cover
Contact Name
Dr. Nasir, S.Pd., M.Pd
Contact Email
jurnal.ilmasoshum@umkendari.ac.id
Phone
+6282261045109
Journal Mail Official
jurnal.ilmasoshum@umkendari.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Muhammad Dahlan No. 10, Wowawanggu, Kec. Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93117
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
ISSN : 26547287     EISSN : 27743845     DOI : 10.51454
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Muhammadiyah Kendari untuk membantu para akademisi, peneliti, dan praktisi menyebar-luaskan hasil penelitiannya. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) merupakan sebuah jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Ilmu Manajemen Sosial dan Humaniora. Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) meliputi: Seni & Humaniora, Bisnis, Manajemen & Akuntansi, Ilmu Komputer, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) menerbitkan artikel secara berkala, 2 kali setahun (Februari dan Agustus)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021): Agustus 2021, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)" : 5 Documents clear
Pengaruh Sikap, Tekanan dan Kesempatan Karyawan terhadap Kecurangan pada PT. Mega Auto Central Finance Cabang Kendari Alfin Thomas
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 3 No. 2 (2021): Agustus 2021, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v3i2.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji dan menjelaskan pengaruh sikap terhadap kecurangan karyawan; 2) menguji dan menjelaskan pengaruh tekanan terhadap kecurangan karyawan; dan 3) menguji dan menjelaskan pengaruh kesempatan terhadap kecurangan. Objek penelitian ini dibatasi pada karyawan PT. Mega Auto Central Finance Cabang Kendari. Penentuan sampel menggunakan metode sensus. Sampel dalam penelitian ini adalah 61 orang karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, sikap, tekanan dan kesempatan karyawan berpengaruh terhadap kecurangan. Hal ini berarti bahwa semakin kurang sikap seseorang, semakin tinggi tekanan dan semakin tinggi kesempatan maka terjadinya tingkat kecurangan akan tinggi pula. Hal ini diperkuat dengan hasil pengolahan data. Secara keseluruhan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sikap, tekanan dan kesempatan karyawan terhadap kecurangan pada PT. Mega Auto Central Cabang Kendari.
Evaluasi Penerapan Sistem Akuntansi Pengeluaran Kas di PT. HAsjrat Abadi Cabang Kendari Astri Yayuk Abriyani Gani
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 3 No. 2 (2021): Agustus 2021, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v3i2.120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan sistem akuntansi pengeluaran kas yang dilakukan oleh PT. Hasjrat Abadi Cabang Kendari sudah memenuhi syarat pengendalian intern yang memadai atau belum. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif sedangkan sumber datanya menggunakan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa 1) Sistem akuntansi pengeluaran kas dengan cek pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Kendari sudah cukup baik namun masih ada sedikit kekurangan pada pembayaran seharusnya kreditur ketika menerima cek juga menerima satu bukti kas keluar, akan tetapi di PT. Hasjrat Abadi Cabang Kendari tidak menerima bukti kas keluar. Sehingga bukti kas keluar seharusnya dibuat dalam rangkap tiga; 2) Sistem akuntansi pengeluaran kas dengan dana kas kecil penyelenggaraannya dilakukan dengan cara imprest system, dalam pelaksanaan pengeluaran kas dengan dana kas kecil masih ada perangkapan tugas yaitu fungsi kasir merangkap sebagai pemegang dana kas kecil.
Analisis Proporsi Tingkat Kesehatan Bank Menggunakan Pendekatan RGEC pada PT. Bank BNI ( Persero), Bank Mandiri (Persero) dan Bank BRI (Persero) Periode 2014-2018 Hariani Hariani
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 3 No. 2 (2021): Agustus 2021, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v3i2.121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Tingkat Kesehatan PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Bank PT. Mandiri (Persero) dan Bank Rakyat Indonesia.(Persero). Secara Metafora dengan Metode RGEC (Risk Profile Good Corpoeate Governance Earnings Capital). Tahun 2014-2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesehatan Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank BRI. Dengan ini dikatakan  sehat ditahun 2014-2018. Indikator risiko kredit memperoleh  predikat sehat dengan indikator risiko likuiditas ketiga  bank memperoleh predikat yang sehat . penilaian Good Corporate Governance (GCG) berdasarkan Self Assessment menunjukan Bank BNI predikat baik, Bank Mandiri predikat sangat baik dan Bank BRI predikat baik. Penilaian laba dari analisis rasio ROA dan NIM serta penilaian Modal berdasarkan analisis niali CAR menunjukkan bahwa Bank BNI, Bank Mandiri dan BRI memperoleh predikat sangat baik.
Penggunaan Alat Permainan Edukatif untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Halimah Halimah
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 3 No. 2 (2021): Agustus 2021, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v3i2.138

Abstract

Menciptakan pembelajaran yang menarik bagi anak usia dini di TK bisa melalui pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan APE dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian diakukan di TK Al-Husada di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Subjek penelitiannya meliputi seorang guru, kepala sekolah, dan beberapa orang anak didik. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dianalisis dengan inperatif, yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan jika APE yang umumnya digunakan seperti: balok, balok cruissebarie, kotak lambang bilangan, lotto warna dan pohon angka digunakan dalam bermain peran, tebak bentuk dan mengumpulkan benda berwarna. Penggunaan APE senantiasa disesuaikan dengan tema yang berjalan. Faktor pendukung dan penghambat penggunaan APE yaitu: ketepatan penggunaan APE. Sementara itu, pengembangan kemampuan kognitif anak dengan APE yang tepat telah mengembangkan kemampuan kognitif anak.
Students Vocabulary Mastery toward Crossword Puzzle Games Rahmat Nasrullah; Nur Rizky Alfiany; Muhammad Ainul Hamdan
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 3 No. 2 (2021): Agustus 2021, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v3i2.145

Abstract

This research investigated the improvement of students’ participation and vocabulary achievement by using crossword puzzles in the classroom. The research design was Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. The research subjects were the seventh-grade students and the research area was at a private Islamic Junior High School in Kendari. The data were collected by using observation and vocabulary achievement tests. The collected data were analyzed statistically by using a percentage formula. The students’ activity improved from 78,66% in cycle 1 to 97,66% in cycle 2. Meanwhile, the students’ vocabulary mastery improved from 54% in cycle 1 to 90% in cycle 2. In conclusion, using crossword puzzles improved the students’ vocabulary achievement and students' participation in the teaching and learning English.

Page 1 of 1 | Total Record : 5