cover
Contact Name
Refni Wahyuni
Contact Email
refniabid@gmail.com
Phone
+6281365563364
Journal Mail Official
anita@htp.ac.id
Editorial Address
Jalan Mustafa Sari No 5 Tangkerang Selatan, Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer
ISSN : 2302710X     EISSN : 25793918     DOI : https://doi.org/10.33060/JIK
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Komputer adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian penelitian yang termasuk dalam bidang keilmuan komputer dan informatika. Jurnal Ilmu Komputer dikelola sepenuhnya oleh STMIK Hang Tuah Pekanbaru dan terbit 2 kali dalam setahun pada bulan april dan bulan oktober. Focus and Scope Jurnal Ilmu Komputer adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian penelitian yang termasuk dalam bidang keilmuan komputer dan informatika. Jurnal Ilmu Komputer dikelola sepenuhnya oleh STMIK Hang Tuah Pekanbaru dan terbit 2 kali dalam setahun pada bulan April dan Oktober
Articles 119 Documents
APLIKASI PENILAIAN ANGKA KREDIT DOSEN DALAM MENUNJANG PROSES PENGAJUAN JABATAN FUNGIONAL DOSEN PADA STMIK HANG TUAH PEKANBARU Herianto .; Akhmad Zulkifli; Yulanda .
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.71

Abstract

The increase of functional position is one of the process that must be passed by a lecturer in order to improve the career of his rank or position. Specifically for a lecturer, the promotion process is a form of assessment on the performance of lecturers based on the implementation of Tri Dharma Perguruan Tinggi in the form of research, teaching and devotion to the community. STMIK Hang Tuah Pekanbaru lecturer credit calculation process is still done conventionally, where lecturers have to enter data related to the credit numbers manually to the personnel, as well as the calculation of the credit score is still calculated by the lecturer is also by manual means which are further computed with microsoft excel application. With this condition, the process will take a long time, and the possibility of error in input large enough because it is still done conventionally. to speed up the process of calculating the credit score as well as to minimize the occurrence of error input and calculation of credit numbers it is necessary to design a web-based applications that can help lecturers and staff so that expected to make the work more effective and efficient.
PENENTUAN KELAYAKAN PENERIMAN DOSEN TETAP STIKES HANG TUAH PEKANBARU DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY INFERECE SYSTEM (FIS) Hendry Fonda
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.70

Abstract

Salah satu unsur penunjang kualitas dari suatu perguruan tinggi adalah tenaga pengajar (dosen) yang mengajar sesuai dengan bidang ilmu dan mempunyai kemampuan untuk menerangkan kepada mahasiswa di perkuliahan. STIKes Hang Tuah Pekanbaru melakukan uji kompetensi terhadap calon dosen berupa kemampuan akademik dengan melakukan ujian saringan tertulis, kemampuan psikologi dosen dengan melakukan ujian saringan psikologi, kemampuan wawasan calon dosen dengan melakukan ujian saringan wawancara dan kemampuan mengajar dengan melakukan ujian saringan microteaching. Dari keempat ujian saringan tersebut didapat hasil yang berbeda-beda, sementara masing-masing ujian saringan mempunyai tingkat bobot yang sangat penting dalam menentukan kelayakan seorang calon dosen untuk mengajar di kelas. Untuk itu diperlukan suatu metode yang tepat sehingga hasil saringan penerimaan calon dosen bisa menggambarkan kemampuan yang sebenarnya. Pada penentuan kelayakan dosen, hasil ujian saringan tertulis, psikologi, wawancara dan microteaching, masing-masingnya akan menghasilkan pengetahuan IF-THEN rule. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan metode Fuzzy Inference System (FIS) Tsukamoto. Dimana FIS Tsukamoto akan mentransfer rule menjadi pengetahuan sehingga menjadi suatu keputusan
ANALISIS DATA MAHASISWA DENGAN ALGORITMA K-MEAN UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PROMOSI STIKes HANG TUAH PEKANBARU eka sabna
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.69

