cover
Contact Name
Muhammad Nurrohman Jauhari
Contact Email
mnjauhari@unipasby.ac.id
Phone
+6281234309605
Journal Mail Official
special@unipasby.ac.id
Editorial Address
Dukuh Menanggal XII, Surabaya 60234 Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
ISSN : -     EISSN : 27221636     DOI : https://doi.org/10.36456
SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal merupakan jurnal open access yang dapat di akses oleh umum. Jurnal ini menerapkan peer review sebelum artikel akan diterbitkan, hal ini untuk memberikan penilaian terhadap artikel yang akan dipublikasikan. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal terbit 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan April dan Oktober. E-ISSN : 2722-1636. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal berfokus pada : 1. Pendidikan Khusus 2. Penddikan Inklusi 3. Intervensi Dini dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus 4. Teknologi asistif untuk Disabilitas
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)" : 20 Documents clear
Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Glenn Doman Bagi Anak Tunarungu Kelas II di SLB Negeri 1 Kota Blitar Eko Julianto Wibowo
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 2 No 1 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol2.no1.a3310

Abstract

Tujuan Penelitian ini ingin meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunarungu yang meliputi aspek membaca gambar, menuliskan nama gambar, menjawab pertanyaan dan bacaan sederhana, melalui metode gleen doman. Dalam pengumpulan data yang dilakukan sebelum treatmen/ intervensi atau biasa di sebut pre tes dan pengumpulan data sesudah treatment/intervensi atau biasa disebut post tes. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan rancangan pre-eksperiment dengan model one group pre tes post tes desain. Data yang berhasil dihimpun di analisa dengan teknik analisis statistik parametrik dengan rumus uji tes “t”. Hasil penelitian menunjukkan Dengan df sebesar 5 dilihat dari taraf signifikansi 5% maka diperoleh harga t tabel signifikansi 5 % sebesar 2,57 sedangkan pada taraf sinifikasi 1% t tabel diperoleh sebesar 4,03. Dengan membandingkan besarnya t yang kita peroleh dalam perhitungan (to = 6.72 ) dan besarnya t tabel maka dapat diketahui bahwa : 2,57 < 6.72 > 4,03. Kesimpulannya adalah ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan
Upaya Peningkatan Kemampuan Menjelaskan Manfaat Kerja Bagi Kehidupan dengan Metode STAD pada Tunagrahita Kelas X di SLB Negeri 4 Kota Blitar Sri rohmatun
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 2 No 1 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol2.no1.a3322

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bahwa penggunaan metode STAD dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menjelaskan manfaat kerja dalam kehidupan pada peserta didik kelas X C SLB Negeri 4 kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 5 siswa kelas X di SLB Negeri 4 kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode STAD dapat meningkatkan kemampuan dan motivasi belajar peserta didik kelas X di SLB Negeri 4 kota Blitar yang ditandai peningkatan nilai rata-rata ulangan IPS peserta didik. Nilai rata-rata ulangan pada siklus I adalah 64,00 dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu nilai rata-rata ulangan IPS diperoleh hasil 70,00. Keberhasilan lain dalam penelitian ini ditandai dengan adanya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, ada interaksi peserta didik dengan pendidik, ada kerjasama antar peserta didik dalam menyelesaikan masalah, serta adanya kreativitas peserta didik dalam memecahkan masalah. Dengan kata lain penelitian ini juga dapat meningkatkan proses belajar serta motivasi peserta didik dalam belajar sehingga tercipta kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.
Proses Pembelajaran Memasak bagi Disabilitas Netra di SMPLB-A YPAB sebelum Pandemi Muhaidhori, Mohamad Ali; Umi Sa'adah; Desutandry Nasofti Martha; Hersiwi Kustndyah; Saraswati Ayu Indhiraswari
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 2 No 1 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol2.no1.a3342

