cover
Contact Name
Alan Alfiansyah Putra Karo Karo
Contact Email
alanalfiansyahputra@ymail.com
Phone
+6285206640908
Journal Mail Official
alanalfiansyahputra@ymail.com
Editorial Address
Jl. Alumunium Raya No. 77 Tanjung Mulia Hilir, Medan, 20241, Sumatera Utaram Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
ISSN : -     EISSN : 27763994     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan is a scientific journal containing the publication of scientific papers on sports and health. Our main goal is to disseminate current and original articles from researchers and discuss various topics such as, Sports Education and Sports Health.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan" : 5 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 36 MEDAN Almunawar, Ahmad; Abady, Andi Nur; Tarigan, Pumareka
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2234/jsbg.v6i1.464

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap sikuls terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa yang berbentuk penelian portopolio. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil penelitian dilihat dari ketuntasan siswa secara klasikal, sementara metode yang digunakan adalah metode tindakan kelas. Berdasarkan data awal yang didapat sebesar 13 orang siswa (37,1%) tuntas dalam pembelajaran sementara 22 orang siswa (62,9%) tidak tuntas dalam pembelajaran. selanjutnya hasil belajar pada siklus I, sebesar 24 orang siswa (68,6%) tuntas dalam pembelajaran sementara 11 orang siswa (31,4%) tidak tuntas dalam pembelajaran. Pada siklus II sebesar 31 orang siswa (88,6%) tuntas dalam pembelajaran sementara 4 orang siswa (11,4%) tidak tuntas dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERBAUNGAN Syaleh, Muhammad; Keliat, Pedomanta
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2234/jsbg.v6i1.465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016 melalui metode demontrasi dan Modifikasi Alat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa yang berbentuk aplikasi passing atas bola voli. Teknik pengumpulan data dengan penilaian hasil belajar passing atas bola voli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Melalui metode demontrasi dan modifikasi alat, sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Dari analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hal ini diketahui dari tes awal hanya 8 siswa yang tuntas (26,67%) dan 22 siswa yang tidak tuntas (73,33%) dengan nilai rata-rata 53,33, disiklus I terdapat 16 siswa yang tuntas (53,33%) dan yang tidak tuntas 14 siswa (46,67%) dengan nilai rata-rata 62,49 dan siklus II terdapat 28 siswa yang tuntas (93,33%) dan yang tidak tuntas 2 siswa (6,67%) dengan nilai rata-rata 77,21
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA SMP Lubis, Ade Evriansyah; Ramadan; Deliana, Pinta
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2234/jsbg.v6i1.466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Swasta Taman Siswa Batu Bara Tahun Ajaran 2016/2017, melalui metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berupa tes kepada para siswa yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing bawah bola voli. Teknik pengumpulan data dengan penilaian hasil belajar passing bawah bola voli. Teknik analisis data yang digunakan secara deskriptif berdasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Adapun hasil yang diperoleh dari observasi yakni 9 siswa dinyatakan tuntas (38%) sedangkan 15 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas (62%). Pada siklus I diperoleh hasil dimana 17 siswa dinyatakan tuntas (71%) sedangkan 7 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas (29%). Dan pada siklus II diperoleh hasil dimana 21 siswa dinyatakan tuntas (88%) sedangkan 3 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas (12%).
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERMAIN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN TAKTIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NUSANTARA EDUCATION Nugroho, Agung; Aditya, Rinaldi
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2234/jsbg.v6i1.467

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diajarkan melalui gaya penemuan terbimbing pada materi passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola di kelas X SMK Nusantara Education Tahun Pelajaran 2015/2016. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Nusantara Education Tahun Pelajaran 2015/2016,waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI terdiri dari 38 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi, yaitu 38 orang siswa (total sampling), yaitu siswa kelas X SMK Nusantara Education Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar passing sepak bola. Dari 38 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 6 orang siswa (15,79%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar sepak bola, sedangkan selebihnya yaitu 32 orang siswa (84,21%) belum memiliki ketuntasan belajar passing bola. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 50,19 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus I, dari 38 orang siswa telah ada 20 orang siswa (52,63%) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 18 orang siswa (47,37%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 69,52 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus II, dari 38 orang siswa, ternyata sudah 33 orang siswa (86,84%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 5 orang siswa (13,16%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 78,29 (Tuntas). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan pembelajaran Pendekatan taktis berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar sepak bola pada siswa kelas X Nusantara Education tahun pelajaran 2015/2016
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI GAYA MENGAJAR KOMANDO PADA SISWA KELAS XI SMA GKPS 1 PEMATANG RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN Helmi, Boby; Winata, Devi Catur; Hasibuan, M. Nustan; Hardinoto, Nono
Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jsbg.v6i1.468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Meroda melalui penerapan gaya mengajar komando pada siswa kelas XI SMA GKPS 1 Pematang Raya Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah siswa kelas XI yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui Penerapan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar meroda senam lantai. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian Tes Hasil Belajar meroda senam lantai. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data. Hasil penelitian menyimpulkan : Dari 28 siswa terdapat 8 siswa (28,57%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 55,17%. Hasil dari siklus I terdapat 18siswa (64,28%) dari 28 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 68,14%. Di siklus II terdapat 25 siswa (89,28%) dari 28 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 79% dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui penerapan gaya mengajar komando ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5