cover
Contact Name
Yohanes Bowo Widodo
Contact Email
ybowowidodo@gmail.com
Phone
+6285718767171
Journal Mail Official
ojslppmumht@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mohammad Husni Thamrin Kampus A Universitas Mohammad Husni Thamrin Jl. Raya Pondok Gede No. 23-25, Kramat Jati, Jakarta Timur 13550
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
ISSN : 26569957     EISSN : 26228475     DOI : https://doi.org/10.37012/jtik
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer merupakan salah satu jurnal berbasis Open Journal System (OJS) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) yang berisi artikel-artikel dengan topik Teknologi Informasi yang menampung karya ilmiah para dosen Perguruan Tinggi di Indonesia. Diharapkan jurnal ini mampu memberikan motivasi dan kontribusi ilmiah bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer" : 15 Documents clear
Analisis Perbandingan Serverless Computing Pada Google Cloud Platform Ilmi Barokah; Asriyanik Asriyanik
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v7i2.662

Abstract

Serverless computing menjadi paradigma tren baru di cloud komputasi, memungkinkan pengembang untuk fokus pada aplikasi inti logika dan aplikasi prototipe cepat. Serverless computing memiliki biaya yang lebih rendah dan kenyamanan yang diberikannya kepada pengguna yang tidak perlu fokus pada manajemen server. Karena prospeknya yang bagus Serverless computing, dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar vendor cloud utama telah meluncurkan platform komputasi tanpa server komoditas mereka. Namun, karakteristik platform ini belum dipelajari secara sistematis. Perlunya analisis platform ini secara kualitatif yaitu mulai dari pengembangan, penyebaran, dan aspek runtime untuk membentuk taksonomi karakteristik. Google Cloud Platform memiliki beberapa jenis serverless Computing, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai perbandingan antara beberapa Serverless Computing yaitu diantaranya Cloud Functions, App Engine, Cloud Run,dan Google Kuberenetes Engine (GKE).
Penerapan Algoritma Apriori Dengan Market Basket Analysis Untuk Pengaturan Tata Letak Barang Putri Andriani; Lelah lelah
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v7i2.633

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak toko untuk menganalisa barang apa saja yang sering dibeli dalam kurun waktu tertentu dan diletakkan saling berdekatan dan agar memperoleh proses penataan tata letak barang pada display area dengan mempertimbangkan pola pembelanjaan pelanggan untuk memudahkan dalam menemukan produk yang akan di beli secara bersamaan dengan menggunakan algoritma apriori. Data data yang yang terlibat dalam setiap transaksi penjualan pada sares Gallery sehingga terjadinya tumpukan data yang dibiarkan saja.untuk itu digunakanlah metode market basket analysis untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Kemudian, sistem akan menjalankan proses penghitungan nilai dukungandari setiap kumpulan data transaksi yang ada dalam rentang waktu tersebut dan memilih sesuai dengan nilai dukungan minimum. Dalam menetapkan aturan asosiasi yang hendak ditunjuk, maka tentu harus mengurutkan terlebih dahulu berdasarkan support x confidence. Aturan tersebut akan diambil sebanyak n aturan yang mempunyai hasil terbesar. Maka, diambil kesimpulan tiga item yang sering dibeli bersamaan adalah Baju, sandal, dompet
Pengembangan Aplikasi E-Reimbursement Karyawan Berbasis Android Pada PT Bringin Inti Teknologi Yohanes Bowo Widodo; Aulia Anindya; Tata Sutabri
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v7i2.644

