cover
Contact Name
Risa Dwi Ayuni
Contact Email
rda.academic@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnamutakallimin@gmail.com
Editorial Address
Jl. Adhyaksa No.2 Kayu Tangi Banjarmasin Kalimantan Selatan 70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 2686178X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Mutakallimin adalah jurnal Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Asyad Al Banjari. Jurnal Mutakallimin terbit dua kali pada bulan Mei dan Bulan November. Jurnal ini berisikan artikel yang mengkaji ilmu dalam cakupan bidang : 1. Komunikasi 2. Jurnalistik 3. Humas 4. Media digital 5. Periklanan 6. Komunikasi bisnis.
Articles 62 Documents
PEMIKIRAN DAN KIPRAH SYECH MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI AGAMA Mohammad Ali Wafa
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i1.2052

Abstract

Serajah pemikiran dan tindakan Syekh Muhammad Arsyad al Banjari, pada konteks Religious Communication dapat diungkap dalam beberapa kategori; (1) kiprah kenegaraannya, berhasil menstrukturisasi lembaga yudikatif di Kesultanan Banjar, dengan membentuk semacam ‘mahkamah konstitusi’ yang disebut Mufti dan Qadi, (2) berijtihad menetapkan hukum Islam dengan mengutamakan ‘local wisdom’, sehingga menemukan teori ‘gono-gini’, (3) menjaga aqidah rakyat dengan membatasi berkembangnya paham ‘wahdatul wujud’, dan (4) menjaga akhlaq masyarakat dengan mengembangkan tasawuf tariqot tsamaniyah.
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KINERJA PEGAWAI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN Muhammad Agus Humaidi; Hendra Lesmana
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i1.2053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal dan kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin, selain itu untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dan instrumen penelitian dengan koesioner yang dianalisis dengan Chi Square Goodness Of Fit dan Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin termasuk kategori kurang baik. Sedangkan kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin termasuk kategori kurang baik. Selain itu terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin.
ANALISIS “TWO WAY COMMUNICATION” PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN KEDISIPLINAN PEGAWAI PADA KANTOR SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN TANAH LAUT Lieta Dwi Novianti
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i1.2054

Abstract

Analisis “two way communication” Pimpinan Dalam Meningkatkan Pembinaan Kedisiplinan Pegawai Pada Kantor Satpol PP Kabupaten Tanah Laut.  Latar belakang penelitian ini dilakukan, karena peranan “two way communication”Kasatpol PP sangat penting dalam Meningkatkan Pembinaan Kedisiplinan Pegawai Pada Kantor Satpol PP Kabupaten Tanah Laut.Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui betapa pentingnya peranan “two way communication” Pimpinann Dalam Meningkatkan Pembinaan Kedisiplinan Pegawai Pada Kantor Satpol PP Kabupaten Tanah Laut.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif-korelational. Penelitian deskriptif-korelational artinya peneliti berusaha menggambarkan dan kemudian mencoba menghubungkan adanya kaitan antara variabel independen terhadap variabel dependenHasil Penelitian yang dilakukan, dalam mengatasi hambatan peranan two way communication” sangat penting dalam Meningkatkan Pembinaan Kedisiplinan Pegawai Pada Kantor Satpol PP Kabupaten Tanah Laut, seperti: melaksanakan “two way communication” secara kontinyu; menjalan “two way communication” secara kontinyu; Efektifkan peranan “two way communication” dalam organisasi; Harus terjalinnya “two way communication” antara pimpinan dan bawahan dan sebaliknya; dan dengan adanya “two way communication”, maka diharapkan Kasatpol PP berani dalam mengambil tindakan terhadap pelaku pelanggaran.
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASI EKSKLUSIF DAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DI PUSKESMAS ALALAK TENGAH KOTA BANJARMASIN Laila Qadariah
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i1.2055

