi Dan Promosi Jabatan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. Bank Mandiri Taspen Pos Kantor Koordinator Area Bangli I Komang Sudiarta; I Made Sumartana
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.848 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v3i2.378

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedua variabel bebas terhadap motivasi kerja karyawan pada PT Bank Mandiri Taspen Pos Kantor Koordinator Area Bangli. Penelitian ini dilakukan di PT Bank Mandiri Taspen Pos Kantor Koordinator Area Bangli. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 33 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuisioner dan studi dokumentasi. Regresi linear berganda merupakan teknik analisis yang dipergunakan. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan, didapat hasil bahwa kedua variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap motivasi kerja karyawan pada PT Bank Mandiri Taspen Pos Kantor Koordinator Area Bangli sebesar 54,3 persen, sisanya 45,7 persen dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukan dalam model. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel komunikasi dan variabel promosi jabatan sama-sama mempengaruhi variabel motivasi kerja pada PT Bank Mandiri Taspen Pos Kantor Koordinator Area Bangli. Untuk meningkatkan motivasi kerja sebaiknya komunikasi harus ditingkatkan, proses promosi jabatan harus diperjelas agar karyawan termotivasi dalam bekerja sehingga tujuan perusahaan bisa tercapai.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Pos Indonesia Cabang Gianyar Pande Made Deby Lestari Yanti; Desak Gde Sayang Adnyani
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.904 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v3i2.379

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan Pada PT. Pos Indonesia Cabang Gianyar.Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Sampel yang digunakan adalah sebanyak 67 orang responden, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data, dianalisis dengan regresi linier sederhana dengan bantuan program komputer SPSS version 22.0 for windows. Berdasrkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan yaitu Y= 0,379+ 0,290X. Hal ini berarti bahwa meningkatnya kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Hasil analisis t-test diperoleh t-hitung adalah sebesar 16,860 lebih besar dari t-tabel 1,6, maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Penilaian Kesehatan Bank Dengan Metode Risk Profile Good Coorporate Governance Earning Capital (Studi Kasus Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Bali Tahun 2015) Ni Nyoman Sudiyani; A.A Gede Alit Arjaya Putra
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.563 KB) | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v3i2.380

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan bank pada PT. Bank Pembangunan Daerah Bali ditinjau dari Risk, Profile, Good Coorporate Governance, Earning dan Capital. Data yang digunakan adalah laporan keuangan PT. Bank Pembangunan Daerah Bali tahun 2015. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Alat analisis yang digunakan berdasarkan SE BI No.13/24/DPNP tanggal 25 Oktober 2011 dan PBI No.13/1/PBI/2011 tanggal 5 Januari 2011 tentang Penilaian Tingkat kesehatan Bank Umum. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, tingkat kesehatan PT Bank Pembangunan Daerah Bali Tahun 2015 memperoleh hasil untuk profil risiko Non Performing Loan (NPL) sebesar 1.94% tergolong “sangat sehat”. Loan to Deposit Ratio (LDR) sebesar 98.11% tergolong “Cukup Sehat”. Penilaian hasil Self Assessment GCG (Good Corporate Governance) mendapat peringkat 2 tergolong “Baik”. Return of Asset (ROA) sebesar 3.33% tergolong “Sehat”. Net Interest Margin (NIM) sebesar 6.67% tergolong “Sehat”. Capital Adequacy Ratio (CAR) sebesar 24.44% tergolong “Sangat Sehat”. Nilai rasio RGEC menunjukkan predikat kesehatan bank sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia dengan kesimpulan peringkat komposit 2, yang mencerminkan kondisi bank yang secara umum yaitu sehat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10