cover
Contact Name
Abdul Mujib
Contact Email
mujibjee@gmail.com
Phone
+6285745678240
Journal Mail Official
mujibjee81@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muslim Nusantara Al-Wahliyah Jl. Garu II No. 53 Medan Sumatera Utara Email: jpptjournal@gmail.com URL: http://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu
ISSN : 26849216     EISSN : -     DOI : http://doi.org/10.32696
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis dalam bidang pendidikan dasar yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, maupun pemerhati pendidikan dasar. Subjek riset mahasiswa PGSD, siswa SMP, siswa SD, atau TK. JPPT terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.Selai itu, Tujuan JPPT adalah untuk menyediakan forum internasional atau nasional untuk berbagi, diseminasi dan diskusi penelitian, pengalaman dan perspektif di berbagai bidang pendidikan, pengajaran, pengembangan, pengajaran, proyek pendidikan dan inovasi, metodologi pembelajaran dan teknologi baru dalam pendidikan dasar.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021): JPPT Desember 2021" : 10 Documents clear
Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd Ayu Santika; Ahmad Sukri Nasution
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 3 No. 2 (2021): JPPT Desember 2021
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v3i2.1033

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media gambar berseri yang dapat mengatasi permasalahan pada siswa kelas II SD dalam pembelajaran muatan bahasa Indonesia khususnya pada materi Dongeng Sapi dan Mengganti Pakaian, serta memudahkan siswa dalam mempelajari materi secara mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan produk dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Subjek uji coba adalah seorang guru Kelas II yang berada di SD Negeri 106450 Cinta Air dengan materi dongeng berjudul Sapi dan Kerbau Ganti Baju. Objek penelitian ini adalah media gambar berseri dalam subjek cerita rakyat Indonesia. Waktu penelitian direncanakan pada bulan Juli 2021. Prosedur pengembangan yang harus dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar media gambar serial berupa Pop Up Book terdiri dari analisis masalah, perancangan media gambar serial, validasi produk dan revisi. Instrumen utama yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam pengembangan ini adalah instrumen ahli materi dan ahli media yang berasal dari dosen Universitas Muslim Nusantara AW Medan dan guru kelas II. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil lembar observasi pernyataan tim validasi media, materi dan tanggapan guru. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam validasi ahli materi dan media yang dilakukan dalam dua tahap dengan satu kali revisi, Media gambar berseri dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dikembangkan dinyatakan baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SD Negeri 106450 Cinta Air. Hal ini dapat dibuktikan dengan penilaian yang diperoleh dari produk awal dengan produk revisi mengalami peningkatan penilaian. Kata Kunci: Keterampilan Mendengarkan, Menulis, dan Berbicara, Pengembangan Media Gambar Seri, Bahasa Indonesia
Pengaruh Penggunaan Handphone Berbasis Android Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SD NEGERI 107826 Pematang Sijonam Eka Nadia Aprilia; Arrini Shabrina Anshor
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 3 No. 2 (2021): JPPT Desember 2021
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v3i2.1035

Abstract

Advances in the era of technology produce various sophisticated communication tools and at affordable prices. Currently, the most popular means of communication are mobile phones, especially the Android system. In its use, currently all circles of society are able to operate it, be it children to the elderly. SD Negeri 107826 Pematang Sijonam is one of the places affected by these technological advances, this can be seen from the results of initial observations, where many of them are able to operate cellphones. The findings in the field made researchers want to see how the influence of using Android-based cellphones on student learning activities. The method used in this research is correlational quantitative method. With the research subject, namely the fifth grade students of SD Negeri 107826 Pematang Sijonam, totaling 20 students, using saturated sampling technique as a sampling technique. And collecting data taken by using a questionnaire (questionnaire). Keywords: Mobile, android, learning activities.
Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Minat Membaca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat Emilia Sartika; Sujarwo
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 3 No. 2 (2021): JPPT Desember 2021
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v3i2.1036

Abstract

This study aims to determine the relationship between reading habits and reading interest individually or collectively on the reading comprehension skills of fifth graders at SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. The subjects of this study were fifth grade students, which were taken from the entire population of 23 students. The data collection method used a questionnaire for the variables of reading habits and reading interest. As for the variable of reading comprehension skills using a test. The data analysis technique used to test the hypothesis is the correlational analysis technique. The results of multiple correlation analysis show that together reading habits and reading interest have a significant relationship with reading comprehension skills. This is evidenced by the calculation that tcount X1 against Y is 3.383, tcount X2 is 2.768, and Fcount is 6.393 > Ftable = 3.493 at a significance level of 0.05; and based on the correlation coefficient of product moment X1 to Y of 0.594, the correlation coefficient of product moment X2 to Y of 0.517, and the multiple correlation coefficient obtained by r of 0.624 means that the level of relationship between reading habits and reading interest on reading comprehension skills is included in the strong category with the coefficient of determination obtained of 0.390 or 39% reading comprehension skills are influenced by reading habits and reading interest. Keywords: reading habits, reading interest and reading comprehension skills.
Analisis Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar Berbasis Saintifik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101772 Tanjung Selamat Widya Febrisah Widya; Sujarwo
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 3 No. 2 (2021): JPPT Desember 2021
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v3i2.1037

