cover
Contact Name
Dr. Nasir, S.Pd., M.Pd
Contact Email
jurnal.ilmasoshum@umkendari.ac.id
Phone
+6282261045109
Journal Mail Official
jurnal.ilmasoshum@umkendari.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Muhammad Dahlan No. 10, Wowawanggu, Kec. Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93117
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
ISSN : 26547287     EISSN : 27743845     DOI : 10.51454
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Muhammadiyah Kendari untuk membantu para akademisi, peneliti, dan praktisi menyebar-luaskan hasil penelitiannya. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) merupakan sebuah jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Ilmu Manajemen Sosial dan Humaniora. Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) meliputi: Seni & Humaniora, Bisnis, Manajemen & Akuntansi, Ilmu Komputer, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) menerbitkan artikel secara berkala, 2 kali setahun (Februari dan Agustus)
Articles 46 Documents
Pengaruh Kebijakan Pasca Bayar Biaya Pemeriksaan Instalasi Listrik Tegangan Rendah terhadap Piutang Usaha Tak Tertagi di PT. PPILN Sulawesi Tenggara Hairuddin Bugis; Juwita Juwita
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 2 No. 1 (2020): Februari 2020, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v2i1.24

Abstract

Pengaruh kebijakan biaya pasca bayar inspeksi instalasi tegangan rendah terhadap piutang tak tertagih di PT.PPILN Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan biaya pasca bayar inspeksi instalasi tegangan rendah (X) terhadap piutang tak tertagih di PT.PPILN Sulawesi Tenggara (Y). Populasi dan sampel adalah 30 karyawan dan pengurus PT.PPILN Sulawesi Tenggara. Data yang dikumpulkan adalah data primer yang meliputi persepsi seluruh responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Kemudian data dianalisis menggunakan SPSS versi23. Uji regresi sederhana antara variabel X dan variabel Y menyimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak karena signifikansi yang tinggi dengan nilai koefisien 0,000. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa koefisien determinasi R square (R2) sebesar 0,114. Artinya, piutang tak tertagih tersebut terkena dampak kebijakan pasca bayar sebesar 11,4%. Sedangkan 88,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui.
Analisis Keberhasilan dan Kemanfaatan Usaha Perikanan Tangkap Bagan Perahu di Kabupaten Kolaka Juhardin Juhardin; Anwar Said
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 2 No. 1 (2020): Februari 2020, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v2i1.25

Abstract

Menganalisis keberhasilan dan kemanfaatan secara sosial dan ekonomi usaha perikanan tangkap bagan perahu. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2013 sampai Maret 2014 dengan responden adalah nelayan yang mempunyai usaha bagan perahu sebanyak 16 unit yang terkonsentrasi secara administratif di Kecamatan Latambaga. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitattif. Analisis dilakukan dengan analisis penerimaan untuk keberhasilan dan kemanfaatan usaha secaraekonomi meliputi perhitungan pendapatan, RC ratio dan BC ratio, juga secara deskriptif dari hasil wawancara dengan nelayan untuk menganalisis keberhasilan dan kemanfaatan secara sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Usaha bagan perahuberhasil dan bermanfaat secara ekonomi dan sosial.
Strategi Pengembangan Usaha Tani Sayuran di Provinsi Sulawesi Tenggara Nurcayah Nurcayah
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 2 No. 1 (2020): Februari 2020, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v2i1.26

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk meneliti strategi pengembangan tanaman usaha tani sayuran di Sulawesi Tenggara dalam rangka meningkatkan produktivitas dan nilai tambah bagi petani. Permasalahan utama dalam usaha tani sayuran di Provinsi Sulawesi Tenggara adalah produktivitas rendah, pengetahuan budidaya dan penanganan pasca panen yang masih tradisional, akses pemasaran kurang berkembang dan hal ini. Hasil analisis SWOT pada pengembangan usaha tani sayuran memperoleh empat strategi yang perlu dilakukan dan, yaitu: 1) strategi agresif (S-O), memaksimalkan potensi/kekuatan untuk meraih peluang dengan kebijakan pemerintah melalui pembinaan bagi petani terkait teknik budidaya, pemanfaatan teknologi produksi dan pasca panen serta peluasan pangsa pasar dan penyediaan sarana dan prasaran produksi; 2) strategi (S–T), memaksimalkan potensi/kekuatan untuk mengurangi ancaman yang ada dengan melakukan kegiatan usaha tani yang ramah lingkungan dengan meminimunkan input kimia; 3) strategi (W–O), meminimalkan kelemahan/hambatan untuk meraih peluang semaksimal mungkin melalui peningkatan produksi serta pemanfaatan lahan secara maksimal serta peningkatan kualitas produk sesuai keunggulan masing-masing daerah Kabupaten/Kota; serta 4) strategi (W–T), meminimalkan kelemahan dan hambatan untuk mengatasi ancaman dengan meningkatkan efisiensi biaya produksi dan memperluas informasi pasar.
Strategi Berbicara Mahasiswa Ketika Mengalami Kesulitan dalam Aktivitas Berbicara Rahmat Nasrullah; Syarif Amin
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 2 No. 1 (2020): Februari 2020, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v2i1.27

