cover
Contact Name
Herry Irawansyah
Contact Email
herryirawansyah@um.ac.id
Phone
+6285345138335
Journal Mail Official
herryirawansyah@ulm.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat Jalan Jenderal Achmad Yani KM 35,5 Banjarbaru, Kalimantan Selatan - 70714
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JTAM ROTARY
ISSN : 27216225     EISSN : 27456331     DOI : https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v2i2
JTAM Rotary diterbitkan oleh Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat. JTAM Rotary merupakan jurnal terbuka yang dapat diakses siapapun, baik itu peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang teknik mesin. JTAM Rotary terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan bulan September. JTAM Rotary berfokus pada jurnal-jurnal mahasiswa teknik mesin di bidang keahlian Konversi Energi, Desain dan Konstruksi, Manufaktur, dan Rekayasa Material.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2022): JTAM ROTARY" : 8 Documents clear
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PEMOTONG KERUPUK OTOMATIS DENGAN KAPASITAS 60 KG PER JAM Denny Pradipta Hidayat; Mastiadi Tamjidillah
JTAM ROTARY Vol 4, No 2 (2022): JTAM ROTARY
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam_rotary.v4i2.6666

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana merancang dan membuat alat pemotong kerupuk otomatis dengan kapasitas yang ditentukan. Untuk perencanaan alat ini dimulai dari perhitungan perencanaan perhitungan daya motor listrik, sistem transmisi, menghitung sabuk V, Pulley, Sprocketchain , pasak, poros, bantalan dan analisis kekuatan rangka. Berdasarkan perhitungan alat yang didapat adalah: alat ini menggunakan motor listrik ¼ HP 186 (watt) denagn putaran elektro motor 2870 rpm, sistem transmisi  menggunakan sabuk V dengan tipe B dengan panjang sabuk (L) 1930 mm atau 76 inchi. dengan ukuran puli kecil 3 inchi 73,9 mm dan diameter puli besar 30 inchi 785,52 mm. untuk jumlah gigi sprocket kecil 16 D1 97,64 mm dan gigi sprocket besar 32 D2 195,38 mm, diameter poros 14,10 mm, dengan tinggi pasak 6 mm dan panjang pasak 17 mm. Analisis kekuatan rangka dengan 15 titik beban, setiap titik memiliki beban 1 kg dan ada 17 titik tumpuan dengan hasil yang didapat rata – rata 0.000 – 0.870 N, besi tipe L steel alloy beban maksimalnya 2.183.902 N.mm. Kapasitas produksi yang dihasilkan alat ini 60 kg/jam. This study aims to design and make automatic cracker cutting tools with a specified capacity. For planning this tool starts from the calculation of electric motor power planning calculations, transmission systems, calculating the V belt, Pulley, Sprocketchain, pegs, shafts, bearings and frame strength analysis. Based on the calculation tools obtained are: this tool uses an electric motor ¼ 186 HP (watts) with 2870 rpm electro motor rotation, the transmission system uses a V belt with type B with a belt length (L) 1930 mm or 76 inches. with a small pulley size of 3 inches 73.9 mm and a large pulley diameter of 30 inches 785.52 mm. for the number of small sprocket teeth 16 D1 97.64 mm and large sprocket teeth 32 D2 195.38 mm, shaft diameter 14.10 mm, with 6 mm peg height and 17 mm peg length. Analysis of frame strength with 15 load points, each point has a load of 1 kg and there are 17 support points with the results obtained on average 0.000 - 0.870 N, iron type L steel alloy maximum load of 2,183,902 N.mm. The production capacity produced by this tool is 60 kg / hour.
ANALISIS KINERJA COOLING TOWER MENGGUNAKAN METODE RANGE DAN APPROACH DI PLTU ASAM-ASAM Rahman Rahman; Aqli Mursadin
JTAM ROTARY Vol 4, No 2 (2022): JTAM ROTARY
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam_rotary.v4i2.6411

