cover
Contact Name
Yohanes Bowo Widodo
Contact Email
ybowowidodo@gmail.com
Phone
+6285718767171
Journal Mail Official
ojslppmumht@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mohammad Husni Thamrin Kampus A Universitas Mohammad Husni Thamrin Jl. Raya Pondok Gede No. 23-25, Kramat Jati, Jakarta Timur 13550
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
ISSN : 26569957     EISSN : 26228475     DOI : https://doi.org/10.37012/jtik
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer merupakan salah satu jurnal berbasis Open Journal System (OJS) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) yang berisi artikel-artikel dengan topik Teknologi Informasi yang menampung karya ilmiah para dosen Perguruan Tinggi di Indonesia. Diharapkan jurnal ini mampu memberikan motivasi dan kontribusi ilmiah bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Articles 54 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer" : 54 Documents clear
Perancangan UI/UX Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Putri Apriliyanti; Dede Irmayanti; Syariful Alam
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v9i2.1665

Abstract

Pembelajaran adalah proses komunikasi yang bertujuan menyampaikan tujuan pembelajaran dengan cara yang efektif. Media memiliki peran penting sebagai salah satu komponen pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa dasar adalah penggunaan media pendidikan. Di SDN Cipinang, guru masih menggunakan alat bantu seperti buku dan pernah mencoba aplikasi sebelumnya untuk murid. Hal ini menyebabkan sistem pembelajaran menjadi monoton, membuat siswa cepat bosan, dan mengurangi tujuan untuk menciptakan siswa berkualitas. Selain itu, materi yang dijelaskan dalam buku juga tidak terlalu lengkap dan mendalam. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menggunakan metode User Centered Design dengan mengembangkan Prototype berbasis mobile. Pengalaman Pengguna (User Experience) dalam menciptakan atau menggunakan suatu produk dapat didefinisikan sebagai kesan dan interaksi yang dirasakan oleh individu-individu yang menggunakan produk dalam kehidupan sehari-hari. Desain pengalaman pengguna bertujuan untuk memastikan bahwa produk terlihat menarik bagi pengguna dan mampu menjalankan tugas-tugas yang relevan dengan konteks penggunaan. Pengujian dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS). Dalam penelitian ini, digunakan figma untuk mendesain aplikasi, yang mencakup penjelasan provinsi, tarian, makanan khas, rumah adat, pakaian, alat musik, dan gif tarian daerah. Hasil dari penelitian ini adalah prototype aplikasi mobile pembelajaran budaya Indonesia untuk sekolah dasar. Berdasarkan pengujian prototype menggunakan metode System Usability Scale, rata-rata nilai SUS yang didapatkan adalah 83,682. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran budaya Indonesia telah diterima dan memenuhi kriteria yang diharapkan.
Perancangan dan Implementasi Modul Manufacture Odoo pada Bengkel Body Paint Premium Riva Abdilah Aziz; Arfan Sansprayada; Kartika Mariskhana
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v9i2.1646

Abstract

Odoo merupakan sistem ERP (Enteprise Resource Planning) yang menyediakan versi open source/community selain juga menyediakan versi berbayar/enterprise. Berbeda dengan sistem ERP yang berbayar dimana pada umumnya ketika akan mengimplementasikan ERP tersebut akan menggunakan jasa konsultan ERP, maka odoo versi open soource/community dapat diimplementasikan tanpa bantuan pihak konsultan. Namun kenyataannya tidaklah mudah mengimplementasikan Odoo pada sebuah perusahaan. Dibutuhkan skill/kemampuan khusus untuk mengimplementasikan Odoo. Sebelum mengimplementasikan Odoo dibutuhkan analisa bisnis proses yang cermat dan tepat sehingga menghasilkan keputusan yang tepat untuk menentukan modul mana yang akan digunakan. Kecermatan dan ketepatan hasil analisa menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan implementasi Odoo. Oleh karena itu sebelum melakukan implementasikan Odoo harus melalui proses analisa ini, sehingga apa yang diharapkan dan ditargetkan akan dapat tercapai.  Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisa dan menentukan modul-modul Odoo mana saja yang dapat digunakan oleh divisi body repair PT XYZ untuk mendukung proses bisnisnya. Dalam penelitian ini, penulis melakukan metode penelitian dengan menggunakan beberapa langkah yang dijadikan sebagai metodelogi penelitian. Adapun langkah-langkah tersebut adalah: identifikasi masalah, perancangan sistem, analisa kebutuhan modul Odoo, dan implementasi sistem. Hasil peneilitian ini menyimpulkan bahwa ada beberapa modul-modul Odoo yang cocok digunakan oleh divisi body repair PT XYZ. Adapaun modul-modul tersebut adalah: modul accounting, modul purchases, modul inventory, dan modul manufacturing.
Implementasi Sistem Keamanan Kebocoran Gas LPG Berbasis Android Menggunakan Metode Algoritma Fuzzy Rifqi Habibi Sachrrial; Agus Iskandar
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v9i2.1717

