cover
Contact Name
Alan Alfiansyah Putra Karo Karo
Contact Email
alanalfiansyahputra@ymail.com
Phone
+6285206640908
Journal Mail Official
alanalfiansyahputra@ymail.com
Editorial Address
Jl. Alumunium Raya No. 77 Tanjung Mulia Hilir, Medan, 20241, Sumatera Utaram Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
ISSN : -     EISSN : 27763994     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan is a scientific journal containing the publication of scientific papers on sports and health. Our main goal is to disseminate current and original articles from researchers and discuss various topics such as, Sports Education and Sports Health.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan" : 5 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR LARI SPRINT 100 METER Keliat, Pedomanta; Abady, Andi Nur
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2234/jsbg.v5i2.458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Lari Sprint dengan menggunakan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis terhadap hasil belajar siswa tersebut diperoleh thitung sebesar 10,42 pada taraf signifikan α = 0,05 dan ttabel sebesar 2,093. Dengan demikian thitung > ttabel (10,42 > 2,093) sehingga hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar lari sprint 100 M siswa kelas X di SMA. Dari data posttest diketuhui bahwa siswa telah mampu melakukan lari sprint 100 M dengan baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa lebih besar dari nilai KKM yang ada disekolah, artinya banyak siswa yang memperoleh nilai di atas 70. Berdasarkan hasil perhitungan data hasil belajar lari sprint 100 M siswa diperoleh thitung > ttabel, artinya hipotesis tersebut diterima. Pembelajaran contextual teaching and learning yang dilakukan dapat membantu siswa dalam memahami lari sprint 100 M, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dari hasil sebelum diberikan model pembelajaran.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL Syaleh, Muhammad; Almunawar, Ahmad
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2234/jsbg.v5i2.459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Tolak peluru Gaya Ortodok melalui media audio visual pada Siswa kelas VII SMP Swasta Perguruan Indonesia Tahun 2015/2016. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2015. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan julah siswa 35 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan yang akan diberikan tindakan berupa penerapan pembelajaran melalui media audio visual terhadap hasil belajar Tolak peluru Gaya Ortodok. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Tolak peluru Gaya Ortodok masih rendah. Dari 35 orang siswa terdapat 24 orang (68%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang (32%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 77. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 35 orang siswa terdapat 31 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 81. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui hasil belajar Tolak peluru Gaya Ortodok melalui media audio visual pada Siswa kelas VII SMP Swasta Perguruan Indonesia
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA SMP Helmi, Boby; Winata, Devi Catur
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2234/jsbg.v5i2.460

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Dribble Dalam Permainan Bola Basket Melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 25 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitia ini adalah siswa kelasIX dengan jumlah siswa 35 siswa, yang akan di berikan tindakan berupa pembelajaran dribble bola basket melalui penerapan gaya mengajar inklusi. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar dribble bola basket. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan.Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dari tes hasil belaja rsiklus I diperoleh sebanyak 23 orang siswa (65.7%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 12 orang siswa (34.3%) belum mencapai tingkat ketuntsan belajar. (2)Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 31 orang siswa (88.6%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (11.4%) masih belum tuntas. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan gaya mengajar inklusi dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas IX SMP Negeri 25 Medan TahunAjaran 2015/2016.
PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN PADA DRIBBLING BOLA BASKET SISWA KELAS VII SMP Lubis, Ade Evriansyah; Ramadan; Lestari, Pratiwi
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2234/jsbg.v5i2.462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas VII SMP Swasta All-Ikhwan Medan, melalui pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berupa tes kepada para siswa yang berbentuk aplikasi teknik dasar dribbling bola basket. Teknik pengumpulan data dengan penilaian hasil belajar dribbling bola basket. Teknik analisis data yang digunakan secara deskriptif berdasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa melalui pendekatan bermain, dapat meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket, diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II dari hasil analisis data yang dilakukan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA SD Nugroho, Agung; Aditya, Rinaldi
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2234/jsbg.v5i2.463

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggiring bola dengan menggunakan penerapan gaya mengajar Latihan pada siswa kelas V SDN 056022 Tanjung Pura tahun ajaran 2014/2015. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2015. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik menggiring bola masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 10 orang (40%) yang tidak mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang (60%) telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat 22 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Penerapan Pendekatan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada siswa kelas VII SMP Swata Mulia Medan tahun ajaran 2014/2015.

Page 1 of 1 | Total Record : 5