Abstract

New student data owned by STIKes Hang Tuah Pekanbaru has been in large numbers with many variations of attributes stored in the database (database). But the data data has not been utilized optimally, therefore in need of a method that can dig and extract the new student data into a valuable information strategic. This study aims to classify the data of New Students of STIKes Hang Tuah Pekanbaru by using Data Mining Technique. Data Mining Technique used is Clustering Technique with K-Means algorithm and for process used CRISP-DM method. This research is used to determine the right Promotion Strategy. Determining the right promotional strategy will be able to reduce promotional costs and achieve the right promotional goals.
ANALISA DAN PENGEMBANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI (IT GOVERNANCE) MENGGUNAKAN COBIT 5 Anita Febriani
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.68

Abstract

Success in providing information services can provide a positive impact to the organization that is in accordance with the expectations of stakeholders. Therefore, the application of IT governance, especially for academic information systems need to be monitored and evaluated to ensure that the entire mechanism of IT management goes according to plan, objectives and business processes. The evaluation also should not only be done in the early stages of a system implemented, but should also be done regularly. The methodology in this study using the COBIT 5 framework that begins with those identified and mapped to the COBIT 5 processes selected. We then measured against these processes to determine the level of the current process capability and also carried out targeting the expected level of capability. Process capability level gap analysis of current and expected conducted to determine the extent to which improvements should be made to these processes. Recommendations for improvement of these processes is based on the COBIT framework 5. Results of this research is assessment and targeting capability level 5 COBIT 5 process were selected as well as recommendations for improvement of IT services activities.
EVALUASI UNTUK PERBAIKAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN COBIT 5 DI STMIK HANG TUAH PEKANBARU Refni Wahyuni
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kapabilitas tata kelola teknologi informasi (TI) dalam penerapan layanan sistem informasi akademik (SIAKAD). Metode yang digunakan adalah metode campuran kuantitatif dan kualitatif menggunakan instrumen kuesioner dan wawancara. Penelitian ini berfokus pada domain COBIT 5 meliputi APO09, BAI04, BAI06, DSS01, DSS02, DSS03 dan DSS04. Sedangkan untuk sumber data didapatkan dari kepala BAAK STMIK Hang Tuah, beberapa kepala dibidang akademik dan Staf yang memegang peran dalam menggunakan sistem informasi akademik. Dari proses yang dipilih tersebut menghasilkan tingkat kapabilitas sistem informasi akademik berada pada level 1 sedangkan untuk target berada pada level 3. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan tata kelola IT pada layanan sistem informasi akademik berada pada tingkat satu (Performed Process), hasil ini dibandingkan dengan nilai yang diharapkan yaitu pada tingkat tiga (Established Process). Dari hasil perbandingan diperoleh nilai kesenjangan yang digunakan untuk merumuskan rekomendasi perbaikan. Untuk perbaikan disarankan agar mempersiapkan SOP dan SDM yang berkopeten serta mendokumentasikan setiap kegiatan evaluasi, monitoring dalam pengelolaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD).
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN PROVINSI RIAU BERBASIS WEB Uci Rahmalisa
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.62

Abstract

Dinaspendidikan provinsi riau merupakan sebuah instansi yang bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan. pada skripsi ini dibahas mengenai bagian UPTD, SD, SLTP dan SLTA saja. dimana pada bagian ini mempunyai kesulitan dalam pembuatan laporan inventaris barang. bagian ini sudah menggunakan komputer untuk membuat laporan inventaris barang, namun masih menggunakan microsoft excell dikarenakan belum ada aplikasi khusus untuk membuat sebuah aplikasi perangkat lunak agar pekerjaan pada bagian tersebut bisa lebih mudah, cepat dan efisien.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 167 PEKANBARU DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) Yuda Irawan
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.66