Abstract

Kebocoran pada tabung gas merupakan situasi yang serius dan berpotensi membahayakan keselamatan manusia dan lingkungan sekitar. Tabung gas, terutama tabung gas bertekanan seperti LPG (Liquefied Petroleum Gas), menyimpan gas dalam bentuk cair atau padat di bawah tekanan tinggi. Kebocoran dapat terjadi akibat berbagai faktor, seperti cacat produksi pada tabung, korosi akibat paparan lingkungan yang merusak, atau kesalahan dalam pemasangan katup atau pengait tabung. Bahkan penggunaan berulang dari tabung gas dapat menyebabkan penurunan kekuatan material dan potensi kebocoran. Pembuatan sistem pendeteksi kebocoran gas LPG menjadi sangat penting. Penelitian ini mengusulkan untuk menerapkan sistem pendeteksi kebocoran LPG pada platform Android dengan menggunakan metode algoritma fuzzy. Metode algoritma fuzzy digunakan karena kemampuannya mengatasi ketidakpastian dan variabilitas dalam data sensor. Sistem yang diusulkan mencakup sensor gas LPG yang terhubung ke perangkat Android. Data dari sensor gas LPG dikumpulkan secara real time dan diproses oleh sistem menggunakan konsep logika fuzzy untuk mengetahui tingkat kebocoran gas. Langkah-langkah pengembangan sistem meliputi perancangan aplikasi Android untuk pemantauan kadar gas, pengolahan data sensor menggunakan algoritma fuzzy, dan integrasi notifikasi berbasis Android untuk memberitahukan pengguna tentang risiko laten kebocoran gas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat mendeteksi dan memberikan peringatan dini tingkat kebocoran LPG dengan relatif akurat. Sistem pendeteksi kebocoran gas LPG berbasis Android dengan metode algoritma fuzzy ini dapat menjadi langkah penting dalam menjaga keamanan masyarakat dan lingkungan dari potensi risiko yang ditimbulkan oleh kebocoran gas LPG.
Pengembangan Website Interaktif untuk Meningkatkan Pengalaman Virtual di Metaverse Betang Tumbang Gagu Minarni Minarni; Elika Thea Kirana; Juanda Prastiya Risma
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v9i2.1781

Abstract

Rumah Adat Betang Tumbang Gagu adalah bagian berharga dari budaya Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah. Rumah Adat ini telah kehilangan daya tarik dan pemahaman dalam masyarakat modern. Namun, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membuka peluang baru untuk memperkaya pemahaman dan melestarikan warisan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform Metaverse, situs web interaktif serta asisten virtual guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Rumah Adat Tumbang Gagu. Platform Metaverse mereplikasi lingkungan Rumah Adat Tumbang Gagu secara virtual, memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi lingkungan dan berpartisipasi dalam aktivitas tradisional. Situs web interaktif memberikan informasi mendalam tentang sejarah, filosofis dan budaya Rumah Adat Tumbang Gagu dengan foto dan video interaktif. Sebuah asisten virtual AI bernama Bawi Tumbang Gagu menjawab pertanyaan pengunjung sedangkan kacamata VR digunakan untuk memberikan pengalaman yang mendalam dalam Metaverse. Pengembangan Metaverse dan website melibatkan penggunaan perangkat lunak seperti SketchUp, Photoshop, Figma dan Canva. Hasil penelitian ini  adalah pemanfaatan platform Metaverse dan website  interaktif yang merupakan penggabungan teknologi modern dan budaya tradisional untuk melestarikan warisan budaya. Penggunaan kacamata VR Pico 4 dan asisten virtual Bawi Tumbang Gagu telah meningkatkan pengalaman pengunjung dalam menjelajahi warisan budaya ini. Platform ini telah menjadi alat efektif dalam mempromosikan, melestarikan, dan memahami lebih dalam tentang Rumah Adat Tumbang Gagu..
Perancangan Sistem Point of Sale Berbasis Framework Laravel pada Toko Mukhlis Motor Bangun Jaya Rahmat Maulana Olanda; M. Soekarno Putra
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v9i2.1774

