cover
Contact Name
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad
Contact Email
jurnalalawlad@gmail.com
Phone
+6282389506600
Journal Mail Official
jurnalalawlad@gmail.com
Editorial Address
Prodi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidauyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Jl. Prof Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Kuranji Kota Padang Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad
ISSN : 20868065     EISSN : 2723004X     DOI : https://doi.org/10.xxx/xxxx
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ibtidaiyah
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)" : 10 Documents clear
ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD/MI Sasmi Nelwati; Debi Febrianto; Septia Zeliana
Tarbiyah al-Awlad Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v10i1.2534

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada pada pembelajaran IPA dikelas V SD/MI. Diantara solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran CORE (connecting organizing reflecting extending). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancangan model pembelajaran CORE (connecting organizing reflecting extending), menganalisis langkah-langkah model CORE (connecting organizing reflecting extending) serta menganalisis keunggulan dan kelemahan model pembelajaran CORE (connecting organizing reflecting extending) pada pembelajaran IPA dikelas V SD/MI. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif analitis dengan metode library research (Kajian Pustaka). Sumber data penelitian ini seperti jurnal dan buku-buku yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pencatatan penelitian dan teknik analisis data menggunakan content anayisis. Hasil analisis yang penulis lakukan menunjukkan bahwa rancangan model pembelajaran CORE berupa RPP pada pembelajaran IPA dikelas V SD/MI berpedoman dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah dan permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 yang didalamnya terdapat LKPD yang disesuaikan dengan salah satu indikator kemampuan abad 21 yaitu berfikir kritis. Dalam rancangan tersebut terdapat langkah-langkah yaitu tahap connecting, organizing, reflecting, extending yang diperkirakan mampu menyelesaikan permasalahan pada pembelajaran IPA dikelas V SD/MI hal ini disebabkan karena model CORE memiliki keunggulan-keunggulan seperti dapat mengembangkan keaktifan dan memberikan pembelajaran yang bermakna, melatih dan mengembangkan daya ingat peserta didik tentang konsep pada materi pembelajaran dan mengembangkan daya berfikir kritis sekaligus mengembangkan keterampilan pemecahan suatu masalah IPA di kelas V SD/MI.
VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MUATAN LOKAL MINANGKABAU DI KELAS IV SD/MI Ratih Yuliasih; Media Roza; Duski Samad
Tarbiyah al-Awlad Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v10i1.2528

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Berbasis Muatan Lokal Minangkabau di kelas IV SD/MI pada tema Daerah Tempat Tinggalku yang valid, agar peserta didik mudah dalam memahami materi dan mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk LKPD yang dikembangkan diberi nama Keunikan Ranah Minangkabau dan diujikan kepada subjek penelitian yang sudah disesuaikan dengan alur penelitian yaitu uji kepada validator ahli, pendidik dan peserta didik. Aspek yang diuji yaitu aspek validitas LKPD. Hasil penelitian menemukan aspek validitas yang diberikan kepada 4 validator ahli diperoleh sebesar 89,45 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD Tematik Berbasis Muatan Lokal Minangkabau kelas IV SD/MI tergolong sangat valid sebagai penunjang pembelajaran pada tema Daerah Tempat Tinggalku.
ANALISIS BAHAN AJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS Mawadah Rahmawati; isti ningsih
Tarbiyah al-Awlad Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v10i1.2536

Abstract

memahami agama secara dogmatis, bukan nalar kritis. Karenanya penelitian ini focus pada Bahan Ajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 dengan metode studi pustaka melalui analisis isi (content analysis) dan interpretasi isi (content interpretation). hasil dari penelitian mendapati bahwa terdapat relevansi pendidikan kritis dengan materi dan gambar buku ajar, kesadaran kritis dibangun melalui prosedur pendekatan saintifik pada proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Melalui tradisi kritis, peserta didik mampu memahami realitas dan mengubahnya menjadi lebih baik, damai, adil, aman, dan sejahtera. Penelitian ini berkontribusi bagi pembuktian sekaligus dorongan perlunya pemaknaan ulang atas model sosialisasi wacana kesadaran kritis yang mengintegrasikan prinsip keadilan dengan prinsip pendidikan Islam agar dapat mengakomodasi tuntutan kesadaran kritis, salah satunya, melalui perumusan bahan ajar yang berkesadaran kritis.
Upaya Mengatasi Prilaku Adiksi Terhadap Game Online Misra Misra
Tarbiyah al-Awlad Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v10i1.2529

