cover
Contact Name
Rudi Setiawan
Contact Email
rudi@trilogi.ac.id
Phone
+628192454119
Journal Mail Official
rudi@trilogi.ac.id
Editorial Address
Program Studi Sistem Informasi Universitas Trilogi, Jl. TMP Kalibata No.1 Pancoran, Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Published by Universitas Trilogi
ISSN : -     EISSN : 26848260     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi terbit 2 kali dalam setahun, bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian pada ranah topik sistem informasi, kompleksitas algoritma, implementasi algoritma, rekayasa perangkat lunak, sistem terdistribusi, bisnis dan manajemen, pengelolaan data dan informasi, sistem cerdas, data mining, sistem penunjang keputusan dan tanpa membatasi topik lain yang masih relevan.
Articles 54 Documents
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN LAHAN PARKIR BERBASIS WEB GIS Ahmad Hidayat; Faisal Piliang
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (811.703 KB) | DOI: 10.31326/sistek.v1i1.320

Abstract

Sistem informasi merupakan sistem yang didalamnya mencakup informasi-informasi yang dibutuhkan. Untuk kelancaran suatu pekerjaan maka dibutuhkan suatu web khusus yang dapat membantu kelancaran suatu tugas atau masalah yang timbul di masyarakat. Sekarang hampir semua aktivitas bisa serba online dan dengan berbagai masalah yang terjadi mengenai maraknya kendaraan yang sering parkir di pinggir jalan dan sesuai Peraturan Daerah No 5 tahun 2014 tentang transportasi yang mengatur tentang parkir yang menggangu jalan sehingga seringkali menjadi alasan timbulnya kemacetan. Seringkali pihak kemanan mengamankan mobil yang parkir sembarangan dan masyarakat pun juga sangatlah sulit mencari lahan parkir yang dekat dari tempat mereka tinggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem informasi parker, untuk mempemudah pemilik kendaraan dalam mencari lahan parkir, dan untuk memberi informasi ketersediaan lahan parkir. Teknik pengembangan sistem dalam penulisan ini menggunakan metode model waterfall. Model waterfall mempunyai ciri khas yaitu pengerjaan setiap fase dalam waterfall harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke fase berikut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada daerah ini sudah dilaksanakan sistem yang terkomputerisasi dan stakeholder lebih mudah mendapatkan informasi bagi penggunanya. Terdapatnya informasi mengenai sewa lahan yang telah di sewa, sehingga pemilik lahan lebih mudah mengelola dan mengontrol lahan parkir dan transaksi yang terjadi. Terdapatnya informasi ketersediaan lahan parkir dan informasi lokasi lahan parkir yang terdekat dari pemilik kendaraan. Adapun saran untuk para peneliti lain dapat dikembangkan lagi menjadi sebuah sistem berbasis android sehingga dapat diakses pada perangkat lunak mobile atau smartphone, sehingga user lebih mudah untuk mengakses sistem ini
PERANCANGAN SISTEM PENDIAGNOSA PENYAKIT HEPATITIS DENGAN METODE CASE BASED REASONING (CBR) Darsin Darsin; Mira Febriana Sesunan
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1112.315 KB) | DOI: 10.31326/sistek.v1i2.471

Abstract

Penyakit Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh beberapa jenis virus yang menyerang dan menyebabkan peradangan serta merusak sel-sel organ hati manusia. Hepatitis dikategorikan dalam beberapa golongan, diantaranya hepatitis A, B, C, D dan E. Hepatitis dibagi menjadi 2 yaitu hepatitis akut yang  berlangsung kurang dari 6 bulan ditularkan melalui fecal oral lewat makanan dan hepatitis kronis yang berlangsung lebih dari 6 bulan ditularkan lewat cairan parenrral, seksual, plasenta. Hepatitis akut terdiri dari virus hepatitis A dan virus hepatitis E, sedangkan hepatitis kronis terdiri dari virus hepatitis B dan virus hepatitis C. Di Indonesia penyakit Hepatitis yang paling banyak di derita adalah hepatitis A, B dan hepatitis C. Sedangkan mengidentifikasi serangan penyakit pemyakit hepatitis, dapat dilakukan dengan cara melihat fisik secara langsung pada setiap bagian tubuh, baik kulit, mata, air seni. Dalam penelitian ini, dilakukan identifikasi penyakit hepatitis A, B, C, D, E. Sistem penalaran komputer berbasis kasus case based reasoning (CBR) merupakan sistem yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu kasus baru dengan cara mengadaptasi solusi-solusi yang terdapat kasus-kasus sebelumnya yang mirip dengan kasus baru tersebut.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PAKET TOUR DAN TRAVEL BERBASIS WEB ( Studi Kasus : RAFI TOUR AND TRAVEL JAKARTA ) Nabila Ratna Febriani
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.296 KB) | DOI: 10.31326/sistek.v2i2.668

