cover
Contact Name
Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M
Contact Email
dewamangku.undiksha@gmail.com
Phone
+6282242137685
Journal Mail Official
dewamangku.undiksha@gmail.com
Editorial Address
Ganesha Civic Education Journal (GANCEJ) Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Jalan Udayana No. 11 Singaraja - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
GANESHA CIVIC EDUCATION JOURNAL
ISSN : 27147967     EISSN : 27228304     DOI : https://doi.org/10.23887
Core Subject : Education,
Ganesha Civic Education Journal jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang pendidikan dan sosial pembelajaran . Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 2 kali setahun.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019): April, Ganesha Civic Education Journal" : 9 Documents clear
JUSTICE ECOLOGY AND SOCIAL JUSTICE AS A BASIS OF PROTECTION AND PRESERVATION OF THE SEA ENVIRONMENT IN INDONESIA'S LEGAL SYSTEM Kristiani Purwendah, Elly
Ganesha Civic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): April, Ganesha Civic Education Journal
Publisher : Program Studi PPKn Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Korelasi prinsip dalam sistem hukum melalui konsep keadilan (keadilan ekologis dan sosial) diharapkan dapat melindungi kepentingan lingkungan laut. Teori sebagai sarana pokok yang digunakan untuk menyatakan hubungan sistematik dalam gejala sosial maupun natura yang akan diteliti dan juga merupakan alat dari ilmu (tool of science). Prinsip merupakan pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang atau kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak. Teori keadilan ekologis dan keadilan sosial digunakan untuk menyatakan hubungan yang sistematik dan alat ilmu untuk menjelaskan kepentingan perlindungan dan pengelolaan lingkungan laut bagi lingkungan laut dan kebermanfaatannya bagi manusia. Teori ini penting dibahas pada pembahasan prinsip kesesuaian prinsip hukum internasional ke dalam sistem hukum nasional. Teori keadilan akan menjelaskan hubungan antara tanggung jawab negara dan kewajiban terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui penerapan prinsip hukum terhadap lingkungan laut. Prinsip perlindungan lingkungan laut dianggap sebagai kebenaran yang menjadi dasar berfikir dan bertindak dalam rangka melindungi dan mengelola lingkungan laut. Teori keadilan ekologis dan keadilan sosial digunakan sebagai bingkai perlindungan dan pengelolaan lingkungan sebagaimana diharapkan terwujud melalui tanggung jawab negara yang berkewajiban melindungi kepentingan lingkungan dan masyarakat. Teori keadilan ekologis dan sosial menempatkan lingkungan sebagai sumber daya alam yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat melalui tanggung jawab negara melalui konsep adil dan proporsional. Konstruksi keadilan sebagai sebuah ide dasar hukum dalam melindungi dan memanfaatkan lingkungan serta bagaimana peruntukan lingkungan bagi kesejahteraan warga negara dalam mengakses lingkungan lautnya.
EXISTENCE AND DEVELOPMENT GROUP COMPANIES IN THE MINING SECTOR (PT. BUMI RESOURCES Tbk) Hartana, Hartana
Ganesha Civic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): April, Ganesha Civic Education Journal
Publisher : Program Studi PPKn Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Bumi Resources Tbk. memiliki saham pengendali secara absolute terhadap anak- anak perusahaannya (subsidiaries), sehingga PT. Bumi Resources Tbk. dapat mengontrol, mengkoordinasikan dan bertanggung jawab secara mutlak terhadap kegiatan operasional anak-anak perusahaannya. Untuk memperluas jaringannya, PT. Bumi Resources Tbk. membentuk perusahaan subholding yaitu PT. Bumi Resources Mineral Tbk. (BRM). BRM memfokuskan diri sebagai induk perusahaan yang mengurusi beberapa anak usaha yang bergerak dalam bisnis non-batubara. Pembentukan subholding ini tak lepas dari ekspansi yang dilakukan oleh PT. Bumi Resources Tbk. yang telah melakukan akuisisi beberapa perusahaan mineral non batubara, antara lain Calipso Investment Pte Ltd (99%), International Minerals Company, LCC (100%), Lemington Investments Pte.Ltd (99%), PT. Citra Palu Minerals (96,97%), PT. Dairi Prima Mineral (80%), PT. Multi Capital (99%), dan PT. Sarkea Prima Minerals (20%). Perusahaan-perusahaan tersebut selanjutnya menjadi anak dan/atau afiliasi dari PT. Bumi Resources Mineral Tbk.
