cover
Contact Name
Risa Dwi Ayuni
Contact Email
rda.academic@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnamutakallimin@gmail.com
Editorial Address
Jl. Adhyaksa No.2 Kayu Tangi Banjarmasin Kalimantan Selatan 70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 2686178X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Mutakallimin adalah jurnal Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Asyad Al Banjari. Jurnal Mutakallimin terbit dua kali pada bulan Mei dan Bulan November. Jurnal ini berisikan artikel yang mengkaji ilmu dalam cakupan bidang : 1. Komunikasi 2. Jurnalistik 3. Humas 4. Media digital 5. Periklanan 6. Komunikasi bisnis.
Articles 52 Documents
PENGGUNAAN VIDEO PROMOSI WISATA MELALUI YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN KE PROVINSI KALIMANTAN SELATAN Ahmad Andhika
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v2i2.3515

Abstract

promosi yang dilakukan melalui media sosial.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1. Untuk mengetahui bagaimana Promosi wisata melalui youtube untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan, 2. Untuk mengetahui Apa saja hambatanhambatan dalam menggunakan Video promosi wisata melalui youtube untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan, 3. Untuk mengetahui Bagaimana upaya-upaya untuk mengatasi masalah dalam penggunaan video Promosi wisata melalui youtube untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan. Tinjauan pustaka yang diambil untuk penelitian ini adalah teori-teori tentang, Komunikasi, Komunikasi Bermedia, Komunikasi Pemasaran, Media Baru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan wawancara kepada 3 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan pembuatan video dengan mengemas video dengan konsep dan tema yang menarik dan menampilkan keindahan dari objek wisata unggulan. Video promosi melalui youtube belum terlalu berdampak signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke provinsi kalimantan selatan. Penggunaan youtube lebih efektif dari brosur dan leaflet, dilihat dari kemudahan dan efisiensi dalam kegiatan promosi. Kata Kunci : Penggunaan Video Promosi;Youtube;Meningkatkan Daya Tarik.
TREN UMPAN KLIK DI MEDIA DARING: KESELARASAN ANTARA JUDUL DAN ISI BERITA Sandi Sandi; Risa Dwi Ayuni
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i2.3409

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keselarasan antara judul dan isi berita pada media online, apakah umpan klik menyalahi aturan jurnalistik, serta apa dampak yang ditimbulkan dari umpan klik yang tidak selaras, dan batasan penggunaan umpan klik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara kepada narasumber. Analisis data menggunakan pengumpulan, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan klik tidak menyalahi aturan jurnalistik dalam penulisan berita. Dampak yang ditimbulkan dari umpan klik yang tidak selaras merugikan pembaca dan media online yang bersangkutan. Judul merupakan intisari sebuah informasi sebagai batasan penggunaan umpan klik.Kata kunci : Umpan Klik, Dampak, Batasan Umpan Klik
PEMIKIRAN DAN KIPRAH SYECH MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI AGAMA Mohammad Ali Wafa
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i1.2052

Abstract

Serajah pemikiran dan tindakan Syekh Muhammad Arsyad al Banjari, pada konteks Religious Communication dapat diungkap dalam beberapa kategori; (1) kiprah kenegaraannya, berhasil menstrukturisasi lembaga yudikatif di Kesultanan Banjar, dengan membentuk semacam ‘mahkamah konstitusi’ yang disebut Mufti dan Qadi, (2) berijtihad menetapkan hukum Islam dengan mengutamakan ‘local wisdom’, sehingga menemukan teori ‘gono-gini’, (3) menjaga aqidah rakyat dengan membatasi berkembangnya paham ‘wahdatul wujud’, dan (4) menjaga akhlaq masyarakat dengan mengembangkan tasawuf tariqot tsamaniyah.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM ASPEK KOMUNIKASI PEMBANGUNAN UNTUK PENGADAAN SARANA AIR MINUM (Studi Pada Warga Penerima Program Yayasan Kaganangan Banua di Desa Sindang Jaya Kecamatan Cintapuri Darussalam Kabupaten Banjar) Mohammad Alfan Nur Setiabudi1) Muhammad Alfan Nur Setiabudi
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v2i1.3418

