cover
Contact Name
Dr. Madekhan
Contact Email
madekhan@unisla.ac.id
Phone
+6285259898639
Journal Mail Official
madekhan@unisla.ac.id
Editorial Address
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/about/editorialTeam
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 25031228     EISSN : 26214172     DOI : 10.30736
Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran Reforma dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan pembelajaran
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2020)" : 7 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI GEOGRAFI KELAS VIII SMP AL – IRSYAD KOTA TERNATE Fitri Annisa Djafar; Hernita Pasongli; Tamrin Robo; A.R Tolangara
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v9i2.303

Abstract

Keluarga menjadi lingkungan pendidikan yang paling mendasar, pertama dan utama, karena di sinilah anak mengenal dunia pertama kalinya, lingkungan di luar dirinya. Kemudian disebut lingkungan pendidikan yang utama bagi anak, karena keberhasilan pendidikan anak dalam keluarga ketika anak berada dalam usia dini  yang dikenal sebagai usia emas (golden age), akan sangat berpengaruh pada keberhasilan pendidikan periode perkembangan anak berikutnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi geografi  kelas VIII SMP Al – Irsyad Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP AL-Irsyad Kota Ternate yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi geografi kelas VIII SMP Al-Irsyad Kota Ternate, besar hubungan perhatian orang tua dan prestasi belajar adalah 89 %. Semakin tinggi perhatian orang tua maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Hal   ini   berarti   bentuk-bentuk   perhatian   orang   tua seperti  pemberian bimbingan dan nasehat, pengawasan terhadap anak, pemberian penghargaan dan hukuman, pemenuhan fasilitas belajar, penciptaan suasana rumah yang tenang, nyaman, dan tenteram serta pemberian keteladanan, pengarahan, dan dukungan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
LANDASAN ONTOLOGIS, AKSIOLOGIS, EPITESMOLOGIS ALIRAN FILSAFAT ESENSIALISME DAN PANDANGANYA TERHADAP PENDIDIKAN Bethari Widiya Hardanti
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v9i2.320

Abstract

Filsafat merupakan ilmu pengetahuan yang menyelidiki adanya sebab dan akibatdari segala sesuatu. Filsafat modern banyak dikenal dengan sebutan filsafatpendidikan. Filsafat pendidikan memiliki beberapa aliran yang salah satunya yaitualiran filsafat pendidikan esensialisme. Esensialisme merupakan aliran yangberakar pada suatu pembelajaran mata pelajaran yang bersifat dasar. Esensinyamenunjuk pada sesuatu yang perlu tentang suatu objek, disiplin, subjek dan suatucontoh. Aliran filsafat esensialisme menekankan pada kebudayaan, keterampilan,dan pengetahuan serta memperkuat nilai kedisiplinan sehingga dalam praktiknyapada pendidikan aliran ini menegaskan bahwa sekolah-sekolah harus tetapmempertahankan metode-metode pembelajaran yang tradisional. Pembelajaranmenggunakan metode teacher centeered dimana dalam proses belajar mengajarguru berperan sebagai mediator yang mentranfer ilmu pengetahuan kepada pesertadidik, sedangkan peserta didik hanya memiliki tugas belajar dan tidak dianjurkanmengatur dan mengelola kelas sehingga para peserta didik menjadi pasif.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 2 NGIMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Umi Nurhayati
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v9i2.321

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization terhadap motivasi belajar siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngimbang di Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2019/2020? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization. (b) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngimbang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,59%), siklus II (77,27%), siklus III (93,31%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Team Assisted Individualization dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajarsiswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngimbang, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran matematika.
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 SUKORAME LAMONGAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Sulkan Sulkan
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v9i2.322