Abstract

Kesulitan bercakap merupakan salah satu isu yang sering ditemukan pada kelas berbicara (Speaking) dan memiliki efek yang dapat mempengaruhi minat belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi berkomunikasi mahasiswa ketika mengalami kesulitan bercakap dan faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan tersebut. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk memahami fenomena tersebut. Angket, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan seperti dalam hal kesulitan kosa kata, struktur kalimat, pengucapan dan kurangnya kepercayaan diri. Mahasiswa menggunakan beberapa strategi komunikasi dalam kegiatan berbicara. Strategi-strategi tersebut adalah penaksiran, perkiraan, alih kode, terjemahan literal, dan permohonan bantuan, dan menggunakan cara non-linguistik.
Pengaruh Outlet Atmosphere dan Pelayanan Gerai terhadap Pembelian Implusif pada Gerai dalam Lippo Plaza Kota Kendari Muhammad Rizaldi Makmur Rizaldi Makmur; Alasman Mpesau
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 2 No. 1 (2020): Februari 2020, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v2i1.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh atmosphere dan pelayanan gerai terhadap pembelian impulsif pada gerai dalam Lippo Plaza Kendari. Penelitian ini bersifat explanatory yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan dan pengaruh antara satu variabel dengan variabel lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel atmosphere gerai dan pelayanan gerai berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif pada gerai Lippo Plaza Kendari. Karena itu, hipotesis penelitian yang diajukan dapat diterima; (2) Variabel atmosphere gerai dan pelayanan gerai berpengaruh secara parsial terhadap pembelian impuls konsumen pada gerai Lippo Plaza Kendari; dan (3) Variabel pelayanan gerai merupakan variabel yang dominan mempengaruhi pembelian impuls pada gerai Lippo Plaza Kendari.
Penegakan Hukum terhadap Pelaku Pencemaran Lingkungan Melalui Pembuangan Air Limbah Domestik di Teluk Kendari Rima Anggriyani; Muryanto Lanontji; Nofianti Rusdi; Denty Tri Septiawani Daoed
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 2 No. 1 (2020): Februari 2020, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v2i1.29

Abstract

domestik tetap saja menjadi ancaman pencemaran terhadap teluk Kendari. Pembuangan air limbah domestik secara serampangan tanpa mengindahkan prosedur berdampak pada pencemaran teluk Kendari. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif serta yuridis empiris yaitu pendekatan yang berpedoman pada peraturan-peraturan, buku-buku atau literatur-literatur hukum serta bahan-bahan yang mempunyai hubungan permasalahan dan pembahasan dalam penulisan penelitian ini dan pengambilan data langsung pada obyek penelitian. Kesimpulan penelitian ini terdiri dari: a). Meskipun telah diatur melalui Peraturan Daerah Kota Kendari Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik, pengelolaan air limbah domestik yang dibuang ke teluk Kendari terbukti tidak optimal. Telah terjadi pada titik tertentu terbukti adanya penurunan kualitas air selain itu drainase dimana para warga menyalurkan limbah domestiknya tanpa diolah terlebih dahulu bermuara ke teluk Kendari. Hal ini tidak sejalan dengan Pasal 16 Perda Nomor 3 Tahun 2016 ayat (1) dan (2)., b) Pengawasan pengelolaan limbah domestik di teluk Kendari sangat tidak efektif. Personil yang ada pada Seksi Kebersihan Teluk dan Pesisir Dinas LH Kota Kendari jumlanya 3 (tiga) orang. Sementara aparat SatPol yang menegakkan peraturan daerah selain jumlahnya terbatas juga tidak didukung parasana kendaraan yang cukup. Terbukti ditemukan adanya kendala yang terdiri dari: 1). Minimnya jumlah personil untuk mengawasi, 2). Jumlah anggaran yang terbatas, 3).Prasarana yang sudah tidak memadai baik dari segi kondisi maupun jumlahnya.
Sikap Mahasiswa Asing terhadap Program Pembelajaran Bahasan Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Rahmat Nasrullah; Titin Rahmiatin
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus 2020, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v2i2.30

Abstract

Program pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing merupakan salah satu program pembelajaran yang diatur oleh pemerintah dan beberapa institusi di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Kendari sebagai salah satu universitas yang memiliki mahasiswa Internasional diharapkan dapat menyelenggarakan program BIPA yang bertujuan untuk membekali Mahasiswa asing pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap belajar siswa terhadap program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Subjek penelitian ini adalah 3 mahasiswa asing asal Thailand yang sedang menempuh kuliah strata-1 di Universitas Muhammadiyah Kendari. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa BIPA memiliki sikap belajar yang positif dalam berpartisipasi pada program BIPA. Mereka sangat antusias mengembangkan kemampuan bahasa Indonesia yang mereka miliki karena peran bahasa Indonesia sangat vital baik itu di dalam ataupun di luar kelas.
Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru pada MTSN 2 Konawe Selatan Arsam Arsam; Usman Usman
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus 2020, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v2i2.31

