cover
Contact Name
Ernawati
Contact Email
ikonik@umaha.ac.id
Phone
+62317884034
Journal Mail Official
ikonik@umaha.ac.id
Editorial Address
Universitas Maarif Hasyim Latif Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257 031-7884034, Fax. 031-7884034
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain
ISSN : 26852780     EISSN : 26854260     DOI : -
Core Subject : Art,
Jurnal IKONIK memuat semua tulisan yang berobyek materi di bidang Seni Pertunjukan, Seni Rupa dan Desain, yang meliputi topik berikut: Musik, Tari, Teater, Sejarah Desain, Sejarah Seni, Budaya Visual, Metodologi Desain, Proses Desain, Wacana Desain, Desain dan Budaya, Sosiologi Desain, Manajemen seni, Kritik Seni, Antropologi Seni, Desain Artefak, Desain Industri, Desain Komunikasi Visual, Fotografi, Desain Interior, Kerajinan, Arsitektur, Film, Multimedia, Industri Kreatif, Kebijakan Desain, budaya, psikologi seni, pendidikan seni dan penelitian konseptual lainnya dalam seni pertunjukan, seni visual dan desain.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): JANUARI 2020" : 8 Documents clear
MOTIVASI PENGAMEN BERMAIN MUSIK DI KELOMPOK ANGKLUNG KRIDOTOMO YOGYAKARTA Aldrin Amstrong Rey
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain Vol 2, No 1 (2020): JANUARI 2020
Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/ijsd.v2i1.608

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami motivasi para pengamen bermain musik di kelompok musik angklung Kridotomo Yogyakarta.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Wawancara digunakan  untuk  memperoleh  pandangan  serta jawaban  informan tentang  motivasi musik  mereka.  Penelitian ini menemukan bahwa motivasi sebagai seniman merupakan motivasi penentu keberadaan para pemain dalam bermain musik di kelompok angklung Kridotomo.This research aims to understand the buskers’s motivation playing music in the Yogyakarta Kridotomo angklung music group. The method which was used in this research is a qualitative method with data collection techniques through interviews. Interviews are used to obtain informan’s views and answers about their musical motivation. This study found that motivation as an artist is a determining motivation for the existence of the players in playing music in the Kridotomo angklung group.
PERANCANGAN KOMIK PERJUANGAN SITI MANGGOPOH PEJUANG PEREMPUAN DARI MINANGKABAU Vernanda Em Afdhal
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain Vol 2, No 1 (2020): JANUARI 2020
Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/ijsd.v2i1.481

Abstract

Siti Manggopoh tercatat pernah melakukan perlawanan terhadap kekejaman penjajah Belanda dengan kebijakan-kebijakan ekonomi melalui pajak uang (belasting). Perancangan dilatarbelakangi  karena belum adanya media publikasi tentang perjuangan Siti Manggopoh melalui media komik. Komik dianggap efektif dan efesien sebagai media publikasi dan media alternatif untuk mengetahui perjuangan Siti Manggopoh melalui gambar dan tulisan sehingga dengan cepat ditangkap oleh pembaca, seperti berupa nilai-nilai, petunjuk, ilmu pengetahuan, dan lain-lain. Pendekatan perancangan menggunakan analisis SWOT (Strengh, Weakness, Opportunity, Threat). Pengaplikasian media utama berupa comic book dan media pendukung dari komik yaitu berupa poster, pin, gantungan kunci, mini banner, komik saku, flyer, stiker dan pembatas buku. Semua media tersebut merupakan bagian dari proses perancangan komik Siti Manggopoh. Siti Manggopoh was recorded as having carried out a fight against the cruelty of the Dutch colonizers with economic policies through tax money (belasting). The design is motivated because there is no publication media about Siti Manggopoh's struggle through comic media. Comics are considered effective and efficient as a medium of publication and alternative media to find out Siti Manggopoh's struggle through pictures and writings so that they are quickly captured by readers, such as values, guidance, science, and others. The design approach uses SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). The main media application is in the form of comic books and supporting media from comics in the form of posters, pins, key chains, mini banners, pocket comics, flyers, stickers and bookmarks. All of these media are part of the Siti Manggopoh comic design process. 
PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOPERASI NUSA SEJAHTERA Anies Choirunnisa
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain Vol 2, No 1 (2020): JANUARI 2020
Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/ijsd.v2i1.609