Abstract

Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja menara pendingin diantaranya adalah kondisi distribusi aliran air dan udara pada menara pendingin. Semakin merata aliran air dan udara, semakin baik kinerja menara pendingin. Agar distribusi aliran air dan udara dapat merata, maka perlu dilakukan analisis kinerja menara pendingin sesuai dengan metode yang digunakan untuk mengetahui apakah menara pendingin masih mampu mendinginkan air secara optimal atau kinerjanya menurun. Metode yang digunakan adalah dengan menghitung range dan approach, dan parameter yang dibutuhkan adalah suhu air masuk dan suhu pendinginan menara keluar, dan suhu bola basah menara pendingin. Hasil analisis menara pendingin menunjukkan rentang nilai terendah sampai tertinggi adalah 14,01oC - 15,05oC, nilai pendekatan 8,03oC - 9,16oC, dan nilai efektifitas 60,95% - 64,71%. Dari rentang, pendekatan, dan nilai efektivitas di atas dapat disimpulkan bahwa kinerja menara pendingin dalam air pendingin pada saat itu masih relatif baik. Naik turunnya nilai range, approach dan efektivitas dipengaruhi oleh temperatur lingkungan dan kerja menara pendingin. There are several factors that affect the cooling tower performance including the condition of the distribution of water flow and air in the cooling tower. The more even distribution of water and air flow, the better the cooling tower performance. In order for the distribution of water and air flow to be evenly distributed, it is necessary to analyze the performance of the cooling tower according to the method used to determine whether the cooling tower is still able to cool water optimally or its performance decreases. The method used is by calculating the range and approach, and the parameters needed are the temperature of the intake water and the cooliing temperature of the exit tower, and the wet bulb temperature of the cooling tower. The results of the cooling tower analysis show that the range values from the lowest to the highest are 14.01oC - 15.05oC, the approach value is 8.03oC - 9.16oC, and the effectiveness value is 60.95% - 64.71% . From the range, approach, and effectiveness values above it can be concluded that the cooling tower's performance in cooling water at that time was still relatively good. The rise and fall of the range, approach and effectiveness values are influenced by environmental temperature and cooling tower work. 
PENGARUH VARIASI ARUS PENGELASAN PADA SAMBUNGAN TUMPANG BAJA ST37 TERHADAP UJI TARIK DAN FOTO MAKRO Falentino Ari Kristanto; Mastiadi Tamjidillah
JTAM ROTARY Vol 4, No 2 (2022): JTAM ROTARY
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam_rotary.v4i2.6667

Abstract

Dari Analisa grafik yang telah dilakukan, variasi arus pengelasan mempunyai pengaruh terhadap hasil sambungan las, yaitu panas yang ditimbulkan akan semakin tinggi jika arus yang digunakan semakin besar juga. Hal ini dikarenakan, semakin tinggi panas maka akan membuat elektroda mencair sempurna sehingga semakin kuat hasil las. Hasil las yang semakin kuat akan membuat semakin besar (τ) tegangan tarik pula. Hasil pengujian tegangan tarik tertinggi sebesar 36,91 Kgf/mm2 pada variasi arus 75 ampere di spesimen nomor 3. Nilai tegangan tarik tertinggi pada variasi arus 90 ampere adalah 40,56 Kgf/mm2 di spesimen no 2. Spesimen 5 menunjukkan nilai tegangan tarik tertinggi dari variasi arus 110 ampere yaitu sebesar 42,15 Kgf/mm2. Semakin besar arus yang digunakan akan membuat panas yang semakin besar juga, dengan demikian dengan adanya tekanan pada elektroda maka terbentuklah sambungan las. Tetapi tidak selamanya pertambahan arus itu menghasilkan sambungan yang lebih baik, ada suatu kondisi dimana hasil lasnya rusak karena semakin besar arus, ini terjadi karena setiap material memiliki titik lebur yang berbeda-beda, pengelasan akan rusak jika panas yang dihasilkan melebihi titik lebur material yang digunakan. From the graph analysis that has been done, the variation of the welding current has an influence on the results of the welded joint, the heat caused will be higher if current used is greater as well. Because the higher heat then it will make the electrode melt perfectly so the stronger the weld result. The stronger weld result will make the larger (τ) tensile voltage. The highest tensile tension test result of 36.91 KGF/mm2 on the current variation of 75 ampere in specimen number 3. The highest tensile voltage value in the current variation of 90 ampere is 40.56 KGF/mm2 in specimen No 2. Specimen 5 shows the highest tensile voltage value of 110 ampere current variation of 42.15 KGF/mm2. The larger current used will make the bigger heat as well, thereby with the pressure on the electrode then formed the welding connection. But not always increase of the current results in a better connection, there is a condition in which the result is damaged due to the greater the flow, this occurs because each material has melting point that is different, welding will be damaged if the heat generated exceeds the melting point of the material used.
PENGARUH WAKTU KONTAK AIR LINDI DAN UDARA TERHADAP LAJU KOROSI BAJA ST-41 DAN ST-60 M. Irfan Riyadi; Rudi Siswanto
JTAM ROTARY Vol 4, No 2 (2022): JTAM ROTARY
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam_rotary.v4i2.6410

