cover
Contact Name
Hafizh Al Fikri
Contact Email
hafizalfikri@ikj.ac.id
Phone
+6281380151716
Journal Mail Official
jurnal@senirupaikj.ac.id
Editorial Address
Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta Kompleks Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini Kec. Menteng Kota Jakarta Pusat, 10330
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Senirupa Warna (JSRW)
ISSN : 23551682     EISSN : 26857618     DOI : https://doi.org/10.36806
JSRW supports the vision and mission of FSR-IKJ to publish works of a scientific nature within FSR-IKJ and beyond. Works published must discuss discourses of arts (either fine or applied) in the fields related to visual aspects, such as fine arts, design, craft, visual narratives, and forms of art that utilize the new media.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2020): Seni dan Revolusi Industri 4.0" : 6 Documents clear
PERANCANGAN INSTALASI SENI METAFORA “MORNING BREEZE” DALAM MIXED MEDIA Yana Erlyana
JSRW (Jurnal Senirupa Warna) Vol. 8 No. 1 (2020): Seni dan Revolusi Industri 4.0
Publisher : Fakultas Seni Rupa - Institut Kesenian Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36806/.v8i1.77

Abstract

Kemajuan teknologi membantu kita dalam menjadi fokus dan membatasi indera perasa kita. Indera penglihatan sering kali menjadi yang pertama dan paling dimanjakan. Elemen visual bersaing untuk mendapatkan perhatian dan kesempatan untuk bertahan lebih lama dalam pikiran kita. Dalam keriuhan visual ini imajinasi memainkan peran dalam membentuk persepsi. Dengan perkembangan ilmu komputer dan teknologi digital, teknologi multimedia telah dimasukkan ke dalam karya seni, yang memunculkan bentuk seni baru, yaitu seni media baru. Perancangan instalasi seni metaforis "Morning Breeze" yang ditampilkan menggunakan kombinasi dua media. Proyek eksperimental ini dimulai dari mengumpulkanbahan-bahan visual, pembuatan ilustrasi, merancang suara dan gerak dan akhirnya menggabungkannya secara keseluruhan. Pada akhirnya kombinasi membuat instalasi menjadi lebih menarik dan menarik penonton melakukan tindakan tak terduga karena karya seni tersebut.
Kajian Industri Komik Daring Indonesia: Studi Komik Tahilalats Bobby Satya Ramadhan; Rasuardie
JSRW (Jurnal Senirupa Warna) Vol. 8 No. 1 (2020): Seni dan Revolusi Industri 4.0
Publisher : Fakultas Seni Rupa - Institut Kesenian Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36806/.v8i1.79

Abstract

Industri komik daring di Indonesia sudah berkembang pesat. Perkembangan komik dalam platform web ini pun setara dengan perkembangan teknologi. Jika sekarang komik digital berbasis web menjadi medium utama pembaca untuk menikmati karya komik, di masa depan akan lebih banyak lagi inovasi dan teknologi yang memungkinkan komik menjadi sesuatu yang baru dan unik. Namun perkembangan teknologi tersebut juga berisiko untuk menghilangkan identitas komik maupun si komikus tersebut. Perkembangan komik hakikatnya tidak menghilangkan inti dan tuiuan narasi bergambar tersebut sampai kepada pembaca. Aspek pendukung lainnya adalah internet. Karena pengaruh internet, maka hasilnya hampir seluruh aspek produksi komik berubah menjadi lebih efisien. Dan ini merupakan sebuah fenomena yang menarik atas dampak positif kemajuan teknologi yang memungkinkan pola kerja industri komik dapat berubah, khususnya di Indonesia. Karenanya kajian ini adalah untuk memperlihatkan berbagai hal dimana yang terkait dengan industri komik daring. Dimana pemilihan Komik Tahilalats sebagai studi kasus popularitas dan perkembangannya di dalam industri komik, respon yang besar dari pembaca serta keunggulan lain IP Tahilalats dalam segi bisnis. Sehingga melalui Tahilalats dapat diperlihatkan pemetaan komik daring Indonesia.
Pencarian Jodoh Daring Masyarakat Urban Indonesia: Studi Kasus Aplikasi Tinder dan OkCupid Carolline Mellania; Indah Tjahjawulan
JSRW (Jurnal Senirupa Warna) Vol. 8 No. 1 (2020): Seni dan Revolusi Industri 4.0
Publisher : Fakultas Seni Rupa - Institut Kesenian Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36806/.v8i1.80