Abstract

Aplikasi E-Reimbursement merupakan aplikasi online berbasis Android yang berfungsi sebagai sarana klaim atau reimbursement  karyawan PT Bringin Inti Teknologi. Kondisi pendemi saat ini yang mengharuskan karyawan dan atasan melakukan Work From Home demi mengikuti peraturan pemerintah. Hal tersebut membuat proses reimbursement bisa tertunda karna diperlukannya dokumen fisik dan tanda tangan basah di atas laporan. Namun dengan adanya aplikasi E-Reimbursement karyawan dengan mudah dan cepat dapat  melakukan proses reimbursement karena bisa dilakukan secara online. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Android Studio dan Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java serta sistem manajemen basis data menggunakan MySQL.Hasil yang diharapkan dari aplikasi ini adalah agar proses reimbursement dapat berjalan dengan cepat dan efektif tapi tetap disesuaikan dengan standar operasional perusahaan yang sedang berlaku saat ini. Diharapkan juga kedepannya tidak terjadi duplikasi penyimpanan arsip untuk dokumen reimbursement karena data reimbursement sudah tersimpan di database. Selain meminimalisir penggunaan ruang arsip yang berlebih, pencarian dokumen reimbursement  saat diperlukan bisa melalui database tanpa harus membuka dokumen fisik.
Clustering K-Means Kinerja Assistant Sales Representative pada PT Pupuk Kujang Cikampek, Departemen Pemasaran dan Penjualan Ritel Adi Kurniawan; Ultach Enri
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v7i2.546

Abstract

Perseroan Terbatas (PT) Pupuk Kujang merupakan salah satu anak perusahaan dari BUMN di indonesia yaitu PT Pupuk Indonesia Holding Company PT Pupuk Kujang merupakan perusahaan besar yang bergerak di bidang produksi, perdagangan, mempersembahkan jasa, angkutan, dan ekpedisi.PT Pupuk Kujang memiliki struktur organisasi yaitu Departemen Pemasaran dan Penjualan Ritel. Asisten Perwakilan Penjualan(ASR) merupakan jabatan bagi seseorang yang bekerja di PT Pupuk Kujang Cikampek, Departemen Pemasaran dan Penjualan ritel. Seringkali beberapa ASR tidak mencapai target dalam melakukan kegiatan, hal ini dapat merugikan perusahaan karena tingkat kinerja dari ASR terdapat kekurangan sehingga tugas pokok Departemen Pemasaran dan Penjualan Ritel tidak dapat dicapai dengan baik. Penelitian ini akan dilakukan pengelompokan dengan 3 klaster yaitu produktif, menengah, dan kurang produktif dengan metode clustering teknik algoritma K-Means. Hasil dari penelitian ini didapatkan sebanyak 6 ASR masuk ke dalam kelompok kurang produktif,
Penerapan Metode Algoritma Greedy Untuk Menentukan Rute Terdekat Pada Objek Wisata Palabuhanratu Larasati Mayan Pramesti; Prajoko Prajoko; Asriyanik Asriyanik
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v7i2.636

Abstract

Menurut UUD No. 10 th’2009 objek pariwisata merupakan suatu kegiatan perjalanan yang dilakukan dengan senang hati dan kegiatan ini bersifat sementara. Yang artinya perjalanan ini tidak hanya di lakukan pada semua tempat atau lokasi wisata tersebut, tetapi hanya beberapa tempat-tempat wisata tertentu yang hanya dikagumi pada awalnya. Dalam dunia pariwisata, jumlah wisatawan sangat berpengaruh pada lokasi wisata tersebut. Peranan teknologi informasi informasi dan komunikasi dalam dunia pariwisata sangatlah berpengaruh. Teknologi informasi dan komunikasi ini merupakan hardware dan software yang di dalamnya termasuk pada jaringan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis dan usaha. Dalam pengertian lain teknologi informasi ialah suatu proses yang digunakan untuk mengolah data. Penelitian ini bertempat pada salah satu tempat objek wisata di daerah Jawa Barat yaitu Palabuhanratu. Perencanaan sistem ini dilakukan untuk mendapatkan jalur-jalur atau rute terdekat pada setiap daerah wisata dikawasan Palabuhanratu dengan menggunakan metode yang terdapat pada Algoritma Greedy. 
Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Jasa Penitipan Hewan Berbasis Web Hesti Rian
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v7i2.645

