cover
Contact Name
Lilis Satriah
Contact Email
lilis.satriah@uinsgd.ac.id
Phone
+628172315449
Journal Mail Official
jurnal.irsyad@uinsgd.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/about/editorialTeam
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
ISSN : 20864116     EISSN : 20864116     DOI : https://doi.org/10.15575/irsyad
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2008. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian Bimbingan dan Konseling Islam meliputi bimbingan konseling pendidikan Islam, bimbingan konseling mental Islam, bimbingan konseling karir Islam, bimbingan konseling Keluarga sakinah, bimbingan konseling paska bencana, bimbingan konseling Rohani Islam; penyuluhan Islam: penyuluhan sosial agama, penyuluhan penanggulangan NAPZA, penyuluhan keluarga berencana, penyuluhan remaja; media BKI: e-counseling Islam; training Islam, dan motivasi Islami. Naskah yang masuk ke editor jurnal sebelum dipublikasikan akan melewati penilaian melalui double blind review, artinya baik penulis maupun reviewer tidak saling mengetahui.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam" : 6 Documents clear
Peranan Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Remaja Risna Dewi Kinanti; Dudy Imanudin Effendi; Abdul Mujib
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.793 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v7i2.58

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses bimbingan keagamaan, fungsi bimbingan keagamaan serta hasil bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual remaja di Boarding School SMK PPN Tanjungsari. Dengan pertanyaan penelitian 1) Bagaimana proses bimbingan keagamaan di Boarding School SMK PPN Tanjungsari?, 2) Bagaiamana fungsi bimbingan keagamaan di Boarding School SMK PPN Tanjungsari?, 3) Bagaimana hasil bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual remaja di Boarding School SMK PPN Tanjungsari?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, dikarenakan masalah yang diteliti perlu dilukiskan secara sistematis dan faktual dengan menggambarkan keadaan atau status fenomena. Hasil bimbingan keagamaan di Boarding School SMK PPN adalah munculnya aspek-aspek kecerdasan spiritual pada remaja seperti kesadaran untuk menghayati proses ibadah bukan sebagai pengguguran kewajiban, terbiasa berperilaku baik, memiliki prinsip keadilan, memiliki prinsip kebenaran, mampu mengambil hikmah dari musibah yang dihadapinya, bersikap fleksibel, bersikap kritis dan merenungkan penyebab serta alasan segala sesuatu terjadi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan keagamaan di Boarding Schoool SMK PPN memiliki peranan yang sangat menunjang dalam meningkatkan kecerdasan spiritual remaja. The purpose of this study is to find out how the proccess of islamic guidance, function of islamic guidance, and result of islamic guidance to increase SpritualQuetiont in adolescence. With research questions 1) How the proccess of islamic guidance to increase spiritual quetiont on adolescence ?, 2) What is the function of islamic guidance to increase Spiritual Quetiont on adolescence?, 3) How are the results of islamic guidance to increase Spiritual Quetiont on adolescence?. The method used in this research is qualitative descriptive approach with subject and object of research is guidancer. While the data collection tool in this study through observation, direct interview and written interviews. From the results of research conducted at Boarding School SMK PPN Tanjungsari, it appears of Spiritual Quetiont in adolescents. Such as the behavior of living the worship process, get used to behave well, be fair, be wise, able to take lessons from the difficulties they experienced, be flexible, be critical. So, we can conclude that islamic Guidance has a very supportive role in increasing adolescent Spiritual Quetiont.
Bimbingan Dzikir dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Melalui Tazkiyatun Nafs Cece Jalaludin Hasan
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.105 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v7i2.855

Abstract

The purpose of this study is to know the direction, supervision and assistance kiyai in improving the spiritual intelligence of santri through tazkiyatun nafs at boarding school At-Tamur Cileunyi Kab. Bandung. This research is done by descriptive qualitative approach method. This study uses primary data through moderate participation observation, semistucture interviews (depth), relevant documentation and triangulation (combined). Informants in this research are kiyai (supervisor), santri, ustadz and social around, using snowball sampling technique. Based on the results of the analysis conducted, it can be concluded that in improving the spiritual intelligence of santri through tazkiyatun nafs done with guidance, supervision and kiyai assistance. The direction of the kiyai is the effort before the implementation of dhikr guidance, the supervision of kiyai is the effort during the implementation of dhikr guidance and kiyai assistance is the effort after the implementation of dhikr guidance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengarahan, pengawasan dan bantuan kiyai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri melalui tazkiyatun nafs di pondok pesantren At-Tamur Cileunyi Kab. Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer melalui observasi partisipasi moderat, wawancara semistucture (mendalam), dokumentasi yang relevan dan triangulasi (gabungan). Informan dalam penelitian ini yaitu kiyai (pembimbing), santri, ustadz dan masyarikat sekitar, dengan menggunakan teknik snowball sampling. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri melalui tazkiyatun nafs dilakukan dengan pengarahan, pengawasan dan bantuan kiyai. Pengarahan kiyai yaitu upaya sebelum pelaksanaan bimbingan dzikir, pengawasan kiyai yaitu upaya selama pelaksanaan bimbingan dzikir dan bantuan kiyai yaitu upaya setelah pelaksanaan bimbingan dzikir.
Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku Terhadap Aktualisasi diri Siswa Dede Sri Mulyati
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.741 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v7i2.876