Abstract

Penelitian ini mengangkat suatu fenomena Game Online di kalangan peserta didik di madrasah. Waktu belajar banyak dihabiskan akan kecanduan Game Online dengan dalih menghilangkan rasa penat dan bosan dalam aktivitas madarsah. Tanpa sadar dampak buruk yang ditimbulkan dari aspek mental-spritual, pisik-psikis, ekonomi-sosial dan agama serta budaya akademik tentunya. Melalui penelitian ini diharapkan agar pihak yang berkepentingan dalam pendidikan terutama orangtua dan guru agar memberikan perhatian lebih terhadap prilaku anak, baik di rumah maupun di madrasah. Peran serta masyarakat sebagai warga madrasah juga menjadi penting ikut berpartisipasi aktif mengatasi berbagai penyimpangan yang dilakukan generasi muda sebagai kaum pembelajar. Metode kualitatif yang bersifat deskriptif penulis gunakan agar temuan lapangan dapat digambarkan seonjektif mungkin menurut apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, adanya upaya guru dan orangtua dalam mengatasi perilaku adiksi game online peserta didik. Dalam bidang akademik guru membangun karakter positif peserta didik melalui proses pembelajaran. Orangtua turut mengontrol perilaku anaknya dengan membangun pergaulan yang harmonis, hangat dan berimbang dalam rumah tangganya. Selanjutnya mengintensivkan kegiatan ekstrakurikuler berupa latihan pramuka, drum band, tahfidz dan forum Annisa, dibimbing oleh guru pendamping yang sudah berpengalaman secara berkelanjutan. Kesimpulannya bahwa kemajuan sains dan teknologi sangat menarik perhatian generasi muda. Celakanya banyak yang tidak sadar efek negatif yang ditimbulkannya makakehadiran guru, orangtua dan masyarakat sangat urgent memberikan kepedualian untuk masa depan mereka.
PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV DI MIN BENER PURWOREJO Faizah Faizah; Akhmad Zaenudin
Tarbiyah al-Awlad Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v10i1.2530

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui proses pengembangan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV di MIN Bener Purworejo. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menyusun, memahami dan menganalisis proses penerapan pembelajaran tematik terpadu sekaligus bentuk pengembangan kreativitas melalui pembelajaran tematik terpadu. Hasil penelitian menunjukkan; Pembelajaran Tematik Terpadu dilaksanakan menggunakan pendekatan scientific. Tahap pelaksanaan pembelajaran dimulai dari, tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Pengembangan Kreativitas Peserta didik didesain menggunakan multimetode, yakni; metode inquiri dan problem solving. Pembelajaran dilaksanakan secara aktif dan tidak monoton, peserta didik diberikan kebebasan berpendapat sekaligus praktik langsung.
PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN PAI MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN DI MIN 2 SLEMAN Ahmad Zainal Abibin; Rendy Nugraha Frasandy
Tarbiyah al-Awlad Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v10i1.2525

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan kurikulum PAI Melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di MIN 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field study) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi dan wacancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Forum MGMP berkontribusi besar dalam pengembangan kurikulum PAI di MIN 2 Sleman diantaranya (1) menghasil produk yang berupa Modul pelajaran PAI yang dalam penyusunanya mempertimbangkan kebutuhan di kelas, (2) menghasilkan produk berupa soal ujian rumpun PAI, hal demikian kaitanya dengan Ujian Tengah Semester (PTS) dan Ujian Kenaikan Kelas (PAT), (3) memecahkan persoalan yang dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Bagi guru yang memiliki persoalan di dalam mengajar mereka menyampaikan hal tersebut di forum MGM . Forum MGMP mengkaji persoalan tersebut secara bersama. Apabila tidak ditemukan pemecahan masalahnya, forum MGMP mendatangkan konsultan pendidikan. Selain, untuk menangani permasalahan di lapangan dapat menggunakan penelitian tindakan kelas yang sekiranya relevan untuk menangani persoalan di lapangan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dipublikasikan di lingkup forum MGMP maupun di luar. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah diuji dapat dijadikan pertimbangan dalam merevisi kurikulum PAI di setiap lembaga pendidikan yang bersangkutan.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA MERAWAT TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR Febria Wulandari; Dorisno Dorisno
Tarbiyah al-Awlad Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v10i1.2531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik yang valid, praktis dan efektif pada pembelajaran tematik subtema merawat tumbuhan untuk siswa kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang dibatasi menjadi 3-D. Penelitian ini dilakukan pada awal semester dua tahun ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar. Rancangan LKPD yang telah dirancang divalidasi oleh 2 orang dosen dan 4 orang guru SD. Analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan presentase kevalidan 91,2%. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa LKPD yang dihasilkan dalam kategori sangat praktis dengan presentase kepraktisan 92,5% oleh guru dan 89,2% oleh siswa dengan kategori praktis. Pembelajaran menggunakan LKPD yang telah dikembangkan dinyatakan sudah efektif hal ini dilihat pada hasil belajar siswa, dimana ketuntasan klasikalnya adalah 87,4%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Pendekatan Saintifik yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk mengajarkan pembelajaran tematik subtema merawat tumbuhan untuk siswa kelas II.
MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI Khadijah Khadijah; Zulvia Trinova; Lastri Susanti
Tarbiyah al-Awlad Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v10i1.2526

