cover
Contact Name
Yuyun Taufik S.Pd., M.Si
Contact Email
yuyuntaufik@plb.ac.id
Phone
+628122181115
Journal Mail Official
yuyuntaufik@plb.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No. 59 Bandung 40123 Telp. (022) 2506500, Fax. (022) 2512564
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal)
ISSN : -     EISSN : 24433756     DOI : 10.38204
Core Subject : Science,
ATRABIS - Jurnal Administrasi Bisnis yang dikterbitkan oleh Program Studi Administrasi Bisnis berisi kajian hasil penelitian dosen-dosen di Program Studi tersebut. Kajian penelitian yang disusun menjadi sumber pengembangan pengetahuan khususnya di Program Studi Administrasi Bisnis.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Desember 202" : 10 Documents clear
Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan) Teti Sumarni; Linda Daniati Melinda; Rita Komalasari
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 6 No 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Desember 202
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v6i2.489

Abstract

Dalam situasi pandemi Covid-19, kelompok usaha kecil, mikro, dan ultramikro paling rentan terdampak. Usaha makanan yang menanggung dampak terberat karena pandemi terutama disebabkan karena tidak semua pemilik usaha mengenal pemasaran menggunakan platform online. Pandemi ini memaksa pemilik usaha untuk beralih strategi pemasaran, promosi dan transaksi dari konvensional menjadi digital. Penelitian ini bertujuan untuk membantu usaha kecil, khususnya UMKM Warung Salapan untuk dapat menjawab tantangan pemasaran selama masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan observasi partisipatif. Hasil dari penelitian adalah pembuatan logo, stiker, akun google, akun WhatsApp Business, Instagram dan Akun Gofood. Harapannya adalah pemilik usaha Warung Salapan dapat meningkatkan penjualannya pada saat pandemi Covid-19.
Pengaruh Motivasi dan Komunikasi Terhadap Kepuasaan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Heri Sutardi
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 6 No 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Desember 202
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v6i2.499

Abstract

This study intends to reveal how the performance of Bandung Tourism College lecturers (STPB) and the extent to which work motivation factors and the level of job satisfaction of lecturers and communication affect the performance of Bandung Tourism High School (STPB), while other factors that can affect the performance lecturers besides these three factors are ignored, the results are expected to contribute to the development of Human Resource management, especially management. This research uses descriptive analysis method, because this research besides wanting to get a picture of Work Motivation, Job Satisfaction, Communication and Performance of Bandung Tourism College Lecturers (STPB), also wants to get a picture of the pattern of relationships and the influence of determined research variables.
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Kartika Cipta Anugrah Bandung Andina Dwijayanti; Iwan Carialy Irawan
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 6 No 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Desember 202
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v6i2.500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami, mengkaji dan menganalisis, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan atau sering disebut Mitra Usaha pada PT. Kartika Cipta Anugrah Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sehingga hasil penelitian menunjukkan yaitu Reliabilitas, Responsivitas, Empati, dan Jaminan mempengaruhi Kepuasan Pelanggan atau Mitra Usaha. Diharapkan penelitian ini berguna untuk akademisi dan praktisi dalam memahami pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan atau Mitra Usaha.
Penanganan Pencatatan Surat Pada Lembar Disposisi pada bagian Biro Umum Sekretariat Provinsi Jawa Barat Lina Parlina
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 6 No 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Desember 202
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v6i2.501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencatatan surat pada lembar disposisi di bagian Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, melalui kegiatan yang meliputi: penerimaan surat masuk, pencatatan surat masuk pada lembar disposisi, menyerahkan lembar disposisi kepada pimpinan untuk diberikan instruksi, menginput lembar disposisi ke sistem dan mendistribusikan lembar disposisi sesuai dengan bagian-bagiannya untuk ditindak lanjuti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu penulis menggambarkan hasil observasi dan menganalisa data-data yang diperoleh dari hasil wawancara. Setelah melakukan analisis dan pembahasan masalah, penulis memperoleh kesimpulan bahwa Pencatatan surat pada lembar disposisi di bagian Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat belum sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada, terlihat dari alur kegiatan pencatatan yang masih kurang terstruktur dengan baik
Evaluasi Pelaksanaan Program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kawasan Wisata Kabupaten Pangandaran Yuyun Taufik; Santy Sriharyati
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 6 No 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Desember 202
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kawasan Wisata Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini memfokuskan tentang evaluasi pelaksanaan program perbaikan rutilahu di Kabupaten Pangandaran, dimana pada tahun 2019 Kabupaten Pangandaran memperoleh 820 unit rumah yang diperbaiki atau 820 KK yang merupakan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Populasi penelitian ini, difokuskan kepada penerima bantuan, sampel yang terpilih sebanyak 100 sampel dan stakeholder yang terkait. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara terstruktur menggunakan kuesioner dan melakukan wawancara mendalam kepada tim pelaksana kegiatan. Pada tahap pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni sangat membantu, jelas sangat efektif untuk penuntasan rumah tidak layak huni, hal ini ditunjukan bahwa skor rata-rata dari evaluasi pelaksanaan perbaikan rumah tidak layak huni sebesar 3,84 yang berarti tinggi/setuju dan pemerintah daerahpun tidak lelah berhenti untuk mengusulkan program ini. Dari penelitian ini, bahwa pentingnya evaluasi pelaksanaan program perbaikan rutilahu di Kabupaten Pangandaran dan menjadi perhatian penting bagi stakeholder terkait dalam menangani permasalahan rumah tidak layak huni serta dapat memberikan rekomendasi terhadap perbaikan kedepannya.
Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19 Bambang Arianto
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 6 No 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Desember 202
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v6i2.512