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMPN 1 Sukorame Lamongan dinilai masih belum memanfaatkan teknologi yang disediakan sekolah untuk menunjang pendidikan, terutama dalam mata pelajaran tertentu. Hal ini disebabkan para guru mata pelajaran masih belum mengerti seluk beluk media pembelajaran yang akan dimanfaatkan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 1 Sukorame Lamongan diperlukan sebuah pelatihan untuk membantu meningkatkan kemampuan guru di SMPN 1 Sukorame Lamongan khususnya dalam aspek pengajaran. Penerapan metode Demonstrasi dimulai dengan peneliti menjelaskan materi menggunakan media Microsoft Office Power Point sebagai media demonstrasi dan memperagakannya. Kemudian, peserta membentuk kelompok untuk berdiskusi mengerjakan tugas. Setelah tugas selesai, kelompok mendemonstrasikan tugas yang telah diberikan. Keberhasilan peningkatan kemampuan peserta penelitian pada penelitian ini adalah seluruhpeserta mendapatkan nilai tugas membuat slide presentasi dengan 75% peserta pelatihan tuntas KKM dengan nilai Baik atau Sangat Baik. Pada siklus I terdapat 50% peserta yang sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada siklus II 100 % atau seluruh peserta sesuai dengan indikator keberhasilan. Dengan demikian, metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan peserta dalam menggunakan Microsoft Office Power Point sebagai media pembelajaran di SMPN 1 Sukorame Lamongan tahun pelajaran 2019/2020. 
TINJAUAN FILSAFAT HUMANISME: STUDI PEMIKIRAN PAULO FREIRE DALAM PENDIDIKAN Rizky Very Fadli
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v9i2.317

Abstract

Pendidikan humanis adalah suatu proses pendidikan yang menganut alirat filsafat humanisme,  dimana proses pendidikan menempatkan manusia sebagai salah satu objek terpenting dalam pendidikan. Pendidikan humanis didasari dengan persamaan kedudukan manusia, Paulo freire merupakan tokoh yang menggagas pendidikan humanis yang terkenal dengan konsep pendidikan dalam filsafat pendidikan humanisme, yaitu pendidikan yang membebaskan. Paulo Freire berperan dalam dinamika perkembangan pendidikan di Brazil. Latar belakang pemikirannya terbentuk atas realita ketimpangan pendidikan yang ada di daerahnya. Artikel ini berisikan tentang konsep pendidikan Paulo Freire yang beraliran filsafat humanisme. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan pendidikan aliran filsafat humanisme dalam pemikiran Paulo Freire. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data dalam pembahasan.
IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK TENAGA PENDIDIK DI INDONESIA Imelda Indah Kusumastita
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v9i2.318

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang dilalui sebagai bentuk peningkatan kualitas manusia. Dalam suatu negara peningkatan mutu pendidikan sangat penting. Jika mutu pendidikan suatu negara semakin berkembang maka kualitas manusia juga akan meningkat. Dalam proses mewujudkan tujuan pendidikan nasional dibutuhkan seorang pembimbing yang disebut sebagai guru atau tenaga pendidik. Tenaga pendidik merupakan seseorang yang memiliki peranan penting dalam proses kemajuan mutu pendidikan. Seorang tenaga pendidik harus memiliki banyak kemampuan, selain itu tenaga pendidik juga harus memiliki sikap tauladan yang baik untuk peserta didiknya (Leonard, 2015). Trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara merupakan sebuah semboyan pendidikan yang dicetuskan oleh beliau. Semboyan ini tidak hanya berupa semboyan, tetapi memiliki makna yang begitu mendalam terutama bagi pendidikan di Indonesia. Dengan adanya penerapan trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara untuk tenaga pendidik ini diharapkan kualitas pendidik di Indonesia semakin baik, sehingga mutu pendidikan di Indonesia juga lebih meningkat di setiap tahunnya. 
PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT IBNU MISKAWAIH DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MASA PANDEMI Mohammad Sukron Mubin
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v9i2.319

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan pemikiran Ibnu Miskawaih mengenai pendidikan karakter dan implementasinya dalam proses pembelajaran pada masa pandemi. Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh krisis moral yang terjadi dikalangan peserta didik yang dikarenakan mudahnya mengakses sosial media yang berisi publik figur yang melakukan tindakan yang kurang elok untuk dicontoh. Ibnu Miskawih merupakan tokoh filsafat islam yang memiliki pemikiran mengenai pendidikan karakter dalam kitabnya Tahdzib al-Akhlak. Beliau menjelaskan bahwa akhlak manusia terdiri dari empat pijakan yaitu menahan diri, keberanian, kebijaksanaan dan keadilan. Nilai-nilai karakter pemikiran Ibnu Miskawaih ini dapat dijadikan salah satu rujukan penerapan pendidikan karakter di Indonesia pada masa pandemi ini. Metode penulisan artikel ini menggunakan metode library research yaitu penelaahan terhadap buku, literatur, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan permasalan yang ditulis.

Page 1 of 1 | Total Record : 7