Abstract

Logo adalah salah satu media pembeda identitas dari suatu perusahaan, selain itu logo juga menjadi ciri untuk membedakan khas perusahaan dari satu sama lain. Corporate Identity merupakan tanda pengenal identitas dari perusahaan sebagai media pembeda dengan perusahaan lain. Perancangan Corporate Identity mampu mewakili karakter dan identitas perusahaan yang diaplikasikan berbentuk logo, merchandise dan media promosi lain. Koperasi Nusa Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perbankan. Koperasi Nusa Sejahtera bertugas untuk menyediakan bantuan berupa finance yang nantinya akan digunakan kepada calon nasabah untuk kebutuhan mereka. Target dari Koperasi Nusa Sejahtera adalah para pensiun. Terdapat kekurangan pada logo Koperasi Nusa Sejahtera yang berupa gambar berlian dilanjutkan dengan nama Koperasi Nusa Sejahtera. Logo tersebut juga belum dipatenkan. Untuk mengatasi hal tersebut penulis membuat perancangan Corporate Identity Koperasi Nusa Sejahtera. Perancangan ini meliputi pembuatan logo baru Koperasi Nusa Sejahtera dan dapat diaplikasikan baik ke media promosi maupun merchandise. Tujuan perancangan ini untuk lebih mengenalkan dan membentuk identitas Koperasi Nusa Sejahtera secara luas dan juga meningkatkan minat pasar para pensiun dan berkembangnya produk – produk koperasi dengan baik. Metode perancangan ini menggunakan metode Design Thinking, metode ini melakukan beberapa tahapan yaitu, Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Hasil dari perancangan ini, berupa logo baru untuk Koperasi Nusa Sejahtera. Logo tersebut akan diaplikasikan ke beberapa media promosi seperti brosur, spanduk, dan X- Banner.Logo is one of the identification of identity from a company, in addition, the logo also became a characteristic to distinguish the typical of the company from each other. Corporate Identity is a sign of identity of the company as a medium of differentiates with other companies. The design of Corporate Identity is able to represent the character and identity of the company applied in the form of logo, merchandise and other promotional media. Koperasi Nusa Sejahtera is a company engaged in banking. Koperasi Nusa Sejahtera is in charge of providing assistance in the form of finance to be used to the propective customers for their needs. The target of the Koperasi Nusa Sejahtera is the pensions. There is a shortage of the Koperasi Nusa Sejahtera logo in the form of diamond images followed by the name of Koperasi Nusa Sejahtera. The logo has not been patented. To overcome this author the designer Corporate Identity Koperasi Nusa Sejahtera. This design includes the creation of new Koperasi Nusa Sejahtera logo and can be applied to promotional media as well as  merchandise. The purpose of this design to better introduce and from an identity of the Koperasi Nusa Sejahtera widely and also increase market interests ot retirement and the development of product cooperative products well. This design method uses the thinking method of design, this method performs several stages that is, Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. The results of this design, a new logo Koperasi Nusa Sejahtera. The logo will be applied to some promotional media such as, brochures, banners, and x-banners.
MATA SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN MOTIF DALAM BUSANA MODERN Putri Utami Mukti
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain Vol 2, No 1 (2020): JANUARI 2020
Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/ijsd.v2i1.605

