cover
Contact Name
Fahmi Irfani
Contact Email
fikrah.uika@gmail.com
Phone
+6287877739806
Journal Mail Official
fikrah.uika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sholeh Iskandar, RT.01/RW.10, Kedungbadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat, 16162
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Fikrah : Journal of Islamic Education
ISSN : 25991671     EISSN : 2599168X     DOI : 10.32507/fikrah
Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in partnership with in partnership with HSPAI (Scholars of Islamic Education), an affiliate of ISPI (Association of Indonesian Scholars of Education) and PSPII (Perkumpulan Sarjana Pendidikan Islam Indonesia). Editors welcome scholars, researchers and practitioners of Islamic Education around the world to submit scholarly articles to be published through this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of published articles.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 4 No. 2 December 2020" : 7 Documents clear
Hubungan Keaktifan Berorganisasi dengan Prestasi Santri (Studi Kasus Ikatan Santri Putra Ponpes Nurul Furqon) Enok Mulyanah; Muhamad Nur Sodik
Fikrah : Journal of Islamic Education Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 4 No. 2 December 2020
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/fikrah.v4i2.851

Abstract

Keberadaan organisasi dalam dunia pendidikan pesantren ibarat jantung yang menggerakan seluruh komponen penyelenggara pendidikan. Perannya sangat penting bagi keberhasilan peserta didik. Jika organisasi tersebut berjalan aktif dan efektif, maka berbagai kegiatan pendidikan akan berjalan secara masif. Organisasi-organisasi pendidikan di pesantren inilah yang akan mengantarkan santri ketempat tujuan. hal itu seperti rombongan bus yang didalamnya terdapat sopir, kondektur, penumpang, tata tertib dan mekanisme.unsur-unsur tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan tertentu. Jika ada kerusakan semuanya ikut memperbaiki, saling memberi solusi efektif, serta tidak saling menyalahkan. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penlitian kuantitatif. Metode kuantitatif dinamakan metode tradisional, karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah mentradisi sebagai metode untuk penelitian. Metode ini disebut sebagai metode positisvtik karena berlandaskan pada filsafat positivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan keaktifan berorganisasi  dengan  prestasi santri di Ponpes Nurul Furqon,  Jenis penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah pengurus Ikatan Santri Putra ( ISPA ) Ponpes Nurul Furqon,sampel penelitian ini yakni seluruh pengurus ISPA dengan jumlah 30 sampel. Dalam peneltian ini instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, Setelah menghitung dengan correlation pearson didapat perolehan rxy  yaitu 0,277. Pada indeks 0,20 – 0,40 yang berarti terdapat hubungan yang lemah atau rendah antara variabel X dan variabel Y.
Studi Korelasi Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhalk Kelas VII (MTs Darul Muttaqien) Rizqi Putri Amalia; Maemunah Sa’diyah; Syarifah Gustiawati
Fikrah : Journal of Islamic Education Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 4 No. 2 December 2020
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/fikrah.v4i2.783

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Apakah terdapat Korelasi antara Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak kelas VII MTs Darul Muttaqien”. Untuk mengetahui hubungan pembelajaran online terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas VII Mts Darul Muttaqien. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi angket dan dokumentasi. Digunakan untuk memperoleh data tentang pembelajaran online siswa MTs Darul Muttaqien yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil pembelajar Akidah Akhlak, serta jumlah populasi. Hasil penelitian mengenai korelasi Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak MTs Darul Muttaqien, menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara pembelajaran online terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa dengan nilai 0,257 yang terletak antara interval 0,20 – 0,40 yang termasuk korelasi kurang. Kemudian dengan melihat para “r” dengan nilai signifikasinya di peroleh “r” tabel sebesar 0,361. Dengan demikian para taraf signifikasi 5% “r” hitung = 0,257 < dari “r” tabel = 0,361 berarti hipotesis alternatif (Ha) ditolak.
Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Kedisiplinan Santri Darul Muttaqien Vidiarto Robi
Fikrah : Journal of Islamic Education Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 4 No. 2 December 2020
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/fikrah.v4i2.1015