Abstract

Dalam penulisan Skripsi ini penulis akan membahas Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Paket Tour And TravelBerbasis Web(Studi Kasus : Rafi Tour And Travel Jakarta).Pembuatan sistem ini dilakukan karena proses pemesanan paket tour  dan informasi yang berkaitan dengan paket tour and travelbelum dilakukan secara terkomputerisasi, sehingga menyulitkan calon travelleruntuk memesan paket tour.Pembuatan Sistem Informasi Pemesanan paket tour and travelpada Rafi Tour And Travel JakartaBerbasis Webini dikembangkan dengan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHPdan Framework CodeIgniter.Sedangkan untuk metode perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language ( UML ). Kesimpulan yang dapat diambil adalah Sistem Informasi Pemesanan Paket Tour And Travelyang sudah terkomputerisasi dengan baik ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam proses pemesanan paket tour, sehinggaproses pemesanan paket tour menjadi lebih efektif dan efisien.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN MAKAM BERBASIS WEB PADA PEMAKAMAN WAKAF BUNGUR KEBAYORAN LAMA Bayu Trianto
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.731 KB) | DOI: 10.31326/sistek.v2i1.673

Abstract

Pemakaman Wakaf Bungur adalah sebuah Pemakaman Wakaf di Jakarta Selatan tepatnya berada di jalan Ciputat Raya, Kebayoran Lama. Pemakaman wakaf yang berdiri sejak tahun 1943 dan memiliki luas lebih dari 1 hektare. Masyarakat sebagai bagian dari sebuah kota harus menyadari bahwa suatu saat mereka akan meninggal dunia dan perlu sedini mungkin memikirkan rencana tempat pemakaman baginya.Proses pemesanan secara manual belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena dinilai merepotkan, maka penulis akan membuat sistem pengelolaan Pemakaman berbasis website, dengan tujuan untuk memudahkan pemesan makam dalam proses pemesanan makam dan proses pembayaran biaya pemakaman serta bisa terkelola dengan baik transaksi di Pemakaman Wakaf Bungur.  Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan bagian terkait dan dalam pembuatan sistem informasi ini menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall,bahasa pemrograman PHP menggunakan Framework Laraveldan Database MySQL.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya sistem pengelolaan makam ini, masyarakat dapat dengan mudah memesan makam tanpa harus datang langsung ke pemakaman tersebut untuk memesan makam secara manualdan dengan adanya sistem pengelolaan makam ini untuk pengelola dapat mengefisienkan waktu dan menghindari hilangnya data pemakaman dengan sistem pengelolaan yang sudah terkomputerisasi data akan tersimpan dengan aman di database.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN KENDARAAN BERBASIS WEB Derian Pratama; Nina Sariana
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.002 KB) | DOI: 10.31326/sistek.v1i1.321

Abstract

Dengan kebutuhan terhadap kendaraan yang cukup besar, angka kendaraan masih lebih sedikit dari jumlah penduduk. Berdasarkan dari data BPS DKI Jakarta 2016 mengenai Statistik Transportasi DKI Jakarta jumlah kendaraan roda empat di Jakarta lebih sedikit dari jumlah penduduk yang berjumlah sebesar 10,1 juta jiwa, sedangkan jumlah kendaraan roda empat sebanyak 3,5 juta kendaraan. Keadaan tersebut membuka peluang usaha penyewaan kendaraan. Menurut Harmawan Jeffrivan selaku ketua umum Asosiasi Pengusaha Rent Car Daerah (Apserda) mengatakan bahwa “pada awal tahun 2018 permintaan mobil sewa naik hingga 30%”( http://industri.bisnis.com/).  Pernyataan tersebut terbukti  dengan hasil survei yang telah peneliti lakukan bahwa sebanyak 93,02% koresponden menyatakan merasa kesulitan ketika ingin menyewa kendaraan dan 51,16%  koresponden menyatakan ingin menyewakan kendaraan. Selain dari hasil survei tersebut peneliti juga telah melakukan wawancara bersama bapak sugeng selaku pemilik rental mobil Dutrans, PT. Dwi Utama Transportasi beliau mengatakan bahwa “Sering terjadi pada beberapa kasus permintaan penyewaan melebihi ketersediaan kendaraan, biasanya permintaan sewa dari instansi pemerintahan” (Draft wawancara terlampir). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa permintaan kendaraan sewa dan minat menyewakan kendaraan cukup tinggi. Dari permasalahan yang dijabarkan diatas, maka penulis melakukan penelitian untuk membuat suatu rancang bangun sistem informasi sewa menyewa kendaraan berbasis web yang diharapkan dapat menjadi solusi untuk memfasilitasi para pelaku usaha sewa mobil rumahan dan konsumen. Penelitian ini diberi judul :“RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN KENDARAAN BERBASIS WEB
RANCANG BANGUN APLIKASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS SDN CIBUBUR 05) Husein Abdul Qodir Yahya
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.147 KB) | DOI: 10.31326/sistek.v2i2.663

