cover
Contact Name
-
Contact Email
admin@stikara.ac.id
Phone
+6285280052936
Journal Mail Official
admin@stikara.ac.id
Editorial Address
http://stikara.ac.id/jupermik/index.php/JK/about/editorialTeam
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL PEREKAM MEDIS DAN INFROMASI KESEHATAN
ISSN : 26158833     EISSN : 26158841     DOI : -
Core Subject : Health, Social,
JUPERMIK merupakan berkala ilmiah bidang perekam dan informasi kesehatan yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan September oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya (STIKARA) Sintang. Artikel tersebut berisi hasil penelitian bidang kesehatan yang telah dilakukan dan belum pernah dipublikasikan di media apapun dan terkait dengan ilmu perekam medis dan informasi kesehatan terdiri dari ilmu,perekam dan informasi kesehatan terdiri dari ilmu administrasi kebijakan kesehatan,kodefikasi penyakit dan tindakan manajemen informasi kesehatan,manajemen mutu informasi kesehatan,manajemen unit kerja rekam medis dan sistem informasi kesehatan guna menginspirasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): (SEPTEMBER) JUPERMIK" : 5 Documents clear
Analisis Kuantitatif Dokumen Rekam Medis Di Puskesmas Kebong Sintang... Abil Rudi, Miftahul Arifin,
JOURNAL PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN Vol 2, No 2 (2019): (SEPTEMBER) JUPERMIK
Publisher : JOURNAL PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9999/jupermik.v2i2.20

Abstract

Dokumen rekam medis adalah berkas yang berisi catatan tentang identitas pasien,pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain kepada pasien di saranapelayanan kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif denganpendekatan deskriftif rancangan fenomenologi. pengumpulan data menggunakan teknikwawancara (interview), pengamatan (obsesvasi) dan studi dokumentasi. Sampeldiperoleh dengan menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampelyang dilakukan secara acak (random). Penelitian ini dilakukan di unit Rekam Medispuskesmas Kebong kabupaten sintang dan dilaksnakan pada Tahun 2019. Hasilpenelitian Ketidaklengkapan tertinggi pada item tidak adanya bagian yang kosong yaitu166 DRM (56.08%) lengkap dan 130 DRM (43.92%) tidak lengkap. Sedangkanketidaklengkapan terendah yaitu pada item nama dan no rekam medis yaitu 296 DRM(100%) lengkap. Berdasarkan hasil penelitian, di sarankan bagian Rekam Medis perlumembuat prosedur tetap mengenai pengisian dokumen rekam medis agar dapatdigunakan sebagai pedoman pelaksanaan proses kelengkapan pengisian berkas rekammedis.
Pembuatan Aplikasi Pendaftaran Rawat Jalan Di Puskesmas Nanga Lebang Menggunakan Microsoft Access... Joni Herman, Yulia,
JOURNAL PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN Vol 2, No 2 (2019): (SEPTEMBER) JUPERMIK
Publisher : JOURNAL PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9999/jupermik.v2i2.41

Abstract

Teknologi informasi saat ini telah berkembang pesat seiring bertambahnya kebutuhan informasi.Pelayanan kesehatan dalam hal penanganan, merupakan hal yang sangat penting demitercapainya tujuan yang maksimal. Maka di perlukan sebuah sistem yang bisa digunakan untukmenghasilkan data yang efektif, sehingga meningkatkan kinarja dari puskesmas itu sendiri.Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilaksanakan di puskesmas Nanga Lebang dimanasistem informasi yang digunakan khusunya bagian pendaftaran pasien rawat jalan masihmenggunakan cara manual yaitu menggunakan buku besar dalam proses pencatatan sertapenyimpanan data yang menggabungkan antara pasien rawat jalan dengan pasien rawat inapkedalam satu aplikasi berbasis Microsoft Excel. Untuk merancang aplikasi bagian unit rawatjalan menggunakan microsoft access serta menghasilkan rancangan sistem informasi rekammedis berbasis elektronik pada puskesmas dan petugas rekam medis di puskesmas NangaLebang. Dalam penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle(SDLC). Metode tersebut memiliki beberapa tahapan proses yaitu tahap perencanaan, tahapanalisis, tahap desain, tahap implementasi, dan tahap penggunaan. Dari pengembangan sisteminformasi pendaftaran pasien rawat jalan ini adalah menginputkan data dokter, pasien, rawatjalan dan rekapitulasi laporan pasien per bulan. Sebaiknya perancangan sistem informasipendaftaran rawat jalan Puskesmas Nanga Lebang menggunakan Microsoft Acces dapatdijadikan pertimbangan untuk diterapkan di Puskesmas mengingat belum adanya Aplikasi diPuskesmas. Demi terbentuknya sebuah aplikasi rekam medis yang dapat bermanfaat sebagaisumber informasi dan mempermudah pelayanan pasien unit rawat jalan Puskesmas NangaLebang.
Pelaksanaan Penyusutan Dokumen Rekam Medis Di Puskesmas Tanjung Puri Sintang... Rudiansyah, Yulita Ernawati,
JOURNAL PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN Vol 2, No 2 (2019): (SEPTEMBER) JUPERMIK
Publisher : JOURNAL PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9999/jupermik.v2i2.21

