cover
Contact Name
Risa Dwi Ayuni
Contact Email
rda.academic@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnamutakallimin@gmail.com
Editorial Address
Jl. Adhyaksa No.2 Kayu Tangi Banjarmasin Kalimantan Selatan 70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 2686178X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Mutakallimin adalah jurnal Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Asyad Al Banjari. Jurnal Mutakallimin terbit dua kali pada bulan Mei dan Bulan November. Jurnal ini berisikan artikel yang mengkaji ilmu dalam cakupan bidang : 1. Komunikasi 2. Jurnalistik 3. Humas 4. Media digital 5. Periklanan 6. Komunikasi bisnis.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020)" : 5 Documents clear
KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANTARA GURU DAN MURID PAUD JOYCE BANJARBARU Nurhayati Nurhayati
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v3i1.3524

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini bagaimana terjalinya komunikasi interpersonal dalam kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid untuk membangun karakter anak. Komunikasi interpersonal diterapkan dalam proses belajar mengajar juga di gunakan sebagai pendalaman karakter dari masing-masing murid. Dalam sebuah kelas, akan mempermudah proses transfer informasi antara masing-masing anggotanya sehingga guru akan lebih mudah memahami dan mendalami karakter murid untuk kemudian mengembangkan potensi yang dimiliki murid dan mengarahkan ke arah yang lebih baik. Proses komunikasi Interpersonal tidak hanya terjadi pada guru dengan murid, namun juga terjadi antara murid satu dengan murid lainnya. Rumusan masalah bagaimana komunikasi interpersonal dalam kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid PAUD JOYCE BANJARBARU pada pembentukkan karakter anak? Bagaimana strategi komunikasi interpersonal dalam  belajar mengajar antara guru dan murid pada pembentukan karakter anak? Bagaimanakah hambatan yang dihadapi untuk membentuk karakter anak menjadi anak yang cerdas,aktif dan komunikatif? Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif, dan objeknya para guru-guru dan orang tua. Komunikasi interpersonal di terapkan dalam proses belajar mengajar sebagai pendalaman karakter anak kemudian mengembangkan potensi yang dimiliki murid. Strategi yang dilakukan ialah menanamkan kemandirian. Hambatan yang dihadapi ialah pada faktor lingkungan yang membawa kepada unsur negatif dan yang kedua orang tua.         Kata kunci: Komunikasi Interpersonal;PAUD JOYCE Banjarbaru.
KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANGTUA DAN ANAK PASCA PERCERAIAN (Studi Kasus di Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin) Siti Salwa Ratu Ghaisa
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v3i1.3525

Abstract

Tujuan  penelitian adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak pasca perceraian. Dan juga untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak pasca perceraian di Banjarmasin Utara. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi kepada dua keluarga yang telah bercerai di kecamatan Banjarmasin Utara. Analisis data dimulai dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan, setelah melakukan itumembuat transkrip hasil wawancara, dengan cara memutar kembali rekaman hasil wawancara, mendengarkan dengan seksama, kemudian menuliskan kata-kata yang didengar sesuai dengan apa yang ada direkaman tersebut, setelah peneliti menulis hasil wawancara tersebut kedalam transkrip, selanjutnya peneliti harus membaca secara cermat untuk kemudian dilakukan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan bentuk komunikasi interpersonal diantara informan 1 dan informan 2. Pada informan 1 komunikasi interpersonal yang ada didalam keluarga tersebut terlihat baik dan harmonis, tidak ada hambatan saat berkomunikasi kepada anak-anaknya. Sedangkan informan 2 komunikasi interpersonal yang terjalin termasuk gagal dan penuh amarah, serta banyak hambatan yang terjadi dalam berkomuniasi antara orang tua dan anak. Penelitian ini menunjukan bahwa teori yang sesuai dengan komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak pasca perceraian yaitu, teori pengungkapan diri, teori peran dan teori kebutuhan hubungan.   Kata kunci : Komunikasi Interpersonal;Komunikasi Pasca Perceraian; Komunikasi Orangtua dan Anak.
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI BUKU OLEH MASYARAKAT PADA GRAMEDIA BANJARMASIN VETERAN Margareta Krissa Delima; Muhammad Agus Humaidi
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v3i1.3526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran dan keputusan membeli buku leh masyarakat pada Gramedia Banjarmasin Veteran, selain itu untuk mengetahui pengaruh antara komunikasi pemasaran terhadap keputusan membeli buku oleh masyarakat pada Gramedia Banjarmasin Veteran. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dan instrumen penelitian dengan koesioner yang dianalisis dengan Chi Square Goodness Of Fit dan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi pemasaran pada Gramedia Banjarmasin Veteran termasuk kategori baik. Sedangkan keputusan membeli buku oleh masyarakat termasuk kategori sangat baik. Selain itu terdapat pengaruh signifikan antara komunikasi pemasaran terhadap keputusan membeli oleh masyarakat pada Gramedia Banjarmasin Veteran.  Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran;Keputusan Membeli
FASHION AGNES MONICA PENDALAMAN “SENSATIONISM” (ANALISIS FENOMENOLOGI VIDEO CLIP OVERDOSE) Heni Hayat; Muzahid Akbar Hayat
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v3i1.3522