Abstract

Kemandirian disabilitas netra dalam beraktivitas di kehidupan sehari – hari sangat penting diajarkan. Sebagai kerjasama YPAB dengan Universitas Petra, Mata Kuliah Service Learning Desain Inklusif memfasilitasi kegiatan tatap muka ini pada tahun 2018, atau sebelum pandemi Covid-19. Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan metode belajar memasak yang efektif dalam desain dapur yang ramah bagi disabilitas netra. Metodenya ialah dengan desain partisipatif bersama disabilitas netra dan mengajar mikro untuk memasak bagi disabilitas netra. Kegiatan ini menghasilkan desain dapur yang aman, mudah ditemukan dan mudah dibersihkan bagi disabilitas netra. Kegiatan belajar memasak juga harus disesuaikan dengan jenis masakan rumah siswa disabilitas netra dan kemampuan memasak yang dikuasai. Kegiatan ini seharusnya dapat direplikasi pada masa pandemi Covid-19 dengan penggunaan game yang bermain peran dan juga media online seperti Youtube.
Model Pembelajaran Sentra dan Lingkungan Pada Anak Normal dan Anak Autis Aisyah
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 2 No 1 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol2.no1.a3364

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran sentra dan lingkungan pada anak normal dan anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini didapatkan Model pembelajaran sentra dan lingkaran dapat meningkatkan kemampuan dan potensi yang dimiliki anak usia dini dan anak autis dengan disesuaikan karakteristik yang dimiliki anak. Peran guru sangat penting dalam mengembangkan potensi-potensi anak usia dini sesuai dengan bidangnya. Dengan adanya pembelajaran sentra dan lingkungan anak normal dan anak autis dapat bekerja sama dengan baik dalam setiap kegiatan
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Lisan dan Tulisan dengan Media Bacakolis pada Siswa Tunagrahita Kelas IV SDLB Negeri 2 Yogyakarta Shanti Purwasih
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 2 No 1 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol2.no1.a3478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi lisan dan tulisan pada siswa tunagrahita kelas IV SDLB Negeri 2 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, media pengumpulan data dengan cara observasi, praktik dan dokumentasi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan prasiklus tanpa media menunjukkan rerata 34% dan 26%. Pada siklus 1 hanya ada 1 siswa yang mencapai nilai pembelajaran, sedangkan 4 siswa berada di bawah KKM tetapi rerata sudah mengalami peningkatan yaitu 60% dan 40%. Pada siklus 2 menunjukkan 3 dari 5 siswa mencapai nilai pembelajaran dengan prosentase hasil rerata 82% dan 73%. Kesimpulannya adalah penggunaan media bacakolis dapat meningkatakan aktivitas membaca dan kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan siswa tunagrahita.
Masyarakat Disabilitas Dalam Peradaban Jawa Pramulia, Pana
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 2 No 1 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol2.no1.a3557

Abstract

Setiap manusia mempunyai hak yang sama, baik di dalam menjalani kehidupan maupun kesempatan. Dalam kehidupan bermasyarakat tidak menutup kemungkinan terdapat orang-orang berkebutuhan khusus (disabilitas). Mereka mempunyai hak yang sama dengan anggota masyarakat lainnya, bahkan butuh perhatian dan perlindungan yang lebih. Orang-orang yang berkecimpung, baik sebagai pemerhati maupun peneliti orang-orang disabilitas seringkali menyatakan bahwa keberadaan orang-orang disabilitas harus diperhatikan. Alasannya tidak lain tentang kemanusiaan, di mana mereka berhak memiliki kehidupan yang sama seperti manusia lainnya. Apabila semua lapisan masyarakat dan juga pemerintah memperhatikan dan melaksanakan kepedulian terhadap anak disabilitas, maka hal tersebut mencerminkan Pancasila sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Padahal dalam peradaban Jawa orang-orang disabilitas penting kedudukannya. Bahkan, orang-orang disabilitas dibutuhkan masyarakat normal untuk pembelajaran hidup. Dalam banyak cerita Jawa, tokoh-tokoh sentral membutuhkan keberadaan orang-orang tersebut untuk menjalani hidup yang lebih mapan. Salah satu contoh, dalam pergelaran wayang kulit terdapat tokoh Panakawan (Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong) yang menjadi abdi (pamomong) tokoh-tokoh sentral. Panakawan tidak hanya sebagai abdi, tetapi secara hakikat mereka merupakan penasihat spiritual. Berdasarkan hal tersebut, kiranya cerita-cerita orang-orang disabilitas dalam peradaban Jawa dapat dijadikan pijakan untuk lebih memperhatikan keberadaan orang-orang disabilitas dalam masyarakat saat ini.
Kasih Sayang Sebagai Asas Metologis Kegiatan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Mambela, Sambira
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 2 No 1 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol2.no1.a3884