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya nilai tematik pada pembelajaran PKN dan Bahasa Indonesia peserta didik di MIN 1 Kota Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020 yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Pembelajaran masih didominasi  oleh pendidik sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik kurang berinteraksi dan kerja sama antar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKN dan Bahasa Indonesia peserta didik kelas II MIN 1 Kota Pariaman, yang menerapkan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan Strategi CTL. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasy Experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II MIN 1 Kota Pariaman dengan jumlah peserta didik sebanyak 52 orang yang terdiri dari 2 kelas. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan Strategi CTL, sedangkan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran biasa. Penelitian dilaksanakan dari bulan Juni sampai Agustus 2019. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes akhir. Hasil menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai kelas eksperimen 78,25 dan rata-rata nilai kelas kontrol 62,5. Berdasarkan hasil uji-t sehingga diperoleh thitung>ttabel (4,069>0,2732) dengan α= 0,05 pada taraf kepercayaan 95%. Maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar PKN dan Bahasa Indonesia peserta didik yang menerapkan Strategi CTL baik daripada hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan Strategi CTL di kelas II MIN 1 Kota Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020.
Internalisasi Nilai Kewarganegaraan dalam Pembelajaran PKn Peserta Didik di MIN Pesisir Selatan Mahmud Mahmud; Sasminelwati Sasminelwati
Tarbiyah al-Awlad Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v10i1.2532

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh nilai kewarganagaraan peserta didik yang belum menunjukkan secara baik dan masih jauh dari harapan. Nilai kewarganegaraan yang mestinya bagian dari karena tujuan pembelajaran PKn, dan tuntutan itu adalah terinternalisasinya sikap kewarganegaraan atau menjadikan warga negara yang baik pada aspek penanaman pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, serta tindakan. Tujuan penelitian untuk dapat mendeskripsikan bagaimana internalisasi nilai kewarganegaraan melalui pembelaran PKn pada peserta didik MIN Pesisir Selatan, lebih khusus untuk dapat melihat potret bagaimana penanaman sikap jujur, percaya diri dan tanggung jawab. Jenis penelitianya bersifat deskriptif kualitatif, dengan sumber pendidik dan kepala sekolah. Menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian di olah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, dalam internalisasi nilai jujur pendidik, melalui pemberian contoh, memperhatikan sikap, dan berperan sebagai penasehat bagi peserta didik dalam bersikap jujur. Kedua, internalisasi nilai percaya diri pendidik member perhatian, kesempatan, dan memotivasi untuk melakukan aktivitas cerminan percaya diri kepada peserta didik. Ketiga internalisasi nilai tanggung jawab pendidik dengan pemberian contoh, memperhatikan sikap tanggung jawab dan menasehati peserta didik dalam beraktivitas / melakukan kegiatan sehari-hari.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V MIS MUHAMMADIYAH RAMBAI KOTA PARIAMAN Zainul Arasy; Zulfahmi HB
Tarbiyah al-Awlad Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v10i1.2527

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar dan keterampilan berbicara tematik terpadu peserta didik kelas V MIS Muhammadiyah Rambai Kota Pariaman masih banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Tujuan penelitan ini adalah untuk melihat pengaruh model role playing terhadap hasil belajar dan keterampilan berbicara pada subtema manusia dan lingkungan. Jenis penelitian adalah Pre-Experimental dengan design One Group Pretest dan Posttest Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas V MIS Muhammadiyah Rambai Kota Pariaman, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis, tes kinerja, dan angket. Teknik yang digunakan menganalisis data berupa uji T dan N-Gain. Hasil penelitian pada tes tulis diperoleh thitung = 2,69 dan ttabel pada taraf signifikan 5%   db 24 adalah 2,06 karena thitung lebih besar dari ttabel (2,69 > 2,06) maka hipotesis H0 ditolak dan terima Ha.. Pada tes kinerja aspek kebahasaan diperoleh (3,45 > 2,06) maka hipotesis H0 ditolak dan terima Ha.. Pada tes kinerja aspek nonkebahasaan didapatkan (3,57 > 2,06) maka hipotesis H0 ditolak dan terima Ha. Pada pengujian N-Gain, tes tulis didapatkan persentase 33,22, tes kinerja aspek kebahasaan 44,97 dan aspek nonkebahasaan didapatkan persentase 41,49. Jadi, keseluruhan perhitungan N-gain terletak pada rentang 30 ≤ N-gain ≤ 70 dengan kriteria klasifikasi sedang. Setelah menganalisis hasil dapat disimpulkan adanya pengaruh model role playing dimana hasil belajar dan keterampilan berbicara lebih baik setelah menggunakan role playing daripada sebelum menggunakan pembelajaran role playing.

Page 1 of 1 | Total Record : 10