Abstract

Penggunaan logam di lingkungan sangat penting terutama di lingkungan seperti sampah pada alat berat atau truk, terutama yang di bak truk adalah alat untuk membawa berbagai sampah organik dan anorganik membawa bahan terlarut melalui cairan yang disebut lindi dan melakukan kontak atau kontak langsung dengan baja sehingga terjadi korosi akibat lindi atau aliran air limbah yang banyak mengandung senyawa korosif yang membuat bagian bak truk menjadi cepat terkorosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui baja bias menahan laju korosi. Baja yang digunakan adalah baja baja ST-41 dan ST-60 adalah baja karbon rendah dan baja karbon sedang. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode penurunan berat badan dan mengamati jenis korosi yang terjadi dengan cara perendaman dengan ASTM G31-72 yang divariasikan waktu kontak selama 3 minggu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan laju korosi paling cepat terjadi pada baja ST-60 dengan waktu kontak 1 minggu direndam lindi dan 2 minggu kontak dengan udara karena perbedaan komposisi baja ST-60 dan baja ST-41 yang memiliki kandungan chromium yang sangat tinggi sehingga baja ST-41 lebih unggul dalam menahan laju korosi sedangkan jenis korosi yang terjadi adalah korosi merata dan korosi atmosferik. The use of metals in the environment is especially important in environments such rubbish in heavy equipment or trucks, especially those of the tailgate is a tool to bring a variety of organic waste and inorganic bring the matter dissolved through a liquid called leachate and make contact or direct contact with the steel so that corrosion occurs due to leachate or wastewater flow contains many corrosive compounds that make part tailgate become quickly corroded. This study aims to determine the bias steel resist corrosion rate. The steel used is steel steel ST-41 and ST-60 is a low carbon steel and medium carbon steel. The methods used in research in the methods of losing weight and observe the types of corrosion that occurs by means of immersion with ASTM G31-72 which vary contact time for 3 weeks. Based on research conducted showed the corrosion rate of the fastest occur in steel ST-60 with a contact time of 1 week soaked the leachate and 2 weeks in contact with the air due to differences in the composition of the steel ST-60 and steel ST-41 which has a chromium content so high that steel ST-41 is superior in resisting corrosion rate while the type of corrosion that occurs is evenly corrosion and atmospheric corrosion.
PENGARUH PENGGUNAAN ARANG KAYU ALABAN DENGAN ADITIF TEMBAGA (Cu) SEBAGAI CATALYTIC CONVERTER TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN TOYOTA KIJANG 5K Raka Nusantara; Abdul Ghofur
JTAM ROTARY Vol 4, No 2 (2022): JTAM ROTARY
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam_rotary.v4i2.6534