Abstract

Toko Mukhlis Motor yang terletak di desa Bangun Jaya Kecamatan Tanjung batu Kabupaten Ogan Ilir telah berdiri sejak tahun 2009. Walaupun telah beroperasi dalam jangka waktu yang cukup lama, sistem yang digunakan untuk proses jual beli masih mengandalkan pencatatan manual. Pengelolaan data dan laporan penjualan rentan terhadap kesalahan pencatatan dan perhitungan. Dalam penelitian ini dirancang sistem yang terkomputerisasi guna meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akurasi dalam mengelola data penjualan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah platform sistem informasi POS (point of sale) yang berjalan pada tampilan web menggunakan framework laravel. Pendekatan pengembangan yang dipilih adalah model prototype, Model ini dipilih berdasarkan rancangan fungsional yang diperoleh. Metode pengembangan prototype merupakan salah satu opsi di antara berbagai metode yang dapat diterapkan dalam pengembangan perangkat lunak. Model ini merinci bagaimana sistem akan berfungsi secara fisik dan berperan sebagai versi awal dari sistem yang akan dibangun. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode blackbox testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua fungsi beroperasi dengan baik dan sesuai dengan harapan yang telah ditetapkan. Dengan keyakinan ini, dapat dipastikan bahwa aplikasi point of sale untuk Toko Mukhlis Motor dapat berjalan lancar dan siap untuk diterapkan dalam memfasilitasi proses bisnis Toko Mukhlis Motor Bangun Jaya. Sistem informasi point of sales (POS) berbasis web yang telah dikembangkan ini, mampu menjadikan proses transaksi penjualan lebih mudah dan efisien, serta mengelola data barang dengan lebih baik.
Analisis Pengukuran Kesiapan Pengguna Website SIKN di Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan Menggunakan Metode Technology Readiness Index (TRI) Aulia Nurul Rahmadini; Evi Yulianingsih; Ilman Zuhri Yadi; Rahayu Amalia
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v9i2.1797

Abstract

Penelitian ini mengukur tingkat kesiapan sistem informasi kearsipan nasional (SIKN) di Dinas Kearsipan Provisi Sumatera Selatan (studi kasus lembaga kearsipan daerah/LKD). Setelah melakukan studi literatur, penelitian ini dimulai dengan menyebarkan kuesioner yang disusun berdasarkan variabel yang ada pada metode TRI (Technology Readinnes Index) kepada 50 responden, dari 17 Lembaga Kearsipan Daerah. Metode TRI merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kesiapan pengguna website. Hasil dari pengisian kuesioner oleh responden diuji nilai validitas serta reliabilitasnya untuk mendapatkan variabel dan indikator yang valid dan juga reliabel. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh/sampel sensus untuk menentukan sampel. Indikator yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Optimis (Optimism), Inovasi (Innovativeness), Ketidaknyamanan (Discomfort), dan Ketidakamanan (Insecurity). Indikator yang digunakan terdiri dari 23 butir pernyataan dan terbagi dalam 4 dimensi diantaranya, 4 indikator pada variabel optimism, 5 indikator dari variabel innovativenes, 7 indikator dari variabel discomfort, dan 7 indikator dari variabel insecurity. Hasil dari pengujian menggunakan TRI, didapatkan hasil tingkat kesiapan pengguna terhadap website SIKN tergolong kedalam kategori Medium. Hal tersebut diperoleh dengan melihat hasil dari total TRI yang didapatkan yaitu 3,51. Nilai tersebut berada diantara 2,89 sampai 3,51 (2,90 ≤ TRI ≤ 3,51). Variabel Optimism mendominasi skor total TRI dengan nilai 1,20 yang menunjukkan bahwa para pengguna  merasa optimis dan memiliki pandangan yang positif terhadap website SIKN mereka percaya bahwa SIKN dapat memberikan efek positif terhadap pekerjaan mereka.
Penerapan Kombinasi Algoritma SVM-KNN dalam seleksi User SAKTI berdasarkan Hasil Kinerja Pegawai pada Kementerian XYZ Syaiful Ramadhan; Kusrini Kusrini; Kusnawi Kusnawi
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v9i2.1716