FENOMENA ANAK LOGAM DI PELABUHAN P-ISSN : 2714-7967 PENYEBERANGAN DAN MODEL KETAPANG (MENCARI AKAR PENANGGULANGANNYA) Pardi, I Wayan; Nadia Suta Pradhani, Ni Made
Ganesha Civic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): April, Ganesha Civic Education Journal
Publisher : Program Studi PPKn Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis latar belakang munculnya anak logam di pelabuhan penyeberangan Ketapang, dan merumuskan model yang dapat digunakan untuk menanggulangi keberadaan anak logam di pelabuhan penyeberangan Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yang langkah-langkahnya meliputi metode penentuan lokasi penelitian, metode penentuan informan, instrument penelitian, metode pengumpulan data, metode pengujian keabsahan data, dan metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya anak logam di Pelabuhan Penyebarangan Ketapang, yaitu 1) faktor kemiskinan, 2) faktor keluarga, 3) faktor teman sebaya atau teman bermain, dan 4) faktor pendidikan. Model yang dapat digunakan untuk menanggulangi keberadaan anak logam adalah Street-centered intervention, Family-centered intervention, Institutional-centered intervention, dan Community-centered intervention.
ASAS PACTA SUNT SERVANDA DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERJANJIAN INTERNASIONAL Angga Adi Utama, I Gede
Ganesha Civic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): April, Ganesha Civic Education Journal
Publisher : Program Studi PPKn Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahwa keberadaan asas pacta sunt servanda tersebut telah lama dikenal dalam masyarakat, termasuk masyarakat internasional. Beberapa ahli terkemuka telah memberi dukungan atas keberadaan asas tersebut, dan bahkan dewasa ini asas tersebut telah menjadi bagian dari hukum positif, baik dalam taraf nasional Indonesia maupun dalam taraf internasional. Dengan demikian keberadaan asas pacta sunt servandatersebut masuk kedalam sistem hukum. Penerimaan, keberadaan dan penggunaan asas pacta sunt servanda adalah mengawali berlakunya suatu perjanjian termasuk perjanjian internasional. Artinya keberadaan dan penerimaan asas pacta sunt servanda dijadikan sebagai dasar beroperasinya atau berlakunya perjanjian internasional. Karena den-gan berpegang pada asas pacta sunt servanda, maka pihak-pihak pada perjanjian internasional telah berjanji un-tuk menghormati atau melaksanakan apa yang telah disepakati atau diperjan-jikan. Tanpa adanya kesanggupan untuk melaksanakan apa yang telah dijanjikan, maka perjanjian tidak akan dapat beroperasi atau berlaku sebagaimana mestinya.
PENGARUH PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIIIB1 SMP NEGERI 2 GEROKGAK DENGAN PENGENDALIAN KECERDASAN LINGUISTIK Wirta, I Made
Ganesha Civic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): April, Ganesha Civic Education Journal
Publisher : Program Studi PPKn Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh inovatif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group design dengan melibatkan sampel sebanyak 35 orang siswa SMP Negeri 2 Gerokgak yang diambil secara sensus. Pengumpulan data menggunakan 2 tes yaitu yaitu tes kecerdasan linguistik dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova).
JUSTICE ECOLOGY AND SOCIAL JUSTICE AS A BASIS OF PROTECTION AND PRESERVATION OF THE SEA ENVIRONMENT IN INDONESIA'S LEGAL SYSTEM Elly Kristiani Purwendah
Ganesha Civic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): April, Ganesha Civic Education Journal
Publisher : Program Studi PPKn Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Korelasi prinsip dalam sistem hukum melalui konsep keadilan (keadilan ekologis dan sosial) diharapkan dapat melindungi kepentingan lingkungan laut. Teori sebagai sarana pokok yang digunakan untuk menyatakan hubungan sistematik dalam gejala sosial maupun natura yang akan diteliti dan juga merupakan alat dari ilmu (tool of science). Prinsip merupakan pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang atau kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak. Teori keadilan ekologis dan keadilan sosial digunakan untuk menyatakan hubungan yang sistematik dan alat ilmu untuk menjelaskan kepentingan perlindungan dan pengelolaan lingkungan laut bagi lingkungan laut dan kebermanfaatannya bagi manusia. Teori ini penting dibahas pada pembahasan prinsip kesesuaian prinsip hukum internasional ke dalam sistem hukum nasional. Teori keadilan akan menjelaskan hubungan antara tanggung jawab negara dan kewajiban terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui penerapan prinsip hukum terhadap lingkungan laut. Prinsip perlindungan lingkungan laut dianggap sebagai kebenaran yang menjadi dasar berfikir dan bertindak dalam rangka melindungi dan mengelola lingkungan laut. Teori keadilan ekologis dan keadilan sosial digunakan sebagai bingkai perlindungan dan pengelolaan lingkungan sebagaimana diharapkan terwujud melalui tanggung jawab negara yang berkewajiban melindungi kepentingan lingkungan dan masyarakat. Teori keadilan ekologis dan sosial menempatkan lingkungan sebagai sumber daya alam yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat melalui tanggung jawab negara melalui konsep adil dan proporsional. Konstruksi keadilan sebagai sebuah ide dasar hukum dalam melindungi dan memanfaatkan lingkungan serta bagaimana peruntukan lingkungan bagi kesejahteraan warga negara dalam mengakses lingkungan lautnya.