Abstract

The development of the Animal Care Service Administration Information System is a data input system for Owners, Cats, Types of Packages. Owner data input system includes Owner's Name, Address, and Telephone Number. The cat input system includes Cat Name, Gender, Description, Weight, and Veterinarian Recommendation. The Package Type input system includes Package Type, Price, and Package Description. The purpose of the Veterinary Service Administration system is to facilitate the data management of the Animal Care Service Administration. The development of this system uses the system development life cycle method. The method includes several stages of the process, namely the system planning stage, the system analysis stage, the system design stage, the system implementation stage, the system evaluation stage, the system use and maintenance stage. The Animal Care Service Administration Information System is expected to facilitate the process of making officer reports so that they can produce accurate and effective data.
Indikasi Bentuk Perilaku Penyimpangan Seksual Menggunakan K-Nearest Neighbor Berbasis Web. Salmaa Felia Mentari; Asep Budiman Kusdinar; George Pri Hartawan
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v7i2.624

Abstract

Dalam ilmu psikologi, terdapat salah satu bentuk perilaku penyimpangan dimana hal tersebut memerlukan sekali suatu konsultasi agar mendapatkan hasil diagnosa yang tepat. Akan tetapi, dalam hal ini melakukan suatu konsultasi mengenai bentuk perilaku penyimpangan seksual merupakan hal yang sangat sulit dilakukan dikarenakan para pelaku penyimpangan itu sendiri enggan melakukannya secara langsung karena rasa malu dan takut akan stigma dari masyarakat. Oleh karena itu, pada masalah ini diperlukan suatu langkah konsultasi yang dapat dilakukan secara online atau tanpa bertemu secara langsung dengan ahlinya yaitu dengan menerapkan ilmu sistem pakar dengan memanfaatkan teknologi website wadah informasinya. Dalam pengolahannya sendiri, agar mempermudah pakar dalam mendiagnosa bentuk perilaku penyimpangan seksual, maka diterapkan algoritma K-Nearest Neighbor yang dapat mengindikasi bentuk perilaku poenyimpangan berdasarkan gejala yang dialami oleh setiap pelaku penyimpangan iu sendiri. Algoritma K-Nearest Neighbor sendiri merupakan suatu metode  dalam mengklasifikasikan data berdasarkan tingkat kemiripannya. Pada kasus ini, tingkat kemiripan yang dimiliki antara kasus baru dengan kasus lama yaitu bernilai 0,71 atau 71% dengan tingkat gejala sedang dan tingkat akurasi sebesar 0,67 atau 67%.Kata kunci: Algoritma K-Nearest Neighbor, Bentuk Perilaku Penyimpangan Seksual, Website
Desain Panduan Audit Tata Kelola Sistem Informasi Boost The Order (SIBORDER) di PT Telekomunikasi Indonesia Menggunakan COBIT 2019 Kezia Nadia Putri Martinus; Evi Maria; Hanna Prillysca Chernovita
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v7i2.638

Abstract

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) is engaged in information and communication technology and network services. Information technology (IT) plays an important role in PT Telkom's business processes, so it needs to be managed using the Control Objectives for Business and Related Technology (COBIT) framework. COBIT 2019 accommodates new IT trends in business, so that it can serve as a guide for auditors, users and management to bridge the gap between risk, control, and technical problems at PT Telkom, especially in the management of the Boost The Order (SIBORDER) Information System. IT governance audit is a control mechanism for SIBORDER management. Therefore, before conducting the audit, the auditor needs to make an audit plan to make it easier when allocating resources so that the audit is carried out effectively and efficiently. This research aims to design a SIBORDER governance audit guide using the COBIT 2019 framework. The design begins first, by identifying stakeholder needs, enterprise goals and weighting design factors. The results of stakeholder needs, namely optimizing risk and resources, while enterprise goals, namely EG01, EG05, EG06 and EG13, and the results of domain identification as focus areas, namely BAI 10, DSS 03, DSS 04 and DSS 05. Second, determination of information sources based on the RACI Chart. Third, the creation of an audit worksheet that contains a list of questions for the assessment of the selected domain and the schedule of audit implementation.
Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Information Gain Pada Analisis Sentimen Penggunaan E-Wallet Saat Pandemi Amelia Isnanda; Yuyun Umaidah; Jajam Haerul Jaman
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v7i2.648

