cover
Contact Name
Abdul Mujib
Contact Email
mujibjee@gmail.com
Phone
+6285745678240
Journal Mail Official
mujibjee81@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muslim Nusantara Al-Wahliyah Jl. Garu II No. 53 Medan Sumatera Utara Email: jpptjournal@gmail.com URL: http://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu
ISSN : 26849216     EISSN : -     DOI : http://doi.org/10.32696
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis dalam bidang pendidikan dasar yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, maupun pemerhati pendidikan dasar. Subjek riset mahasiswa PGSD, siswa SMP, siswa SD, atau TK. JPPT terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.Selai itu, Tujuan JPPT adalah untuk menyediakan forum internasional atau nasional untuk berbagi, diseminasi dan diskusi penelitian, pengalaman dan perspektif di berbagai bidang pendidikan, pengajaran, pengembangan, pengajaran, proyek pendidikan dan inovasi, metodologi pembelajaran dan teknologi baru dalam pendidikan dasar.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2022): JPPT Juni 2022" : 10 Documents clear
Peran Orang Tua di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SDIT Andika Tanjung Morawa Niken Arianto; Samsul Bahri
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 4 No. 1 (2022): JPPT Juni 2022
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v4i1.1280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dimasa pembelajaran tatap muka terbatas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II di SD IT Andika Tanjung Morawa. Desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskritif dengan menggunakan strategi studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dalam bentuk angket dan berupa dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu guru wali kelas II dan siswa kelas II SD IT Andika Tanjung Morawa. Hasil penemuan yang didapat penulis adalah peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II yang ada di SD IT Andika Tanjung Morawa yaitu dilakukan dengan baik, para orang tua selalu berusaha meningkatkan motivasi belajar anak yaitu dengan memberikan fasilitas belajar yang baik, mengawasi proses belajar anak, membantu kesulitan belajar anak seperti membantu anak untuk fokus dalam memahami pembelajaran dan membantu anak jika mengalami kendala dalam belajar seperti membaca, menyusun kata dan berhitung. Motivasi belajar siswa pada masa pembelajaran tatap muka terbatas saat ini dapat dilihat dari beberapa hal yaitu semangat anak mengikuti pembelajaran, minat serta perhatihan anak dalam mengikuti pembelajaran dan tanggung jawab anak dalam belajar. Ada beberapa faktor penghambat anak dalam belajar yaitu kesehatan anak, psikologis anak, kurang nya minat serta kesiapan anak dalam belajar, kecerdasan, sikap dan perilaku pada diri anak. Maka dari itu peran orang tua sangat dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi belajar anak agar anak-anak dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kubus Berhuruf di PAUD Al-Mirah Tahun Ajaran 2021/2022 Rusnaini Indah Saputri; Novita Friska
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 4 No. 1 (2022): JPPT Juni 2022
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v4i1.1305

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui media kubus berhuruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui media kubus berhuruf di PAUD Al-Mirah tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas di lakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Tagart Empat tahap dalam penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan repleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok seluruh anak usia 5 -6 tahun yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian adalah kemampuan Bahasa anak usia dini melalui media kubus berhuruf pada anak usia 5 – 6 tahun PAUD Al-Mirah Tahun Ajaran 2021-2022. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bahasa anak meningkat melalui media kubus berhuruf. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan bahasa anak melalui media kubus berhuruf pada pra siklus dengan jumlah anak BSH dan BSB sebanyak 8 anak meningkat menjadi 9 anak pada siklus I, dan mencapai 13 anak pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode kubus berhuruf ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak.
Pengembangan Media Ensiklopedia Model Lift the Flap Berbasis Masalah pada Pembelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar Khelara Permata Sari; Nurjannah
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 4 No. 1 (2022): JPPT Juni 2022
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v4i1.1309

