cover
Contact Name
Singgih Subiyantoro
Contact Email
singgihsubiyantoro@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
singgihsubiyantoro@yahoo.com
Editorial Address
Pascasarjana Kependidikan UNS lantai 2
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 25410261     EISSN : 27459969     DOI : https://doi.org/10.32585/
Core Subject : Education,
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia cabang Surakarta (IPTPI Surakarta). Edudikara terbit berkala per 3 bulan sekali, yakni Maret, Juni, September, dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 3 (2021): September" : 12 Documents clear
Model Desain Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Agus Hadi Utama
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 3 (2021): September
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v6i3.244

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan inklusif di Indonesia, contohnya di Kota Banjarmasin belum berjalan maksimal, karena beberapa persyaratan standar penyelenggaraan pendidikan inklusif tidak dipenuhi. Oleh sebab itu, pengembangan model desain penyelenggaraan pendidikan inklusif menjadi lebih penting agar bisa digunakan secara seragam untuk melihat keberhasilan implementasi pendidikan inklusif di Indonesia. Model desain penyelenggaraan pendidikan inklusif terdiri dari 6 standar, yaitu: sistem rekrutment ABK, sistem rekrutment GPK, modifikasi kurikulum dan evaluasi pembelajarannya, aksesbilitas dan sarana-prasarananya, pendanaan/pembiyaan, dan peran komite sekolah. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D) untuk menciptakan suatu model desain penyelenggaraan pendidikan inklusif yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan amanah konstitusi Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Model desain penyelenggaraan pendidikan inklusif yang terdiri dari 6 standar ini nantinya dapat menjadi bahan rekomendasi kepada sekolah dan komite sekolah dalam menyiapkan prosedur standar operasional (SOP).
Pembelajaran SOLE dalam Membangun Keefektifan Belajar pada Peserta Didik Aura Fariha
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 3 (2021): September
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v6i3.245

Abstract

The purpose of this paper is to build the effectiveness of learning in students through the SOLE (Self Organizing Learning Environment) learning model. During the Covid-19 pandemic, the learning concept system was changed to online (Online) to keep the learning process running and conveyed to students optimally. Through online learning (Online) or BDR (Learning from Home) or PJJ (Distance Learning) students can still access learning perfectly and achieve competency indicators. Many parents face obstacles in online learning due to independence in children (students) and in participating in online learning (Online). The solution obtained from this analysis is to embed the SOLE (Self Organizing Learning Environment) learning model which emphasizes the independence of each student. This SOLE learning model has a goal in forming competencies (skills) in students, including 1. Critical thinking 2. Problem solving ability 3. Communication skills, and in the SOLE learning model there are three stages of learning activities: 1. Questions 2. Investigation 3. Reviewing the three stages of the activity can create the effectiveness of students in receiving the material. By embedding learning the SOLE (Self Organizing Learning Environment) model is very helpful in the learning process from home (Online) students have the main role to be active in every learning and instill an independent attitude and learning effectiveness in students.
Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Haifa Amalia Sholiha
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 3 (2021): September
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v6i3.246

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penerapan metode discovery learning keterampilan menulis puisi peserta didik. Pembelajaran adalah salah satu cara pendidikan dalam upayanya untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik. Potensi tersebut ditingkatkan menjadi kepandaian yang berkompeten, baik dari bidang sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Metode discovery learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis. Menulis puisi adalah salah satu kreativitas di bidang sastra yang mencerminkan hasil pengalaman, pengetahuan, dan perasaan penyairnya yang dibentuk menjadi sebuah puisi. Pembelajaran tentang menulis puisi terdapat pada materi siswa kelas X Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar 4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
Penggunaan Media Seesaw Class pada Kegiatan Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19 Anik Twiningsih
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 3 (2021): September
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v6i3.247

Abstract

The objective of the study is to describe the effectiveness of the media seesaw class in learning from home based in networks (online). This study applied descriptive qualitative research. Data collection techniques used were through interviews, observation, documentation and online portfolios. The subjects of this study were 3rd grade students of SD Negeri Laweyan, Surakarta. The results of this study prove that the media seesaw class has a positive impact on learning from home for students during the Covid-19 pandemic. This is shown by the various seesaw class features that make it easier for teachers and students to learn from home during the Covid-19 pandemic. The seesaw class application that can be accessed via Andorid's cellphone not only makes it easier for teachers and students to interact, but also interactions between students. This is what increases student learning activities at home because both teachers and students are not fixated on time
Penggunaan Media Beruang Antik Berbasis STEAM pada Materi Bangun Ruang Siswa Sekolah Dasar Ani Kholifatul Khoir
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 3 (2021): September
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v6i3.249

