cover
Contact Name
Randy Muhammad Anif
Contact Email
randy.071199@gmail.com
Phone
+6285227788222
Journal Mail Official
runtiko@gmail.com
Editorial Address
Acta Diurna: Jurnal Ilmu Komunikasi
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Acta Diurna: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 4126443     EISSN : 26206676     DOI : https://doi.org/10.20884/1.actadiurna
Core Subject : Education, Social,
JAD aims to encourage research in communication studies. Topics addressed within the journal include but are not limited to: Media dan culture studies; Political communication; Cross-cultural communication; Business communication; Organizational communication; Health communication.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 1 (2020)" : 16 Documents clear
Makna Komunikasi di Balik Makanan Tradisional chusmeru chusmeru
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.226 KB) | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2338

Abstract

Indonesia memiliki beragam makanan tradisional yang khas di berbagai daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam makanan tradisional di Indonesia dan makna komunikasi di balik makanan tradisional tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kulatitatif dengan informan mahasiswa yang dipilih dengan teknik purporsive sampling. Pemilihan informan didasarkan pada asal daerah mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Hasil penelitian menjukkan, bahwa meskipun makanan import banyak terdapat di Indonesia, namun makanan tradisional berbagai daerah masih dapat ditemui dan tidak ditinggalkan oleh masyarakat. Makanan tradisional berbagai daerah masih bisa bertahan, karena memiliki makna komunikasi di masayarakat. Makna yang terdapat di balik makanan tradisional adalah sebagai bagian dari ritual siklus kehidupan, simbol persaudaraan, serta akulturasi dua budaya yang berbeda.
Komunikasi Pemasaran Geopark Berbasis Masyarakat Melalui Bauran Facebook, Youtube dan Kanal TV aris rahardjo
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.557 KB) | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2641

Abstract

Paper ini mengulas pengembangan komunikasi pemasaran pariwisata geopark berbasis masyarakat di desa Peniron Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebu-men. Desa Peniron yang menghadapi sejumlah keterbatasan berhasil mencapai tujuan pemasaran tahap demi tahap setelah mengembangkan komunikasi pema-saran melalui bauran media sosial Facebook, YouTube, dan media tradisional TV secara tanpa bayar. Bauran elemen komunikasi tersebut memberikan efek pada wisatawan untuk berwisata, sehingga desa pertanian tersebut berubah menjadi desa wisata yang memberi manfaat ekonomi baru bagi masyarakat lo-kal, konservasi alam, dan pembangunan berkelanjutan.
SEMIOTIKA HUMOR POLITIK DALAM TAYANGAN TALK SHOW SENTILAN SENTILUN windaningsih windaningsih
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.495 KB) | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2445

Abstract

Secara umum humor dimaknai sebagai sesuatu yang menggelikan, memesona, aneh, identik dengan kelucuan, sehingga mampu merangsang seseorang untuk tertawa atau tersenyum. Tidak hanya menjadi bumbu dalam sebuah pementasan seni, seperti ludruk, ketoprak, program komedi juga banyak sekali ditayangkan di televisi seperti Opera Van Java, Ngelaba, Ketoprak Humor, Warkop DKI, Kadir dan Doyok, Indonesia Lawak Club, Sentilan-sentilun, Sitkom dan masih banyak lagi yang lainnya. Program talk show komedi Sentilan-sentilun yang tayang di Metro Tv dengan durasi 30 menit merupakan program komedi yang sedikit berbeda dengan mengangkat tema seputar dunia politik dan isu-isu nasional lainnya. Dengan kemasan komedi yang menarik, konten politik disini lebih mudah dicerna dan diterima oleh masyarakat, bahkan tak jarang menjadi sarana untuk menyampaikan kritik sosial. Hal ini menarik karena selama ini tema politik dianggap terlalu berat, selain itu kritik juga kurang bisa diterima oleh kalangan elit. Kemunculan humor politik memberikan warna baru bagi masyarakat tentang dunia politik. Secara denotasi dan konotasi episode ini menertawakan tingkah para politisi yang dianggap lucu dan memalukan karena suka mengemis atau meminta-minta bahkan seringkali memperumit masalah. Satire adalah humor yang mempermalukan menyindir suatu hal, situasi, atau tokoh cara ini paling sering digunakan hingga 28% dalam talkshow sentilan sentilun episode pindah rumah. Para pemain disini menyindir para penguasa yang seringkali disebut sebagai yang mulia yang tidak hanya merasa bodoh tetapi dianggap benar-benar bodoh. Pun yaitu jenis humor yang menggunakan permainan makna kata menjadi jenis humor kedua yang sering digunakan yaitu penggunaan kata yang dibolak balik dalam kalimat menjadi sesuatu yang menarik dan saling terkait. Karena maknanya yang semakin variative. Selanjutnya adalah bombats yaitu berbicara secara muluk-muluk atau retoris. Selain itu penggunaan infintilism yaitu bermain dengan bunyi kata-kata dan Sarcam yaitu komentar yang menggigit dengan nada yang tajam. Bentuk bentuk humor yang muncul menunjukkan bahwa pemerintah memberikan ruang kepada masyarakat untuk memberikan kritik yang membangun kepada pemerintah, pejabat publik serta kebijakan-kebijakaan yang dikeluarkan.
ISU SEKSUALITAS DALAM KOMUNIKASI KELUARGA Maria Margaretha Okky Triani
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.67 KB) | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2472