Abstract

This study aims to increase motivation to learn science through a scientific-based approach to the natural environment on plant parts and their functions in grade IV SDN 101772 Tanjung Selamat, Kec. Percut Sei Tuan. This research is a qualitative research. The subjects of this study were fourth grade students, totaling 15 people and 1 teacher, namely the fourth grade homeroom teacher. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The data analysis technique used descriptive qualitative.How to increase students' motivation to learn science is by conducting learning in the environment around the school by utilizing plants as learning resources, dividing students into groups and then guiding students to make observations. The results showed that from the results of observations made by researchers, they saw that there were differences in the attitudes of students' enthusiasm for learning to be more active and enthusiastic when learning was carried out in the natural environment. And the results of student interviews showed that of the fifteen students who took part in learning in the natural environment, only two students did not like learning in the environment. This shows that learning by using the approach of the natural environment is a fun learning that can foster motivation in students towards learning.Keywords: Learning motivation, Environmental Approach
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN MAGNETIK PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI METAMORFOSIS KELAS IV SD Lulu Andriani Boru Tarigan; Saprida Napitupulu
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 3 No. 2 (2021): JPPT Desember 2021
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v3i2.1042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran papan magnetik pada materi metamorfosis kelas IV SD dengan harapan dapat membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran papan magnetik pada materi metamorfosis kelas IV SD dari hasil validasi kelayakan oleh ahli media dan ahli materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Sugiyono (2011:407). Selanjutnya model tersebut dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu Analysis (analisis) ,Design (Perancangan) danDevelopment (pengembangan). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. teknis analisis data yaitu deskriptif kualitatif.Media yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Validasi oleh ahli media dilaksanakan 2 tahap dan menghasilkan produk berupa media papan magnetik yang layak untuk siswa kelas IV SD. Validasi oleh ahli materi dilaksanakan 2 tahap dan menghasilkan produk berupa media papan mangetik yang layak untuk siswa kelas IV SD. Dengan demikian media pembelajaran yang di kembangkan ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Media Papan Magnetik, Materi Metamorfosis
PERAN ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 106815 DELI SERDANG: PERAN ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 106815 DELI SERDANG Mukhlis Abdillah Mukhlis; Saprida Napitupulu
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 3 No. 2 (2021): JPPT Desember 2021
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v3i2.1045

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di SDN 106815 Marindal 1 Deli Serdang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan jenis Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta kuesioner/angket. Adapun waktu penelitian akan direncanakan pada bulan November 2021 serta wawancara dengan 15 orang informan yang merupakan orangtua/wali murid dari siswa kelas IV SDN 106815. Subjek pada penelitian ini merupakan orangtua dari siswa kelas IV SDN 106815 Marindal 1 Deli Serdang. Hasilnya penulis menemukan baha peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yang ada di SDN 106815 Marindal 1 Deli Serdang yaitu meliputi penyediaan fasilitas belajar, mengawasi kegiatan belajar anak, mengawasi serta menolong kesulitan belajar anak. Motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19 saat ini dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu minat dan perhatian anak terhadap pelajaran, semangat anak untuk belajar, dan tanggung jawab anak dalam belajar. Dalam meningkatkan motivasi belajar anak terdapat beberapa faktor penghambat yaitu faktor eksternal dan internal yang meliputi fasilitas belajar,suport/dukungan dari orangtua serta peran dari orangtua. Dalam hal ini peran orangtua sangat dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi belajar anak agar anak-anak dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan. Kata kunci: Peran, Orangtua, Motivasi Belajar Anak
ANALISIS KESULITAN GURU TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 106815 DELI SERDANG: ANALISIS KESULITAN GURU TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 106815 DELI SERDANG Sulis Agung Ginanjar; Dara Fitrah Dewi
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 3 No. 2 (2021): JPPT Desember 2021
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v3i2.1046