Abstract

Kondisi pada wabah Pandemi Covid -19 yang sedang mewabah di Indonesia ini sangat berpengaruh di segala eknik, salah satunya di bidang pendidikan. Dunia pendidikan merasakan dampak yang sangat luar biasa terutama guru dalam proses belajar, agar pembelajaran tetap menyenangkan meskipun belajar di rumah. Sehingga guru diminta dan dipaksa untuk menbuat perangkat pembelajaran sebagai solusi dan inovasi melalui pemanfaatan berbagai perangkat pembelajaran serta aplikasi daring (online). Media pembelajaran Beruang Antik berbasis STEAM diantaranya disiplin sains, teknologi, Teknik, seni, dan matematika ini peserta didik diajak untuk dapat berpikir secara kritis dengan metode belajar memecahkan masalah serta dapat menggunakan kecanggihan alat teknologi dan strategi belajar yang aktif dan kreatif. Media Beruang Antik dapat membantu peserta didik meningkatkan keterampilan perpikir kreatif dan keterampilan berkomunikasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran, media Beruang Antik memberdayakan keterlibatan orang tua, untuk mengarahkan peserta didik menyelesaikan masalah, mendorong peserta didik berekplorasi, menemukan cara-cara baru. Keterlibatan Orang tua inilah yang akan membuat pembelajaran secara daring menggunakan Media Berung Antik ini dapat berjalan maksimal. Kata kunci : Pandemi Covid-19, Media Beruang Antik, STEAM
Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Materi Pengaruh Kalor Sri Untari
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 3 (2021): September
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v6i3.250

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II komponen perangkat terdiri dari perencanaan, tindakan pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Wonoharjo yang berjumlah 5 orang. Sedangkan obyek penelitian adalah keseluruhan proses pada penerapan model Snowball Throwing di SD 1 Wonoharjo. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes akhir siklus dan dokumentasi. Untuk analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Snawball Throwing dapat meningkatkan proses pembelajaran pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda terkait masalah kehidupan sehari – hari pada siswa kelas V semester II SDN 1 Wonoharjo tahun pelajaran 2019/2020 sebesar 40% untuk antusias, 20% untuk keaktifan, dan peran serta sebesar 40%, ada peningkatan kompetensi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda sebesar 40%, dan peningkatan perilaku/sikap sosial siswa sebesar 20% untuk disiplin siswa, 45% untuk sikap tanggung jawab, dan sikap percaya diri sebesar 25%.
Efektivitas Penggunaan Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Usman M; Rosmini Rosmini; Hartati Hartati; Singgih Subiyantoro
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 3 (2021): September
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v6i3.251

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar PKn siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Pangsid tahun pelajaran 2021. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu penggunaan media pembelajaran Google Classroom dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Pangsid yang berjumlah 13 orang siswa. Sampel ditarik secara keseluruhan atau menggunakan sampel jenuh. Pengujian dilakukan menggunakan tes uraian sebanyak 10 nomor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, dokumentasi dan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi yaitu 80 sedangkan hasil pretest yaitu 60, adapun hasil persentase keseluruhan siswa yang memenuhi standar KKM yaitu 92,3%, atau dari 13 orang siswa, 12 orang yang mendapatkan nilai di atas 70 KKM. Indikator efektivitas pada penelitian ini didasarkan pada teori Slavin dalam (Afriliani, 2019). Terdapat empat indikator yang dapat digunakan untuk mengukur keefektifan pembelajaran yaitu; kualitas pembelajaran, tingkat pembelajaran yang sesuai, intensif, dan waktu. Setelah mengumpulkan data, peneliti menganalisa dan menemukan bahwa semua indikator efektivitas telah terlaksana dan dicapai dalam penelitian serta memberikan efek kepada penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar PKn siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Pangsid. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis Google Classroom efektif terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian peneliti menyarankan kepada pihak sekolah hendaknya memberikan dukungan pada penggunaan metode pembelajaran berbasis Google Classroom dalam proses belajar mengajar.
Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 terhadap Psikologis Mahasiswa Keperawatan Jassica Friscillia Naibaho
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 3 (2021): September
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v6i3.252

