cover
Contact Name
Teguh Arie Sandy
Contact Email
penjualide@gmail.com
Phone
+6285232777747
Journal Mail Official
jira@ahlimedia.com
Editorial Address
Jln. Ki Ageng Gribig, Gang Kaserin MU No.36 Malang 65138
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Published by Ahlimedia Press
ISSN : 27456056     EISSN : 27457036     DOI : https://doi.org/10.47387/jira.v1i1
JIRA merupakan Jurnal dengan lingkup Kegiatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, Pengembangan Media Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Terkini. Mendapatkan naskah penelitian bidang Pendidikan, terkait dengan: - Penelitian Tindakan Kelas & Lesson Study - Riset Kualitatif dan Kuantitatif - Studi Pendidikan dan Studi Literasi - Pengembangan Media Pembelajaran - Pemanfaatan TIK & Teknologi Terkini
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 8 (2021)" : 17 Documents clear
Penerapan Teknik Discovery Learning untuk Meningkatkan Activity serta Perolehan dari Pembelajaran Matematika Siswa SMA Mr. Yusril
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 8 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i8.209

Abstract

Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) merupakan suatu teknik dalam pengajaran dengan berbagai macam cara supaya anak mendapatkan pengetahuan yang lebih dari sebelumnya, yang mulanya belum mengetahuinya, hal tersebut tidak melewati pemberitahuan, beberapa maupun keseluruhannya dapat ditemukan dengan sendirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami penerapan teknik discovery learning yang mampu menaikkan activity serta perolehan dari pembelajaran Matematika dengan materi Data Berdistribusi Normal pada siswa kelas XII  jurusan IPA di SMAN 2 Mukomuko tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian yang menggunakan tindakan di kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan di kelas XII IPA SMAN 2 Mukomuko yang dilakukan pada bulan Januari hingga Maret 2020. Perolehan dari penelitian ini menggambarkan bahwa dengan penerapan teknik discovery learning bisa menaikkan activity serta perolehan dari pembelajaran matematika materi Data berdistribusi normal  kelas XII IPA SMAN 2 Mukomuko Tahun Pembelajaran 2019/2020. Hal tersebut  ditunjukan dengan 1) apabila setiap mata pembelajaran meningkat sebelum activity pelajar, 29% akan diambil hanya sekali di kelas, pada siklus I persentase activity pelajar meningkat menjadi 66% dalam kategori cukup, serta prosesnya akan berlangsung pada siklus II. Meningkat menjadi 84.% Baik di kelas yang baik. 2) Perolehan dari pembelajaran meningkat karena peningkatan perolehan dari pembelajaran pelajar pada fase pra sesi Siklus I serta Siklus II. Sebelum pengujian yang dilakukan, ditemukan 30 pelajar memiliki skor 21 atau 75% di bawah KKM 65, 7 atau 25% di atas KKM 65, serta skor rata-rata 61,94. Selain itu, pada siklus I 30 pelajar, 60% dari 18 pelajar atau anak memperoleh skor di bawah KKM 75, serta 12 pelajar atau 40% melebihi KKM 75 dengan skor rata-rata 70,69. Ada data, 30 siswa pada data yang diperoleh merupakan 5 pelajar atau 17% memiliki skor kurang dari 75 serta 25 pelajar atau 83% memiliki skor rata-rata 76,38 yang melebihi KKM 75.
Pemanfaatan Media Pesan Suara untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris di Masa Pandemi Khusniati Ningsih
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 8 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i8.200