Abstract

Mata adalah jendela jiwa dan jendela dunia ke dalam kehidupan, dengan semua peristiwa dapat dilihat dan dihargai itu memiliki bentuk estetika, filosofis konten dan nilai yang tinggi bagi kehidupan, maka dari itu menjadi penting untuk menyampaikan mata lewat media yang mudah diterima oleh masyarakat. Salah satu media yang dapat mewakili seluruh isi mata adalah seni kriya tekstil, karena memiliki turunan berupa busana yang menjadi kebutuhan utama bagi kehidupan manusia. Busana tidak hanya berfungsi sebagai pelindung tubuh tetapi bisa menjadi media komunikasi untuk menyampaikan pesan estetis. Mata akan digunakan sebagai sumber ide penciptaan  motif dan diterapkan pada busana modern untuk menyampaikan konten makna dan filosofis yang terkandung di dalamnya dengan menggunakan pendekatan estetika dan ergonomi.The eyes are the Windows of the soul and the world's window into life, with all the events can be seen and appreciated it has a form of aesthetic, philosophical content and high value for life, therefore becomes essential to convey the eyes through the media that is easily accepted by the society. One of the media that can represent the entire contents of the eye is the art of textile craft, because it has a derivative form of clothing that became the main needs for human life. The clothes not only serves as a protector of the body but it can be a medium of communication to convey messages aesthetically. The eye will be used as the source of the idea of creation of motives and applied to the modern fashion to convey the philosophical meaning and content contained therein by using the approach to aesthetics and ergonomics.
PEMBELAJARAN ANSAMBLE PERKUSI DENGAN INSTRUMENT NONKONVENSIONAL DI SD HARAPAN KITA KLATEN Muhammad Ghalib Fasa
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain Vol 2, No 1 (2020): JANUARI 2020
Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/ijsd.v2i1.610

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perkembangan dan perwujudtan diri individu, terutama bagi pembangunan bangsa dan negara. Kemajuan suatu peradaban bergantung kepada cara kebudayaan tersebut mengenali, menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia dan hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anggota masyarakatnya yaitu peserta didik.Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran ensambel perkusi dengan instrumen nonkonvensional di SD Alam Harapan Kita Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian analisis kualitatif dengan menyertakan teknik-teknik penelitian antara lain: Studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan cara memperhatikan proses pembelajaran dalam beberapa kali pertemuan. Peneliti mengamati proses siswa dalam menerima materi dan cara guru mengajarkannya materi pembelajaran, cara pengajar dalam memberikan materi, dan sikap siswa/i pada saat proses pembelajaran. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai salah satu upaya dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Pendidikan Musik terutama pada pembelajaran anak agar berfikir kreatif dan inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa/i  ensambel perkusi dengan instrumen nonkonvensional di SD Alam Harapan Kita Klaten lebih menyukai materi yang disampaikan dengan permainan dan keceriaan. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa materi ensambel yang berhubungan dengan teknik sering kali membosankan bagi siswa/i jika tidak dikemas menjadi lebih menarik,asik dan  dengan materi lagu. Education has a decisive role for the development and realization of individual self, especially for the development of the nation and state. The progress of a civilization depends on the way the culture recognizes, respects and utilizes human resources and matters that are closely related to the quality of education provided by society, namely students. This study discusses how the percussion ensemble learning process uses non-conventional instruments in SD Harapan Kita Klaten Elementary School.  The method used in this study is a qualitative analysis research method by including research techniques including : Literature study, observation, interview and documentation. This research was conducted using observing the learning process in several meetings. The researcher observes the process of students in receiving learning material and the way the teacher teaches it and student attitudes in the learning process. The benefits of this research are as an effort in the development of education in the fields of music and creativity. The results of this study indicate that the average student likes the delivery of material accompanied by games and competitions.in addition, ensemble materials related to technique often bore students if they are not packaged with interesting, funny and familiar songs
MUSIK TARBANG DALAM UPACARA BEPACAR MASYARAKAT TANJUNG REDEB, BERAU, KALIMANTAN TIMUR Muhammad Budhi Setiyawan
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain Vol 2, No 1 (2020): JANUARI 2020
Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/ijsd.v2i1.606