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan guru pada proses belajar siswa terhadap masa pandemi Covid-19 di SDN 106815 Deli Serdang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaan belajar siswa selama masa pandemi covid-19 di SD Negeri 106815 Deli Serdang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan jenis Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Subjek pada penelitian ini merupakan 6 orang guru serta kepala sekolah yang ada di SDN 106815 Deli Serdang. Hasil penemuan penulis menemukan Kesulitan yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi covid-19 di SD Negeri 106815 Deli Serdang meliputi kondisi jaringan yang kurang baik, siswa tidak memiliki handphone atau kuota internet, serta kemampuan siswa untuk memahami materi pembelajaran secara mandiri yang masih sangat kurang. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam proses pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi covid-19 di SD Negeri 106815 Deli Serdang yaitu pmelakukan home visit bagi siswa yang tidak memiliki alat komunikasi berupa handphone dan mengarahkan siswa untuk belajar kelompok bersama teman kelas yang jarak rumahnya dekat, menerapkan pembelajaran yang lebih menarik, serta melakukan koordinasi dengan orang tua siswa. Kata kunci: Kesulitan Guru, Proses Belajar Siswa
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SWASTA MUHMMADIYAH PANCUR BATU RD DWI PUSPITASARI RD DWI PUSPITASARI; Sujarwo
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 3 No. 2 (2021): JPPT Desember 2021
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v3i2.1067

Abstract

The background of this research is the low learning achievement of students in science learning due to the factors of learning difficulties experienced by fourth grade elementary school students, especially students' psychological factors. Learning difficulties experienced by students resulted in low achievement in science subjects. The research was conducted to determine the factors that cause learning difficulties experienced by fourth grade elementary school students. This research is a descriptive qualitative research. The subjects in this study were the fourth grade elementary school students, totaling 26 students and those who had learning difficulties, namely students who had KKM scores that did not meet the 18 students. Data collection in this study was done by interview, observation and documentation. Based on the results of the research and discussion that has been described about students' learning difficulties in science subjects in grade IV SD Private Muhammadiyah Pancur Batu, it shows that from the results of interviews and observations of students there are still many who are not interested in learning science because students have difficulty understanding concepts, difficulties in language and not accompanied by supportive media, low student concentration, poor study habits, low intelligence and lack of motivation given by parents. Keywords: : learning difficulties, science learning
PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS POWER POINT UNTUK PENYAJIAN BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN MELALUI CTL DI KELAS IV SD Siti Rahmah Al-Khairani Harahap; Ahmad Sukri Nasution
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 3 No. 2 (2021): JPPT Desember 2021
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v3i2.1069

Abstract

The objective of this research are (1) to developing learning media based on power point to presentation parts of plant that pointful used in grade IV Elementary School (2) to developing learning activities parts of plant through CTL using power point in grade IV Elementary School. The type of this research was Development (Research and Development) using Model ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), this research only done until Development phase. This research was conducted in public elementary school 136541 Tanjungbalai. Instrument for this research were interview and questionnaire. Subject in this research were material expert, media expert and response of students. Technic of data analysis used qualitative and quantitative analysis. Data analysis result obtained validity within the range V≤1,5 (Not Valid) and 3,5≤V≤4 (Very Valid). Assessment from material expet had an average through the aspect of content 3.66, aspect of language 3.66, aspect of presentation 3.25 and aspect of graphic 3.75. Assessment from media expet had an average through aspect of sound 3.5, aspect of language 3.5 and aspect design 3. Assessment from class representative in grade IV elementary as random that are Egi Febriansyah 3.8, Fajar Sitorus 3.3, and Albert Fikri Siregar 3.1. The result could conclude that learning media was “Valid” and learning media based on Power Point was pointful used or applied in learning process. Keyword : Learning Media, Power Point, Natural Science, Parts of Plant
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI KECAMATAN MEDAN DENAI Lailan; Sukmawarti
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 3 No. 2 (2021): JPPT Desember 2021
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v3i2.1092

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Medan Denai dan untuk mendeskripsikan kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Medan Denai Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah ex post facto dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru di 3 SD Negeri Kecamatan Medan Denai sebanyak 101 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 30 orang, peneliti menetapkan 25% dari jumlah populasi yang dapat mewakili populasi dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan uji hipotesis dengan regresi sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah SD Negeri Kecamatan Medan Denai termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 99,76 dan Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Medan Denai termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 100,7. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh model persamaan Y ̂= 26,858 + 0,740. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,937 menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Medan Denai. Sedangkan nilai R2 sebesar 0,878 menjelaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah akan memberikan pengaruh sebesar 87,8% terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan . Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Medan Denai Tahun Ajaran 2021/2022. Dimana semakin baik kepemimpinan kepala sekolah maka semakin baik pula kinerja guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 10