cover
Contact Name
Dora Bernadisman
Contact Email
jurnalvisualika@gmail.com
Phone
+6221-87717489
Journal Mail Official
jurnalvisualika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Klp. Dua Wetan No.17, RT.3/RW.4, Klp. Dua Wetan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13730.
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Visualika
ISSN : 23552468     EISSN : 2745584X     DOI : -
Jurnal Visualika diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Visualika merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pengembangan Artificial Intelligence, Software Engineering, Software Development, Expert System, Network System, dan Knowledge Management System. Diterbitkan secara berkala dua kali setahun. Setiap artikel yang diterbitkan di Jurnal Visualika melalui proses penilaian oleh peer reviewer. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
Articles 64 Documents
APLIKASI SERVER PENJUALAN PULSA BERBASIS SMS GATEWAY PADA PT. ERATEL MEDIA DISTRINDO Ahmad Arri Noviansyah; Habibah Nurfauziah; Dora Bernadisman
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Eratel Media Distrindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengisian ulang pulsa semua jenis Operator Provider. Saat ini proses pengisian pulsa dan laporan yang digunakan masih bersifat semi komputerisasi, hanya beberapa proses yang sudah menggunakan komputerisasi. Berdasarkan masalah pada PT. Eratel Media Distrindo setidaknya menghasilkan 2 masalah yaitu laporan Untuk PT. Eratel Media Distrindo dan keakuratan dalam pengisian pulsa, penulis meneliti masalah tersebut dan memecahkan solusi terbaik untuk menghasilkan aplikasi server penjualan pulsa berbasis sms gateway. Dalam penelitian in,i metode yang digunakan menggunakan metode Classic Waterfall Model dengan fase-fase sebagai berikut : Analysis/Requiretments, Design, Coding, Testing/Implementation, Maintenance. Analysis/ Requiretments, Design aplikasi menggunakan UML sebagai bahasa spesifikasi standar untuk membangun aplikasi server pulsa, bahasa pemrograman pada aplikasi ini menggunakan VB.net sebagai interface dan Php sebagai server, aplikasi server pulsa juga menggunakan Gammu sebagai tools modem Wavecome yang berguna sebagai penghubung antara personal computer ( pc ) dan aplikasi server pulsa. Pada Testing penulis menggunakan Black Box untuk pengujian aplikasi dan dari keseluruhan aplikasi yang telah diuji telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan, Pemeliharaan aplikasi dilakukan secara keseluruhan, mulai dengan backup data serta pemliharaan perangkat keras. Aplikasi ini memudahkan server pulsa dalam bertransaksi secara otomatis dan tidak menggunakan aksi dimana operator atau admin sistem menginput pulsa satu persatu ke nomor tujuan serta aplikasi ini memberikan laporan kepada PT. Eratel Media Distrindo, kepada agent bahkan pembeli pulsa dari agent.
SISTEM PENDAFTARAN TV KABEL PADA MNC SKY VISION Eko Widodo; Himawan Dwiatmodjo; Nina Meliana
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

MNC Sky Vision bergerak dibidang jasa pemasangan TV Berlangganan Indovision. Penggunaan sistemnya sudah terkomputerisasi, namun belum maksimal, khususnya data pendaftaran calon pelanggan yang masih diproses secara manual pada aplikasi Miscrosoft Excel, sehingga data yang ada pada PT. MNC Sky Vision tidak tersimpan dengan teratur dan pengerjaannya yang lambat pada saat akan menambah data baru dan akan mencari data yang sudah ada. Metode penelitian yang dipakai dalam pembuatan aplikasi menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan metodologi pengembangan sistem menggunakan waterfall. Pembuatan aplikasi menggunakan VB 2012: Visual Bassic 2012 sebagai desain aplikasi dan MySQL sebagai DBMS (Database Management Sistem). Penelitian dimulai dengan tahap memahami permasalahan yang berjalan untuk di analisa, kemudian mengumpulkan referensi yang berkaitan dengan dasar-dasar sistem pendaftaran. Tahap yang kedua adalah perancangan, model proses, dan pemodelan data. Tahap berikutnya mengimplementasikan rancangan tersebut, tahap terakhir melakukan pengujian dari aplikasi yang telah dibuat dan pemeliharaan sistem. Pembuatan Sistem Informasi Pendaftaran TV Kabel adalah sebagai upaya dari perusahaan untuk menerapkan efisiensi dari segi waktu, biaya dan tenaga serta meminimalisir kesalahan yang berdampak pada kinerja sumber daya manusia yang dimiliki
SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMESANAN PRODUK MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL PT.LIXIL ALUMUNIUM INDONESIA Iksan Wijonarko; Joko Sarono; Nina Meliana
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menyikapi persaingan yang semakin kompetitif pada setiap bisinis, memunculkan ide untuk memadukan antara teknologi informasi dengan bisnis. Pemesanan produk secara virtual menggambarkan cakupan yang luas mengenai teknologi informasi, proses dan praktek dalam transaksi bisnis online tanpa menggunakan alat transaksi manual. Dengan menggunakan pemesanan produk secara online, perusahaan dapat memasarkan suatu produk atau jasa kepada konsumen dengan jangkauan ke seluruh dunia, sehingga dari segi bisnis merupakan peluang yang baik untuk memperluas pasar produk atau jasa yang di tawarkan. Alat pengembangan yang digunakan peneliti, yaitu PHP dan Notepad++ sebagai aplikasi interface dan MySQL sebagai basis datanya. Metode pengembangan yang digunakan adalah system Development Life Cycle (SDLC) Waterfall. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk membuat dan menganalisa aplikasi sistem informasi penjualan dan pemesanan produk berbasis php dan mysql pada PT.Lixil Aluminium Indonesia, yang dapat menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen mengenai produk yang dijual dan proses dalam melakukan pemesanan produk.