Abstract

The basic capital of quality human formation begins since the baby is in the content is accompanied by the provision of breast milk (breast milk) from an early age, especially Exclusive breastfeeding is giving only breast milk to infants from birth until 6 months old. The 1990 Convention on the Rights of the Child, among others confirms that optimal growth is one of the rights child. Means breast milk in addition is a necessity, is also a baby's rights which must be fulfilled by his parents. It has been popularized in the week ASI World 2000 with Theme: "Breastfeeding is a mother's right; Breastfeeding is a baby right "(DEPKES  RI, 2011)Approach method used in this research use mixed methods are qualitative and quantitative with sequential model with form sequential explanatory design (Cresswell, 2009, in Sugiyono, 2012: 409). To answer the formulation of the first and third problems use qualitative normative approach, while to answer the problem formulation secondly using a quantitative approach.
TINGKAT PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT DI KOTA BANJARMASIN TERHADAP STRATEGI PERSONAL BRANDING ROSEHAN NOOR BAHRI Adelia Winda Hapsari
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i1.2056

Abstract

This study aimed to find out the perception of Lambung Mangkurat University’s student to personal branding’s strategy of Rosehan Noor Bahri. The research using survey method and descriptively. Data collection using the questionnaire for respondents with a simple technique random sampling. Descriptive data analysis with quantitative. The results showed the perception of Lambung Mangkurat University’s student to personal branding’s strategy of Rosehan Noor Bahri are in the sensation level of perception.
STRATEGI PROMOSI PROPERTI MELALUI ADVERTORIAL (STUDI ADVERTORIAL PT.HERLINA PERKASA PADA KORAN RADAR BANJARMASIN) Risa Dwi Ayuni; Khairani Khairani
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i1.3377

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui gambaran dari sebuah Advertorial Properti, dan sejauh mana efektivitas dari strategi promosi dengan gaya Advertorial,serta keunggulan dan kelebihan advertorial dalam penggunaannya sebagai strategi promosi.Metode penelitian menggunakan pendektan Kualitatif dengan jenis penelitian  Kualitatif Deskriptif.data yang dikumpulkan dengan observasi,wawancara dan dokumentasi kepada informan.Hasil Penelitian menunjukkan advertorial PT.herlina Perkasa memiliki banyak perbedaan dengan iklan biasa dan memiliki keunggulan pada penanaman Merek pada calon konsumen ( Brand awares ) dan mampu menempati tingkatan teratas pada top of mind pada piramida awares. Kata kunci : Advertorial Properti,Radar Banjarmasin,PT.Herlina Perkasa 
TREN UMPAN KLIK DI MEDIA DARING: KESELARASAN ANTARA JUDUL DAN ISI BERITA Sandi Sandi; Risa Dwi Ayuni
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i2.3409

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keselarasan antara judul dan isi berita pada media online, apakah umpan klik menyalahi aturan jurnalistik, serta apa dampak yang ditimbulkan dari umpan klik yang tidak selaras, dan batasan penggunaan umpan klik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara kepada narasumber. Analisis data menggunakan pengumpulan, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan klik tidak menyalahi aturan jurnalistik dalam penulisan berita. Dampak yang ditimbulkan dari umpan klik yang tidak selaras merugikan pembaca dan media online yang bersangkutan. Judul merupakan intisari sebuah informasi sebagai batasan penggunaan umpan klik.Kata kunci : Umpan Klik, Dampak, Batasan Umpan Klik
PENGARUH MENONTON SINETRON ANAK JALANAN DI RCTI (Studi Perilaku Remaja di Kelurahan Sungai Lulut Kota Banjarmasin) Ade Nur Atika Sari
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i2.3410

