cover
Contact Name
Zalik Nuryana
Contact Email
zalik.nuryana@pai.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tajdidukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gedongkuning No.131, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
ISSN : 19796943     EISSN : 26141361     DOI : 10.31763/tajdidukasi
Core Subject : Education, Social,
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan is a journal of Research and Education Study which contains Classroom Action Research (PTK), and School Action Research (PTS), and Interdisciplinary Education Study at Higher Education published by Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar and Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta. The articles on the results of PTK and PTS and the study of educational thinking were written by teachers and principals and lecturers in experimenting with learning methods and strategies to improve the quality of education in both Primary Schools / Islamic Primary Schools, Junior High Schools, and Senior High Schools/MA/SMK and Universities. PTK and PTS articles focus on subjects in schools/madrasah, such as Natural Science (IPA), Social Knowledge Science (IPS), Mathematics, Physics, Chemistry, even engineering, such as Mechanical Engineering, Electrical, Informatics, and so forth. Meanwhile, the article of Educational Research is interdisciplinary and multidisciplinary research conducted by Lecturers in Higher Education to Islamic repertoire.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2019)" : 7 Documents clear
Muhammad Syahrûr; Theory of limit (teori batas) Eka Yuhendri
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i1.17

Abstract

Penulis meyakini bahwa, tidak semua klaim pembaharuan terhadap konsep sunnah berbuah baik terhadap ajaran dan amalan-amalan Islam. Bukti konkrit dari pernyataan tersebut adalah klaim pembaharuan konsep sunnah yang ditawarkan oleh Syahrûr. Pembaharuan yang diagung-agungkan pada  kenyataannya hanya mengulang kembali apa yang telah diungkapkan oleh para orientalis dan pengingkar sunnah. Tentu apa yang disebut pembaharuan tersebut telah dijawab oleh ulama Islam. Seperti klaim sunnah bukanlah wahyu dan sumber hukum Islam. Begitu juga dengan metodologi Syahrur yang bahkan bersandar pada teori-teori yang sangat bertentangan dengan ajaran Islam sendiri dan berimplikasi pada pemutusan rantai epitemologi Islam serta melahirkan kerancuan dalam penerapannya.
Analisis leksikon dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia Fauzia Fauzia
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i1.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara leksikon bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang berhubungan pada bidang makanan, pakaian, dan transportasi. Dengan menggunakan pendekatan Teori Akar Kata” penelitian ini menganalisis dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Perbandingan dua bahasa tersebut dilakukan n untuk mencari perbedaan dan persamaan dimana hasilnya bertujuan untuk membantu dalam pengajaran bahasa. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah: (1) Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia mempunyai hubungan langsung: leksikon dalam bahasa Indonesia dipinjam secara langsung dari bahasa Inggris atau bahasa Inggris meminjam konsep dan leksikon dalam bahasa Indonesia; (2) Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia mempunyai hubungan tidak langsung: leksikon dalam bahasa Indonesia dipinjam dari bahasa lain yang berkerabat dengan bahasa Inggris sehingga seolah-olah peminjaman dilakukan dari bahasa Inggris; (3) Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia mempunyai hubungan paralel: leksikon dalam bahasa Indonesia dipinjam dari bahasa lain selain bahasa Inggris dan bahasa Inggris ternyata mempunyai leksikon yang mirip. Pada dasarnya, baik bahasa yang dipinjam maupun bahasa Inggris “hanya” meminjam dari bahasa sumber tertentu; (4) Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia adalah dua bahasa berbeda yang berasal dari dua rumpun bahasa yang berbeda sehingga sangat wajar jika banyak dijumpai leksikon yang tidak mirip.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI MENGGUNAKAN MEDIA KARTU Tigana, Yuan Arya
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31763/tajdidukasi.v9i1.173

Abstract

Penelitian dengan judul upaya peningkatan hasil belajar senam lantai menggunakan media kartu pada siswa kelas IV MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru tahun ajaran 2017/2018 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep gerakan senam lantai siswa kelas IV MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan media kartu. Teknik pengumpulan data dan instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes praktek, dan dokumentasi. Adapun teknik untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statik deskreptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media dan permainan kartu dapat meningkatkan motivasi siswa dalam berlatih juga mempratikan materi dan meningkatkan mental bersaing siswa, secara tidak langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan penggunaan media dan permainan kartu hasil belajar siswa meningkat dari 62,5% lulus KKM pada pra siklus, pada siklus 1 menjadi 75%, dan pada siklus 2  menjadi 100%) lulus KKM.
Menanamkan jiwa kepemimpinan dalam pembelajaran ekonomi Enung Hasanah
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i1.12

