cover
Contact Name
Imam A.R
Contact Email
imam_ar@unj.ac.id
Phone
+6221-4712137
Journal Mail Official
teknik.elektro@unj.ac.id
Editorial Address
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jevet/editorialboard
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal of Electrical Vocational Education and Technology
ISSN : 25489178     EISSN : 27459373     DOI : -
Journal of Electrical Vocational Education and Technology merupakan media publikasi yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta sebagai sarana diseminasi dan publikasi artikel hasil penelitian dan artikel konseptual yang dilakukan oleh para peneliti, akademisi, praktisi dan industri di bidang pendidikan teknik elektro dan ketenagalistrikan. Yang meliputi : Ketenagalistrikan Energi Terbarukan Otomasi Industri Otomatisasi Instalasi Listrik Manajeman Industri Audit Energi dan Kelistrikan Media Pembelajaran Motode Pembelajaran Evaluasi pembelajaran
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2017): Journal Of Electrical Vocational Education and Technology" : 9 Documents clear
PENGARUH JUMLAH LILITAN KUMPARAN STATOR TERHADAP KINERJA GENERATOR MAGNTE PERMANEN FLUKS AKSIAL SATU FASA Agus Nur Hidayat; Suyitno; Daryanto
Journal of Electrical Vocational Education and Technology Vol 2 No 2 (2017): Journal Of Electrical Vocational Education and Technology
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JEVET.0022.06

Abstract

The purpose of this research is to know to know the influence of stator coil shape to performance (induced voltage and output power) of single phase axial flux permanent magnet generator. The method used is an experimental method. The population in this study is a unit of single phase axial flux permanent magnet generator. The sample in this study is the stator coil. Experiments were carried out by testing the performance of a single-phase axial flux permanent magnet generator in each variation the number of coil windings which had the 90 turns, 120 turns, and 350 turns. Experiments were carried out with no -load testing and with a resitive load that used 30 Watt incandescent lamps. The conclusion of this study shows that there is an influence from the number of coil windings on the performance (induced voltage and output power) of the generator. From three variations of the stator coil that used as sample, the highest performance is shown by the single phase axial flux permanent magnet generator which used the highest number of coil stator turns. The more number of turns, the better the performance of a single-phase axial flux permanent magnet generator. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah lilitan kumparan stator terhadap kinerja generator fluks aksial satu fasa yang berupa tegangan induksi dan daya listrik yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini ialah satu unit generator magnet permanen fluks aksial satu fasa. Sampel pada penelitian ini ialah kumparan stator. Eksperimen dilakukan dengan menguji kinerja generator magnet permanen fluks aksial satu fasa pada setiap variasi jumlah lilitan kumparan stator 90 lilitan, 120 lilitan, dan 350 lilitan. Ekperimen dilakukan dengan pengujian tanpa beban dan dengan beban resitif berupa lampu pijar 30 Watt. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh jumlah lilitan kumparan stator terhadap kinerja generator yang berupa tegangan induksi dan daya listrik keluaran. Dari ketiga variasi sampel kumparan stator, kinerja tertinggi ditunjukkan oleh generator magnet permanen fluks aksial satu fasa yang menggunakan jumlah lilitan kumparan stator terbanyak. Semakin banyak jumlah lilitan, semakin baik kinerja generator magnet permanen fluks aksial satu fasa.
PENGARUH DIMENSI MAGNET PERMANEN NdFeB DAN JARAK CELAH UDARA TERHADAP KINERJA GENERATOR MAGNET PERMANEN FLUKS AKSIAL SATU FASA Bangun Giri Pamungkas; Suyitno; Daryanto; Perdamean Sebayang
Journal of Electrical Vocational Education and Technology Vol 2 No 2 (2017): Journal Of Electrical Vocational Education and Technology
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JEVET.0022.07