Abstract

Manusia adalah makhluk yang diberikan kelebihan oleh Allah SWT berupa akal sehingga berbeda dari seluruh makhluk lainnya yang telah Allah SWT ciptakan. Dengan adanya akal manusia dapat berfikir sehingga memiliki sebuah kecerdasan pada diri orang tersebut. Seorang siswa dalam hal ini diangap sebagai seorang remaja, mereka yang sudah memiliki sedikitnya pengalaman hidup serta sudah mendapatkan ilmu dan wawasan yang baru dengan ilmunya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran dan hubungan kecerdasan interpersonal terhadap kedisiplinan berjam’ah santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqien. Jumlah sampel 85 responden. Metode penelitian kuantitatif, bersifat deskriptif dan kolerasen. Hasil penelitian kecerdasan interpersonal dikatagorikan cukup yaitu rata-rata persentase (38.3%) sedangkan kedisplinan shalat berjam’ah dikatagorikan sangat baik yaitu rata-rata persantase 39,4% dan 25,9%. Terdapat pengaruh yang signifikan dalam kecerdasan interpersonal terhadap kedisplinan berjam’ah diketahui rxy atau ro yang diperoleh adalah 0,68, sedangkan rt masing-masing pada taraf signifikansi 5% = 0,217 dan taraf signifikansi 1% = 0,283, berarti 0,68 > 0,217 dan 0,68 > 0,283. Dengan demikian, rxy atau ro (0,68) lebih besar daripada rt baik pada taraf signifikan 5% (0,217) maupun taraf signifikan 1% (0,283).
Implementasi Pendidikan Karakter Usia Dini Pada Sekolah Semai Benih Bangsa -Aulia Alkhansa Cibinong – Bogor Herliana, Khotimah
Fikrah : Journal of Islamic Education Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 4 No. 2 December 2020
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32507/fikrah.v4i2.1016

Abstract

Dunia pendidikan sampai saat ini masih dipercaya masyarakat menempati ladang strategis untuk mengubah nilai peradaban sebuah bangsa. Pendidikan juga sebagai proses menuju arah perubahan baru yang lebih baik dari keadaan sebelumnya. Menurut (Gunarsa, 2014, p. 53) mengatakan bahwa setiap manusia berkebutuhan ingin memperoleh hal-hal baru. Pendidikan Usia Dini merupakan Pendidikan dasar konsep pengetahuan-pengetahuan dasar, dimana pada Pendidikan usia ini merupakan peletakan semua dasar-dasar pengetahuan menuju tahapan pada pengetahuan pertumbuhan dan perkembangan pada jenjang selanjutnya. Karenanya usia dini merupakan masa kritis pembentukan karakter seseorang. pada masa ini anak sedang peka untuk menerima rangsangan atau stimulus. Jika rangsangan yang diberikan berupa hal yang positif, berupa keteladanan yang baik dalam bersikap, bertindak dan bertingkah laku, maka anak akan menyerap apa yang ia lihat, alami dan ia rasakan. Hal ini memberikan pengaruh fundamental bagi pembentukan karakter. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan Teknik pengambilan data yaitu menggunakan Teknik studi pustaka, observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan gambaran bahwa  metode pembelajaran yang dilakukan di sekolah karakter Semai Benih Bangsa Aula al-Khansa Cibinong. Pendidikan karakter secara sistematis dilakukan setiap hari selama dua puluh (20) menit, dengan menanamkan Sembilan (9) pilar karakter, yakni nilai-nilai luhur universal yaitu sebagai berikut: 1). Cinta Allah dan segenap ciptaan-Nya, 2). Kemandirian dan tanggungjawab. Dan kesimpulan dari hasil pembahasannya sebagai berikut: 1) Pendidikan karakter sebagai salah satu alternative mengatasi berbagai persoalan degradasi moral yang marak akhir-akhir ini menerpa moral bangsa kita perlu dipandang sangat penting diadakan pendidikan sejak usia dini. 2) Metode penanaman nilai-nilai karakter dan implementasinya pada sekolah Semai Benih Bangsa Aulia Alkhansa Cibinong – Bogor ini membawa dampak positif, dimana para siswa dibiasakan dengan model Sembilan (9) pilar yang kemudian diimplementasikan pada tiap sentra kegiatan serta langsung dapat diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.
Peran Organisasi Rohis dalam Membentuk Pendidikan Akhlak Siswa di SMAN 12 Depok Eka Wahyu Saputra; Fahmi Irfani; Suhendra Suhendra
Fikrah : Journal of Islamic Education Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 4 No. 2 December 2020
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/fikrah.v4i2.658