Abstract

Kementerian XYZ merupakan Kementerian dengan jumlah pegawai lebih dari 5.000 pegawai. Pada saat dibentuk tidak dilakukan pemetaan pegawai, hal ini mengakibatkan surplus jumlah pegawai, tidak terkecuali pada Biro Barang Milik Negara (BMN). Bagi sebuah organisasi, SDM yang berlimpah merupakan hal yang baik, namun perlu dilakukan penyeleksian pegawai agar dapat meningkatkan produktivitas sehingga keberhasilan organisasi dapat tercapai. Disamping itu, perbaikan sistem Administrasi Keuangan pemerintahan merupakan suatu keharusan yang diimbangi dengan pengembangan aplikasi terintegrasi Kementerian Keuangan yaitu Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI). Dalam melakukan pengelolaan aset pada Biro BMN, setiap pegawai memiliki role user level kewenangan SAKTI dengan lingkup yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan melakukan seleksi klasifikasi user berdasarkan hasil penilaian kinerja dengan penerapan metode Kombinasi algoritma SVM dan KNN menggunakan bahasa pemrograman Python. Berdasarkan pengujian dengan sampel data sebesar ±313 data pegawai dan 18 variabel pegawai dengan atribut target berupa kelayakan yaitu dipertahankan maupun dipertimbangkan, diperoleh hasil akurasi sebesar 94% pada Kernel SVM RBF; nilai K=5; metrik Euclidean;  Dapat disimpulkan seleksi user aplikasi SAKTI menggunakan kombinasi algoritma SVM dan KNN dapat memberikan prediksi guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi dalam penempatan pegawai yang sesuai dengan kompetensi pada Biro BMN Kementerian XYZ. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat membandingkan kombinasi algoritma SVM dan KNN dengan metrik serta parameter yang lebih banyak.
Aplikasi Pengajuan Bantuan Prasarana Sarana dan Utilitas Umum (PSU) Kepada Pemerintah Provinsi Melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Selatan M. Nurhadi; Afriyudi Afriyudi; Fatoni Fatoni; Winoto Chandra
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v9i2.1795

Abstract

Prasarana Sarana dan Utilitas Umum (PSU) Merupakan kelengkapan fisik untuk mendukung terwujudnya perumahan yang sehat, aman dan terjangkau. Dengan demikian ketersediaan prasarana, sarana dan utilitas umum merupakan kelengkapan dan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pengembangan perumahan dan kawasan permukiman. Permasalahan yang terjadi adalah tidak adanya wadah / media sebagai pengantar pengajuan atau sistem untuk mengajukan bantuan PSU dan informasi penerimaan bantuan PSU dari pemerintah untuk masyarakat. Masyarakat dan calon pengusul yang ingin mengajukan bantuan harus bersusah datang ke kantor dan repot mengisi formulir dan kelengkapan data berulang kali. Untuk memudahkan masyarakat dalam membuat pengajuan bantuan prasarana sarana dan utilitas umum maka peneliti membangun Aplikasi Pengajuan Bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum Kepada Pemerintah Provinsi Melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumatera Selatan Berbasis Mobile. Dalam penelitian ini metoologi yang digunakan adalah metode Extreme Programming (XP). Metode Extreme Programming terdiri dari tahap Planning, Design, Coding dan Testing. Pada pembuatan aplikasi ini penulis mengunakan basis pemrograman Web Mobile sebagai aplikasi pengembangan. Dalam Sistem, user bisa membuat laporan pengajuan berbasis aplikasi android dan bisa melihat pesan sebagai notifikasi apakah laporan yang dikirim statusnya sudah dalam perbaikan atau belum diperbaiki, sehingga user tidak perlu repot untuk mengadu ke Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Selatan.
Analisa Proses Pengerjaan Ticket Error Fallout Data pada Aplikasi Starclik Ahmad Mu'az; Kiky Rizky Nova Wardani
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v9i2.1753