EXISTENCE AND DEVELOPMENT GROUP COMPANIES IN THE MINING SECTOR (PT. BUMI RESOURCES Tbk) Hartana Hartana
Ganesha Civic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): April, Ganesha Civic Education Journal
Publisher : Program Studi PPKn Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Bumi Resources Tbk. memiliki saham pengendali secara absolute terhadap anak- anak perusahaannya (subsidiaries), sehingga PT. Bumi Resources Tbk. dapat mengontrol, mengkoordinasikan dan bertanggung jawab secara mutlak terhadap kegiatan operasional anak-anak perusahaannya. Untuk memperluas jaringannya, PT. Bumi Resources Tbk. membentuk perusahaan subholding yaitu PT. Bumi Resources Mineral Tbk. (BRM). BRM memfokuskan diri sebagai induk perusahaan yang mengurusi beberapa anak usaha yang bergerak dalam bisnis non-batubara. Pembentukan subholding ini tak lepas dari ekspansi yang dilakukan oleh PT. Bumi Resources Tbk. yang telah melakukan akuisisi beberapa perusahaan mineral non batubara, antara lain Calipso Investment Pte Ltd (99%), International Minerals Company, LCC (100%), Lemington Investments Pte.Ltd (99%), PT. Citra Palu Minerals (96,97%), PT. Dairi Prima Mineral (80%), PT. Multi Capital (99%), dan PT. Sarkea Prima Minerals (20%). Perusahaan-perusahaan tersebut selanjutnya menjadi anak dan/atau afiliasi dari PT. Bumi Resources Mineral Tbk.
ASAS PACTA SUNT SERVANDA DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERJANJIAN INTERNASIONAL I Gede Angga Adi Utama
Ganesha Civic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): April, Ganesha Civic Education Journal
Publisher : Program Studi PPKn Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahwa keberadaan asas pacta sunt servanda tersebut telah lama dikenal dalam masyarakat, termasuk masyarakat internasional. Beberapa ahli terkemuka telah memberi dukungan atas keberadaan asas tersebut, dan bahkan dewasa ini asas tersebut telah menjadi bagian dari hukum positif, baik dalam taraf nasional Indonesia maupun dalam taraf internasional. Dengan demikian keberadaan asas pacta sunt servandatersebut masuk kedalam sistem hukum. Penerimaan, keberadaan dan penggunaan asas pacta sunt servanda adalah mengawali berlakunya suatu perjanjian termasuk perjanjian internasional. Artinya keberadaan dan penerimaan asas pacta sunt servanda dijadikan sebagai dasar beroperasinya atau berlakunya perjanjian internasional. Karena den-gan berpegang pada asas pacta sunt servanda, maka pihak-pihak pada perjanjian internasional telah berjanji un-tuk menghormati atau melaksanakan apa yang telah disepakati atau diperjan-jikan. Tanpa adanya kesanggupan untuk melaksanakan apa yang telah dijanjikan, maka perjanjian tidak akan dapat beroperasi atau berlaku sebagaimana mestinya.
PENGARUH PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIIIB1 SMP NEGERI 2 GEROKGAK DENGAN PENGENDALIAN KECERDASAN LINGUISTIK I Made Wirta
Ganesha Civic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): April, Ganesha Civic Education Journal
Publisher : Program Studi PPKn Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh inovatif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group design dengan melibatkan sampel sebanyak 35 orang siswa SMP Negeri 2 Gerokgak yang diambil secara sensus. Pengumpulan data menggunakan 2 tes yaitu yaitu tes kecerdasan linguistik dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova).

Page 1 of 1 | Total Record : 9