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi guru pada MTs Negeri 2 Konawe Selatan. Penelitian ini adalah Kualitatif atau Naturalistik. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru-guru MTs Negeri 2 Konawe Selatan. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara melakukan studi dokumen, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh akan dianalisis induktif melalui tahap redukasi data, penyajian data dan kemudian diakhiri dengan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Kepala Sekolah MTs Negeri 2 Konawe selatan telah menunjukan perannya sebagai uswah (teladan) bagi mitra kerjanya dalam hal ini guru. Kepala sekolah juga telah berperan sebagai fasilitator, supporter, partsipator, instructor dan mitra kerja bagi para guru yang telah banyak memberikan motivasi kerja guru pada guru-guru MTs Negeri 2 Konawe selatan. Akan tetapi, dalam pelaksanaanya kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kerja guru dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. Bentuk-bentuk faktor pendukungnya seperti keikhlasan guru dalam bekerja, kesejahteraan yang selalu ditingkatkan, dan pemberian penghargaan kepala sekolah terhadap guru-guru di MTs Negeri 2 Konawe Selatan, sedangkan bentuk dari faktor penghambat adalah ketersediaan sarana dan prasarana yang masi minim, serta kurangnya ketegasan kepala sekolah terhadap guru yang indispliner dan permasalahan pribadi.
Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Produksi Padi Sawah Pada Kelompok Tani Abebeu Kelurahan Kulahi Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe Yaman La Ndibo; Dartin Dartin
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus 2020, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v2i2.32

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi masalah dari penelitian adalah Bagaimanakah bentuk pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan produksi padi sawah pada kelompok tani Abebeu di Kelurahan Kulahi Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe. Subjek penelitian ini adalah seluruh anggota kelompok tani Abebeu yang terdaftar. Adapun jumlah anggota kelompok tani Abebeu yang terdaftar adalah sebanyak 34 orang anggota kelompok tani yang tersebar pada 4 (empat) RW. Mengingat jumlah anggota kelompok tani yang relatif besar, maka peneliti menentukan secara sengaja subjek penelitian yang akan dijadikan informan baik informan kunci maupun informan pendukung. Tahap pertama, dilakukan pengumpulan data primer dan sekuder. Tahap kedua, peleksian teori untuk mengkaji data. Tahap ketiga, menganalisis dan menginterprestasikan data yang telah diseleksi. Tahap keempat, melakukan penulisan dan kontruksi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pemberdayaan masyarakat hasil produksi padi sawah di Kelurahan Kulahi mulai meningkat 1 ton per Ha atau meningkat 10%, dilihat dari musim panen sebelum di berdayakan kelompok tani pada lahan produktif sebesar 6,4 ton/Ha, dengan luas lahan sebesar 135 Ha. dibandingkan dengan musim panen setelah diberdayakan kelompok tani pada lahan produktif mencapai 7,4 ton/ Ha dengan luas areal persawahan sebesar 135 Ha.
Perlindungan Hukum terhadap Perempuan Pekerja Pembuat Atap di Desa Amokuni Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan Rima Anggriyani; Muryanto Lanontji
Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus 2020, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jimsh.v2i2.33

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum bisnis terhadap perempuan pekerja pembuat atap di Desa Amokuni Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perlindungan hukum terhadap perempuan pekerja atap. Metode penelitian ini berupa penelitian normatif empiris, penelitian dengan melihat peristiwa yang terjadi ditengah masyarakat berdasarkan peraturan perundangundangan sehubungan dengan tinjauan yuridis terhadap kesejahteraan perempuan pekerja pembuat atap di Desa Amokuni Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan. Perlindungan hukum bisnis terhadap perempuan pekerja pembuat atap di Desa Amokuni Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan bukan hanya sekedar dari hubungan antara perempuan pembuat atap dengan pembeli atap dalam sebuah perjanjian jual beli, tetapi peran pemerintah harusnya dapat turun langsung melalui aparat pemerintah desa dengan melakukan perlindungan dengan cara membuat kelompok-kelompok tani/usaha, sehingga haknya dapat maksimal diberikan perlindungan oleh hukum. Apakah itu mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), asuransi sosial, maupun keberlangsungan dari usaha serta kearifan lokal dapat tumbuh dan terjaga di desa tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi perlindungan hukum terhadap perempuan pekerja atap di Desa Amokuni Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan adalah kurangnya kesadaran perempuan tentang pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam membuat atap, tidak adanya pelatihan yang diberikan pemerintah tentang usaha untuk membentuk kelompok pekerja/koperasi kepada perempuan pembuat atap serta daya saing kualitas dan kuantitas tidak mencirikan kearifan lokal dari Desa Amokuni. Rekomendasi yang peneliti berikan berupa: 1) Pemerintah daerah melalui kepala desa Amokuni, dapat mengakomodir perempuan pembuat atap untuk dibentuk kelompok tani/usaha yang berbadan hukum. 2) Perempuan pembuat atap dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam menghasilkan lembaran atap sehingga kekhasan daerah dan kearifan lokalnya dapat terjaga.