Abstract

Fallout data atau bisa juga disebut dengan fallout (Unified Inventory Management) (UIM) berhubungan dengan data service pelanggan. Fallout merupakan suatu gangguan atau error yang diakibatkan karena ketidaksesuaian data yang ada di sistem (On desk) dengan data yang ada di lapangan (On site). Salah satu aplikasi IT yang digunakan oleh PT Telkom untuk mendukung aktifitas penanganan error fallout data adalah aplikasi Starclick. Apabila masalah fallout tidak diselesaikan, maka pelanggan tidak bisa menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pengerjaan fallout pada bulan Agustus 2023 serta ramalan jumlah fallout yang akan terjadi pada bulan Agustus 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisa ini menggunakan analisa peramalan dengan menggunakan aplikasi POM For Windows versi 3 melalui tiga teknik yaitu teknik naive method, teknik moving averages, dan teknik exponential smoothing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fallout yang paling sering terjadi setiap harinya adalah fallout dengan kode 1007 dan 1054 rata-rata order perhari masing-masing 134 order dan total 2692 untuk bulan Agustus. Peramalan Fallout 1007 dan 1054 yang akan terjadi pada bulan Agustus 2023 sebanyak 2692 order dengan rincian sebanyak 1399 order untuk fallout 1007 dan sebanyak 1293 order untuk fallout 1054 dengan rata-rata perhari sebanyak 134 order. 
Rancang Bangun Aplikasi Rekrutmen Programmer pada PT. Reka Daya Talenta Fenty Tristanti Julfia; Arie Bayu Untoro; Handa Gustiawan; Yohanes Bowo Widodo
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jtik.v9i2.1850

Abstract

Perusahaan PT. Reka Daya Talenta yang bergerak dalam bidang pelatihan dan outsourcing programmer. Perusahaan masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan sumber daya manusianya. Dalam proses rekrutmen, pendaftar mendatangi perusahaan dan mengisi formulir pendaftaran dan menunggu pemanggilan interview dari pihak perusahaan. Untuk mempermudah proses pengolahan data rekrutmen, diperlukan sebuah aplikasi khusus berbasis android yang digunakan untuk memudahkan kandidat mendaftarkan diri serta memudahkan pengelolaan data informasi pendaftar sehingga waktu dan kinerja menjadi lebih efektif dan terkontrol. Pengembangan aplikasi bertujuan untuk dapat mempermudah proses mengupdate suatu data sehingga diperoleh informasi yang lebih akurat dan lebih tepat waktu. Metode penelitian ini menggunakan metode RD (Research and Development) yang mana RD itu sendiri merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Metode Pengembangan Sistem menggunakan Metode SDLC (System Development Life Cycle) sedangkan model yang digunakan adalah Waterfall. Sistem ini dibuat dengan menggunakan bahasa Java dan menggunakan database SQL Server. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, perancangan sistem Informasi Rekrutmen pada PT. Reka Daya Talenta dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam proses pengolahan data pendaftaran agar lebih cepat, mudah, dan aman. Kendala dalam proses pendaftaran dan pengelolaan data secara manual yaitu terhambatnya kinerja perusahaan dan besarnya risiko kehilangan atau kerusakan data, dapat diatasi dengan dioperasikannya aplikasi yang telah dikembangkan. Dengan adanya sistem informasi yang sudah terkomputerisasi, mempermudah dalam pendaftaran pelamar dan pengelolaan data.