Abstract

This article explains about messages of sexualities from parents to their children with Javanese cultural background. This research use the guideline of sex education from UNESCO to explore the sex education practices in Semawung. The informants are three families in Semawung, The result shows that sexuality still considered as a taboo by families in Semawung. In the biological dimension, parents give messages in the form of commands and prohibitions. In the psychological dimension, families in Semawung Hamlet view gender and gender roles according to traditional and modern perspectives. In the social dimension, parents give messages about discrimination, human rights, sexual harassment, violence and bullying. In the cultural dimension, the family in Semawung Hamlet is a family that lives in Javanese culture. In addition, the family uses the language and symbols exchanged in conveying the message.
TERPAAN MEDIA SOSIAL DAN EKUITAS MEREK Feby Almaida; Arintowati Hartono; Rosita Anggraini; Irwansyah Irwansyah; Niken Febrina Ernungtyas
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.726 KB) | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2012

Abstract

Media sosial menggeser strategi komunikasi pemasaran konvensional menjadi digital. Pemanfaatan media sosial khususnya Instagram dalam komunikasi pemasaran dilakukan oleh Bogor Coklat & Snack untuk meningkatkan ekuitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terpaan media sosial terhadap ekuitas merek dalam konteks akun Instagram @bogorcoklat. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data menggunakan survei melalui kuesioner daring dan mengumpulkan 100 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat untuk data demografi dan analisis bivariat untuk mendeskripsikan pengaruh. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh variabel valid dan reliabel. Sedangkan berdasarkan uji regresi menunjukkan variabel terpaan media sosial secara statistis signifikan mempengaruhi ekuitas merek pada level moderat cenderung kuat. Namun, terpaan media sosial hanya berhasil menjelaskan 36,3% faktor yang mempengaruhi ekuitas merek. Sehingga penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor tersebut.
Komitmen Lingkungan dan Budaya CSR Kreatif Multitema Batik Alam Malon PT Indonesia Power Semarang Power Generation Unit Agus Naryoso
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.819 KB) | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2561

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) activities are performed not only for legal compliance or carrying out the mandate of the law Corporate Social Responsibility (CSR) is not only a recommendation from the government to business people but also an obligation that must be implemented by companies both private and government business. Law No. 40/2007 mandates that all companies allocate funds from business proceeds for social activities as a form of commitment to the surrounding environment. PT Indonesia Power Semarang Power Generation Unit consistently responds and carries out this obligation. This obligation is done not to avoid government sanctions and reprimands but as an effort to balance and harmonize the business interests of the company with a commitment to the environment, economic independence, and efforts to preserve culture. This paper uses a descriptive type of research with a communication audit analysis approach. Data collection was carried out by interviewing various relevant sources from internal circles and also beneficiaries of Multi-theme CSR activities in Batik Alam Malon, Gunungpati Subdistrict, Semarang City.
METODE PENYULUHAN PADI PADA PROGRAM UPAYA KHUSUS PENINGKATAN PRODUKSI PADI DI JAWA TENGAH Nur Fitriana
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.18 KB) | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2319