ANIMASI 2D “PETUALANGAN RERE MENGENAL KEANEKARAGAMAN KEBUDAYAAN JAWA TENGAH” Nurul Husna; Moch. Arief Sutisna; Dora Bernadisman
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang ada dalam memperkenalkan kebudayaan yaitu kurangnya variasi dalam penyampaian atau dalam memperkenalkan kebudayaan terutama kepada anak-anak sehingga menimbulkan rasa bosan dan ketidakmauan anak-anak dalam mengenal kebudayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat animasi 2D sebagai media untuk menyampaikan dan memperkenalkan keanekaraman kebudayaan Jawa Tengah. Tahapan penelitian yang dilakukan oleh penulis sendiri adalah melakukan wawancara, studi pustaka dan kuisioner, untuk pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunaka metode System Waterfall (Suyanto, 2006). Hasil dari penelitian ini berupa animasi 2D petualangan Rere Mengenal Keanekaragaman Kebudayaan Jawa Tengah sebagai media untuk menyampaikan dan memperkenalkan kebudayaan Jawa Tengah.
SISTEM INFORMASI DESA BERBASIS WEB PADA DESA PANDANSARI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES Risun Risun; Moch. Arief Sutisna; Dora Bernadisman
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi Desa Berbasis WEB Pada Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes (Studi Kasus Di Desa Pandansari Paguyangan Brebes ). Skripsi.Jakarta: Program Sarjana Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Muhammadiyah Jakarta:2019. Media informasi desa saat ini sangat minim, sehingga informasi kemajuan dan layanan desa tidak dapat diakses oleh warganya dan masyarakat luas pada umumnya. Selain itu informasi potensi desa seperti obyek wisata, sumber alam yang ada tidak pernah terpublikasi. Dengan tidak terpublikasinya potensi desa, maka akan memberikan dampat tertutupnya peluang bisnis, kerjasama sampai pada peningkatan kualitas layanan bagi masyarakat. Tujuan penelitian memberikan solusi melalui pengkajian berbagai teori dengan teknik pengumpulan data berbentuk observasi dilapangan dalam rangka pengembangan Sistem Informasi Desa Berbasis WEB Pada Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Adapun metodologi yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah metoodologi waterfall dengan tahapan: analisis kebutuhan perangkat lunak, desain (perancangan), pembuatan kode program, pengujian, dan pendukung (pemeliharaan) Hasil pengembangan Sistem Informasi Desa Berbasis WEB Pada Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes adalah terpublikasikannya informasi tentang kemajuan, potensi dan layanan desa yang dapat diakses tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Sehingga terbukanya peluang kerjasama, investasi dan meningkatnya layanan bagi masayarakat pada umumnya dan warga Pandansari pada khususnya
APLIKASI JASA CUCI MOTOR DAN MOBIL DI PERUSAHAAN TONJONG STEAM MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL Setya Dias Adiprakasa; Moch. Arief Sutisna; Habibah Nurfauziah
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam bidang usaha cuci steam motor dan mobil pada perusahaan Tonjong ini masih belum dapat memanfaatkan perkembangan teknologi. Hal inilah yang menjadi masalah bagi bengkel cuci steam, dimana dalam proses pelayanannya kurang efektif dalam pembayaran di kasir, masih menggunakan metode transaksi yang manual, serta laporan penghasilan masih menggunakan catatan pada buku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi jasa cuci di perusahaan Tonjong Steam menggunakan PHP dan MySQL yang dapat mempermudah kegiatan transaksi pembayaran pada kasir dan proses pendataan data transaksi yang telah dilakukan di perusahaan cuci motor dan mobil Tonjong Steam. Penulis menggunakan metode Waterfall yang meliputi tahap analisa sistem, perancangan,desain interface dan implementasi, pengujian. dan pemeliharaan sistem. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah proses transaksi di kasir, mudah digunakan, simpel dan praktis untuk digunakan di tempat cuci motor dan mobil perusahaan Tonjong Steam
SISTEM INFORMASI MEDICAL REIMBURSEMENT PADA PT. PANGANSARI UTAMA BERBASIS WEB Yosi Kuswardana; Habibah Nurfauziah; Nina Meliana
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Pangansari Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industry catering dengan klien terbesarnya PT Freeport Indonesia. Dalam PT Pangansari Utama sendiri terdapat Program Kesehatan Penggantian Rawat Jalan atau yang biasa disebut “ Medical Reimbursement “. Tapi didalam pelaksanaan program tersebut masih terdapat kelemahan diantaranya over limit / batas rawat jalan karyawan yang diberikan setiap tahunnya, serta dalam hal pelaporan untuk identifikasi seberapa banyak karyawan dan keluarga yang sakit masih belum efektif dan efisien. Untuk itu aplikasi Medical Reimbursement ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Dreamweaver CS6 dan Xampp. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metodologi Waterfall, untuk pengumpulan data menggunakan observasi dan studi pustaka. Hasil yang dicapai adalah dapat mengantisipasi kelebihan limit / batas rawat jalan, karena itu mempengaruhi biaya dari perusahaan, lalu dapat mengefisiensi waktu dalam hal pelaporan yang akan dihasilkan. Tidak diperlukan lagi tempat penyimpanan dokumen, karena dokumen telah tersimpan di dalam database. Dalam Aplikasi Medical Reimbursement ini user dapat memberikan informasi sisa / batas rawat jalan kepada karyawan dengan akurat dan tepat serta informasi mengenai total biaya yang sudah dikeluarkan baik itu periode tahun, bulan atau pun mingguan
