cover
Contact Name
Nur Rachma
Contact Email
jurnalsibernetika@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsibernetika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Klp. Dua Wetan No.17, RT.3/RW.4, Klp. Dua Wetan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13730
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Sibernetika
ISSN : 2355326X     EISSN : 27455831     DOI : -
Jurnal SIBERNETIKA merupakan ruang diskursus pemikiran para akademisi, peneliti, dosen, praktisi dan juga mahasiwa Teknik Informartika. Jurnal SiBERNETIKA terbit pertama kali pada bulan April 2016. Dalam rentang waktu tersebut Jurnal SiBERNETIKA telah mengalami serangkaian perubahan kearah penyempurnaan sampai saat ini. Mulai tahun 2019 jurnal SIBERNETIKA terbit dalam versi cetak dan elektronik di www.jurnas.stmikmj.ac.id
Articles 85 Documents
SISTEM INFORMASI UJIAN MANDIRI BERBASIS DEDICATED SERVER PADA SMKS KERABAT KITA BUMIAYU Mohammad Defirda Irfanda; Moch. Arief Sutisna; Nur Rachma
Jurnal Sibernetika Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Sibernetika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMKS Kerabat Kita adalah Sekolah yang memiliki fasilitas yang sangat memadai namun tidak dimanfaatkan dengan baik dalam hal teknologi. Kegiatan akademik yang ada masih menggunakan manual, seperti halnya dalam penyebaran dan pengolahan data atau infornasi serta kegiatan ujian yang masih menggunakan kertas. Berdasarkan kondisi diatas, penulis bermaksud melakukan penelitian yang bertujuan memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut melalui pengkajian berbagai teori yang relevan dengan teknik observasi dan wawancara. Penulis mengusulkan solusi dengan pendekatan SDLC yang terdiri dari: perencanaan, analisis, desain, implementasi dan pengujian, pemeliharaan. Hasil pengembangan sistem ini mampu memperbaiki sistem sekolah yang belum efisien. Sesuai dengan hasil pengujian menggunakan metode blackbox, kasus dan hasil uji coba dilakukan dengan sukses dan secara fungsional dapat mengahasilkan output yang diharapkan dalam segi pengguna dan user yang terdapat didalam sistem ini.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMELIHARAAN GEDUNG BERBASIS WEB PADA PT. DANAYASA ARTHATAMA, TBK Mohamad Fajar; Suyanto Suyanto; Frandika Septa
Jurnal Sibernetika Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Sibernetika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi ini dapat mempermudah pengelolaan pemeliharaan gedung dan terciptanya manajemen pemeliharaan gedung yang terintegrasi dengan baik. Pada aplikasi ini juga menyajikan beberapa informasi tentang pemeliharaan gedung mulai dari data gedung, lokasi gedung, hingga transaksi dengan informasi yang valid dan akurat secara online melalui jaringan internet sehingga mampu membantu proses inventarisasi dan pengendalian pemeliharaan seperti pengusulan perbaikan gedung, perawatan pemeliharaan gedung, mutasi gedung dan penyusutan nilai harga jual gedung. Fitur yang ada akan dibuat sesuai dengan permintaan user dan menjadi satu kesatuan system. Pada aplikasi ini penulis mengunakan metodologi Systems Development Life Cycle (SDLC) model waterfall. Setelah melalui beberapa tahap pengerjaan dari mulai peneitian sampai dengan implementasi maka dihasilkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pemeliharaan Gedung Berbasis Web yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan dan menjadi tujuan dari perusahaan untuk menerapkan efisiensi dari segi waktu, biaya dan tenaga serta meminimalisir kesalahan yang berdampak pada kinerja sumber daya manusia yang dimiliki.
APLIKASI E-TIKETING BUS PO. HARYANTO PADA AGEN BUS AYU Muhamad Taufik Muthohar; Bambang Judi Bagiono; Bachdi Ruswana
Jurnal Sibernetika Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Sibernetika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Agen bus Ayu adalah salah satu agen bus yang pengelolaan data dan sistem informasi pemesanan dan pembayarannya masih manual. Dalam menjalani fungsi sebagai pengelolaan sistem informasi yang cepat, tepat, akurat dan seefektif mungkin, masalah yang sering terjadi pada agen bus Ayu adalah lamanya melakukan pembayaran, duplikasi data karena proses pendataan masih menggunakan media kertas yang banyak untuk menyimpan data, data mudah hilang, memerlukan waktu yang lama dalam membuat laporan. Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang terkomputerisasi agar dapat mempermudah pengolahan data yang sedemikian banyak dan rumit dengan cepat dan akurat. Sering adanya kesalah pahaman antara pihak customer dengan pengurus agen bus Ayu dalam urusan pemesanan dan pembayaran tiket bus, diperlukan penelitian perancangan sistem pemesanan dan pembayaran tiket bus berbasis komputerisasi. Tujuan penelitian adalah agar tersedianya sistem informasi pemesanan dan pembayaran tiket mudah diakses secara online, dan tidak lagi menggunakan sistem manual. Sehingga pelayanan kepada customer dapat di proses lebih mudah,cepat dan akurat. Perancangan pengembangan system menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan: Analisa kebutuhan dan definisi, rancangan aplikasi dan perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit, integrasi dan pengujian aplikasi, serta perawatan.