Abstract

Keterampilan berbicara (speaking skil) merupakan suatu proses komunikasi untuk menyampaikan pikiran, gagasan dan pesan kepada orang lain secara lisan menurut kriteria tertentu sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Keterampilan berbicara bermanfaat dalam melakukan interaksi komunikasi antara guru dan peserta didik. Dalam konteks kelas Bahasa Inggris tentunya keterampilan berbicara mempunyai nilai, tujuan dan kepentingan yang berbeda daripada sekedar berbicara pada umumnya. Selama ini keterampilan berbicara dilakukan oleh peserta didik melalui diskusi dan kemudian dilanjutkan presentasi di depan kelas. Akan tetapi kegiatan seperti ini tidak lagi bisa dilakukan di masa pandemi yang memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh. Karena disamping kendala rendahnya rasa percaya diri peserta didik juga adanya hambatan teknis seperti kondisi jaringan dan koneksi yang tidak stabil, dan minimnya kuota yang dimiliki peserta didik. Berangkat dari kondisi inilah, guru hendaknya bisa menyelenggarakan pembelajaran yang kreatif inovatif dan relevan dengan tuntutan pembelajaran abad 21. Dalam hal ini peneliti memilih pesan suara pada aplikasi Whatsapp dan Microsoft Teams sebagai salah satu solusi pembelajaran bercitarasa abad 21 dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Sebagai Instrumen penilaian keterampilan berbicara mengacu pada Assessing Speaking H. Douglas Brown mencakup 6 kriteria yaitu grammar, vocabulary, fluency, comprehension, pronunciation , dan task. Setelah penerapan terjadi peningkatan ketrampilan berbicara. Peserta didik yang aktif berbicara bertambah jumlahnya. Peserta didik juga ada peningkatan rasa percaya diri meski kadang masih terdengar canggung dan malu-malu. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai speaking skill. Kondisi awal sebelum menggunakan media pesan suara, hanya 6 peserta didik (16,67%) saja yang berhasil tuntas dari sebanyak 36 peserta didik. Pada siklus I menggunakan pesan suara hanya 13 (36,11%) peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar. Kemudian meningkat pada siklus berikutnya yaitu sebanyak 28 (77,78%) peserta didik yang berhasil mencapai ketuntasan belajar. Terakhir pada siklus III terdapat 33 ( 91,67%) peserta didik yang berhasil menuntaskan KKM, dan hanya 3 peserta didik saja atau 0,08% yang belum berhasil tuntas.
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Portal Rumah Belajar untuk Siswa SD Mrs. Supriyatni
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 8 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i8.218

Abstract

SD Negeri 6 Lubuk Besar merupakan sekolah dasar yang berlokasi di Kabupaten Bangka Tengah. Keberadaan sekolah ini berada pada wilayah kecamatan  mayoritas peserta didiknya berasal dari masyarakat desa di sekitar wilayah sekolah berada. Masyarakat desanya pun memiliki mata pencaharian yang homogen karena  mayoritas orang tua dari peserta didik bermata pencaharian sebagai nelayan,pekebun dan penambang timah konvensional. Selain struktur mata pencaharian yang homogen, rata-rata latar belakang pendidikan orang tua dari peserta didik di SDN 6 Lubuk Besar adalah tamatan SD dan SMP. Kondisi ini membawa pengaruh kepada motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik yang cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi bagi siswa SDN 6 Lubuk Besar dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom berbasis Portal Rumah Belajar. Melalui inovasi dalam model pembelajaran di kelas diharapkan peserta didik di SDN  6 Lubuk Besar tumbuh motivasi belajarnya yang kemudian akan berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik khususnya untuk mata pelajaran IPA.
Keterlibatan Orang Tua pada Pemilihan Jurusan Perguruan Tinggi Siswa SMA Mrs. Listiowatty
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 8 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i8.205

Abstract

Orang tua adalah figur yang sangat berpengaruh bagi anak. Keterlibatan orang tua merupakan cara orang tua untuk memastikan kehidupan anak-anaknya berada dalam kondisi terbaik. Keterlibatan yang dilakukan salah satunya adalah ikut memberi arahan ataupun mengambil keputusan dalam pemilihan jurusan perguruan tinggi anaknya yang berada di kelas XII SMA. Keterlibatan yang positif dari orang tua akan membawa dampak yang baik bagi jiwa anak untuk siap menjalani tahapan pendidikannya. Namun keterlibatan negatif yang kerap kurang disadari, dapat membuat anak merasa tidak nyaman dengan banyaknya tuntutan untuk melakukan segala sesuatu demi terpenuhinya harapan orang tua, terutama dalam pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan studi kasus kepada 39 siswa XII SMA MIPA dan IPS. Data didapat melalui angket yang diedarkan pada bulan Juli 2021, setelah masa kelulusan sekolah. Dari data yang ada ditemukan masih ada pilihan jurusan yang bukan semata berdasarkan minat, bakat dan kemampuan, tapi merupakan pilihan orang tua. Untuk itu perlu upaya pemahaman tentang perkembangan anak secara utuh kepada para orang tua. Diharapkan pengetahuan dan pemahaman itu akan membuat orang tua lebih bijaksana dalam keterlibatannya untuk mengarahkan pilihan jurusan bagi anak-anaknya.
Paparan Best Practice Implementasi Pemanfaatan TIK dan Teknologi Terkini untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Mr. Kaharudin
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 8 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i8.210