Abstract

The purpose of this research is to know the influence of NdFeB permanent magnet dimensions and the distance of air gap on performance of single phase axial flux permanent magnet generator. In this research using quantitative approach with experimental method. Research subjects used, namely permanent magnetic generator axial flux with two rotor samples that have different magnetic dimensions and conducted air gap variation. The research data was collected by testing without load and testing with electrical load, to know the performance values of the generator in the form of induction voltage and electric power. The results showed that the induction voltage and electric power were affected by the magnetic dimensions and the distance of the air gap. These results indicate that the rotor with a magnetic surface area of 0.0058 m2 and 0.0034 m2 produces an induced voltage of 91.7 and 27.1 V, as well as a power of 14 and 2.8 W. Whereas, for variations in the air gap with the rotor magnetic surface area 0.0058 m2 and varied 2; 3; 4; 5; and 6 mm produces an induced voltage of 91.7; 89.0; 86.5; 80.2; and 68.5 V, and power of 14; 12; 10.9; 10.5; and 8.8 W. Thus, the use of a magnet ic dimension that is larger and in accordance with the size of the coil, as well as the use of a small air gap distance will result in a better induction voltage value. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi magnet permanen NdFeB dan jarak celah udara terhadap kinerja generator magnet permanen fluks aksial satu fasa. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian yang digunakan, yaitu generator magnet permanen fluks aksial dengan dua sampel rotor yang memiliki dimensi magnet berbeda dan dilakukan variasi celah udara. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan pengujian tanpa beban dan pengujian dengan beban listrik, untuk mengetahui nilai-nilai kinerja generator berupa tegangan induksi dan daya listriknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tegangan induksi dan daya listrik dipengaruh oleh dimensi magnet dan jarak celah udara. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada rotor dengan luas permukaan magnet 0,0058 m2 dan 0,0034 m2 menghasilkan tegangan induksi sebesar 91,7 dan 27,1 V, serta daya sebesar 14 dan 2,8 W. Sedangkan, pada variasi celah udara dengan rotor luas permukaan magnet 0,0058 m2 dan divariasi 2; 3; 4; 5; dan 6 mm menghasilkan tegangan induksi sebesar 91.7; 89.0; 86.5; 80.2; dan 68.5 V, serta daya sebe sar 14; 12; 10,9; 10,5; dan 8,8 W. Maka, penggunaan dimensi magnet yang lebih besar dan sesuai dengan ukuran kumparan, serta penggunaan jarak celah udara yang kecil akan menghasilkan nilai tegangan induksi yang lebih baik.
HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK Cintya Trikirana; Soeprijanto; Farried Wadjdi
Journal of Electrical Vocational Education and Technology Vol 2 No 2 (2017): Journal Of Electrical Vocational Education and Technology
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JEVET.0022.01

Abstract

This research aims to knowing description data of individual learning activities and determine whether there is a positive and significant relationship between individual learning activities with learning outcomes of Electrical Circuit. This research was conducted at SMKN 26 Jakarta. The method used is survey method with correlational approach. Data collection of dependent variables using the test of learning outcomes. The population in this study were students of class X TIPTL which amounted to 60 students. The sampling technique using simple random sampling. The sample of this research are 51 students. The collected data will be processed by hypothesis test, correlation coefficient test and coefficient of determination test after the data fulfill the normal and linier requirements. The results showed that the average of individual learning activities is 94.35 it means individual learning activities of students of class X SMKN 26 Jakarta entered into enough category of individual learning activities, the detail frecquency of each individual learning activities category as follows: Students who entered very high category of individual learning activities is 19.60%. High category of individual learning activities is 25.49%. Low category of individual learning activities that is 15.69%. The most students included into enough category of individual learning activities is 35.29% and at least into very low category of individual learning activities is 3.92%. The result of this research is tcount > ttable (7.89 > 2.01) and correlation coefficient value 0.748, this result showed that there is positive and significant correlation between individual learning activities with learning outcomes of Electrical Circuit. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas belajar mandiri siswa dan mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar mandiri dengan hasil belajar mata pelajaran Rangkaian Listrik. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 26 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Pengumpulan data variabel terikat menggunakan tes hasil belajar dan pengumpulan data variabel bebas menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 51 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata rata aktivitas belajar mandiri siswa yaitu 94,35 sehingga aktivitas belajar mandiri siswa kelas X SMK Negeri 26 Jakarta masuk ke dalam kategori aktivitas belajar mandiri cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata rata hasil belajar Rangkaian Listrik yaitu 83,94 sehingga hasil belajar Rangkaian Listrik masuk ke dalam kategori tinggi. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung > ttabel (7,89 > 2,01) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,748, hasil ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar mandiri dengan hasil belajar Rangkaian Listrik.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM TEACHING DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK Furi Endang Palupi; Soeprijanto; Farried Wadjdi
Journal of Electrical Vocational Education and Technology Vol 2 No 2 (2017): Journal Of Electrical Vocational Education and Technology
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JEVET.0022.02