Abstract

Keberkebutuhan khusus anak, dapat didefinisikan dengan cara membandingkan kondisi Fisik, mental, emosi, dan sosial antar anak yang satu sama dengan anak yang lain dengan mengacu pada keadaan fisik, mental, emosi, dan sosial yang pada umumnya dimiliki anak. Kajian tentang kasih sayang sebagai asas kegiatan penyelenggaraan anak berkebutuhan khusus ini dilakukan dengan menggunakan metode analisa deskriptif-kualitatif. Asas kasih sayang dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan anak berkebutuhan khusus, mengandung maksud bahwa kegiatan penyelenggaraan pendidikan anak berkebutuhan khusus, didasarkan, dilandaskan, mengacu pada nilai-nilai kasih sayang. Kasih sayang direalisasikan dalam kegiatan penyelenggaraan pendidik, dengan cara: menerima sepenuhnya keberadaan dan keadaan anak berkebutuhan khusus, menciptakan suasana pendidikan dan pembelajaran yang sarat dengan nilai-nilai kasih sayang, dan mengajar masyarakat bersikap yang menguntungkan anak berkebutuhan khusus
Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Andri Kurniawan
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 2 No 1 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol2.no1.a3886

Abstract

Mata kuliah Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus merupakan mata kuliah semi-praktek yang capaian pembelajarannya adalah mahasiswa dapat merancang media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus. Pada saat mata kuliah ini ditempuh oleh mahasiswa, pandemivirus Covid 19 telah mewabah dan pihak kampus mengambil kebijakan agar kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring, tantangan dan kendala yang dialami selama proses perkuliahan Mata Kuliah Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang mahasiswa dari angkatan 2019. Mata kuliah Media Pembelajran ABK ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang terkumpul tersebut, kemudian dianalisis menggunakan triangulasi data sehingga keabsahan data dapat di pertanggungjawabkan.
Pengaruh Mata Kuliah Pendidikan Inklusif Terhadap Pemahaman Mahasiswa PGSD FKIP di Universitas Lambung Mangkurat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Aulia Ajizah; Ali Rachman; Mirnawati
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 2 No 1 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol2.no1.a3887

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pendidikan inklusif terhadap pemahaman mahasiswa PGSD tentang ABK. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis Ex Post Facto (sesudah fakta), sumber data terdiri dari 15 orang mahasiswa PGSD angkatan 2015 yang telah menyelesaikan mata kuliah pendidikan inklusif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang di kemas dengan bentuk google form. Data dianalisis dengan statistik deskriptif persentase dengan kriteria skor: sangat tidak berpengaruh (0%-25%), tidak berpengaruhi (26%-50%), berpengaruhi (51%-75%), sangat berpengaruh (76%-100%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh mata kuliah pendidikan inklusif terhadap pemahaman mahasiswa PGSD kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dilihat dari persentase pernyataan angket yang telah dihitung pada setiap aspek indikator yaitu definisi ABK (93,33%), faktor penyebab terjadinya ABK (85%), klasifikasi ABK (84,72%), karakteristik ABK (91,67%), Layanan pendidikan bagi ABK (91,25%), permasalahan ABK (91,67%), layanan kompensatoris ABK (89,44%), seluru hasil persentase tersebut masuk dalam kriteria “sangat berpengaruh”
Studi Tentang Pembelajaran Vokasional Bagi Anak Tunarungu Di SMPN 28 Surabaya Ana Rafikayati; Muhammad Nurrohman Jauhari
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 2 No 1 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol2.no1.a3888

Abstract

Diperlukan suatu pelayanan keterampilan vokasional yang dapat membimbing kehidupan siswa tunarungu di masa yang akan datang sesuai dengan tuntutan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program layanan keterampilan vokasional pada siswa tunarungu di SMPN 28 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru Pendamping Khusus (GPK), dan siswa ABK SMPN 28 Surabaya. Teknik atau metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik flow analysis, yang tahapannya terdiri atas data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keterampilan pangkas rambut di SMPN 28 Surabaya berjalan dengan baik. Kepala sekolah bersama guru merancang program sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru inovatif. Media dan alat yang digunakan lengkap serta evaluasinya dilaksanakan secara efektif untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada.

Page 1 of 2 | Total Record : 20