Abstract

Perpustakaan merupakan bagian dari sumber belajar yang harus dimiliki oleh setiap sekolah atau perguruan tinggi, karena dapat memudahkan peserta didik dalam mencari informasi atau ilmu pengetahuan. Dengan adanya perkembangan teknologi membuat manusia berfikir untuk dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Salah satunya yaitu membuat sistem konvensional menjadi sistem yang terkomputerisasi. Dengan memanfaatkan fasilitas website yang terhubung ke internet, perpustakaan dapat lebih efektif dan efisien dalam pencarian dan peminjaman buku. Pada penelitian ini dirancang suatu aplikasi perpustakaan berbasis web menggunakan Framework Codeigniter. Dengan sistem ini, diharapkan mampu mengatasi berbagai kebutuhan dari user untuk mencari buku, filter buku yang sering dipinjam, pencatatan data anggota, pencatatan data buku, pengembalian buku, perhitungan denda serta memudahkan administrasi sekolah dalam sirkulasi peminjaman buku dan pembuatan laporan. Adapun metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah System Development Life Cycle model Waterfall yang meliputi tahapan perencanaan, analisis perancangan, dan implementasi sistem. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Pre Processor dan database menggunakan MySQL. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan penulis mengimplementasikan hasil penelitian tersebut kedalam Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web di Sekolah Dasar Negeri Cibubur 05 Jakarta Timur.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN PADA CV. TRI MULTI JAYA YOGYAKARTA Vita Resty Tania
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.443 KB) | DOI: 10.31326/sistek.v2i1.669

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah pada perusahaan tentang sistem informasi penggajian karyawan yang sedang berjalan. Adapun saat ini sistem yang sedang berjalan, dalam proses pengolahan data karyawan, perhitungan gaji dan pembuatan laporan masih dilakukan secara manual. Dengan adanya aplikasi sistem informasi penggajian karyawan berbasis web akan sangat Membantu perusahaan dalam pengolahan data karyawan, perhitungan gaji dan pembuatan laporan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, dan dalam pengumpulan datanya menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Selain itu, menggunakan metode pendekatan sistem, penulis menggunakan pendekatan terstruktur dengan alat bantu analisis menggunakan Bagan Alir Dokumen (Flow Map), Diagram Konteks (Conteks Diagram), Diagram Arus Data (Data Flow Diagram), Kamus Data, Normalisasi dan Relasi Tabel. Dalam pembuatan perangkat lunaknya menggunakan bahasa pemerograman PHP dan pembuatan database menggunakan MySQL. Pada  pengujian  aplikasi ini penulis menggunakan pengujian black-box yaitu  merupakan metode  perancangan data  uji  yang didasarkan  ada spesifikasi  perangkat lunak. Sistem informasi penggajian karyawan ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pengolahan data karyawan, perhitungan gaji dan pembuatan laporan serta membantu dalam keamanan data, keakuratan serata efesiensi waktu. 
IMPLEMENTASI MODEL PROTOTIPE PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS Andi Christian; Suhartini Suhartini
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12713.824 KB) | DOI: 10.31326/sistek.v1i2.674