Abstract

Analisis fenomenologi mengenai problematika Fashion Agnes Monica dalam video clip “Overdose” yang menunjukkan sisi sensationism. bertujuan untuk mengetahui mengenai fenomena yang sedang  terjadi dilihat dari beberapa sisi, baik dari sisi penonton video, serta dari sisi psikolog dalam menyikapi video clip yang sudah rilis pada tanggal 13 September 2018. Dampak buruk yang akan terjadi mengenai fashion yang kurang sesuai pada nilai norma dan budaya Timur menurut orang Indonesia didaerah Jawa khususnya yang mengangkat mengenai adat kebiasaan serta sopan santun dalam berpakaian yang tetap dijaga, fenomena kali ini dilihat dari tingkat konsumen yang berbeda yang harus beradaptasi dengan situasi yang berbeda. Sensationism sering didefinisikan sebagai kemampuan untuk memprovokasi perhatian atau tanggapan dari publik, sesuatu yang diperoleh dengan cara sensasi-sensasi dapat merangsang emosi dari publik itu sendiri. Metode penelitian yang akan dilakukan pada penelitian kali ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan kajian fenomenologis dengan teknik analisis data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi nonpartisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sensasi ternyata sangat berpengaruh terhadap terkenalnya seseorang. Dalam lingkup Nasional sendiri Agnes Monica pada video overdose kurang disukai karena menampilkan sebuah tayangan pornoaksi yang tidak sesuai norma maupun nilai budaya yang diajarkan di Indonesia. Fashion yang tidak terlalu terbuka sangat digemari masyarakat Indonesia. Mengenai judgement tidak sedikit yang mengapresiasi dengan komentar positif akan tetapi hampir semua komentar negatif datang dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Control bersahabat dengan anak-anak perlu dilakukan. Indonesia perlu generasi bangsa yang cerdas, baik, bermoral, nasionalis sehingga budaya Indonesia sendiri dapat dijaga dengan baik meskipun sudah berada di ranah Internasional. Kata Kunci: Fashion;Fenomenologi;Seni;Video;Sensationism.
EFEKTIVITAS KOMUNIKASI VIRTUAL PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin) Shen Shadiqien
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v3i1.3573

Abstract

Pemberlakuan pembelajaran jarak jauh karena pandemi wabah COVID-19 dan pembelakuan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB di Kota Banjarmasin mengakibatkan salah satu institusi yaitu institusi pendidikan mewajibkan pelaksanaan kegiatan kerja dan pembelajaran secara jarak jauh dengan menggunakan teknologi internet bagi guru dan siswa peserta pembelajaran. Penggunaan instrumen aplikasi video teleconference dalam pembelajaran dianggap lebih mendekati mewakili proses interaksi pembelajaran secara persuasif oleh pengajar terhadap peserta didiknya dengan komunikasi virtual melalui fasilitas teknologi internet dengan video teleconference. Namun salah satu ciri dari pembelajaran jarak jauh adalah terpisahnya antara pengajar dan siswa baik secara ruang dan waktu sehingga membutuhkan perencanaan yang sistematis dan terdiri dari persiapan, dan presentasi bahan ajar, pengawasan dan dukungan pembelajaran siswa, yang dicapai dengan menjembatani jarak fisik antara siswa dan guru melalui media teknis yang tepat. Fakta di lapangan pembelajaran daring secara video teleconference sering tidak terpenuhi sesuai jumlah rombongan belajar dalam satu kelas, sehingga masalah tersebut menjadi kendala dalam melakukan penilaian secara menyeluruh oleh guru terhadap siswa dalam satu rombongan belajar. Meninjau permasalahan tersebut, perlu untuk mengetahui dampak komunikasi virtual dalam pembelajaran daring, menelusuri kendala dan permasalahan secara teknis yang dilaksanakan menggunakan teknologi komunikasi virtual jarak jauh secara realtime atau non-realtime serta mengidentifikasi pola-pola pembelajaran yang sesuai dan tepat sesuai kondisi siswa Kata kunci : Pembelajaran Daring;Komunikasi Virtual. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5