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan arang kayu alaban dengan aditif tembaga sebagai catalytic converter terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar dengan variasi diameter lubang dan rpm. Metode penelitian ini menggunakan gas analyzer dan melihat konsumsi bahan bakar dengan variasi rpm mulai dari idle, 1500, 2500 dan 3500 pada mobil Toyota Kijang 5K. Proses pembuatan benda uji dengan variasi aditif 1 gram dan tanpa aditif dan variasi diameter lubang sebesar 15 mm dan 25 mm. Hasil penelitian menunjukkan emisi CO2 tertinggi adalah 12,07 % pada penggunaan catalytic converter diameter lubang 15 mm dengan aditif. Nilai emisi CO terendah adalah 0,16 % saat menggunakan catalytic converter berdiameter lubang 25 mm tanpa aditif. Nilai emisi HC terendah adalah 37 ppm ketika menggunakan catalytic converter diameter lubang 25 mm dengan aditif. Nilai O2 terendah adalah 15,25% pada penggunaan catalytic converter diameter lubang 25 mm dengan aditif. Untuk konsumsi bahan bakar penurunan terbesar adalah 13,33% saat menggunakan catalytic converter diameter lubang 15 mm. This research objectives is to find out the effect of using alaban wood charcoal with copper additives as catalytic converter for exhaust gas emissions and fuel consumption with hole diameter variation and rpm. This research methods is using gas analyzer and seeing fuel consumption with rpm variation start from idle,  1500, 2500 and 3500 at Toyota Kijang 5K car. Making process of the specimen with additive variation 1 gram and without additive and hole diameter variation by 15 mm and 25 mm. The result of this research showing for highest CO2 emission  is 12,07 % when using 15 mm hole diameter catalytic converter with additives. The lowest value CO emissions is 0,16 % when using 25 mm hole diameter catalytic converter without additives. The lowest value of HC emissions is 37 ppm when using 25 mm hole diameter catalytic converter with additives. The lowest value of O2 is 15,25 % when using 25 mm hole diameter catalytic converter with additives. For fuel consumption the biggest decrease is 13,33% when using 15 mm hole diameter catalytic converter.
ANALISA KEGAGALAN POROS RODA BELAKANG (STUDI KASUS) PADA TRUK X Widya Agung Pratama; Hajar Isworo
JTAM ROTARY Vol 4, No 2 (2022): JTAM ROTARY
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam_rotary.v4i2.6664

Abstract

Truk merupakan kendaraan yang berfungsi sebagai pengangkut barang untuk didistribusikan ke suatu tempat. Truk adas juga disusun beberapa komponen salah satu komponennya adalah poros gardan. Poros gardan merupakan poros penggerak yang berfungsi meneruskan gaya penggerak dari differential ke roda. Seringkali terjadi kegagalan pada gardan belakang, hal ini tentunya akan mempengaruhi laju distribusi barang. oleh karena itu penelitian diperlukan ketika kegagalan lebih lanjut terjadi untuk meminimalkan kegagalan di masa depan. Penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu fraktografi dan pengujian komposisi. hasil pengujian komposisi didapatkan bahwa material tersebut merupakan baja paduan dengan standar AISI 4140 dan tidak ditemukan masalah. Dari pengamatan fraktografi hingga pengamatan visual, ditemukan bahwa beach mark merupakan karakteristik dari pembebanan berulang. Pada saat diperoleh perbesaran terdapat retak sebelum terjadi beachmark dan sebelum ujung sesar terdapat permukaan yang rata akibat konsentrasi tegangan pada saat komponen poros poros mengalami kegagalan. A truck is a vehicle that functions as a carrier of goods to be distributed to a place. The truck is also arranged fennel several components one of the components is the axle shaft. The axle shaft is the drive shaft that functions to continue the driving force from the differential to the wheel. Often there is a failure on the rear axle, this will certainly affect the rate of distribution of goods. therefore research is needed when further failure occurs to minimize future failures. This study uses two methods, namely fractography and composition testing. the results of the test composition obtained that the material is an alloy steel with AISI 4140 standards and no problems were found. From fractographic observations to visual observations, it is found that the beachmark is a characteristic of repeated loading. When an enlargement is obtained there is a crack before the beachmark occurs and before the end of the fault there is a flat surface due to stress concentration when the axle shaft component fails.
PERANCANGAN ULANG MESIN PENGADUK BAHAN BAKU BRIKET SERBUK KAYU MERANTI (SHOREA SPP) Akhmad Syarief; M Abdul Mulgi; Pathur Razi Ansyah
JTAM ROTARY Vol 4, No 2 (2022): JTAM ROTARY
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam_rotary.v4i2.6665