Abstract

Artikel ini bertujuan mengelaborasi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 telah membuat mayoritas sektor ekonomi terutama UMKM menjadi stagnan. Eksesnya mayoritas pelaku UMKM tidak bisa berkembang dan banyak yang berakhir pada kebangkrutan. Hal inilah yang membuat, pelaku usaha UMKM mengubah strategi penjualan melalui skema digitalisasi. Skema digitalisasi yakni dengan memanfaatkan market place (perantara) dan menggunakan media sosial sebagai teknik pemasaran. Selain itu pelaku UMKM digital harus dapat bersinergi dengan warganet dalam pemasaran produk dan jasa. Dengan demikian skema pengembangan UMKM digital dapat menjadi salah satu alternatif menyelamatkan pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19. Artikel ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan mengelaborasi berbagai literatur akan pengembangan UMKM digital. Artikel ini berpendapat bahwa pengembangan UMKM digital telah menjadi alternatif penyelamatan sekaligus pengembangan kewirausahaan digital di Indonesia pada masa pandemi Covid-19.
Analisis Pengelolaan Arsip (Survei pada CV. Warna Indah Nusantara) Prima Vandayani; Alfia Muliawati
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 6 No 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Desember 202
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to understand the description of the archive management at CV. Warna Indah Nusantara Bandung. Type of research used is quantitative with descriptive survey method using cross sectional approach to the data collected from interviews, observations and questionnaires. Unit of analysis is company of CV. Warna Indah Nusantara Bandung with 5 archive employees as the observation unit. The data analysis technique is done statistically using the distributive frequency and mean. The results show that generally, archive management at CV. Warna Indah Nusantara Bandung has not been implemented effectively. The implications of this study contribute to become learning materials for companies in an effort to create effective archive management in the company Tujuan penelitian ini adalah memahami gambaran tentang tentang pengelolaan arsip pada CV. Warna Indah Nusantara Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey deskriptif pada pendekatan cross sectional terhadap data yang dikumpulkan dari wawancara, observasi dan kuesioner. Teknis analisis data dilakukan secara statistika menggunakan distributif frekuensi dan nilai rata-rata. Unit analisis adalah perusahaan CV. Warna Indah Nusantara dengan karyawan arsip sebanyak 5 orang sebagai unit observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, pengelolaan arsip pada CV. Warna Indah Nusantara Bandung belum dilakukan dengan efektif. Implikasi penelitian ini berkontribusi menjadi bahan pembelajaran bagi perusahaan dalam upaya menciptakan pengelolaan arsip yang efektif di perusahaan.
Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Melalui Pengembangbiakan Maggot yang Berasal dari Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Cihaurgeulis Bandung Poniah Juliawati; Dewi Reniawaty
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 6 No 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Desember 202
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v6i2.533