Abstract

Masyarakat urban merupakan individu sosial yang selalu berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. Kebutuhan masyarakat urban untuk bersosialisi memiliki beragam tujuan, salah satunya untuk mendapatkan pasangan hidup. Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola kehidupan masyarakat urban Indonesia termasuk dalam pencarian pasangan hidup. Masyarakat urban dibuat hanyut dalam percintaan virtual melalui aplikasi kencan online Tinder dan OkCupid pada media komunikasi digital smartphone. Nilai-nilai budaya ketimuran Indonesia menjadi samar dalam budaya global yang diciptakan oleh aplikasi kencan online. Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, tesis ini memiliki kesimpulan aplikasi kencan online Tinder dan OkCupid berperan sebagai regulator yang menghadirkan ruang negosiasi yang dianggap tabu dalam nilai dan norma di kehidupan masyarakat Indonesia. Aplikasi kencan online dibuat oleh perusahaan pembuatnya dengan memanfaatkan nilai budaya global yang dianut di dalam aplikasi untuk mendapatkan user sebanyak-banyaknya demi kepentingan bisnis semata.
Representasi Brand Activation Ruangguru Periode 2018 – 2019 Dita Rachma Sari; Shuri Mariasih Gietty Tambunan
JSRW (Jurnal Senirupa Warna) Vol. 8 No. 1 (2020): Seni dan Revolusi Industri 4.0
Publisher : Fakultas Seni Rupa - Institut Kesenian Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36806/.v8i1.82

Abstract

Ruangguru merilis platform edukasi yang menarik perhatian dan mengubah budaya belajar siswa di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan metode pembelajaran secara digital sehingga dapat menciptakan ruang belajar digital baru bagi masyarakat urban milenial. Hasil representasi dari brand activation Ruangguru dan posisi yang muncul setelah refleksi dari brand activation akan dianalisis lebih lanjut dalam penelitian ini. Penggunaan Instagram sebagai media promosi untuk masyarakat urban milenial dapat mencapai lima aktivasi yang terdiri dari aktivasi pemasaran langsung (direct marketing activation), aktivasi media sosial (social media activation), aktivasi promosi (promotion activation), aktivasi pemasaran acara (event marketing activation), dan aktivasi sponsor (sponsorship activation). Selama 2018–2019, Ruangguru berhasil mengkonstruksi brand dalam benak konsumen sebagai bimbel online melalui teknologi digital yang memiliki fleksibilitas dan aksesibilitas, trendy dan hip! pembelajaran personal dan mandiri. Namun, semuanya memunculkan kontradiksi yang pada gilirannya membangun eksklusivitas, kapitalis, dan kebebasan semu.
Perancangan Aplikasi Interaktif Kamar Diponegoro Hardianto Eka Dewantara; Ehwan Kurniawan; Ades Adrian Firmansyah
JSRW (Jurnal Senirupa Warna) Vol. 8 No. 1 (2020): Seni dan Revolusi Industri 4.0
Publisher : Fakultas Seni Rupa - Institut Kesenian Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36806/.v8i1.83

Abstract

Tulisan ini menjelaskan proses perancangan aplikasi Kamar Diponegoro yang merupakan salah satu bagian dari Museum Sejarah Jakarta. Kemajuan teknologi digital dan telepon selular berdampak signifikan terhadap budaya masyarakat modern. Aplikasi tur museum yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality memberikan pengalaman belajar yang berguna bagi para pelajar dan mahasiswa. Dengan aplikasi ini diharapkan berkunjung ke museum menjadi edukasi yang menarik karena menggunakan media aplikasi interaktif yang menggabungkan audio dan visual.
Perancangan Website Puskesmas Jakarta Sebagai Sumber Informasi Masyarakat Pingkan Nafasha Jan; Teuku Syahnureza; Dita Rachma Sari
JSRW (Jurnal Senirupa Warna) Vol. 8 No. 1 (2020): Seni dan Revolusi Industri 4.0
Publisher : Fakultas Seni Rupa - Institut Kesenian Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36806/.v8i1.84

Abstract

Pelayanan kesehatan masyarakat di era digital sekarang ini harus sepenuhnya didukung oleh layanan kesehatan daring. Media daring dalam pelayanan kesehatan masyarakat memberikan informasi tentang Puskesmas di Indonesia. Masyarakat semakin memerlukan informasi yang dapat diakses dengan cepat. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Tulisan ini mendeskripsikan proses pengembangan laman PUSKESMAS Jakarta untuk membantu masyarakat dalam layanan kesehatan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6