Abstract

Latar belakang penelitian ini, penulis sangat tertarik dengan proses komunikasi pembangunan yang terjadi di Yayasan Kaganangan Banua.  Proses komunikasi yang dilakukan sangat mempengaruhi kesuksesan dalam pemberdayaan masyarakat tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apa program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan YKB. Bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat dari aspek komunikasi pembangunan yang dilakukan oleh YKB. Bagaimana hasil dan evaluasi dari implementasi program YKB dimasyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dengan observasi lapangan dan wawancara. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sehingga informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Hasil penelitian: program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan YKB. Strategi pemberdayaan masyarakat, dari aspek komunikasi pembangunan yang dilakukan oleh YKB.  Hasil dan evaluasi dari implementasi program YKB dimasyarakat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan sarana air minum berbasis masyarakat di Desa Sindang Jaya Kecamatan Cintapuri, Kabupaten Banjar. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Komunikasi Pembangunan,  Sarana Air Minum
STRATEGI PROMOSI PROPERTI MELALUI ADVERTORIAL (STUDI ADVERTORIAL PT.HERLINA PERKASA PADA KORAN RADAR BANJARMASIN) Risa Dwi Ayuni; Khairani Khairani
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i1.3377

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui gambaran dari sebuah Advertorial Properti, dan sejauh mana efektivitas dari strategi promosi dengan gaya Advertorial,serta keunggulan dan kelebihan advertorial dalam penggunaannya sebagai strategi promosi.Metode penelitian menggunakan pendektan Kualitatif dengan jenis penelitian  Kualitatif Deskriptif.data yang dikumpulkan dengan observasi,wawancara dan dokumentasi kepada informan.Hasil Penelitian menunjukkan advertorial PT.herlina Perkasa memiliki banyak perbedaan dengan iklan biasa dan memiliki keunggulan pada penanaman Merek pada calon konsumen ( Brand awares ) dan mampu menempati tingkatan teratas pada top of mind pada piramida awares. Kata kunci : Advertorial Properti,Radar Banjarmasin,PT.Herlina Perkasa 
PENGARUH PENYIARAN RADIO REPUBLIK INDONESIA BANJARMASIN PADA PROGRAM ACARA BANJAR REALITA Gusti Athifah Adzra
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v2i2.3516

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyiaran radio bagi masyarakat terhadap program Banjar Realita pada PRO 1 Radio Republik Indonesia Banjarmasin..Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1. Untuk mengetahui pengaruh penyiaran radio bagi masyarakat terhadap program Banjar Realita pada PRO 1 Radio Republik Indonesia Banjarmasin. 2. Untuk mengetahui apa saja pesan-pesan moral yang terdapat pada program Banjar Realita yang di siarkan PRO 1 Radio Republik Indonesia Banjarmasin bagi masyarakat. 3. Untuk mengetahui apa saja dampak atau pengaruh terhadap kehidupan pemirsa terhadap program Banjar Realita. Tinjauan pustaka yang diambil untuk penelitian ini adalah teori-teori tentang Komunikasi, Komunikasi Massa, Efek Media, Teori Pengaturan Agenda, Teori Semiotik, Penyiaran Radio, dan Radio Publik.. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan wawancara kepada 4 orang informan. Hasil penelitian ini menunjukkan program acara Banjar Realita yang disiarkan PRO 1 Radio Republik Indonesia Banjarmasin mendapat respon positif dari masyarakat Banjarmasin. Pendengar banyak mendapat sumber wawasan serta informasi di berbagai bidang dengan mudah melalui siaran Banjar Realita . Kata Kunci : Pengaruh Siaran; Radio; Banjar Realita.
STRATEGI PROMOSI PADA PROGRAM PENERIMAAN MURID BARU (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Promossi Humas PP Darul Hijrah Puteri) Miftahu Rahmah
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v2i1.3416