APLIKASI EDUKASI PAKAIAN ADAT INDONESIA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID Rangga Hidayatullah; Faiz Rafdhi; Hidayat Hidayat
Jurnal Sibernetika Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Sibernetika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kondisi geografis yang sangat luas. Hal tersebut menjadikan Indonesia memiliki kebudayaan yang beranekaragam, salah satunya adalah pakaian adat. Hampir tiap provinsi di Indonesia memiliki pakaian adatnya masing-masing. Materi pakaian adat Indonesia diajarkan pada kelas 4 - 5 SD (menurut kurikulum tahun 2013). Penulis mendapat fakta bahwa hanya sedikit anak anak yang tertarik dengan pakaian adat Indonesia karena media pembelajaran yang digunakan masih minim dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan pakaian adat Indonesia dengan cara yang lebih menarik dan inovatif sehingga menambah minat belajar anak-anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan studi pustaka untuk mendapatkan data mengenai cara belajar dan gaya materi yang disukai oleh anak. Selanjutnya, aplikasi dibuat menggunakan metodologi MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasilnya yaitu aplikasi edukasi pakaian adat Indonesia dengan teknologi augmented reality sebagai variasi media pembelajaran baru untuk anak. Dimana berdasarkan pengujian beta, aplikasi ini cocok untuk anak (khususnya SD) dan bisa meningkatkan minat anak dalam mempelajari pakaian adat daerah di Indonesia.
APLIKASI KAMUS ALQURAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO Sampurna Jaya; Moch. Arief Sutisna; Rendy Yudha Wisudya
Jurnal Sibernetika Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Sibernetika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi Kamus AlQuran Berbasis Android menggunakan Android Studio. Program S1 Teknik Informatika STMIK Muhammadiyah Jakarta. 2018. Aplikasi Kamus Al Quran Berbasis Android adalah sebuah aplikasi yang diciptakan untuk mempermudah memahami ayat-ayat AlQuran yang terkandung didalamnya dengan mencari kata atau ayat yang ingin diterjemahkan. Selama ini belum kita temui aplikasi serupa berbasis android. Sehingga untuk mengetahui dan memahami ayat-ayat Al Quran, kita harus membawa mushaf terjemah ataupun AlQuran digital dan mencarinya secara manual. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari 5 tahapan dalam perangkat lunak. Adapun tahapan tersebut ialah analisis, desain, pengujian, implementasi dan perawatan. Pengumpulan data untuk memenuhi kebutuhan informasi menggunakan metode studi pustaka yang terdiri dari mushaf AlQuran dan terjemah dan beberapa buku lainnya serta melalui web yang terkait. Aplikasi Kamus AlQuran Berbasis Android dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mencari istilah atau arti kata dalam ayat AlQuran sehingga dapat dengan mudah mengetahui dan memahami isi AlQuran.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN EXPEDISI BERBASIS WEB PADA PT UBJ LOGISTICS Triyono Triyono; Hermin Susilo; Putera Satria
Jurnal Sibernetika Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Sibernetika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jasa pengiriman barang merupakan bisnis yang menjanjikan sehingga banyak perusahaan-perusahaan baru seperti PT.UBJ Logistics membuka usaha jasa pengiriman barang yang mampu membuat kepuasan dan pelayanan untuk pelanggan. Tidak hanya itu, perusahaan ingin kepuasan dan pelayanan bagi karyawan sendiri, yang dapat bekerja secara terstuktur dan tidak banyak kesalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan sebuah sistem informasi manajemen expedisi berbasis web dengan memanfaatkan bahasa pemprograman PhpMySQL dan Bootstraps. Metode pengumpulan dan pengembangan data yang didapat dengan melakukan wawancara kepada pimpinan dan karyawan perusahaan. Metodologi pengembagan sistem informasi manajemen expedisi berbasis web pada penelitian adalah waterfall dengan tahapan, analisa kebutuhan, perancangan, penulisan kode program, pengujian program dan penerapan program serta pemeliharaan. Hasil pembangunan sistem informasi manajemen expedisi berbasis web pada PT. UBJ Logistics dapat meminimalisir permasalahan yang ada serta melalui Sistem yang dikembangkan mampu menghasilkan laporan cepat dan transparan, serta memudahkan pencarian data
APLIKASI SISTEM PEMBAYARAN MENGGUNAKAN DOMPET ELEKTRONIK (M-PAY) BERBASIS ANDROID DI TOKO IRSYAD Syukron Rizqi Ardhi; Bambang Subana; Warno Warno
Jurnal Sibernetika Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Sibernetika
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi Sistem Pembayaran Menggunakan Dompet Elektronik (M-Pay) Berbasis Mobile di Toko Irsyad. Mobile wallet merupakan suatu bentuk alternatif pembayaran terbaru yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai jenis transaksi, baik itu pembayaran, pembelian barang atau jasa, transfer dan layanan lainnya melalui ponsel layaknya seperti sebuah dompet yang menyimpan uang. Seperti halnya kartu kredit, ponsel dapat berfungsi seperti halnya penyedia uang yang siap untuk digunakan dengan cara yang mudah, cepat, dan aman. Sistem pembayaran menggunakan e-wallet berbasis mobile ini dibangun dengan menggunakan framework javascript React Native sehingga aplikasi ini dapat berjalan pada platform Android dan iOS dimana dua platform itulah yang paing banyak penggunanya dan metodologi yang digunakan yaitu water fall. Pembuatan aplikasi ini berawal dari design sampai dengan testing secara berurutan dan jika salah satu proses ada yang gagal maka harus mengulang kembali ke proses sebelumnya. Setelah melalui beberapa tahap pengerjaan dari mulai penelitian sampai dengan implementasi maka dihasilkan sebuah aplikasi sistem pembayaran menggunakan dompet elektronik berbasis android yang dapat memudahkan transaksi jual beli.