Abstract

Sulit menyadarkan masyarakat akan disiplin dalam membuang sampah pada tempatnya. Sampah akan menyebabkan banjir dan menimbulkan berbagai penyakit apabila tidak dikelola dengan baik. Masyarakat perlu diberi penyuluhan tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, salah satunya dengan memanfaatkan sampah organik untuk mengurangi tumpukan sampah yang semakin menggunung. Sampah organik bisa diolah menjadi pupuk tanaman dan juga bisa digunakan sebagai media untuk mengembangbiakkan Maggot (larva yang berasal dari lalat hitam). Maggot ini belatung yang kaya akan protein yang sangat bermanfaat untuk pakan ikan, ternak dan bisa juga dibuat minyak untuk bahan kosmetik. Tujuan penelitian ini untuk mengajak masyarakat kelurahan Cihaurgeulis untuk lebih giat lagi dalam memanfaatkan Maggot yang selama ini sudah dilaksanakan oleh masyarakat setempat. Taraf hidup masyarakat akan meningkat apabila masyarakat betul-betul mengelola bisnis Maggot ini dengan baik. Penulis menggunakan Metode penelitian kuantitatif.. Proses pengukuran adalah bagian yang sentral dalam penelitian kuantitatif karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara terstruktur menggunakan kuesioner. Hasil yang didapat jumlah dan pemerataan pendapatan, pendidikan yang semakin mudah untuk dijangkau, kualitas kesehatan yang semakin meningkat dan merata.
Evaluasi Pemenuhan Keseimbangan Hak Dan Kewajiban Antara Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi Propinsi Jawa Barat Dengan Pelanggan Santy Sriharyati; Andry Nurmansyah
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 6 No 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Desember 202
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini merupakan kegiatan evaluasi pemenuhan keseimbangan hak dan kewajiban antara PDAM Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi dengan pelanggan. Metode yang digunakan adalah melakukan Kombinasi Evaluasi dan Fasilitasi, Participatory Approach dan Horizontal Learning serta Penilaian Keseimbangan Hak dan Kewajiban melalui Kuesioner yang berisi bobot, standar dan nilai standar indikator keseimbangan PDAM. Analis data yang digunakan yaitu metode perhitungan nilai keseimbangan. Berdasarkan hasil penilaian evaluasi pemenuhan keseimbangan hak dan kewajiban PDAM Kota Sukabumi sudah masuk dalam kategori seimbang, tetapi masih terdapat beberapa indikator yang masih perlu diperbaiki untuk meningkatkan nilai keseimbangan, antara lain menyusun Standar Pelayanan sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM), menyesuaikan Maklumat yang sudah ada dengan format sesuai Permenpan RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan, menyusun dan meresmikan penggunaan Perjanjian / Kontrak Berlangganan, serta meningkatkan komponen penting lainnya yang dituangkan dalam aturan yang telah ditetapkan.
Promosi Kredit Usaha Rakyat Di Massa Pandemi Covid19 Pada PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KC Soreang” Hamdani
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 6 No 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Desember 202
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Promosi merupakan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada konsumen yang memuat informasi, membujuk, dan mempengaruhi konsumen, dengan tujuan meningkatkan volume penjualan dengan menarik minat konsumen dalam mengambil keputusan membeli di perusahaan tersebut. Penelitian yang dituangkan dalam tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Promosi Kredit Usaha Rakyat di Massa Pandemi Covid-19 pada PT. Bank BRI (Persero), Tbk KC Soreang Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan dan menggambarkan mengenai Pelaksanaan, kendala dan solusi yang dilakukan dalam pelaksanaan Promosi Kredit Usaha Rakyat di Massa Pandemi Covid-19 pada PT. Bank BRI (Persero), Tbk KC Soreang Setelah melakukan analisa dan pembahasan masalah, penulis memperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan Pelaksanaan Promosi Kredit Usaha Rakyat di Massa Pandemi Covid-19 pada PT. Bank BRI (Persero), Tbk KC Soreang sudah berjalan dengan cukup baik, namun terdapat hambatan-hambatan yang harus diperbaiki agar dapat meningkatkan kerja.

Page 1 of 1 | Total Record : 10