Abstract

Kesulitan siswa khususnya siswa jenjang pendidikan sekolah dasar dalam memahami materi pembelajaran tematik terkendala oleh penggunaan media ajar yang saat ini belum optimal menarik minat belajar siswa. Bentuk media pembelajaran ensiklopedia dinilai efektif untuk mengatasi permasalah tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Ensiklopedia model lift the flap berbasis masalah pada pembelajaran tematik tema perkembangan teknologi untuk siswa yang valid dari hasil validasi kelayakan oleh ahli materi, ahli bahasa dan respon guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 3D yang dikembangkan oleh Thiagarajan mencakup empat langkah yaitu: tahapan define (pendefinisian), design (perancangan). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Media yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli bahasa dan satu orang guru kelas III SD. hasil validasi ketiga validator dapat menunjukan hasil bahwa media ensiklopedia model lift the flap berbasis masalah pada pembelajaran tematik tema perkembangan teknologi dinyatakan valid, sehingga dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kartu Flash Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD Swasta Amalia Islamic School Medan Denai Lisa Silvia; Samsul Bahri
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 4 No. 1 (2022): JPPT Juni 2022
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v4i1.1310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media kartu flash pada pembelajaran termatik terpadu tema 8 pada IV SD Swasta Amalia Islamic School Medan Denai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif maka masalah penelitian yang harus dipecahkan berasal dari persoalan praktik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Ini dapat dilihat dari sebelum diberikan tindakan nilai dikelas IV memiliki persentase ketuntasan 45% artinya 15 siswa dari 33 siswa yang mencapai nilai diatas KKM 75. Maka peneliti melakukan tindakan siklus I dengan menggunakan media pembelajaran berupa kartu flash didapatkan persentase ketuntasan meningkat menjadi 58% artinya dari 33 siswa hanya 19 siswa yang mencapai 75. Dengan diberikan tindakan terhadap siklus I dapat dilihat persentase kenaikan nilai siswa 10%. Kemudian diadakan lagi siklus II dengan persentase ketuntasan 88% artinya dari 33 siswa hanya 29 siswa tuntas dan persentase kenaikan nilai dari siklus II adalah 33%. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat. Data yang diperoleh dari masing-masing siklus dilihat perbandingan hasil belajarnya. Prosesdur dari penelitia ini adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun Instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan tes tertulis. Teknik keabsahan data yaitu trilangulasi dan teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV SDS Amalia Islamic School Medan Denai. Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran melalui pembelajaran menggunakan media kartu flash dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara Anak Di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022 Novita Frizka; Nuraya Sihombing; Darajat Rangkuti
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 4 No. 1 (2022): JPPT Juni 2022
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v4i1.1311

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam merangkai kata menata kalimat dan mengingat kosakata yang baru. Para pendidik tentunya menginginkan anak-anaknya menjadi seorang yang pandai dalam berbicara nya. Untuk menciptakan kemampuan yang diharapkan oleh pendidik tersebut harus dilatih kepada anak-anak sejak dini. Misalnya dengan mengucapkan kalimat-kalimat sederhana dalam sebuah cerita. Hal ini dikarenakan anak usia dini adalah masa golden age. Ketika anak berada pada usia ini harus diberi stimulus dan pendidikan yang baik sehingga dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan anak secara optimal. Untuk itu pendidik harus menciptakan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kemampuan berbicara anak dengan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode bercerita berpengruh terhadap keterampilan berbicara anak di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita terhadap keterampilan berbicara pada anak di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, serta menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak di PAUD Bina Produktivitas yaitu sejumlah 35 anak, sampel dalam penelitian ini sejumlah 15 anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di PAUD Bina Produktivitas. Hasil hitung pada taraf signifikansi 5% ternyata nilai thitung > ttabel, yaitu 37.470 > 1.68488, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Demikian juga dengan besarnya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini menunjukkan hasil 79%. Maka dari hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan metode bercerita mampu menjadikan kemampuan berbicara anak menjadi meningkat dan lebih baik
Penerapan Metode Eja Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Negeri No 104265 Lestari Dadi nurul fauziah; Sujarwo
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 4 No. 1 (2022): JPPT Juni 2022
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v4i1.1330

Abstract

Writing ability is one of the productive language skills, meaning that with the ability to read and write students can produce a work in written form. Many things are involved when someone writes. Think regularly and logically, be able to express ideas clearly, and be able to use language effectively and apply rules in writing. Based on the results of the initial observations I made regarding the conditions at the research site, it was seen that in applying writing skills in class I, the teacher did not apply various writing methods. This is evidenced by the fact that students feel bored and bored when the learning process is taking place. In addition, after observing, it is known that the problem that occurs is because students have not been able to write simple words correctly, and still spell every word they read, as a result students do not understand what the teacher says in class. The formulation of the research problem is how is the ability to write the beginning before applying the spelling method in class I State Elementary School No. 104265 Lestari Dadi? How is the initial writing ability after applying the spelling method in class I of State Elementary School No 104265 Lestari Dadi? Is there an increase in students' initial writing ability after applying the spelling method in class I of State Elementary School No 104265 Lestari Dadi? The purpose of this study was to determine the initial writing ability before applying the spelling method in class I State Elementary School No. 104265 Lestari Dadi. To determine the initial writing ability after applying the spelling method in class I State Elementary School No 104265 Lestari Dadi. To find out the improvement of students' initial writing skills after the spelling method was applied in class I of State Elementary School No. 104265 Lestari Dadi. This study used 40 students as a sample of 208 students. Data retrieval is done by holding a pretest and posttest spelling method. The results showed that the application of the spelling method to the initial writing ability of first-class students showed good results. The spelling method is effective in improving early writing skills. This is evidenced by the initial writing ability before the spelling method is applied has an average of 72.05, and after the spelling method is applied it has an average of 82.3. This has experienced a significant increase. From the results obtained, it can be concluded that there is an increase in initial writing ability after applying the spelling method to the first grade students of State Elementary School No. 104265 Lestari Dadi. Keywords: Spell Method, Beginning Writing Ability
Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbeasis Humanisme Pada Tema Makna Nilai-Nilai Pancasila Di Kelas IV SD Elvira Suci Tanjung; Beta Rapita Silalahi
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 4 No. 1 (2022): JPPT Juni 2022
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v4i1.1386