Abstract

Sistem pendukung keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Saat ini banyak sekolah yang belum menggunakan sistem pendukung keputusan dalam penilaian siswa berprestasi, salah satunya adalah SD Negeri 167 yang terletak di Jl.Muhajirin Arengka Pekanbaru yang memiliki banyak murid berprestasi. Prestasi murid yang ada di SD ini bukan hanya di bidang akademis, namun juga memiliki prestasi dibidang lainnya. Pada saat ini prestasi yang lebih menonjol terlihat di bidang akademis, terkadang murid yang menguasai suatu pelajaran sering tidak terlihat karena kenakalannya, prestasi murid hanya di ukur pada saat murid masuk dalam urutan ranking 10 besar, sementara murid yang lain yang mungkin menguasai satu mata pelajaran saja tidak tampak berprestasi karena tidak termasuk dalam ranking 10 besar, dikarenakan nilai mata pelajaran yang lain mendapatkan hasil yang rendah, misalnya hanya menguasai matematika dan bahasa indonesia saja. Oleh karena itu sekolah ini memerlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk menjadi standar ukuran penilaian prestasi bagi kemampuan belajar siswa di sekolah, sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan rekomendasi tentang siswa berprestasi yang merupakan hasil dari pengolahan multikriteria dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP).
s Sistem Informasi Absensi Dosen Dan Perubahan Jadwal Perkuliahan mira susanti
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.59

Abstract

Kehadiran dosen menjadi penentu untuk aktivitas belajar mengajar dikelas dimana absensi dosen akan menjadi tolak ukur untuk mengetahui kedisiplinan dosen dan perubahan perkuliahan secara mendadak dan informasi tidak tepat sasaran kepada mahasiswa baik untuk jadwal kuiah ditiadakan maupun jadwal kuliah pengganti mengakibat pelayanan kepada mahasiswa tidak maksimal.Tujuan penelitian ini untuk merancang sistem informasi absensi dosen berbasis website yang dihubungkan dengan mesin finger print dan permberitahuan informasi tentang perubahan jadwal perkuliahan dengan sms gateway yang memudahkan penyampaian informasi dan meningkatkan kualitas belajar. Metode penelitian ini menggunakan field study, framework system dam implementation yang digunakan sebagai tahapan-tahapan penelitian untuk menghasilkan tujuan yang diharapkan.
JST PENERAPAN JARINGAN SYARAF TIRUAN DENGAN METODE PERCEPTRON UNTUK MENENTUKAN JENIS E-LEARNING (STUDI KASUS DI STMIK HANG TUAH PEKANBARU) Yulisman Yulisman
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.58