SISTEM INFORMASI HASIL BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH SUBANG Ai Nurfadillah; Putera Satria; Nina Meliana
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi adalah sistem yang menyediakan informasi berdasarkan olahan data yang diterima melalui input-proses-output kepada user. Informasi tersebut digunakan untuk membantu user dalam pengambilan keputusan. Sistem informasi juga merupakan sebuah kerangka dimana untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan maka perlu mengkoordinasikan antara sistem komputer dengan manusia. Oleh karena itu, untuk memudahkan penyimpanan nilai siswa, pegawai di SMP Muhammadiyah Subang harus memiliki aplikasi yang bersifat membantu meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja pegawai. Tujuan penelitian ini adalah membuat Sistem Informasi Hasil Belajar Siswa sebagai aplikasi yang mempermudah kinerja pengajar di SMP Muhammadiyah Subang. Penelitian ini dibuat dengan mengumpulkan data-data pada SMP Muhammadiyah Subang dengan metode wawancara dan studi litertur yang mendukung teori penyelesaian masalah serta Unified Modelling Language (UML) untuk perancangan perangkat lunaknya disertai dengan pengujian perangkat lunak. Tahap pembuatan program dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Personal Home Page (PHP) dengan SQL Server sebagai database. Setelah melalui beberapa tahap pengerjaan dari mulai penelitian sampai dengan implementasi, dihasilkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Hasil Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Subang yang sesuai dengan kebutuhan sekolah dan menjadi tujuan dari sekolah untuk menerapkan produktivitas dan efisiensi dari segi waktu.
SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU MTS AL FALAH CIKAUM SUBANG BERBASIS WEB Bambang Setiono; Habibah Nurfauziah; Nina Meliana
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, peranan dan pemanfaatan teknologi informasi menjadi penting, salah satunya dalam penerimaan siswa baru. Oleh sebab itu, dibutuhkan website yang dapat memberikan pelayanan kepada calon siswa dalam pendaftaran sekolah dengan sistem online. Metode pengumpulan data yang akan digunakan dalam pembuatan sistem informasi pendaftaran siswa baru pada MTS Al Falah Cikaum adalah observasi, studi pustaka, dan wawancara, sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database-nya. Desain sistem yang akan dibangun menggunakan Sublime Text. Metodologi pengembangan perangkat lunak yang di gunakan dalam pembuatan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru di MTS Al Falah Cikaum adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis web yang memiliki kemampuan memberikan kemudahan bagi calon siswa, panitia penerimaan siswa baru dan juga orang tua siswa dalam melakukan proses pendaftaran di MTS Al Falah Cikaum.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SURAT PADA STMIK MUHAMMADIYAH JAKARTA Fitri Anggraini; Suyanto Suyanto; Habibah Nurfauziah
Jurnal Visualika Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Visualika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi Manajemen surat menyurat pada STMIK Muhammadiyah Jakarta selama ini masih menggunakan pendekatan konvensial, sehingga sering mengalami kendala seperti hilangnya surat, sulit untuk mengola dan mencari data yang lama karena banyaknya jumlah surat, sering tidak sampainya surat kepada yang ditujukan dan kurang efektif dan efisien karena memakan waktu, tenaga, dan biaya. Melihat kondisi diatas, penulis bermaksud melakukan penelitian yang bertujuan untuk membantu pihak manajemen kampus dalam menyelesaikan permasalahan surat menyurat dalam bentuk pembangunan sebuah Sistem Informasi Manajemen Surat Menyurat. Untuk metodologi penelitian yaitu dengan cara wawancara dan studi Pustaka dan dikembangkan menggunakan bahasa PHP dan database MySQL; metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah Waterfall dengan tahapan: Requirement Analysis, System Design, Implementation, Verification, Operation & Maintenance. Hasil dari penelitian ini dapat mempermudah sistem surat menyurat dan meminimalisasi kesulitan pengolahan data surat sehingga sistem surat menyurat menjadi rapih, teratur, dan terkompeterisasi.