Abstract

This study aims to determine the effect of learning team teaching strategy and student learning motivation on the results of learning to analyze electrical circuits. This research was conducted at SMKN 1 Tambelang in February 2017. The sample of this research is students consisting of 2 classes of experimental class of students taught with team teaching amounted to 30 students and control class of students who were taught non-team teaching consisted of 30 Students so the total amounted to 66 students. Of the 66 students were given a questionnaire about student learning motivation, the results will be grouped into 2 ie students who have high motivation and students who have low motivation. Normality data test using lilefors test obtained by each group data and normal distributed line. The result of homogeneity using bartlett test which result of the data is homogeneous. Hypothesis test with F test of Anava 2X2 with significant level 0,05. From the test results obtained F count values between treatments = 49.824 and F table = 4,196. It can be concluded that F count > F table, it can be concluded that overall there is a real difference between team teaching and non-team teaching learning strategy toward learning result of analyzing electrical circuit. The second hypothesis is tested further using dunnet test obtained t count = 11.797 and t table = 1.70. It can be concluded that t count > t table, it is concluded that the result of learning to analyze electrical circuits for students who follow teaching team teaching strategy and have higher motivation higher than students who follow non-team teaching strategies and have high motivation. Results of the third hypothesis obtained t count = 1.81 and t table = 1.70. It can be concluded that t count > t table, it is concluded that the result of learning to analyze electric circuits for students who follow teaching team teaching strategy and have lower motivation lower than students who follow non-team teaching strategy and have low motivation. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran team teaching dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar menganalisis rangkaian listrik. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Tambelang pada bulan Februari 2017. Sampel dari penelitian ini adalah siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dari siswa yang diajar dengan team teaching berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol dari siswa yang diajar non-team teaching terdiri dari 30 siswa sehingga total berjumlah 60 siswa. Dari 60 siswa tersebut diberikan kuisioner tentang motivasi belajar siswa, hasilnya akan dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu siswa yang memiliki motivasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi rendah Uji hipotesis dengan uji F Anava 2X2 dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil pengujian diperoleh nilai Fhitung antar perlakuan = 49,824 dan F tabel = 4,196. Dapat disimpulkan bahwa Fhitung > F tabel, maka diperoleh kesimpulan bahwa secara keseluruhan terdapat perbedaan nyata antara strategi pembelajaran team teaching dan non – team teaching terhadap hasil belajar menganalisis rangkaian listrik. Hipotesis kedua dilakukan uji lanjut menggunakan uji dunnet diperoleh thitung =11,797 dan t tabel = 1,70. Dapat disimpulkan bahwa thitung > t tabel , maka diperoleh kesimpulan yaitu hasil belajar menganalisis rangkaian listrik bagi siswa yang mengikuti strategi pembelajaran team teaching dan memiliki motivasi tinggi lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti strategi pembelajaran non – team teaching dan memiliki motivasi tinggi. Hasil hipotesis ketiga diperoleh thitung =1,81 dan t tabel= 1,70. Dapat disimpulkan bahwa thitung > t tabel , maka diperoleh kesimpulan yaitu hasil belajar menganalisis rangkaian listrik bagi siswa yang mengikuti strategi pembelajaran team teaching dan memiliki motivasi rendah lebih rendah daripada siswa yang mengikuti strategi pembelajaran non – team teaching dan memiliki motivasi rendah.
RANCANG BANGUN TURBIN UAP PADA MAKET PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP Muhamad Rizky Septianto; Massus Subekti; Daryanto
Journal of Electrical Vocational Education and Technology Vol 2 No 2 (2017): Journal Of Electrical Vocational Education and Technology
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JEVET.0022.08