Abstract

Indonesia saat ini sedang dilanda krisis moral dan kepemimpinan. Hal ini perlu diantisipasi dengan menanamkan jiwa kepemimpinan generasi muda, sebab setiap anak merupakan bibit bagi masa depan bangsa kita. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji: (1) Bagaimanakah cara menanamkan jiwa kepemimpinan pembelajaran ekonomi; (2) Jiwa kepemimpinan apa yang dapat ditanamkan melalui pembelajaran ekonomi? Hasil kajian menunjukan bahwa: (1) Cara menanamkan jiwa kepemimpinan peserta didik dalam pembelajaran ekonomi yaitu dengan memberikan berbagai kesempatan dan pilihan bagi peserta didik supaya memahami inti pembelajaran dan melatih mereka untuk dapat menyelesaikan masalah ekonomi di masyarakat. (2) Jiwa kepemimpinan yang dapat ditanamkan dalam pembelajaran ekonomi adalah kemampuan berpikir kritis, mengambil keputusan dan melatih kepercayaan diri.
Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII dengan strategi quantum learning dalam mempelajari IPA materi klasifikasi makhluk hidup melalui penamaan jenis tumbuhan di sekitar madrasah Nur Sita Hamzati
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i1.26

Abstract

Materi klasifikasi makhluk hidup pada mata pelajaran IPA mengkaji tentang tata nama ilmiah keanekaragaman jenis makhluk hidup. Nama latin menjadi kendala dalam pemahaman siswa karena sulitnya pelafadzan. Sehingga perlu adanya inovasi model pembelajaran agar terjadi proses pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan strategi Quantum Learning. Strategi ini menjadikan siswa lebih aktif, karena proses pembelajaran dilakukan dengan santai dan menyenangkan. Pemberian nama atau label pada jenis tumbuhan di lingkungan madrasah merupakan metode penelitian sederhana yang dilakukan oleh siswa dan secara langsung. Sehingga dapat membantu siswa dalam menghafal dan mempelajari keanekaragaman. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan persentase capaian KKM dari siklus 1 sebesar 14% menjadi 62% pada siklus 2. Meskipun belum mencapai standar ketuntasan individual dan klasikal, namun hasil belajar siswa rata-rata meningkat sebesar 95%.
Implementasi paradigma integrasi-interkoneksi dalam studi manajemen sumber daya manusia Achmad Muhammad; Ruspita Rani Pertiwi
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i1.14

Abstract

This research conducted in August-September 2005 under supervision by Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga. The main objective was to accelerate the transformation of IAIN to UIN Sunan Kalijaga in the management area. Why management? Because although successful universities are successful primarily because of their teaching and research not because of their management, good management can over time provide the conditions in which teaching and research can flourish, just as, more usually, poor management can undermine teaching and research and precipitate institutional decline. Lecturer as the main actor of teaching and research in universities has a unique characteristic compared to any kind of human resources. Its job descriptions range from serve college student by teaching, serve the scientific world by writing and research, serve institutions by administrative work, to another kind of job descriptions as a social worker who has to serve and develop the community. With those kinds of characteristics, the university has to design special human resource management, we called it Talent Management. A combination of the direct and indirect interview was used to collect primary data. Populations for this research were university and faculty leader or manager who have the authority to design policy about the lecturer. Samples were taken by using proportional consideration: university management consists of the rector and deputy rector II and faculty management consist of the dean of Dakwah, Syari'ah, and Adab and four chiefs of the study program. This research also conducted observations in daily lecturer management practices. Secondary data were compiled from the university’s document, homepages, and faculty’s document. 
Konseling perkawinan: Strategi preventif penanganan problem relasi keluarga dan membangun hubungan keluarga yang sakinah Casmini Casmini
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 9, No 1 (2019)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v9i1.16

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran konseling perkawinan dalam penanganan problem relasi keluarga dan membangun hubungan keluarga yang sakinah. Metode yang digunakan library research dengan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika relasi keluarga semakin komplek sehingga mengakibatkan ketidakharmonisan dalam keluarga. Upaya yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengurangi problem relasi keluarga adalah melalui layanan konseling perkawinan. Konseling perkawinan diarahkan pada lima tahap orientasi yaitu memahami makna keluarga, meningkatkan kesadaran dan dinamika keluarga, komunikasi dan terapi, membangun interaksi dan relasi keluarga, penanganan problem keluarga, membina hubungan keluarga  melalui gaya kelekatan keluarga. Lima orientasi ini menjadi upaya preventif mengurangi dan menangani problem relasi keluarga, selanjutnya dapat digunakan sebagai salah satu strategi membangun hubungan keluarga yang sakinah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7