Abstract

Artikel Best Practise ini kami susun untuk mengkomunikasikan pengalaman kami sebagai guru dalam memberikan layanan pembelajaran on-line kepada siswa selama masa pandemic covid-19. Kami menggunakan tehnik penelusuran dokumentasi dan Pustaka dengan metode Analisa kualitatif untuk mendukung paparan data yang dibutuhkan, dengan harapan validitas evidence terpenuhi dengan baik. Pandemi Covid-19 telah berdampak luas pada dunia Pendidikan secara global. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis Android pada realitas dunia industry telah mengalami kemajuan yang pesat. Dampak revolusi industry 4.0 dan Pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku masyarakat khususnya dalam dunia Pendidikan, dengan cepat mengubah metode Pendidikan dari system tatap muka konvensional menjadi pembelajaran berbasis teknologi on-line. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam menyikapi bahaya penyebaran wabah pandemic Covid-19 di kalangan dunia Pendidikan memberlakukan kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) dan akun belajar bagi siswa, pendidik dan admin sekolah telah diluncurkan untuk mendukungnya. Konsekuensi dari kebijakan BDR adalah penyediaan layanan pembelajaran on-line. Perubahan yang sangat cepat ini menuntut kesiapan pendidik dan peserta didik untuk mengadaptasi dan memanfaatkan ICT dan Teknologi (gadget) terkini. Berikut pemaparan pembahasan penggunaan aplikasi LMS di sekolah kami pada tahun ajaran 2020/2021.
Model ASSURE dan Media Infografis pada Desain Pembelajaran Sosiologi di Masa Pandemi Covid-19 Mrs. Mulyani; Mr. Asmendri
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 8 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i8.201

Abstract

Sosiologi merupakan ilmu yang erat kaitannya dengan mmanusia, proses hubungan manusia serta budayanya. Sejak pandemic covid-19, pembelajaran sosiologi mengalami ruang gerak yang sempit. Guru selaku pendidik perlu mendesain pembelajaran sedemikian rupa sehingga pembelajaran tetap dapat dilaksanakan dengan baik. Desain pembelajaran merupakan scenario yang tersusun secara sistematis sesuai dengan alur yang harus diikuti. Dalam mendesain pembelajaran guru perlu memperhatikan model dan media yang tepat. Model ASSURE merupakan model pembelajaran yang simple, logis dan inovatif. Dalam penerapannya guru perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 1) analisis peserta didik, 2) penetapan tujuan, 3) memilih metode, media dan bahan ajar, 4) menggunakan metode, media dan bahan ajar, 5) melibatkan peserta didik, dan 5) melakukan evaluasi dan revisi. Selain model, juga perlu memperhatikan media pembelajaran yang tepat. Media infografis merupakan media visual dengan tampilan teks dan gambar yang dapat membantu mempermudah peserta didik dalam memahami materi, mengingat dan mengambil keputusan. Kolaborasi model ASSURE dan media infografis cocok digunakan dalam pembelajaran sosiologi saat pandemic covid-19.
Pemanfaatan Media Lagu “A4” untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar PAI Materi Asmaulhusna pada Siswa Sekolah Dasar Mrs. Wahyuni
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 8 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i8.219

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya pemahaman peserta didik terhadap makna Allah al-Aḥad dan Allah al-Wahhāb. Dari 35 peserta didik, 8 yang nilainya di atas KKM, 4 yang mencapai KKM, dan 23 yang di bawah KKM. Melihat latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas guna meningkatkan pemahaman peserta didik tentang makna Allah al-Aḥad dan Allah al-Wahhāb dengan memanfaatkan media lagu “Allah al-Aḥad dan Allah al-Wahhāb (A4)”. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, yang keduanya meliputi 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan hasil evaluasi yang dilakukan mulai dari pra siklus, siklus I, sampai dengan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Pada pra siklus menghasilkan nilai rata-rata 67,57, kemudian siklus I menghasilkan nilai rata-rata 78, sedangkan pada siklus II menghasilkan nilai rata-rata 89,29. Adapun persentase kenaikan ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 91,63%, dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 52,19%, dan kenaikan dari pra siklus ke siklus II sebesar 191,63%. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media lagu “A4” dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran PAI materi Allah Maha Esa dan Allah Maha Pemberi pada kelas III SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya Tahun Pelajaran 2020/2021.
Pemanfaatan Media Permainan Ular Tangga Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Florentina Endang Suparniyatun
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 8 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i8.206