Abstract

Implementation of rice extension as an effort to support the Program Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) in Central Java Province. The extension of Integrated Crop Management (IPM) of rice technology aims to encourage farmers to implement the technology. The selection of extension methods affects farmers' acceptance of the IPM of rice. This study aims to examine the methods and media of extension used to disseminate IPM of rice and how farmers respond to extension methods and extension media. This study uses a quantitative approach. Data collection using survey techniques from September 2018 to March 2019. Respondents from 153 farmers were in 6 districts / cities, Purbalingga Regency, Tegal Regency, Magelang Regency, Purworejo Regency, Magelang City and Semarang City. The results showed that during the program period, extension worker used a variety of extension methods. Based on the target number, the extension worker used two extension methods, namely the group approach and the individual approach. Based on the recipient's senses, the extension worker used methods that prioritize the sense of sight, sense of hearing and a combination of sense of acceptance. The type of communication used is direct and indirect communication using print media, electronic media, and sometimes social media. Farmers think the extension method, extension media and extension tools are good enough. The response of farmers who rate is good enough can be an indicator that the implementation of extension is going well enough. For the implementation of extension services in the future, it is recommended that extension agents choose extension methods that are more appropriate for farmers so that the extension goals are achieved optimally.
Membedah Pesan di Film Taare Zameen Par: Kritik terhadap Penerapan Pendekatan Perilaku dalam Proses Pembelajaran adita widya pangestika
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.33 KB) | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2574

Abstract

Film is an effective media for social critics. Through the audio visual elements film can display various portraits of social phenomena that exist in the midle of society. This research aims to explore the various signs in the film scenes which are representations of social critics, especially in the field of education. The method used in this study is semiotic developed by John Fiske. The scenes which are considered to contain social critics is elaborated on 9 television codes. After that the sign will be analyzed in three levels, the level of reality, representation, and ideology. This study found that the “Taare Zameen Par” film contained critics of the behavioristic approach in the education system. Efforts to criticize the behavioristic approach are carried out by generating a humanistic approach as a comparison. The main figure who has a dyslexic problem barely can read when educated using the behavioristic approach. He also got the label as a naughty student. The main figure was experiencing significant development when educated using a humanistic approach. In this way film makers try to assert that the behavioristic approach has many weaknesses and is not suitable to be applied in the formal education system.
Makna Komunikasi di Balik Makanan Tradisional chusmeru chusmeru
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.226 KB) | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2338

Abstract

Indonesia memiliki beragam makanan tradisional yang khas di berbagai daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam makanan tradisional di Indonesia dan makna komunikasi di balik makanan tradisional tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kulatitatif dengan informan mahasiswa yang dipilih dengan teknik purporsive sampling. Pemilihan informan didasarkan pada asal daerah mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Hasil penelitian menjukkan, bahwa meskipun makanan import banyak terdapat di Indonesia, namun makanan tradisional berbagai daerah masih dapat ditemui dan tidak ditinggalkan oleh masyarakat. Makanan tradisional berbagai daerah masih bisa bertahan, karena memiliki makna komunikasi di masayarakat. Makna yang terdapat di balik makanan tradisional adalah sebagai bagian dari ritual siklus kehidupan, simbol persaudaraan, serta akulturasi dua budaya yang berbeda.
Komunikasi Pemasaran Geopark Berbasis Masyarakat Melalui Bauran Facebook, Youtube dan Kanal TV aris rahardjo
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.557 KB) | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2641

Abstract

Paper ini mengulas pengembangan komunikasi pemasaran pariwisata geopark berbasis masyarakat di desa Peniron Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebu-men. Desa Peniron yang menghadapi sejumlah keterbatasan berhasil mencapai tujuan pemasaran tahap demi tahap setelah mengembangkan komunikasi pema-saran melalui bauran media sosial Facebook, YouTube, dan media tradisional TV secara tanpa bayar. Bauran elemen komunikasi tersebut memberikan efek pada wisatawan untuk berwisata, sehingga desa pertanian tersebut berubah menjadi desa wisata yang memberi manfaat ekonomi baru bagi masyarakat lo-kal, konservasi alam, dan pembangunan berkelanjutan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16