Abstract

Peran organisasi rohis dalam membentuk pendidikan akhlak siswa di SMAN 12 Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara peran organisasi rohis dalam membentuk pendidikan akhlak siswa di SMAN 12 Depok. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dan jenis penelitian ini merupakan Studi kasus di SMAN 12 Depok. Populasi berjumlah 45 siswa. Dan penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan tabel kerci sehingga dari 45 populasi menjadi 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, teknik pengolahan data dan analisis data yang digunakan yaitu analisis linear, uji normalitas dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi regresi, analisis data menggunakan analisis statistic pearson Correlation. Dari hasil uji prasyarat analisis uji normalitas baik peran organisasi rohis atau pendidikan akhlak berada pada kategori normal yaitu nilai sig > 0,05. Dan analisis uji linearitas kedua variabel semuanya linear. Adapun hasil dari uji hipotesisnya yaitu peran organisasi rohis mempuyai hubungan secara signifikan dengan pendidikan akhlak yaitu dengan nilai koefisisen korelasi yang diperoleh antara variable sebesar 0,731. Nilai koefisien determinasi diperoleh nilai 0,534. Nilai ini mengandung arti bahwa hubungan antara peran organisasi rohis dalam membentuk pendidikan akhlak sebesar 53,4%.
Pengaruh Mentoring Al-Qur’an Terhadap Intensitas Kedisiplinan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Anita Anita; Maemunah Sa’diyah
Fikrah : Journal of Islamic Education Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 4 No. 2 December 2020
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/fikrah.v4i2.786

Abstract

Al-Quran merupakan kitab suci dan sebagai petunjuk hidup bagi umat muslim. Tentunya membaca dan berinteraksi dengan Al-Quran menjadi kewajiban bagi setiap muslim tanpa terkecuali mahasiswa. Dengan adanya kesibukan, aktivitas sehari-hari terkadang melalaikan kita untuk tidak membaca Al-Quran. Salah satu upaya untuk meningkatkan intensitas membaca Al-Quran mahasiswa UIKA adalah dengan diadakannya program mentoring Al-Quran. Intensitas kedisiplinan membaca Al-Quran setidaknya ditandai dengan rutinitas membaca Al-Quran setiap hari. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menelaah sejauh mana pengaruh program mentoring Al-Quran dengan intensitas-intensitas kedisiplinan membaca Al-Quran mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif analisis korelasional dengan rumus F/N x 100% kemudian dilanjutkan dengan menggunakan rumus product moment. Penelitian ini dilakukan di Universitas Ibn Khaldun Bogor tepatnya di organisasi Asisten Kajian Islam (ASKI) dengan jumlah responden yang mengikuti mentoring Al-Quran sebanyak 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket, dan wawancara. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan program mentoring Al-quran di organisasi Asisten Kajian Islam UIKA Bogor berada dalam kategori “baik”. Sedangkan intensitas kedisiplinan membaca Al-Quran mahasiswa peserta mentoring ASKI UIKA berada pada kategori “cukup baik”. Sementara itu tingkat pengaruh pelaksanaan program mentoring terhadap intensitas kedisiplinan membaca Al-Quran mahasiswa adalah 0,28. Dengan melihat tabel indeks korelasi product moment dan membandingkan nilai “rxy” yang telah diperoleh yakni 0,28 dengan nilai “rt” yang masing-masing sebesar 0,349 dan 0,449 dapat diketahui ternyata nilai “rxy” atau ro lebih kecil daripada nilai rt baik pada taraf signifikasi 5% dan 1%, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan program mentoring AL-Quran terhadap intensitas kedisiplinan membaca Al-Quran mahasiswa.
Discovery Model Integrated With Religious Aspect In Biology Subject For Improving Scientific Behaviour Aty Mulyani; Muhammad Rusdi; Upik Yelianti; Syahrial Syahrial
Fikrah : Journal of Islamic Education Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 4 No. 2 December 2020
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/fikrah.v4i2.1079

Abstract

The aim of this study described about the integration between discovery models with religious aspect in Biology subject to develop student’s scientific behavior. Discovery is a systematic discovered learning model and each step of it gives an encouragement to do an investigation. Researcher combined each step of discovery syntax with religious aspect to give a simultaneously chance to the students, so they got scientific knowledge and religious aspect on Biology subject that they studied. There was no difference between science and religious aspect on learning method related to the concept mastery, 2) psychomotor; and 3) scientific aspect. Focus of this study was to develop scientific behavior such as curiosity, critical thinking, and honesty in Biology subject, because the teacher hadn’t integrated religious and scientific aspect during learning process, meanwhile the pattern of the integration through scientific process of syntax discovery. This study developed discovery learning models integrated with religious aspect through class action room research and it implements in Senior High School/Islamic Senior High School. This instructional procedure concept discovery model integrated with religious aspect using Lee and Jang’s procedure (2014). Need analysis, design, implement, and evaluate relate to discovery learning design integrated with religious aspect on Science (Biology) learning.  The process by discussing, asking, answering, investigating, experimenting, interviewing, and the appropriate learning source based on science material to improve student’s scientific behavior in Senior High School relate to curiosity, critical thinking and honesty.

Page 1 of 1 | Total Record : 7