Abstract

Pemilihan media yang kurang tepat sering dialami oleh guru, sehingga berdampak pada prestasi siswa. Selain harus jeli terhadap lingkungan siswa belajar, guru juga harus memiliki keterampilan tertentu dalam menyediakan media pembelajaran. Seringkali guru melihat jauh yang belum tentu menemukan apa yang dibutuhkan. Untuk itu penulis mencoba memanfaatkan permainan tradisional yang kemudian dijadikan media pembelajaran, yaitu permainan Ular Tangga. Penulis menamai media permainan Ular Tangga Pembelajaran Sejarah. Penelitian ini memakai metode Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan media permainan Ular Tangga Pembelajaran Sejarah mampu meningkatkan prestasi siswa. Partisipan penelitian ini adalah 32 siswa pada kelas X-Program Ilmu-Ilmu Sosial pada SMA Negeri 1 Nekamese Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada materi “perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia masa Hindhu-Budha”. Tingkat keberhasilan pra siklus adalah 59,38% dan pada siklus I adalah 75,00% mengalami kenaikan 15,62%. Pembelajaran pada siklus II tingkat keberhasilan mencapai 87,50. Jika dibandingkan keberhasilan pada siklus I, terdapat peningkatan sebesar 12,50 di siklus II. Dengan demikian media permainan Ular Tangga Pembelajaran Sejarah mampu dan terbukti meningkatkan prestasi siswa.
Peningkatan Kompetensi Belajar Siswa Melalui Strategi Kolaborasi Komunitas dengan Pemanfaatkan Aplikasi Google Meet untuk Pembelajaran Daring yang Interaktif dan Komunikatif Lini Yulliyanti
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 8 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i8.211

Abstract

Tujuan pelaksanaan best practice ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa SD Negeri 2 Danyang pada masa pandemi Covid-19 melalui aktivitas kolaborasi komunitas orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring yang interaktif dan komunikatif menggunakan aplikasi Google Meet. Best practice dilaksanakan di SD Negeri 2 Danyang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Subyek belajar adalah siswa kelas V yang pada semester I tahun pelajaran 2021/2022 ini berjumlah 51 anak yang dibagi menjadi 2 kelompok belajar daring. Strategi pemecahan masalah dalam best practice ini dilakukan dengan cara berkolaborasi bersama komunitas orangtua siswa dengan memanfaatkan aplikasi Google Meet, guna melaksanakan interaksi pembelajaran secara live yang lebih komunikatif. Dampak dan capaian hasil dari best practice ini mampu meningkatkan kompetensi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Danyang ditengah kebijakan PPKM karena pandemi Covid-19. Sebelum guru melaksanakan best practice, banyak keluhan orangtua siswa terhadap proses belajar anak yang akhirnya menjadikan capaian hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan kelas sebesar 67,3%. Setelah guru melaksanakan praktik pembelajaran dengan strategi memanfaatkan kolaborasi komunitas orangtua siswa menggunakan aplikasi Google Meet, capaian hasil belajar siswa meningkat hingga ketuntasan kelas mencapai 86,3%.
Pembelajaran Daring di SMA Negeri 1 Karanganyar di Masa Pandemi Covid-19 Tri Purwanti
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 8 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i8.202

Abstract

Fokus penelitan ini ,bagaimana Pembelajaran Daring di SMA Negeri 1 Karanganyar. Dengan focus utamanya adalah kesiapan guru dalam mengajar beserta kesiapan siswa dalam menerima materi pelajaran,juga kendala yang dihadapinya. Metode penelitian kuantitatif yang dipilih oleh peneliti, dengan studi kasus jenis penelitiannya, dengan memanfaatkan sumber data dari beberapa guru dan siswa. Observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi dalam teknik pengumpulan datanya. Peneliti melakukan analisis data dengan triangulasi.Dalam Pembelajaran daring Di SMA Negeri 1 Karanganyar , dilakukan sesuai jadwal, sehingga tidak ada siswa yang mengikuti lebih dari 1 pelajaran pada saat bersamaan.Pembelajaran daring dilakukan dengan banyak hambatan dari guru maupun dari siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 17