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh sinetron anak jalanan terhadap prilaku remaja Televisi merupakan fenomena yang melanda seluruh dunia, sedangkan remaja merupakan salah satu konsumen media televisi yang populasinya besar.Penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian yang berbentuk deskriptif, yaitu penelitian yang menguraikan sifat-sifat dan keadaan sebenarnya dari suatu objek penelitian. Tujuannya adalah mengumpulkan fakta dan menguraikannya secara menyeluruh dan teliti sesuai dengan persoalan yang akan dipecahkan,  Pengumpulan data dalam penelitian ini, data dibagi menjadi dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Kedua jenis data tersebut dikumpulkan dengan cara : Data Primer, data yang berkaitan dengan variabel penelitian ini dikumpulkan secara langsung dari responden dengan menggunakan instrumen yang telah dipersiapkan berupa angket, Data Sekunder, diambil melalui observasi, terutama data mengenai wilayah, struktur organisasi, dan lain-lain yang berkaitan dengan masalah penelitian ini diambil dari dokumen instansi terkait, Pengaruh menonton sinetron anak jalanan di RCTI pada Perilaku Remaja di Kelurahan Sungai Lulut Kota Banjarmasin, dalam penilaian menunjukan bahwa para remaja mengetahui dan tidak sering menonton karena ada sebagian dari sinetron tersebut mempunyai dampak setelah menonton.
PERAN PENGGUNAAN GRUP WHATSAPP DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN Nadya Wahyuni
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i2.3411

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya penggunaan media sosial WhatsApp sebagai media pendukung dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan karena media sosial memiliki pengaruh yang cukup besar dalam proses belajar mengajar salah satunya di SMK Negeri 2 Banjarmasin. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu peranan WhatsApp dalam proses belajar mengajar, hambatan dalam penggunaan WhatsApp, dan faktor yang mendukung penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa di Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi dan Produksi Film. Melihat hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa WhatsApp memiliki fitur yang mendukung untuk menjadi media pendukung dalam proses belajar mengajar, WhatsApp juga membantu mempermudah pekerjaan guru yang tidak masuk kelas saat ada tugas luar atau rapat yang tidak bisa ditinggalkan, siswa yang tidak masuk juga bisa mengirim tugas lewat WhatsApp kepada guru yang bersangkutan. Hambatannya ialah tidak semua anak mempunyai handphone yang mendukung aplikasi WhatsApp, pembelajaran juga menjadi kurang efektif karena kurangnya penjelasan langsung, dan guru tidak bisa melihat keseriusan siswa dalam belajar. WhatsApp media yang bagus untuk dijadikan sebagai media pendukung dalam belajar, namun harus diimbangi dengan guru yang masuk ke dalam kelas untuk menjelaskan secara langsung.Kata kunci  : WhatsApp, Proses Belajar Mengajar 
EFEKTIVITAS IKLAN ONLINE GO-JEK VERSI TATA BERKENDARA BERSAMA GO-JEK PADA KALANGAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI KOTA BANJARMASIN Noraina Avifah; Sri Andayani
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i2.3412

Abstract

Efektifitas Iklan Online Go-Jek Versi Tata Berkendara Bersama Go-Jek Pada Kalangan Pengguna Media Sosial Di Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas iklan online Go-Jek, untuk mengetahui apa saja hambatan iklan online Go-Jek dan untuk memahami upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan efektivitas iklan online Go-Jek versi tata berkendara bersama Go-Jek pada kalangan pengguna media sosial di kota Banjarmasin. Metode yang dipakai dalam penelitian dengan cara dideskripsikan dengan pendekatan secara kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara yang diperoleh dari pengguna media sosial di kota Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan online Go-Jek versi tata berkendara bersama Go-Jek pada kalangan pengguna media sosial di Banjarmasin sudah cukup efektif namun ada beberapa faktor yang menghambat terlaksananya efektivitas iklan online Go-Jek yaitu adanya berita negatif tentang Go-Jek, adanya pesaing yang menggunakan transportasi yang sama dan ada strategi Go-Jek yang belum di perbaharui. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan efektivitas iklan online Go-Jek versi tata berkendara bersama Go-Jek pada kalangan pengguna media sosial di kota Banjarmasin adalah memperbaiki citra perusahaan untuk mengubah pemberitaan yang negatif menjadi positif, memperbaharui dan memperbanyak ragam iklan sesuai kalangan serta Go-Jek perlu menambah strategi dalam beriklan dan menambah fitur-fitur baru di aplikasi.  Kata Kunci: Efektivitas, iklan online dan media sosial