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui pelaksanaan konseling kognitif perilaku di SMA Al-Amanah; tingkat aktualisasi diri siswa di SMA Al-Amanah Ciwidey; dan pengaruh penerapan konseling kognitif perilaku terhadap aktualisasi diri siswa kelas XII IPA SMA Al Amanah Ciwidey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Untuk memperoleh data, metode yang dilakukan ialah observasi lapangan, wawancara, dan penyebaran angket. Dalam penelitian ini terdapat hipotesis yaitu terdapat pengaruh antara konseling kognitif perilaku terhadap aktualisasi diri siswa. Dari hasil penyebaran angket pada siswa kelas XII IPA 3 SMA Al-Amanah Ciwidey, dilakukan uji regresi untuk mengetahui pengaruh menggunakan pengujian uji-t signifikansi 0,05 (α=5%). Dari hasil output SPSS Version 20 diperoleh Pv 0,012 artinya Pv < α, atau 0,012 lebih kecil dari nilai 0,05 maka H0 ditolak, ini berarti hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara konseling kognitif perilaku dan aktualisasi diri. Sedangkan, untuk mengetahui besarnya pengaruh konseling kognitif perilaku terhadap aktualisasi diri menggunakan koefisien determinasi. Diketahui besarnya pada kolom R Square atau r2=0,100, atau koefisien determinasi dalam penelitian ini bila diubah menjadi persentase adalah 10%, dan sisanya 100% - 10% = 90% di pengaruhi oleh variabel lain selain layanan konseling kognitif perilaku.
Pengaruh Bimbingan dan Konseling Individu Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Maya Nadia Septiani
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.775 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v7i2.877

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan perilaku menghambur-hamburkan uang dengan memebeli barang yang tidak sesuai kebutuhan atau sesuai kebutuhan tetapi membelinya secara berlebihan. Remaja merupakan salah satu sasaran penjualan yang tentunya tidak sedikit yang tergiur oleh produk tersebut dan terjerumus kedalam perilaku konsumtif. Bimbingan dan konseling individu dilakukan untuk membantu remaja mengurangi periaku konsumtif yang sudah diketahui banyak menimbulkan dampak negatif. Bagi dirinya, kehidupan ekonomi keluarganya maupun kehiduannya dalam bergaul. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku konsumtif remaja dan pengaruh bimbingan dan konseling individu terhadap perilaku konsumtif remaja. Metode penelitian yang digunakan pada tulisan ini adalah metode kuantitatif. Semua data yang dihasilkan nanti berupa angka-angka berdasarkan pada penghitungan menggunakan SPSS (Statistical Package for the social sciences). nilai perilaku konsumtif 50% subjek berada diatas 4,00 sedangkan 50% lagi berada di bawah 4,00. Berdasarkan perhitunga menggunakan SPSS, nilai KD yang diperoleh adalah 0.566 x 100% = 56.60% , dapat ditafsirkan bahwa variabel X (Bimbingan dan Konseling Individu) memiliki pengaruh sebesar 56.60% terhadap variabel Y (Perilaku Konsumtif) dan 64.40% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel X.
Layanan Bimbingan Akademik dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa Ridhi Antika Zakiyatunufus
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.576 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v7i2.879

Abstract

Prestasi Belajar dapat di pengaruhi berbagai faktor yaitu dapat dari intrinsik maupun ekstrinsik salah satu faktor yang berpengaruh yaitu peran pembimbing akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi akademik mahasiswa setelah melakukan layanan bimbingan akademik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi dan studi kasus, populasinya sebanyak, cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan sumber data primer dan sekunder, sumber data primer telah ditentukan yaitu mahasiswa BKI angkatan 2015, dan sumber data sekunder telah ditentukan 10 dosen pembimbing akademik, juga dokumen-dokumen akademik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara, angket dan studi pustaka yang di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara layanan bimbingan akademik dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Kesimpulan prestasi akademik mahasiswa sebagian besar dipengaruhi oleh peran pembimbing akademik.
Pengaruh Bimbingan Praktik Tilawah terhadap Motivasi Menghafal Al-Quran Ulfa Novianti Saeful
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (677.981 KB) | DOI: 10.15575/irsyad.v7i2.880

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan respon mahasiswa terhadap proses bimbingan praktik tilawah, motivasi menghafal Al-Quran, serta pengaruh bimbingan praktik tilawah terhadap motivasi menghafal Al-Quran mahasiswa angkatan 2014 Jurusan Bimbingan Konseling Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 185 orang dengan sampel 64 responden. Dari hasil penelitian diperoleh pengaruh bimbingan praktik tilawah terhadap motivasi menghafal Al-Quran mahasiswa angkatan 2014 Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu sebesar 72,25% dan sisanya sebesar 27,75% dipengaruhi oleh variabel lain. Respon mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam Angkatan 2014 terhadap proses pelaksanaan bimbingan praktik tilawah sangat tinggi hal ini disebabkan oleh tata cara atau metode yang dilakukan oleh pembimbing dalam melaksanakan bimbingan. Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam Angkatan 2014 memiliki perencanaan dalam aktivitas menghafal Al-Quran, memiliki pencapaian tujuan yang diinginkan, memiliki kesadaran untuk menghafal Al-Quran, menghargai dan menerima pembimbing yang mengajarkan hafalan Al-Quran, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam proses menghafal Al-Quran.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 1 (2021): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 4 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 3 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 2 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 1 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 4 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 3 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 1 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 3 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 2 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 4 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 3 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 2 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 1 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 1 No 1 (2008): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam More Issue