Abstract

The purpose of this study was to produce a prototype steam turbine at maket power plant steam generator torque that can play. The research method used in this research is descriptive analysis by type of engineering. Steam turbine is a Primemover that converts potential energy into mechanical energy in the form of rotation of the turbine shaft. Steam turbine constructed dimensions turbine type used single stage impulse turbine, turbine disc diameter of 33mm, the amount of movement of the blade 30 pieces, the distance between the blade 14,6mm, radious 2,63mm blade, the type of nozzle used convergent, area 3,2cm2 neck cross-section, the cross sectional area of 3,2cm2 side exit. Mockups of the steam turbine can generate 1490 rpm for turbine with a steam generator at a pressure of 4 kg/cm2 using a water volume of 19 liters. Maximum pressure that can be accepted by the steam turbine is 8 kg/cm2 with 11.000rpm, produced according to the process of heating boiler which is the maximum vapor pressure of 8kg/cm2 at a temperature of 1700C. and and be able to turn a generator with a torque of 4.6 Nm with a pressure of 8 kg/cm2 The conclusion of this study is the turbine can be built through the calculations have been carried out and taking into account the performance of the boiler and steam generator.Turbin built to produce 1336.6 rpm to spin the turbine without the steam generator at a pressure of 2 kg / cm2. Steam turbines are built to produce 1408 rpm, and generates a voltage 140.8 volts, and be able to play generatoe torque of 0.6 Nm for turbine with the steam generator at a pressure of 4 kg / cm2. Maximum pressure received by the steam turbine is 8 kg / cm2 at 10 453 rpm for the turbine without a generator, and a voltage of 271.8 volts produces, as well as being able to roll generatoe torque of 0.9 Nm for turbine with a generator on the vapor pressure of the incoming sebesae 8 kg / cm2. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe turbin uap yang mampu memutar torsi generator. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan jenis rekayasa teknik. Turbin uap (steam turbine) adalah penggerak mula yang merubah energi potensial menjadi energi mekanis dalam bentuk putaran poros turbin. Turbin uap yang dibangun memiliki dimensi jenis turbin yang digunakan turbin impuls single stage, cakram turbin berdiameter 33 mm, jumlah sudu gerak 30 buah, jarak bagi antar sudu 14,6mm, jari–jari sudu 2,63mm, jenis nosel yang digunakan konvergen, luas penampang leher 3,2cm2, luas penampang sisi keluar 3,2cm2. Maket turbin uap tersebut dapat menghasilkan 1490 rpm untuk putaran turbin dengan generator pada tekanan uap 4 kg/cm2 menggunakan volume air 19 liter. Tekanan maksimal yang mampun diterima oleh turbin uap ini adalah 8 kg/cm2 dengan 11.000rpm, sesuai yang dihasilkan pada proses memanasan boiler yaitu tekanan uap maksimalnya adalah 8kg/cm2 pada suhu 170oC. serta mampu memutar generator dengan torsi 4,6 N dengan tekanan 8 kg/cm2. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah turbin dapat dibangun melalui perhitungan yang telah dilakukan dan dengan mempertimbangkan unjuk kerja antara boiler dan generator.Turbin uap yang dibangun dapat menghasilkan 1336,6 rpm untuk putaran turbin tanpa generator pada tekanan uap 2 kg/cm2. Turbin uap yang dibangun dapat menghasilkan 1408 rpm, dan menghasilkan tegangan 140,8 volt, serta mampu memutar torsi generatoe sebesar 0,6 Nm untuk putaran turbin dengan generator pada tekanan uap 4 kg/cm2. Tekanan maksimal yang diterima oleh turbin uap ini adalah 8 kg/cm2 dengan 10.453 rpm untuk putaran turbin tanpa generator, dan menghasilkan tegangan 271,8 volt, serta mampu memutar torsi generatoe sebesar 0,9 Nm untuk putaran turbin dengan generator pada tekanan uap yang masuk sebesae 8 kg/cm2.
EVALUASI SISTEM PENANGKAL PETIR PADA GEDUNG PERKULIAHAN (Studi pada Universitas Negeri Jakarta Kampus A Sektor C) Prima Prayeni; Parjiman; Daryanto
Journal of Electrical Vocational Education and Technology Vol 2 No 2 (2017): Journal Of Electrical Vocational Education and Technology
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JEVET.0022.09