Abstract

Tarbang merupakan sebuah alat musik tradisional, sedangkan betarbang merupakan aktifitas memainkan alat musik tarbang / rebana. Ansambel musik ini masih eksis di Berau sampai saat ini. Salah satu alasan musik ini masih eksis sampai saat ini karena masih banyak upacara adat yang menggunakan alat musik ini. Salah satu contoh upacara adat yang menggunakan musik ini adalah bepacar. Tulisan ini fokus kepada pengungkapan keterkaitan antara musik tarbang dan upacara bepacar. Tarbang dimainkan oleh 4 orang menggunakan tarbang / rabana, tiap - tiap orang memiliki motif ritmis yang berbeda. Dalam upacara bepacar, tarbang digunakan sebagai media untuk berdoa. Karena sebagian masyarakat percaya bahwa melalui tarbang doa mereka bisa tersampaikan.Tarbang is a traditional music that still exist until this time in Berau East Borneo. Once reason that make this music still exist because still many activity using tarbang. For example is bepacar.Tthis text are concern to search an conection between tarbang and bepacar. Tarbang played by 4 person by using tarbang/rebbana. Each person play diferent type of rhytm. In case of bepacar, tarbang used as a way to pray. Because the civilization believe that tarbang can send their pray to their God.
PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG BAHAYA RADIASI HANDPHONE SAAT TIDUR Ika Novita Sari
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain Vol 2, No 1 (2020): JANUARI 2020
Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/ijsd.v2i1.611

Abstract

Smartphone merupakan sebuah teknologi yang saat ini menjadi kebutuhan primer. Pekerjaan yang ada akan menjadi lebih ringan dengan adanya smartphone tersebut. Selain manfaatnya yang dapat membantu meringankan pekerjaan manusia, smartphone juga ada dampak negative yaitu bahayanya radiasi yang ditimbulkan. Banyak dari kita yang meletakkan smartphone disamping kita saat tidur tanpa tahu bahanya radiasi yang berasal dari smartphone. Iklan layanan masyarakat ini ditujukan untuk remaja sebagai pengguna smartphone yang paling banyak. Dengan menggunakan metode perancangan yang efektif, maka akan didapatkan hasil yang tepat.Smartphone is a technology that is currently a primary need. Existing work will be lighter with the smartphone. In addition to the benefits that can help alleviate human work, smartphones also have a negative impact, namely the dangers of radiation caused. Many of us who put smartphones next to us while sleeping without knowing the dangers of radiation coming from smartphones. This public service advertisement is aimed at teenagers as the most smartphone users. By using effective design methods, you will get the most exact results.
PERANCANGAN COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA PROMOSI CV. BAROTEK Karina Fatimah
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain Vol 2, No 1 (2020): JANUARI 2020
Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/ijsd.v2i1.607

Abstract

CV. Barotek merupakan salah satu perusahaan jasa konstruksi yang bergerak di bidang kontraktor meliputi mechanical, electrical, general supplier dan kalibrasi. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi tentunya perlu melakukan promosi, mengingat persaingan di bidang jasa konstruksi terus meningkat. Perancangan ini bertujuan untuk merancang media promosi dalam bentuk buku company profile yang berisi mengenai informasi tentang perusahaan yang dapat memperkenalkan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada masyarakat. Metode perancangan ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan penelitian berbasis praktik (Practice Based Research). Metode pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder. Dari data tersebut selanjutnya di analisis menggunakan analisis SWOT untuk menentukan konsep perancangan. Konsep yang ditampilkan yaitu sederhana dan modern sesuai dengan target audience perusahaan. Pada tahap perancangan menjelaskan langkah yang dilakukan dalam perancangan meliputi strategi kreatif, strategi visual dan strategi media. Hasil dari perancangan ini, berupa karya buku company profile serta media pendukung. Diharapkan dapat dimanfaatkan perusahaan sebagai media dalam memperkenalkan CV. Barotek kepada masyarakat.CV. Barotek is one of the construction service companies engaged in the contracting sector including mechanical, electrical, general supplier and calibration. Companies engaged in construction services certainly need to do promotions, given the competition in the field of construction services continues to increase. This design aims to design promotional media in the form of a company profile book that contains information about the company that can introduce the services offered by the company to the public. This design method uses qualitative methods through a practice-based research approach. Data collection methods consist of primary data and secondary data. From this data, it is then analyzed using SWOT analysis to determine the design concept. The concept shown is simple and modern according to the company's target audience. At the design stage explains the steps taken in the design include creative strategy, visual strategy and media strategy. The results of this design, in the form of company profile books and supporting media. It is expected that the company can be utilized as a medium in introducing CV. Barotek to the community. Besides this promotional media can be useful for companies as a material consideration in establishing cooperation with other companies.

Page 1 of 1 | Total Record : 8