cover
Contact Name
Pardianto
Contact Email
pardianto@uinsby.ac.id
Phone
+6281232720222
Journal Mail Official
jurnalilkom@uinsby.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN) Surabaya. Jl. Jend. A. Yani 117 Tromol Pos 4/WO Surabaya 60237. Telp. +62-031 8437987, Fax. +62-31 8482245. e-mail: jurnalilkom@uinsby.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 2088981X     EISSN : 27232557     DOI : https://doi.org/10.15642/jik
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan menjadi wadah pengembangan ilmu komunikasi, baik dari hasil penelitian maupun analisis-reflektif. Para akademisi dan praktisi diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan konsep-konsep baru di bidang ilmu komunikasi dalam berbagai perspektif yang luas. Kajian utama jurnal ini mencakup studi media during/cetak, film, periklanan, dan rumpun ilmu komunikasi lainnya. Jurnal Ilmu Komunikasi terbit dua kali setahun pada bulan April dan bulan Oktober
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2016): April" : 5 Documents clear
KONSTRUKSI BRANDING PEMERINTAH KABUPATEN MOJOKERTO DALAM ACARA SAMBANG DESA PERSPEKTIF KOMUNIKASI PEMBANGUNAN Maskur Suparni Raharto, Alif
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 1 (2016): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.963 KB)

Abstract

Sambang Desa ini merupakan program dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Bupati beserta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Mojokerto terjun langsung ke masyarakat, untuk berinteraksi langsung guna mendengarkan keluhan-keluhan mereka untuk dicari solusi bersama. Adapun persoalan yang dikaji dalam artikel ini adalah upaya Pemerintah Kabupaten Mojokerto dalam melakukan konstruksi branding dalam acara sambang desa dan bentuk komunikasi pembangunan dalam konstruksi branding Pemerintah Kabupaten Mojokerto pada acara sambang desa. Metode penelitian yang digunakan untuk mengungkap persoalan maka peneliti dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Pemerintah Kabupaten Mojokerto dalam melakukan konstruksi branding dalam acara sambang desa adalah melalui serap aspirasi melaui dialog interaktif. Pemberian bantuan berupa dana hibah ke desa, pemberian santunan kepada janda tua, dan melakukan komunikasi melalui media massa. Sedangkan bentuk komunikasi pembangunan Pemerintah Kabupaten Mojokerto pada acara sambang desa adalah komunikasi kelompok kecil dan komunikasi massa.
Perilaku Komunikasi Dunia Maya oleh Kpopers Surabaya (Studi pada Perilaku Komunikasi di Twitter dan Instagram oleh Kpopers Surabaya Anggota KLOSS Family) Yuniar Rohdiana Andansari
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 1 (2016): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.917 KB) | DOI: 10.15642/jik.2016.6.1.%p

Abstract

Studi ini membahas tentang perilaku komunikasi dunia maya yang dilakukan oleh Kpopers Surabaya. Kpopers adalah sebutan bagi para penggemar Kpop. Dalam penelitian ini, bermaksud untuk mengetahui bagaimana perilaku para Kpopers Surabaya di media sosial twitter dan instagram. Dalam Penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, membaca literatur buku dan mencari data secara online.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perilaku komunikasi yang dilakukan oleh Kpopers Surabaya meliputi perilaku dalam mendapatkan dan membagikan informasi tentang Kpop dengan menggunakan fitur yang ada pada twitter maupun instagram. Perilaku juga ditunjukkan dari cara interaksi informan di twitter dan instagram (2) motif Kpopers Surabaya dalam penggunaan twitter dan instagram adalah interaksi, informasi dan hiburan.
Komunikasi Pemasaran Integrated Marketing Communications “Young Moslem Entrepreneur Camp (YouMEC) 2015” di UIN Sunan Ampel Surabaya) Anifatul Jannah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 1 (2016): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.988 KB) | DOI: 10.15642/jik.2016.6.1.%p

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana tahapan kerja panitia sebelum menyelenggarakan acara Young Moslem Entrepreneur Camp (YouMEC) 2015 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi seorang penyelenggara event Young Moslem Entrepreneur Camp (YouMEC) 2015 dapat menarik stakeholder internal maupun eksternal dari kampus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menemukan sebuah event baru sama halnya seperti produk baru. Dalam pemasarannya hampir serupa, harus menggunakan model komunikasi yang lebih maju yakni menggunakan komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communications) dalam pemasarannnya kepada khalayak luas. Dengan menggunakan IMC maka pelaksanakaan penyelenggara event Young Moslem Entrepreneur Camp (YouMEC) 2015 dapat berhasil dan diminati oleh para mahasiswa.
Komunikasi Nonverbal pada komunitas Surabaya Extreme Metal Wiyanto Hidayatullah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 1 (2016): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.291 KB) | DOI: 10.15642/jik.2016.6.1.%p

Abstract

Artikel ini membahas tentang bentuk komunikasi nonverbal pada komunitas surabaya extreme metal dimana komunikasi nonverbal sangatlah berperan penting terhadap komunikasi dalam komunitas surabaya extreme metal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk daripada komunikasi nonverbal yang terdapat dalam komunitas surabaya extreme metal. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menjunjukkan bahwa, bentuk komunikasi nonverbal yang terdapat dalam komunitas surabaya extreme metal yaitu bentuk nonverbal berupa lambang-lambang yang biasa dipakai dan dijadikan simbol oleh komunitas underground, diantaranya dilihat dari penampilan nya, lirik lagu yang dinyanyikan serta genre atau aliran yang mereka mainkan. Bentuk komunikasi nonverbal yang terdapat pada komunitas surabaya extreme metal yang berupa simbol atau lambang yang dipakai oleh komunitas underground pada umumnya, merupakan mempunyai arti pemberontakan, anti kemapanan, gaya hidup yang ekstrim, kaum pekerja dan pemujaan terhadap suatu materi / kebendaan.
Peran Media Public Relations Internal sebagai Penunjang Kerja Karyawan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Wahyuni Wahyuni
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 1 (2016): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.185 KB) | DOI: 10.15642/jik.2016.6.1.%p

Abstract

Dalam artikel ini ada dua persoalan yang akan dibahas yaitu: (1) bagaimana media public relations dijalankan oleh Humas PT. Pelindo III (Persero). (2) bagaimana respon karyawan terhadap media public relations internal di PT.Pelindo III (Persero). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media public relations internal yang dijalankan oleh Humas PT. Pelindo III (Persero) dan mengetahui respon karyawan terkait adanya media public relations internal di PT. Pelindo III (Persero). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Majalah Dermaga, Slogan dalam pigora, kaset video & CCTV, E-mail, Obrolan langsung, dan Piknik bersama. (2) Semua media public relations internal yang dijalankan Humas Pelindo III mendapatkan respon yang baik dan positif dari karyawan, karena mereka menggunakan dan memanfaatkan adanya media public relations internal tersebut. Sehingga, media public relations internal yang dijalankan mempunyai peran sebagai penunjang kerja karyawan PT. Pelindo III (Persero).

Page 1 of 1 | Total Record : 5