Abstract

Pembelajaran daring yang dilaksanakan selama masa pandemi pada semua tingkat pendidikan banyak menyebabkan adanya dampak psikologis yang terjadi termasuk pada golongan mahasiswa. Artikel ini membahas tentang dampak psikologis yang terjadi pada mahasiswa keperawatan Universitas Advent Indonesia dalam mengikuti pembelajar daring dimasa pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak psikologis apa yang terjadi terhadap mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring, agar pembelajaran daring ini tetap efektif dan tujuan pembelajarannya tersampaikan. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode koesioner DASS-21 dan dibagikan kepada responden dalam bentuk google form. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan Universitas Advent Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Dalam masa pembelajaran daring ini terdapat adanya dampak psikologis yang terjadi ialah perubahan stress yaitu kecemasan yang terjadi dengan nilai 9,80% yang berarti berada pada tingkat kecemasan ringan.
Pengaruh Persepsi Siswa atas Kreativitas Guru dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Wisnu Mursabdo
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 3 (2021): September
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v6i3.253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh langsung dan tak langsung persepsi siswa atas kreativitas guru dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA di SMP Kristen Kanaan Jakarta. Penelitian ini memiliki hipotesis : (1) terdapat pengaruh langsung signifikan persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap minat belajar, (2) terdapat pengaruh langsung signifikan persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap hasil belajar IPA; (3) terdapat pengaruh langsung signifikan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan analisis jalur (path analysis). Populasi adalah siswa SMP Kristen Kanaan Jakarta TA 2020/2021 yang berjumlah 140 siswa . Jumlah sampel adalah 50 siswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner daring dan hasil belajar IPA yang diambil dari nilai semester 2. Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa atas kreativitas guru dan minat belajar memberi pengaruh besar terhadap hasil belajar IPA. Persepsi siswa atas kreativitas guru memberi pengaruh 55,5% terhadap hasil belajar IPA, sedangkan minat belajar memberi pengaruh 30,3% terhadap hasil belajar IPA. Besarnya pengaruh tak langsung persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap hasil belajar IPA adalah sebesar 25,1%. Pengaruh total persepsi siswa terhadap kreativitas guru dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA adalah sebesar 76,9%. Sedangkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan : (1) terdapat pengaruh langsung persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap minat belajar siswa; (2) terdapat pengaruh langsung persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap hasil belajar IPA; (3) terdapat pengaruh langsung minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA bisa ditingkatkan dari persepsi siswa atas kreativitas guru dan minat belajar.
Problematika Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Selama Home Visit Siswa Sekolah Dasar Dwi Setyani; Nurratri Kurnia Sari; Tri Sutrisno
Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 3 (2021): September
Publisher : IPTPI Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/edudikara.v6i3.254

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan problematika guru dalam menanamkan nilai karakter selama home visit dan solusi untuk mengatasi problematika yang dihadapi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kateguhan 02. Penelitiaan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deksriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kateguhan 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa problematika guru dalam menanamkan nilai karakter selama home visit berupa 1) guru tidak tahu persis apakah siswa melaksanakan ibadah tepat waktu, suka berbagi dan menolong, berdoa sebelum dan sesudah belajar seperti saat home visit ketika dirumah, serta apakah selalu menghargai orang lain. 2) keterlambatan siswa saat mengikuti home visit dan mengumpulkan tugas serta siswa kurang menghargai guru saat berlangsungnya kegiatan home visit. 3) kurangnya upaya siswa untuk mengetahui materi yang lebih dalam. 4) siswa malas berpikir dan kurang inovatif. 5) kecurangan dan kebohongan siswa ketika ditanya dalam belajar, mengerjakan tugas, mengenai waktu ibadah dan kegiatan lainnya dirumah. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut dengan menggunakan buku harian siswa, memberikan variasi pertanyaan soal diluar materi, penggunaan media pembelajaran dalam penyampaian materi, menggunakan aplikasi pembelajaran daring atau media online, bekerjasama dengan orangtua.

Page 1 of 2 | Total Record : 12