Abstract

Penyusutan adalah suatu proses pemindahan berkas rekam medis dari aktif ke inaktif. DiPuskesmas Tanjung Puri Sintang pelaksanaan penyusutan belum a dilakukan secara optimal.Tujuan PenelitianMengetahui Pelaksanaan Penyusutan Dokumen Rekam Medis diPuskesmas Tanjung Puri Sintang Tahun 2018. Metode penelitian ini adalah deskriptifdengan jenis penelitian kualitatif, rancangan penelitian ini adalah fenomenologis. Subjekpenelitian ini adalah 1 petugas filing dan kepala ruangan rekam medis sebagai triangulasi.Objek penelitian berkas rekam medis, metode pengumpulan data dengan wawancara,observasi, studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan masalah yang munculadalah tenaga mengalami kesulitan saat pengembalian dan pengambilan dokumen rekammedis, sarana dan prasarana kurang memadai dan tidak ada anggaran dana pendukung sertakegiatan penyusutan tidak terjadwal. Diharapkan untuk pihak puskesmas tanjung purisintang agar membuat SPO tentang penyusutan agar kegiatan penyusutan bisa dilaksanakansetiap tahunnya
Desain Traccer (OUTGUIDE) Pada Ruang Penyimpanan Rekam Medis Di Puskesmas Sungai Durian Sintang... Rika Yuanita Pratama, Siti Lailanda Sindy,
JOURNAL PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN Vol 2, No 2 (2019): (SEPTEMBER) JUPERMIK
Publisher : JOURNAL PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9999/jupermik.v2i2.22

Abstract

Ketersediaan berkas rekam medis secara cepat dan tepat pada saat dibutuhkan akan sangatmembantu mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. Maka dari itu, masalahpenyimpanan berkas rekam medis merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Jika sistempenyimpanan berkas rekam medis yang dipakai kurang baik, akan timbul masalah-masalahyang dapat mengganggu ketersediaan berkas rekam medis secara tepat dan cepat. Tujuan dariperancangan ini adalah mendesain tracer dan Standar Prosedur Operasional (SPO)penggunaan di Puskesmas Sungai Durian Sintang Tahun 2018. Jenis penelitian yangdigunakan adalah penelitian untuk melakukan peracangan. Metode pengambilan data denganmenggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil desain tracer yang terpilihberbahan plastik PolyEthylene Terephthalate (PET) alternatif I berwarna kuning. Denganukuran Panjang 30 cm dan lebar 10 cm, terdapat kantong slip permintaan berukuran panjang13 cm dan lebar 6 cm beserta dengan SPO penggunaan tracer. Hasil desain tracer yangterpilih kemudian diterapkan di Puskesmas. Namun, untuk SPO akan dikaji ulang sertadirapatkan sebelum diterapkan. Diharapkan pihak Puskesmas dapat memperbanyak traceryang telah diterapkan serta mempercepat pengkajian SPO penggunaan agar dapat diterapkanbersama tracer yang dipilih.
Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN (TPPRJ) Di Rumah Sakit Sintang... Wagiran, Aprilliyanti,
JOURNAL PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN Vol 2, No 2 (2019): (SEPTEMBER) JUPERMIK
Publisher : JOURNAL PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9999/jupermik.v2i2.23

Abstract

Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerjalayanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yangdirasakan. Tujuan dari penelitian Mengetahui tingkat kepuasan terhadap tempat pendaftaranpasien rawat jalan berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakanjenis penelitian kuantitattif dengan pendekatan deskriptif Populasi dalam penelitian iniadalah semua pasien rawat jalan yang berobat ke rumah sakit TK IV 12 07 02 Sintangkemudian sampel diambil sebanyak 89 pasien menggunakan teknik isindental sampling.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (56%) puas pada dimensi fisik (Tangible) , (62%)puas pada dimensi kehandalan (Reliability) (64%) puas pada dimensi Tanggap(Responssive), (60%) puas pada dimensi jaminan ( Assurance ) (55%) puas pada dimensiEmphati. Hasil keseluruhan tingkat kepuasan pasien skor rata-rata keseluruhan adalah 42,1.Diharapkan rumah sakit dapat meningkatkan pelayanan di bagian TPPRJ terutama padabagian fisik untuk menambahkan fasilitas tambahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5