cover
Contact Name
Pardianto
Contact Email
pardianto@uinsby.ac.id
Phone
+6281232720222
Journal Mail Official
jurnalilkom@uinsby.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN) Surabaya. Jl. Jend. A. Yani 117 Tromol Pos 4/WO Surabaya 60237. Telp. +62-031 8437987, Fax. +62-31 8482245. e-mail: jurnalilkom@uinsby.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 2088981X     EISSN : 27232557     DOI : https://doi.org/10.15642/jik
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan menjadi wadah pengembangan ilmu komunikasi, baik dari hasil penelitian maupun analisis-reflektif. Para akademisi dan praktisi diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan konsep-konsep baru di bidang ilmu komunikasi dalam berbagai perspektif yang luas. Kajian utama jurnal ini mencakup studi media during/cetak, film, periklanan, dan rumpun ilmu komunikasi lainnya. Jurnal Ilmu Komunikasi terbit dua kali setahun pada bulan April dan bulan Oktober
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2017): October" : 5 Documents clear
Komunikasi Organisasi PC IPPNU Kota Surabaya dalam Menumbuhkan Solidaritas Kader NU Nur Wachidah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 7 No. 2 (2017): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.174 KB) | DOI: 10.15642/jik.2017.7.2.%p

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam artikel ini yaitu : Bagaimana proses komunikasi organisasi yang terjadi di PC IPPNU Kota Surabaya dalam menumbuhkan solidaritas kader NU. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi organisasi yang terjadi di PC IPPNU Kota Surabaya dalam menumbuhkan solidaritas kader NU. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, proses komunikasi organisasi PC IPPNU Kota Surabaya dalam menumbuhkan kader NU dapat ditemukan 2 proses komunikasi, yaitu komunikasi dari bawah ke atas (botton-up atau upward communications) dan komunikasi diagonal (diagonal communications). Komunikasi dari bawah ke atas berarti pimpinan PC IPPNU Kota Surabaya menggali ide-ide dari pengurus yang ada dibawahnya dan bahkan dari anggota untuk menumbuhkan solidaritas kader. Sedangkan komunikasi diagonal dilakukan antar ketua devisi dalam organisasi PC IPPNU Kota Surabaya yang akhirnya ide diterima oleh ketua PC IPPNU Kota Surabaya.
Strategi Komunikasi Efektif Radio Suara Surabaya FM dalam Program Renungan Fajar Rizki Amilia
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 7 No. 2 (2017): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.264 KB) | DOI: 10.15642/jik.2017.7.2.%p

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi efektif radio suara Surabaya (SS) dalam program Renungan Fajar. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi komunikasi efektif radio SS Surabaya dalam program Renungan Fajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi efekt radio SS FM dalam program Renungan Fajar adalah mengadakan forum group discussion (FGD), survei, menyusun pesan dengan cara memilih issue yang lagi tren dan penggunaan gaya bahasa lugas sesuai segmentasi pendengar. Disamping itu SS FM juga menetapkan metode repetisi dengan mengulang rekaman program yang berisi materi dakwah dengan model penyampaian yang sama halnya dengan acara yang telah dilakukan.
Sosial Media Twitter sebagai Media Komunikasi Sosial Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Mochamad Fajar Fitrahillah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 7 No. 2 (2017): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.685 KB) | DOI: 10.15642/jik.2017.7.2.%p

Abstract

Artikel ini membahas tentang apa motif penggunaan sosial media (Sosmed) mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya dalam berkomunikasi melalui media sosial Twitter. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif yang digunakan oleh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam melakukan komunikasi sosial melalui sosmed twitter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif menggunakan sosial media twitter adalah untuk menjalin pertemanan dan sebagai penyalur aspirasi serta menuangkan ide dan gagasan serta sebagai hiburan ketika sedang mengalami kejenuhan dalam belajar. Sehingga komunikasi yang dilakukan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya melalui media sosial twitter dapat menjalin komunikasi dengan teman dan mendapat informasi yang diinginkan.
Komunikasi Pemasaran Museum Mpu Tantular Dini Fajratul
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 7 No. 2 (2017): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.054 KB) | DOI: 10.15642/jik.2017.7.2.%p

Abstract

Museum sebagai tempat yang dijadikan destinasi wisata, karena di dalam museum banyak pengetahuan dan pengalaman yang didapat, terutama yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan, seperti museum Mpu Tantular. Dalam artikel ini peneliti ingin membahas tentang bagaimana srategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola museum Mpu Tantular. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Museum Mpu Tantular untuk menarik minat wisatawan agar berkunjung ke museum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran museum Mpu Tantular adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dan menjalin kedekatan dengan masyarakat, selain itu museum Mpu Tantular juga rutin menggelar kegiatan yang menarik sehingga menimbulkan minat masyarakat untuk mengunjungi museum. Museum Mpu Tantular juga memanfaatkan media untuk melakukan proses promosi, baik menggunakan media konvensional seperti koran, brosur, dan baliho, maupun media baru seperti website dan media sosial.
Analisis Komunikasi Pendengar Radio R FM Mojokerto dalam Perspektif Psikologi Komunikasi Analisis Komunikasi Pendengar Radio R FM Mojokerto dalam Perspektif Psikologi Komunikasi Putri Novitasari
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 7 No. 2 (2017): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.193 KB) | DOI: 10.15642/jik.2017.7.2.%p

Abstract

Seiring perkembangan zaman, radio kini tidak hanya bisa di dengarkan secara lokal saja karena sudah ada fasilitas streaming. Radio R FM Mojokerto karena satu-satunya radio yang sudah ada fasilitas streaming audio visual. Ada dua persoalan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana motif pendengar memilih radio R FM Mojokerto, (2) Bagaimana persepsi pendengar tentang radio R FM Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Motif pendengar memilih radio R FM Mojokerto karena R FM Mojokerto sebagai media hiburan, karena acaranya dikemas menarik, misalnya musik, yang disajikan enak di dengar sampai penyiarnya yang ramah dengan pendengar. (2) Persepsi pendengar mengenai Radio R FM Mojokerto dibagi menjadi 4 bagian (a) Persepsi mengenai program acara sesuai dengan kebutuhan masyarakat Mojokerto, (b) Persepsi mengenai penyiar, (c) Persepsi mengenai musik, berbagai macam genre music disajikan di sajikan di berbagai macam program acara yang cocok bagi usia muda sampai usia dewasa, (d) Pesepsi mengenai live streaming audio visual.

Page 1 of 1 | Total Record : 5