Abstract

Strategi promosi atau strategi pemasaran penting dalam mendorong suksesnya kegiatan pemasaran. Mengingat pentingnya strategi promosi dalam program penerimaan murid baru untuk tahun ajaran baru di PP Darul Hijrah Puteri, menarik peneliti untuk mengadakan penelitian dengan judul “Strategi Promosi pada Program Penerimaan Murid Baru (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Promosi Humas PP Darul Hijrah Puteri)”, memiliki rumusan masalah bagaimana strategi promosi, media dan seperti apa hasil dan evaluasi dari strategi promosi yang di terapkan oleh Humas PP Darul Hijrah Puteri untuk mempromosikan program penerimaan murid baru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, tempat diadakannya penelitian ini adalah PP Darul Hijrah Puteri yang terletak di desa Batung Cindai Alus Martapura, subjek penelitian dalam tulisan ini adalah Humas PP Darul Hijrah Puteri, yang menjadi objek penelitian adalah strategi promosi yang diterapkan oleh humas PP Darul Hijrah Puteri, teknik pengumpulan data untuk penelitian ini adalah observasi, wawancara yang dilakukan dengan humas PP Darul Hijrah dan dokumentasi, proses pengolahan data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi promosi yang diterapkan sangat baik, media yang digunakan untuk promosi adalah media cetak (spanduk dan brosur) dan media sosial (instagram @darulhijrahputri dan facebook Ponpes Darul Hijrah Putri), hasil dan evaluasi dari strategi promosi yang telah dilakukan adalah tercapainya tujuan promosi yakni meningkatnya pendaftar dibandingkan tahun sebelumnya dan dengan adanya utusan-utusan untuk mempromosikan program penerimaan murid baru kedaerah-daerah tertentu, humas PP Darul Hijrah sangat terbantu dalam program promosi penerimaan murid baru tahun ini. Kata Kunci: Strategi, promosi, program penerimaan murid baru
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KINERJA PEGAWAI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN Muhammad Agus Humaidi; Hendra Lesmana
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i1.2053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal dan kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin, selain itu untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dan instrumen penelitian dengan koesioner yang dianalisis dengan Chi Square Goodness Of Fit dan Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin termasuk kategori kurang baik. Sedangkan kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin termasuk kategori kurang baik. Selain itu terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin.
PENTINGNYA KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 21 TAHUN 2014 (STUDI KASUS TENTANG SURAT KETERANGAN TINGGAL SEMENTARA DI KOTA BANJARMASIN) Jamaluddin Jamaluddin; Siswanto Rawali; Nike Purnamawati
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v2i2.3512

Abstract

Administrasi kependudukan diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 dan telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya komunikasi dan informasi dan faktor-faktor apa yang berperanpada implementasi kebijakan penyelenggaraan peraturan daerah nomor 21 tahun 2014 tentang kependudukan di Kota Banjarmasin. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan tipe deskriptif. Instrumen penelitiannya adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian menggunakan teori implementasi kebijakan Marille S. Grindle Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Validitas data yang digunakan dengan teknik uji kredibilitas data menggunakan triangulasi untuk mengujinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dan informasi menjadi unsur yang sangat penting dalam implementasi kebijakan penyelenggaraan implementasi peraturan daerah nomor 21 tahun 2014. Namun ada hal yang belum maksimal terlaksana mengenai efektifitas penyelenggaraan administrasi kependudukan di kota banjarmasin (studi kasus tentang surat keterangan tinggal sementara). Dilihat dari kedua faktor menurut Marille S. Grindle, faktor Content Of Policy (Isi Kebijakan), Karena dari keenam indikator hanya satu yang berhasil dilaksanakan yaitu indikator Program Implementer (Pelaksana Kebijakan). Sedangkan indikator lainnya tidak berjalan karena pelaksana kebijakan yang kurang mengetahui siapa saja lembaga yang terlibat, masih ada masyarkat yang tidak mengetahui perda tersebut sehingga tidak dapat merasakan manfaatnya, bagaimana letak pengambilan keputusannya. Kata kunci: Komunikasi dan Informasi;Pembangunan Daerah;Implementasi Kebijakan;Surat Keterangan Tinggal Sementara.
EFEKTIVITAS IKLAN ONLINE GO-JEK VERSI TATA BERKENDARA BERSAMA GO-JEK PADA KALANGAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI KOTA BANJARMASIN Noraina Avifah; Sri Andayani
Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jm.v1i2.3412

Abstract

Efektifitas Iklan Online Go-Jek Versi Tata Berkendara Bersama Go-Jek Pada Kalangan Pengguna Media Sosial Di Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas iklan online Go-Jek, untuk mengetahui apa saja hambatan iklan online Go-Jek dan untuk memahami upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan efektivitas iklan online Go-Jek versi tata berkendara bersama Go-Jek pada kalangan pengguna media sosial di kota Banjarmasin. Metode yang dipakai dalam penelitian dengan cara dideskripsikan dengan pendekatan secara kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara yang diperoleh dari pengguna media sosial di kota Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan online Go-Jek versi tata berkendara bersama Go-Jek pada kalangan pengguna media sosial di Banjarmasin sudah cukup efektif namun ada beberapa faktor yang menghambat terlaksananya efektivitas iklan online Go-Jek yaitu adanya berita negatif tentang Go-Jek, adanya pesaing yang menggunakan transportasi yang sama dan ada strategi Go-Jek yang belum di perbaharui. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan efektivitas iklan online Go-Jek versi tata berkendara bersama Go-Jek pada kalangan pengguna media sosial di kota Banjarmasin adalah memperbaiki citra perusahaan untuk mengubah pemberitaan yang negatif menjadi positif, memperbaharui dan memperbanyak ragam iklan sesuai kalangan serta Go-Jek perlu menambah strategi dalam beriklan dan menambah fitur-fitur baru di aplikasi.  Kata Kunci: Efektivitas, iklan online dan media sosial