Abstract

Sekolah menegah pertama adalah lembaga ilmiah yang mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan, pengajaran diatas sekolah-sekolah tingkat menengah, bahwa dan yang memberikan pendidikan dan pengajaran berdasarkan kebudayaan kebangsaan indonesia dan dengan cara ilmiah. Peningkatan teknologi mempengaruhi efisiensi waktu dan penghematan biaya. pada dasarnya teknologi komputer digunakan sebagai alat bantu seperti mengolah, menyimpan, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan oleh penggunanya. SMP Yayasan Bakti Prabumulih sudah menggunakan teknologi komputer dalam proses adminstrasi, tepai pada Pengolahan data inventori barang SMP Yayasan Bakti Prabumulih masih melakukan pengelolahan data inventori barang dengan cara manual, yaitu dengan menggunakan buku besar atau alat tulis kantor, akibatnya pengolahan data tersebut memakan waktu yang lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diupayakan untuk menerapkan sistem aplikasi khusus untuk pengelolalan data barang, yang dapat melakukan penanganan data-data barang yang akan diolah ke dalam sebuah pangkalan data (database) serta buat aplikasi dengan mengimplementasi Model Prototipe Pada Perancangan Sistem Informasi Inventaris. Diharapka  dengan adanya aplikasi yang akan dibaut dapat membantu kerumitan-kerumitan yang dialami selama ini dan informasi yang dibutuhkan dapat berjalan secara cepat dan akurat.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENGOLAHAN DATA MERCHANT BERBASIS WEB PADA PT. FINNET INDONESIA Anisa Faradhila; Rudi Setiawan
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (869.46 KB) | DOI: 10.31326/sistek.v1i1.323

Abstract

Pengolahan data pada divisi merchant operation PT. Finnet Indonesia saat ini masih menggunakan sistem manual. Hal tersebut menjadi permasalahan pokok sehingga sering terjadi kesalahan terutama dalam aktivitas kerja seperti pengolahan data beserta laporannya. Sistem manual juga menyebabkan proses kerja menjadi tidak efektif dan tidak efisien. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem baru untuk dapat mengganti sistem yang dipakai saat ini yaitu mengubah sistem manual menjadi sistem terkomputerisasi. Rancang bangun aplikasi pengolahan data ini adalah suatu program aplikasi berbasis web yang menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySql sebagai databasenya dengan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem. Perancangan yang digunakan dalam merancang sistem ini antara lain Flowchart Diagram, Entity Relationship Diagram serta Data Flow Diagram. Hasil dari pembuatan aplikasi ini adalah mengotomatisasi pendataan berupa proses input, output, dan pencarian data pada data merchant yang masuk, data user, data transaksi, data disclaim serta data perjanjian kerjasama yang mana pada sistem sebelumnya masih menggunakan pengolahan data secara manual. Aplikasi ini  juga dapat menghasilkan laporan yang diantaranya berupa laporan data merchant, laporan data transaksi dan laporan disclaim. Dengan diterapkannya sistem ini pada divisi merchant operation PT. Finnet Indonesia, maka diharapkan dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi. Sistem ini juga diharapkan dapat lebih mempercepat proses input, output, dan pembuatan laporan yang pada akhirnya dapat membantu tim divisi merchant operation PT Finnet Indonesia.
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN DESAIN JERSEY BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI FIREBASE (Studi Kasus : Konfeksi Minister) Ari Setiaji
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1077.133 KB) | DOI: 10.31326/sistek.v2i2.664

Abstract

Konfeksi Minister Productatau bisa disebut dengan Minister Appareladalah tempat produksi bahan-bahan mentah pakaian menjadi baju jersey. Jerseydikenal sebagai baju yang dikhususkan untuk pakaian olahraga, biasanya dipakai oleh olahragawan bola ataupun futsal. Konfeksi Minister Productadalah konfeksi yang khusus menjual pakaian olahraga yaitu bola dan futsal. Konfeksi Minister Productmasih menerapkan proses desain dan transaksi secara konvensional. Alat bukti yang menjadi tanda jadi diantara konfeksi Minister Productdengan pembeli adalah nota dan desain yang diberikan oleh pembeli kepada konfeksi Minister Productmasih berupa gambar sketsa. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk menerapkan sistem aplikasi pemesanan desain jerseyyang terdigitalisasi dari sektor desain ataupun transaksi. Aplikasi pemesanan desain berbasis androidini diharapkan membuat penambahan inovasi teknologi dibidang desain. Aplikasi ini juga menerapkan teknologi firebasesebagai pendukung dari fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut. Teknik pengembangan sistem dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode model Prototyping.Aplikasi ini juga terbagi menjadi dua userlevelyaitu admin dan pembeli. Masing-masing aktor mempunyai hak akses yang berbeda dalam melakukan aktifitas didalam aplikasi tersebut. Aplikasi ini diharapkan membantu admin dan pembeli dalam melakukan aktivitas jual-beli digitalnya.