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Guru sudah mahir dalam mengembangkan media, hanya saja memakan waktu dalam menciptakan media pembelajaran, sehingga jarang menggunakan media pembelajaran pada saat proses belajar mengajar, Media yang digunakan masih berupa pembentukan kelompok kecil dan beberapa mading dan sudah pernah menggunakan media berbasis teknologi tetapi belum pernah berupa media PowerPoint Interaktif. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengembangkan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Humanisme Pada Tema Makna Nilai-Nilai Pancasila Kelas IV SD.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, guru kelas IV sebagai praktisi pendidikan dan siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PowertPoint Interaktif Berbasis Humanisme Pada Tema Makna Nilai-Nilai Pancasila di Kelas IV SD “Sangat Layak” dengan rincian persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media sebesar 78% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli materi sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak”, praktisi pendidikan sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak”, uji coba perorangan sebesar 79% dan uji coba kelompok kecil sebesar 91% dengan kategori “Sangat Layak”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PowertPoint Interaktif Berbasis Humanisme Pada Tema Makna Nilai-Nilai Pancasila di Kelas IV SD Al-Hidayah Patumbak. layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.
Penerapan Model Investigasi Kelompok Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SD Lam'ah; Dara Fitrah Dewi
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 4 No. 1 (2022): JPPT Juni 2022
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v4i1.1394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model investigasi kelompok pada pembelajaran tematik terpadu Tema 7 pada kelas IV SD 130012 Tanjung Balai, Sipori-pori Pulau Buaya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan pendekatan kualitatif. Pada hasil tes dari siklus I ke siklus II Peneliti menggunakan model investigasi kelompok mengalami peningkatan sebesar 8% dari 68% menjadi 76%. Pada hasil tes siklus II kesiklus III Terjadi peningkatan hasil belajar 10% dari 78% menjadi 88%. Dari hasil peneliti yang telah peneliti lakukan terlihat bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Perolehan data dari siklus mengalami peningkatan. Adapun intrumen pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Dari kesempulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model investigasi kelompok pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeri ku dikelas IV SD 130012 Tanjung Balai, Sipori-pori Pulau Buaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka sangat dianjurkan untuk guru dapat menerapkan model tersebut.
Pengaruh Model Brainstorming Berbantu Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Globalisasi Di Kelas VI SDN No 105361 Lubuk Cemara Aulia Fitri Khairina; Sujarwo
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 4 No. 1 (2022): JPPT Juni 2022
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v4i1.1399

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh Model Brainstorming Berbantu Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Globalisasi di Kelas VI SDN No.105361 Lubuk Cemara dan seberapa signifikan pengaruh Model Brainstorming Berbantu Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Globalisasi di Kelas VI SDN No.105361 Lubuk Cemara. Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen dengan jenis Quasy Eksperimental dan dengan desain Two-group Pretest-Postest Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN No.105361 Lubuk Cemara yang berjumlah 60 orang, dengan kelas VI A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan intrumen berupa tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t. setelah dilakukan uji-t diperoleh harga thitung > ttabel (2,864154 > 1.994437), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Antara Model Brainstorming dengan hasil belajar tematik Tema Globalisasi di kelas VI SDN No.105361 Lubuk Cemara
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Berorientasi PAIKEM Pada Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD Diana Fransiska; Umar Darwis
JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT) Vol. 4 No. 1 (2022): JPPT Juni 2022
Publisher : PGSD UMN Al-Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/pgsd.v4i1.1400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang berupa media pembelajaran aplikasi articulate storyline 3 dalam pembelajaran tematik materi kayanya negeriku. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang memiliki 4 tahapan yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (Pengembangan) dan dissiminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui angket untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline 3 pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline 3 pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline 3 layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas IV SD.

Page 1 of 1 | Total Record : 10