cover
Contact Name
Nurjanah
Contact Email
alatfal@stainupwr.ac.id
Phone
+6285743364221
Journal Mail Official
alatfal@stainupwr.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No.05, Rw. I, Kledung Kradenan, Kec. Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54171
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 2615482X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini is research, study, and analysis related to early childhood include; cognitive development, language development, development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, artistic and creative development, parenting, early childhood education management, curriculum design, inclusive education in early childhood education, teacher competencies, multicultural education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, teaching methods, learning strategy, educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education, and various fields related to Early Childhood Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020): Januari - Juni 2020" : 5 Documents clear
MODEL KEPEMIMPINAN HASTA BRATA SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL Taufiqurrahman, Boniy
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 3 No 1 (2020): Januari - Juni 2020
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, terlebih dengan banyaknya orang yang dipimpin. Semakin banyak orang yang dipimpin, maka semakin banyak pula permintaan atau tuntutan kepada pemimpinnya. Selain itu, setiap pemimpin pasti juga memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda. Masalah yang muncul pada sistem kepemimpinan khususnya di Indonesia adalah bobroknya sifat dan sikap para pemimpin. Banyak para pemimpin dari badan negara, partai politik maupun swasta yang tersandung kasus korupsi. Padahal nyatanya para pemimpin adalah sebagai ahli ibadah maupun ahli ilmu pengetahuan. Untuk menhadapi masalah ini, terdapat salah satu kearifan lokal jawa yang dapat digunakan sebagai media atau model belajar kepemimpinan. Hastabrata merupakan budaya Jawa yang memiliki delapan unsur di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menelaah lebih jauh mengenai topik kepemimpinan hastabrata. Data diperoleh dari sumber sekunder berupa buku, jurnal dan dokumen terkait. Hasil penelitian ini adalah adanya nilai dalam budaya hastabrata yang digunakan sebagai model kepemimpinan, seperti; (a) unsur api bermakna tidak boleh pilah-pilih dalam menghadapi masyarakat; (b) unsur bulan bermakna harus mampu memberi harapan kepada rakyat; dan (c) unsur bintang berarti memiliki pengetahuan yang luas dan mumpuni.
Program Pembelajaran Melalui Media Televisi di PAUD ARIFIYANTI, NURUL
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 3 No 1 (2020): Januari - Juni 2020
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Televisi sebagai media belajar dapat memberikan efek kepada anak maupun lembaga PAUD itu sendiri. Mengingat besarnya potensi siaran televisi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran, maka seyogyanya para guru dapat menjadikannya sebagai salah satu sumber belajar dan memanfaatkannya dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM). Artikel ini akan mengkaji tentang dampak penggunaan televisi, grand design program pembelajaran PAUD menggunakan televisi, dan kerjasama program pembelajaran PAUD menggunakan televisi dengan pihak terkait. Metode yang digunakan adalah kajian literature yang telah disintesis. Hasil dari pembahasan artikel ini adalah televisi memberikan dampak baik kepada anak maupun lembaga PAUD, desain program penggunaan televisi sebagai media belajar di PAUD meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi, dan sekolah harus menggandeng atau bekerjasama dengan beberapa pihak terkait seperti orangtua dan pengawas PAUD
ACHIEVEMENT OF CHILDREN DEVELOPMENT THROUGH 2013 CURRICULUM IMPLEMENTATION IN ISLAMIC BASED KINDERGARTEN Muttaqin, Muhammad Azam
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 3 No 1 (2020): Januari - Juni 2020
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to find out how much influence the 2013 Curriculum applied by Teachers to aspects of development in children. This study included all experimental studies that used a non-equivalent posttest only control group design. The study was located at TK An-Nur 3Yogyakarta. Data collection techniques using observation techniques, then the data collected were analyzed with descriptive statistics and t-test infirential statistics. The results of this study found that based on the t test on the relationship of teachers in applying the 2013 curriculum to the achievement of aspects of child development, it can be concluded that, based on the output of coefficients, the teacher variable regression coefficient (X1) is positive (+). So it can be said that the teacher in implementing Curriculum 2013 (X1) has a positive effect on aspects of child development (Y). The positive influence can be interpreted, the increasing competence of teachers in educating (implementing the 2013 Curriculum) (X1) then the aspect of child development also increases (Y). But when tested to find out whether the effect is significant or not, the results are contradictory then the regression coefficient values of the teacher variable (X1) are all insignificant, except the teacher's influence on the development of language aspects in children. With the value of t count 2.887> t table 2.228, it can be concluded that (H1) there is an influence (X1) on Y5.
Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19 Fakhru Ahsani, Eva Luthfi
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 3 No 1 (2020): Januari - Juni 2020
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Learning at home makes the co-19 distribution chain break. In implementing the school from home system, parents are very important in the learning process of students during the online system in learning at the home today. So with the study at home, parents who become educators at home as a substitute for the teacher. This study aims to describe the strategies of parents in teaching and educating children in learning at the home in a co-19 pandemic. This research was conducted using qualitative methods by field research directly at home. The strategy of parents teaching and educating their children in learning at the home pandemic covid-19 by accompanying children to learn at home by understanding children's learning styles and preparing a comfortable children's learning environment so as to minimize the spread of Covid-19.
Gadget Untuk Anak, Antara Anugrah Dan Bencana muddin, najam
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 3 No 1 (2020): Januari - Juni 2020
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gadget mulai mendekat dan menyergap kehidupan anak-anak. Gadget akan susah dijauhkan dari kehidupan anak-anak mengingat Indonesia terus melaju kencang sebagai negara pengguna gadget terbesar ke empat dunia, setelah Cina, India dan Amerika. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, gadget mampu membawa suasana edukatif lebih konstruktif dan tak jarang juga menimbulkan efek negatif hingga destruktif. Gadget membuat pembelajaran lebih intensif, inovatif, dunia berada dalam genggaan sekaligus mampu membuat anak malas bergerak, sosialialisasi lebih minim dan berselancar dalam dunia orang dewasa tanpa batas, seperti konten yang mengandung pornografi, ajaran keagamaan yang radikal, kekerasan hingga perjudian. Penguatan keluarga, sekolah dan masyarakat menjadi kunci meminimalisir efek destruktif gedget. Mengintegrasikan gadget dalam dunia anak-anak harus mempertimbangkan aspek perkembangan anak, kesiapan orangtua dan kemampuan guru melakukan literasi digital

Page 1 of 1 | Total Record : 5