Abstract

The purpose of this study is to determine the suitability of lightning protection system in University State of Jakarta campus A sector C with PUIPP 1983, the minister of labor legislation of the republic of Indonesia PER.02/MEN/1989, and SNI 03-7015-2004, based the importance of the lightning protector system. Method that used is evaluation description method. In collecting data, the main components of the lightning rod installation are observed, measuring earth resistance, and conducting connectivity tests if the channeling down is not visible, the data can then be processed mathematically which then compares the results with PUIPP 1983, regulation of the minister of labor of the Republic of Indonesia PER. 02 / MEN / 1989, and SNI 03-7015- 2004. Results of evaluation lightning protector system research showed that only Ki Hajar Dewantara building that obey with PUIPP 1983, the minister of labor legislation of the republic of Indonesia 02/MEN/1989, and SNI 03-7015-2004. The other buildings not obey with PUIPP 1983, the minister of labor legislation of the republic of Indonesia PER.02/MEN/1989, and SNI 03-7015-2004, caused main 195nticipat of lightning protection in these building is lost, broken, or the plan of lightning protector not macht with protection area needed. In other case few buildings of unj kampus A sector C that unprotected, the buildings are DE, E, F, L, L5 and K FIS. This things must be 195nticipate with add one active lightning protector at K FIS building with minimum radius 107,47m. Of course with notes to evaluate periodically especially if there is construction in the building on radius protection lightning protection system enhancements. Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian sistem penangkal petir Universitas Negeri Jakarta kampus A sektor C dengan PUIPP 1983, peraturan menteri tenaga kerja Republik Indonesia PER.02/MEN/1989, dan SNI 03-7015-2004, didasari pada pentingnya sistem penangkal petir. Metode yang digunakan adalah metode evaluasi deskriptif. Pada pengumpulan data, dilakukan observasi komponen utama instalasi penangkal petir, mengukur tahanan pentanahan, dan melakukan uji konektivitas apabila penyalur turun tidak terlihat, data yang di dapat lalu diolah secara matematis yang kemudian dibandingkan hasilnya dengan PUIPP 1983, peraturan menteri tenaga kerja Republik Indonesia PER.02/MEN/1989, dan SNI 03-7015-2004. Hasil penelitian evaluasi sistem penangkal petir eksternal menunjukkan hanya satu gedung pada UNJ kampus A sektor C instalasinya telah memenuhi dan sesuai dengan PUIPP 1983, peraturan menteri tenaga kerja Republik Indonesia PER.02/MEN/1989, dan SNI 03-7015-2004. Sedangkan, gedung lainnya belum memenuhi PUIPP 1983, peraturan menteri tenaga kerja Republik Indonesia PER.02/MEN/1989, dan SNI 03-7015-2004, hal ini dikarenakan pada gedung lainnya banyaknya komponen instalasi penangkal petir yang sudah tidak lengkap, rusak, serta perencanaan instalasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan gedung. Selain itu terdapat beberapa wilayah UNJ kampus A sektor C yang belum terlindungi, diantaranya adalah Gedung DE, E, F, L, L5 dan K FIS. Hal ini dapat diantisipasi dengan menambah penangkal petir jenis aktif diatas gedung K FIS dengan radius minimal 107,47m. Tentunya dengan catatan melakukan evaluasi secara berkala, terlebih apabila terdapat pembangunan pada gedung yang berada pada radius perlindungan sistem penangkal petir tambahan.
PENGEMBANGAN TES PENGETAHUAN GAMBAR TEKNIK BERBASIS WEBSITE Sella Kurniawati; Soeprijanto; Farried Wadjdi
Journal of Electrical Vocational Education and Technology Vol 2 No 2 (2017): Journal Of Electrical Vocational Education and Technology
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JEVET.0022.05