Abstract

Abstract The application of E-Learning types that correspond to the characteristics of the E-Learning system can be determined by the user by filling out a questionnaire about the characteristics of the E-Learning System. Many types of E-Learning that have been used by the institution. To determine the type of E-Learning that is appropriate to the characteristics of the E-Learning system can be done by the user by filling out the assessment questionnaire about the characteristics of the E-Learning System. The data processing results of the questionnaire to the application of the Neural Network with the Perceptron method. Neural network is an information processing system that has characteristics similar to a network of nerve biology. Perceptron is a simple network that is usually used to classify a particular type of pattern that is often known as a linear separation. From the calculations that researchers do manually or testing of the training data and test data in accordance with the training measures Perceptron defined in equation f (net) = t (yi), and error = 0 to determine kesusksesannya, then from training data and test data produces the correct target and in accordance with the expected results, which means that the method Perceptron applied were able to predict the type of E-Learning in accordance with the characteristics of E-Learning system is correct and produce the same target with the data results of the questionnaire from the user. Calculation of percentage of E-Learning used STMIK Hang Tuah Pekanbaru corresponding characteristics of the system of E-Learning and Evaluation Model ISO 9126 elearning.htp.ac.id results obtained with the value -1 = No, the performance of 20%, and a value of 1 = Yes, performance 80% and the error = 0 of 20 training data and test patterns. kuliah.htp.ac.id with a value of -1 = No, the performance of 45%, and a value of 1 = Yes, the performance of 55% and error = 0 of 20 training data and test patterns. edmodo.com/es3jelita with a value of -1 = No, the performance of 80%, and a value of 1 = Yes, the performance of 20% and error = 0 of 20 training data and test patterns. Abstrak E-Learning adalah merupakan salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi yang didukung oleh perangkat elektronik serta jaringan internet. Banyak jenis E-Learning yang telah digunakan oleh lembaga pendidikan. Untuk menentukan jenis E-Learning yang sesuai dengan karakteristik sistem E-Learning bisa dilakukan penilaian oleh user dengan mengisi kuesioner tentang karakteristik sistem E-Learning. Pengolahan data hasil dari kuesioner tersebut bisa dengan penerapan Jaringan syaraf tiruan dengan metode Perceptron. Jaringan Syaraf Tiruan adalah sistem pemrosesan informasi yang memiliki karakteristik mirip dengan jaringan syaraf biologi. Perceptron merupakan jaringan sederhana yang biasanya digunakan untuk mengklasifikasikan suatu pola tipe tertentu yang sering dikenal dengan pemisahan secara linear. Dari perhitungan yang peneliti lakukan secara manual atau pengujian terhadap data latih dan data uji yang sesuai dengan langkah-langkah pelatihan Perceptron yang sudah ditetapkan dalam persamaan f(net)= t(yi), dan error = 0 untuk menentukan kesusksesannya, maka dari data latih dan data uji menghasilkan target yang benar dan sesuai dengan hasil yang diharapkan, yang berarti bahwa metode Perceptron yang diterapkan mampu untuk memprediksi jenis E-Learning yang sesuai dengan karakteristik sistem E-Learning sudah benar dan menghasilkan target yang sama dengan data hasil kuesioner dari user. Perhitungan Persentase E-Learning yang digunakan STMIK Hang Tuah Pekanbaru yang sesuai karakteristik sistem E-Learning Model ISO 9126 dan Evaluasi didapat hasil elearning.htp.ac.id dengan nilai -1=Tidak, performance 20%, dan nilai 1=Ya, performance 80% dan error =0 dari 20 pola data latih dan uji. kuliah.htp.ac.id dengan nilai -1=Tidak, performance 45%, dan nilai 1=Ya, performance 55% dan error =0 dari 20 pola data latih dan uji. edmodo.com/es3jelita dengan nilai -1=Tidak, performance 80%, dan nilai 1=Ya, performance 20% dan error =0 dari 20 pola data latih dan uji.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENEMPATAN JABATAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SMK PGRI PEKANBARU) Anita Febriani; Hendry Fonda; M Iqbal Diwara
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss1.52

Abstract

Dalam lingkungan perusahaan atau organisasi, komputer merupakan alat bantu yang mutlak diperlukan sehingga penerapan sebuah sistem berbasis komputer menjadi kebutuhan pokok dan memberikan keunggulan kompetitif. Masalah yang terjadi dalam proses evaluasi (penilaian) kinerja guru diantaranya adalah terutama jika beberapa guru yang ada memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Proses evaluasi (penilaian) yang rumit terjadi sekarang umumnya adalah adanya guru yang menempati jabatan yang hanya melihat pada kriteria pertama saja, tetapi guru tersebut belum tentu unggul pada beberapa kriteria-kriteria yang lain. SMK PGRI pekanbaru merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di pekanbaru. Dimana selama ini pada proses penempatan jabatan hanya dilihat dari hasil tes dan beberapa persyaratan dasar lainya. Sebagian besar guru mengalami kesulitan beradaptasi dengan tugas-tugas yang harus dilaksanakan karena tidak memiliki latar belakang pengetahuan yang sesuai dengan posisi yang yang ditempatinya. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini akan berdampak negatif pada kinerja yang diberikan dan menghambat kemajuan sekolah. Oleh karena itu, Pihak sekolah mencari solusi agar dapat meminimalisasi kesalahan yang diakibatkan oleh kinerja guru, yaitu dengan cara menempatkan guru pada posisi atau bidang yang sesuai dengan kemampuanya.

Page 1 of 12 | Total Record : 119