PERANCANGAN SISTEM UJIAN ONLINE BERBASIS WEB DI SMP NEGERI 01 CIKARANG SELATAN Alvin Mahendra Kosa; Moch. Arief Sutisna; Himawan Dwiatmodjo
Jurnal Sibernetika Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal SIBERNETIKA
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ujian merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan seseorang. Pelaksanaan ujian dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan seseorang atau peserta didik. Semakin berkembangnya zaman semakin canggih teknologi atau metode pengajaran yang dilakukan, salah satunya dengan cara ujian online berbasis web. Dengan ujian secara online kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli kertas dan menghabiskan tinta untuk print. Melihat kondisi diatas, penulis bermaksud melakukan penelitian yang bertujuan memberikan solusi melalui pengkajian berbagai teori dan observasi dilapangan dalam rangka perancangan sistem ujian online berbasis web. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) dengan model proses Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan menggunakan mysql sebagai databasenya. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi yang dapat mempercepat proses ujian harian hingga 50%. Semula seluruh proses dapat menghabiskan waktu selama 90 menit untuk ujian harian. Dengan adanya aplikasi ini menjadi hanya 30-45 menit untuk pengerjaan ujian yang mana mencakup proses penilaian dan penginputan data.
SISTEM INFORMASI PEMESANAN DAN PENJADWALAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEB PADA JB FUTSAL CIKARANG Kiko Alfianto; Adie Kusna Wibowo; Ria Rosalina
Jurnal Sibernetika Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal SIBERNETIKA
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Futsal adalah oahraga bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing – masing beranggota 5 orang pemain. Tujuan olahraga futsal adalah memasukkan bola ke gawang lawan dengan menggunakan kaki, kepala, dan anggota tubuh lainnya kecuali tangan. Futsal merupakan olahraga yang sangat popular khusunya dikalangan masyarakat Indonesia dan digemari hampir di semua kalangan usia, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa. Melihat kenyataan itu banyak sekali pengusaha yang membuka usaha penyewaan lapangan futsal khususnya di kabupaten Bekasi.Tujuan dari penelitian ini memberikan solusi melalui pengkajian beberapa teori dan observasi dilapangan dalam rangka perancangan sistem informasi pemesanan dan penjadwalan lapangan futsal berbasis web pada JB Futsal Cikarang Baru. Metodologi pengembangan aplikasi yang penulis gunakan adalah metode SDLC (System Develop Life Cycle) dengan model proses waterfall sampai tahap pengujian. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Sublime Text dengan menggunakan mysql sebagai databasenya. Hasil dari penelitian adalah terciptanya sebuah aplikasi yang dapat memudahkan para pelanggan yang ingin menyewa lapangan futsal tanpa harus datang ke tempat lapangan futsal terlebih dahulu dan juga pelanggan dapat melihat jadwal langsung dengan mengakses website tersebut.
SISTEM INFORMASI UJIAN ONLINE BERBASIS WEB DI STMIK MUHAMMADIYAH JAKARTA Kurnia Kurnia; Tarisno Amijoyo
Jurnal Sibernetika Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal SIBERNETIKA
Publisher : STMIK Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi sudah merambah keberbagai sektor kehidupan baik ekonomi, sosial maupun pendidikan. Salah satu sistem informasi yang dapat dikembangkan di sektor pendidikan adalah ujian sekolah online. Keunggulan ujian sekolah secara online adalah dapat diakses dimanapun selama mempunyai sambungan internet. Selain itu penerapan ujian secara online juga dapat meminimalisir pengeluaran anggaran sekolah untuk keperluan ujian. Selama ini banyak sekolah yang belum menerapkan sistem ujian secara online, salah satunya di STMIK Muhammadiyah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk perancangan sistem informasi ujian online berbasis web di STMIK Muhammadiyah Jakarta. Adapun metode pengembangan sistem yang penulis gunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) dengan model proses Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan menggunakan MYSQL sebagai databasenya. Hasil dari penelitian adalah menghasilkan aplikasi ujian online berbasis web yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa di STMIK Muhammadiyah Jakarta, hingga yang semula harus menghabiskan biaya yang lumayan besar untuk persiapan ujian menjadi berkurang.