Abstract

This Research and development determines the effectiveness of media usage test based on website when compared with conventional test, for the final exam related to basic knowledge of engineering drawings on electrical engineering major of a vocational school called Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL). The research was conducted at SMKN, a public vocational high school, from August 2016 until December 2016. The method used in this research is Research and Development while the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implentation, and Evaluation). The data was collected by using a questionnaire for measuring the feasibility of the media and the effectiveness formula is used to determine the effectiveness of aformentioned media. Based on research that has been conducted, the test of testing by subject matter experts indicate that the product got 92%, the results of testing by media experts got 89%, and the results of testing by students 88%. Then, the development of knowledge technical drawing test based on website can be expressed very worthy to be used. The results of the comparing the efficacy score between web-based test with conventional test shows, the effectiveness score of conventional test (ETK) is 0.015, and the effectiveness score of web-based test (ETBW) is 0.12. Based on that comparison ���� < ���
HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN SISWA DAN PERSEPSI KINERJA GURU PROFESIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK Siti Mardiah; Soeprijanto; Farried Wadjdi
Journal of Electrical Vocational Education and Technology Vol 2 No 2 (2017): Journal Of Electrical Vocational Education and Technology
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JEVET.0022.03

Abstract

This research aims to determine the relationship between student satisfaction and perception of professional teacher performance with student learning outcomes electromechanical basic work subjects. This research was conducted in 5 Vocational High School of Jakarta. The method used is the method of survey. Collecting data using techniques of observation and questionnaires. Affordable population in this study were students of the X grade electrical engineering student totaling 90 students and the sample research taken as many as 40 students. The test results by using a correlation coefficient of pearson product moment obtained value rxy X1 0.920 rxy X2 0,940 dan R 0,722. This means that together there is a positive relationship between student satisfaction about professional teacher performance with student learning outcomes electromechanical basic work subjects. From t-test calculations obtained X1 tcount > ttable (14,52 > 2,02), which showed a significant relation between the variable X1 is student satisfaction about professional teacher performance with variable Y is Student Learning Outcomes Electromechanical basic work Subject and for variable X2 obtained tcount > ttable (17,05 > 2,02), which showed a significant relation between the variable X1 is professional teacher performance with variable Y is Student Learning Outcomes Electromechanical basic work Subject. From the calculation result obtained coefficient of determination X1 37.25% so that it can be said that the variable Y Student Learning Outcomes Electromechanical basic work Subject determined by variable X1 student satisfaction about professional teacher performance by 84,73% And coefficient of determination X2 88,44% so that it can be said that the variable Y Student Learning Outcomes Electromechanical basic work Subject determined by variable X2 professional teacher performance by 88,44%. To improve students' satisfaction in the future, it is expected that teachers can use more appropriate and suitable learning method with the students and to improve teacher performance expected school always monitor teacher performance every year. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan siswa dan persepsi kinerja guru profesional dengan hasil belajar siswa mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik. Penelitian ini dilakukan di SMK N 5 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survei. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL yang berjumlah 90 siswa dan sampel penelitian diambil sejumlah 40 siswa dengan cara stratified random sampling. Data yang telah terkumpul akan dioleh dengan uji hipotesis setelah data memenuhi persyaratan normalitas, keberartian dan linieritas. Hasil penelitian menggunakan uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy X1 0,920, rxy X2 0,940 dan R 0,722. Hal ini berarti secara bersama-sama terdapat hubungan yang positif antara kepuasan siswa tentang kinerja guru profesional dan kinerja guru profesional dengan hasil belajar siswa pekerjaan dasar elektromekanik. Dari perhitungan uji-t didapat X1 thitung > ttabel (14,52 > 2,02), yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X1 yaitu kepuasan siswa tentang kinerja guru profesional dengan variabel Y yaitu hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik dan untuk X2 didapat thitung > ttabel (17,05 > 2,02), yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X2 yaitu kinerja guru profesional dengan variabel Y yaitu hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi X1 84,73%, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik ditentukan oleh variabel X1 kepuasan siswa tentang kinerja guru profesional sebesar 84,73% dan koefisien determinasi X2 88,44%, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik ditentukan oleh variabel X2 kinerja guru profesional sebesar 88,44%.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL ACTIVE LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK BAGI SISWA KELAS X DI SMK BUNDA KANDUNG JAKARTA Stephany Valentine; Suyitno; Imam Arif Raharjo
Journal of Electrical Vocational Education and Technology Vol 2 No 2 (2017): Journal Of Electrical Vocational Education and Technology
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JEVET.0022.04