Abstract

Tahapan penelitian ini secara garis besar meliputi perancangan dan perhitungan, implementasi rancangan dalam bentuk gambar desain, pembuatan dan perakitan mesin, serta pengujian mesin hasil rancang bangun mesin motor bensin diisi bensin 2 liter, lalu di panaskan kurang lebih 5 menit. Saat mesin sudah panas, langkah selanjutnya menaruh serbuk kayu meranti ke dalam wadah pengaduk kemudian air panas dicampur dengan tepung terigu lalu diaduk hingga mengental yang berfungsi sebagai perekat perekat yang sudah jadi dimasukan ke wadah pengaduk yang berisi serbuk kayu meranti tunggu kurang lebih 15 menit agar tercampur merata. Jika Waktu 15 menit maka lepaskan penutup keluar bahan yang sudah jadi. Kapasitas mesin pengaduk adonan briket serbuk arang adalah 38,66 kg/jam dan daya yang.digunakan untuk menggerakkan poros sirip pengaduk adalah 0,27 watt. Diameter pulley motor 65mm dan diameter pulley penggerak poros sirif adalah 65mm. Bahan poros yang digunakan adalah ST37 dengan kekuatan tarik (σB) 37 kg/mm2. Diameter poros sirip yang digunakan 12 mm dan panjang poros 1030 mm. Bantalan radial bola sudut dalam dengan nomor bantalan UCP 205 yang digunakan untuk menopang poros. In general, this research includes designing and calculating, implementing the design in the form of design drawings, manufacturing and assembling the engine, as well as testing the engine design results from a gasoline engine filled with 2 liters of gasoline, then heated for approximately 5 minutes. When the machine is hot, the next step is to put the meranti wood powder into the mixing container. Then hot water is mixed with flour and stirred until it thickens which functions as an adhesive. The finished adhesive is put into a mixing container containing meranti wood powder, wait for about 15 minutes to mix evenly. If the time is 15 minutes, then remove the cover to come out of the finished material. The capacity of the charcoal powder briquette dough mixer is 38.66 kg/hour and the power required to move the fin shaft is 0.27 watts. The diameter of the motor pulley is 65mm, and the diameter of the pulley is the fin shaft drive is 65mm.The shaft material used is ST37 with a tensile strength (σB) of 37 kg/mm2.The diameter of the fin shaft used is 12mm and the length of the shaft is 1030mm.The bearings used to support the shaft are radial inner angle ball bearings with number UCP bearing 205.
STUDI PENGGUNAAN GYPSUM DENGAN ADITIF SEMEN SEBAGAI FILTER GAS BUANG TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN MOTOR SATRIA FU 150 Padriansyah Padriansyah; Abdul Ghofur
JTAM ROTARY Vol 4, No 2 (2022): JTAM ROTARY
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam_rotary.v4i2.5663

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kombinasi gipsum, semen dan lem sebagai filter gas buang pada sepeda motor Satria FU 150 cc terhadap kadar emisi HC dan CO serta performa mesin. Penelitian ini menggunakan tiga variasi ketebalan gypsum yaitu 1 cm, 2 cm dan 3 cm dengan rpm mulai idle, 3000 rpm, 4000 rpm dan 5000 rpm. Dari hasil penelitian diketahui bahwa filter knalpot gypsum dengan ketebalan 3 cm dapat menurunkan emisi gas buang CO sebesar 0,05% pada kondisi idle, 0,47% pada 3000 rpm, 0,41% pada 4000 rpm, dan 0,35% pada 5000 rpm. dibandingkan dengan knalpot satelit. Pada emisi gas buang HC dengan ketebalan gipsum 2 cm pada putaran mesin 3000 rpm menghasilkan 30,7 ppm dengan kondisi tidak melebihi batas emisi gas buang yang diizinkan HC. Filter gas buang gypsum dengan ketebalan 1 cm dapat meningkatkan torsi sebesar 4 N-m dan tenaga performa mesin sebesar 12,77 Hp dibandingkan dengan ketebalan 2 cm dan 3 cm. This study aims to determine the use of a combination of gypsum, cement and glue as a exhaust gas filter at 150 cc Satria FU motorbike against HC level emissions and CO and engine performance. This study uses three variations in thickness of gypsum, namely 1 cm, 2 cm and 3 cm with rpm starting idle, 3000 rpm, 4000 rpm and 5000 rpm. From the results of the study it is known that the gypsum exhaust filter with a thickness of 3 cm can reduce CO exhaust emissions by 0.05% in idle conditions, 0.47% at 3000 rpm, 0.41% at 4000 rpm, and 0.35% at 5000 rpm compared to satellite exhaust. In HC exhaust emissions with gypsum thickness of 2 cm at 3000 rpm engine rotation yields 30.7 ppm with conditions not exceeding the permitted exhaust gas emissions limit HC. Gypsum exhaust gas filter with a thickness of 1 cm can increase torque by 4 N-m and engine performance power as much as 12.77 Hp compared to a thickness of 2 cm and 3 cm.

Page 1 of 1 | Total Record : 8