Abstract

World Health Organzation (WHO) pada Maret 2020 mengkategorikan Coronavirus sebagai pandemi setelah mewabah ke berbagai negara belahan dunia. Indonesia yang terdampak pandemi menetapkan peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti physical distancing, wajib memakai masker, peraturan jam malam hingga sekolah dan belajar dari rumah untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus. Sejak kebijakan PSBB diberlakukan, penggunaan e-wallet meningkat karena diyakini mengurangi kontak fisik antar sesama sehingga mengundang berbagai tanggapan masyarakat mengenai kehadirannya. Tanggapan tersebut dituangkan melalui media sosial yang salah satunya adalah Twitter. Terdapat tanggapan yang menyetujui kehadiran e-wallet karena merasakan manfaatnya, namun ada yang beranggapan bahwa penggunaanya sulit atau tidak aman. Berbagai tanggapan tersebut dapat dianalisis untuk mengetahui berbagai tanggapan masyarakat mengenai penggunaan e-wallet di masa pandemi. Maka, dilakukan analisis sentimen Twitter mengenai penggunaan e-wallet pada masa pandemi dengan Naïve Bayes dan dikombinasikan menggunakan seleksi fitur Information Gain. Hasil klasifikasi menggunakan Naïve Bayes Classifier menghasilkan accuracy 84%, precision 91% dan recall 91%. Hasil klasifikasi menggunakan Naïve Bayes dan Information Gain adalah accuracy 92%, precision 92% dan recall 100%.
Implementasi Aplikasi Service Menggunakan Framework CI Pada PT. XYZ arfan sansprayada; Kartika Mariskhana; Riva Abdilah Aziz
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v7i2.623

Abstract

Teknologi merupakan salah satu aspek yang wajib diperhatikan dalam perusahaan agar roda bisnis perusahaan dapat berjalan dengan baik. Terutama perusahaan yang menyediakan layanan jasa ataupun perusahaan yang menyediakan layanan jual beli produk. Pada perusahaan dibidang jasa, hal yang terbaik harus diperhatikan berkaitan dengan pelayanan kepada pelanggan, hal ini yang menjadi perhatian management perusahaan khususnya dalam mengatur waktu mulai dari antrian pelanggan, problem solving dalam tiap permasalahan yang ada serta cepatnya waktu pengerjaan dari sisi karyawan dalam melayani pelanggan. Hal inilah yang mesti diperhatikan bagi perusahaan khususnya dalam perusahaan jasa agar roda bisnis perusahaan dapat berjalan dengan baik. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa perbaikan elektronik dimana dalam perusahaan tersebut masih minimnya implementasi aplikasi yang dapat menyebabkan kurangnya profit perusahaan karena banyaknya waktu tunggu yang terlalu lama bagi pelanggan.  Dengan begitu banyaknya permintaan perbaikan jasa elektronik khususnya di bidang jasa perbaikan printing ini maka perlu diadakan penerapan implementasi aplikasi berkaitan dengan jasa pelayanan tersebut. Dengan diterapkannya implementasi ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan khususnya kepada karyawan terutama dalam menjalankan aktifitas nya sehari sehari. Sedangkan untuk perusahaan dapat memberikan profit yang sebesar besarnya dengan pelayanan yang terbaik bagi perusahaan dan memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15