Abstract

The purpose of this research is to know the differences of learning outcomes for X Grade Electrical Engineering Installation skill Students in basic electrical measurement subjects between active learning model with discovery learning model with formulation are there differences of learning outcomes between use both of models in learning. This research was conducted at Bunda Kandung Senior High School in November 2016- February 2017. This research method is quantitative method with experiment model. Population in this research are all X grade students of Electrical Engineering Installation skill program at Bunda Kandung Senior High School which is the total are 108 students. This research is given to the sample, where the sample is taken randomly using the sampling formula so the sample used for two classes of X grade Electrical Engineering Installation programof Bunda Kandung with the total sample are 52 students for two treatments, they are class A and class B with total are 26 students. Class A is given the active learning model of the power of two model while class B is treated with discovery learning model. Instruments in this research that is a matter of multiple choice with 3 basic competence of basic subjects electrical measurement as much as 40 item about instrument test for 30 respondent XI grade. Based on the results using validity test, different power and reliability test obtained as many as 30 items of valid question that is used for the final learning result of basic electrical measurement. Problems are given to two treatment classes which are then assessed and tested, then the data is processed using frequency distribution, normality test and t-test. Hypothesis testing using t-test obtained tcount = 1.711 with degrees of freedom 50 at the level of significance α = 0.05 and obtained ttable = 1.675, then the value of H1 thitung accepted and H0 rejected. This shows that the average learning outcomes by using discovery learning model is higher than using active learning model . discovery learning model got 81,03 compared with mean of learning result by using active learning model got 62,07. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X TITL pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik antara model pembelajaran active learning dengan model pembelajaran discovery learning dengan rumusan masalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswaantar penggunaan kedua model tersebut dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bunda Kandung Jakarta pada bulan November 2016-Februari 2017. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan model eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Listrik di SMK Bunda Kandung yang berjumlah 108 siswa. Penelitian ini diberikan kepada sampel, dimana sampel diambil secara random menggunakan rumus pengambilan sampel sehingga sampel yang digunakan adalah dua kelas X program keahlian Teknik Instalasi Listrik SMK Bunda Kandung dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa untuk dua perlakuan dimana masing-masing kelas A dan kelas B berjumlah 26 siswa. Kelas A diberi perlakuan model active learningthe power of two sedangkan kelas B diberi perlakuan model discovery learning.Instrumen dalam penelitian ini yakni berupa soal pilihan ganda dengan 3 kompetensi dasar mata pelajaran dasar pengukuran listrik sebanyak 40 butir soal uji coba instrumen terhadap 30 responden kelas XI. Berdasarkan hasil uji coba menggunakan uji validitas, daya beda serta uji realibilitas diperoleh sebanyak 30 butir soal yang valid yang digunakan untuk hasil belajar akhir dasar pengukuran listrik. Soal diberikan kepada dua kelas perlakuan yang kemudian diberi penilaian dan dilakukan uji, lalu data diolah menggunakan distribusi frekuensi, uji normalitas dan uji t-test.Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 1.711 dengan derajat kebebasan 50 pada taraf signifikansi α = 0.05 dan diperoleh ttabel = 1.675, maka nilai thitung H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa rata – rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery lebih tinggi yakni sebesar 81,03 dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran active learning sebesar 62,07.

Page 1 of 1 | Total Record : 9