cover
Contact Name
Amar Sani
Contact Email
amarlibrarianesia@gmail.com
Phone
+6285399929080
Journal Mail Official
amarlibrarianesia@gmail.com
Editorial Address
Pendidikan Bajiminasa Makassar, Jl. Meranti No.1, Pandang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Economics and Digital Business Review
ISSN : -     EISSN : 27742563     DOI : -
Economics and Digital Business Review, open-access journal published by STIE Amkop Makassar. It provides an academic platform for professionals and researchers to contribute innovative work in the field. Economics and Digital Business Review carries original and full-length articles that reflect the latest research and developments in both theoretical and practical aspects of economics, Digital business and management. The journal is published in both print and online versions. The online version is free access and download. Areas of research include, but are not limited to, the following: Economic Growth and Development Economics of Organizations and Industries Fiscal and Decentralisation Monetary and Banking Poverty and Development Microfinance Regional and Competitiveness Finance and Investment Public Sector Accounting Social and Environmental Accounting Financial Accounting and Taxation Management and Cost Accounting Behavioral Accounting Auditing and Information System Shariah Economics, Finance and Accounting Corporate Governance Human Resource Management Strategic Management Entrepreneurship Marketing Digital Business; E-business Information Technology Management Production & Operations Management Logistics and Supply Chain Business Ethics Management Research Methods and Managerial Economics Public Administration
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): February - July" : 8 Documents clear
Pengaruh Kompetensi Sumberdaya Manusia guna Meningkatkan Sistem Pengendalian Internal Pasien Rumah Sakit Era Covid-19 Lesi Hertati; Rilla Gantino; Lilis Puspitawati; Meifida Ilyas; Otniel Safkaur
Economics and Digital Business Review Vol. 2 No. 2 (2021): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v2i2.29

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah 250 pasien rumah sakit pada daerah Skouw Mabo, Skouw, Yambe, Skouw Sae, dan Mosso Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Keempat daerah ini adalah daerah perbatasan Republik Indonesia dan Papua New Guinea. Metode pengumpulan sampel adalah purposive sampling dengan mengambil sampel pada pasien rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode analisis PLS (Partial Least Square). Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner dan dibagikan kepada 300 (tiga ratus) orang responden yang merupakan pasien rumah sakit, jumlah pasien yang mengembalikan sampel ada 250 pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumberdaya manusia guna meningkatkan sistem pengendalian internal pasien rumah sakit era covid-19. Hal ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia  menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan dalam menangani pasien rumah sakit era Covid-19. Semakin kompoten sumberdaya manusia maka akan semakin baik sistem pengendalian internal pasien rumah sakit era Covid-19.
Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah Annisa Nur Safitri; Muhammad Iqbal Fasa; Suharto Suharto
Economics and Digital Business Review Vol. 2 No. 2 (2021): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v2i2.66

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Jumlah kasus Covid-19 yang semakin meningkat melemahkan perekonomian nasional maupun internasional. Berbagai sektor bisnis mengalami perlambatan akibat virus Covid-19. Dalam penelitian ini. diharapkan para pelaku ekonomi dan bisnis syariah menunjukkan empati dan solidaritas kepada para pemangku kepentingan. Pelaku bisnis syariah memanfaatkan dan mendukung program stimulus dari pemerintah. perbankan syariah dan lembaga keuangan lainnya harus mulai merevisi kembali target pertumbuhan, penerapan teknologi digital transaksi dalam satu solusi. Ekonomi dan bisnis syariah dapat berperan memulihakan guncangan ekonomi dengan mengedepankan pencapaian tujuan – tujuan syariah.
Analisis Sikap dan Minat Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Toko Jelita Suci Nurlita; Sri Ernawati
Economics and Digital Business Review Vol. 2 No. 2 (2021): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v2i2.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap konsumen dan minat konsumen terhadap keputusan baik secara parsial maupun simultan. Jumlah sampel yang dilakukan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden, dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Adapun instrument penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 20.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan, minat konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian serta secara simultan sikap dan minat berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di Toko Jelita.
Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Distribusi terhadap keputusan pembelian minuman Coca-Cola di Makassar Vivid Violin; Syamsi Mawardi; Nasriani Nasriani
Economics and Digital Business Review Vol. 2 No. 2 (2021): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v2i2.85

Abstract

Penelitian ini bersifat survey dengan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah 213 orang karyawan. Sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 145 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang terdiri atas segmentasi, target dan posisi pasar secara bersama-sama berpengaruh terhadap pangsa pasar Pembelian Minuman Cocacola. Secara parsial variabel strategi pemasaran positioning yang dominan berpengaruh terhadap pangsa Pembelian Minuman Cocacola. Ini menunjukkan peningkatan pangsa pasar ditentukan oleh tindakan merancang tawaran dan citra dari perusahaan untuk menempati posisi yang tepat dalam menawarkan produk kepada konsumen dan memperluas pangsa pasar.
Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Warung Padang Upik Agus Dwi Cahya; Ocsalino Damare; Catur Harjo
Economics and Digital Business Review Vol. 2 No. 2 (2021): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v2i2.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan Warung Padang Upik di kecamatan Sinduadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dari penelitian ini adalah karyawan dari Warung Padang Upik di kecamatan Sinduadi. Data primer diperoleh dari kuesioner dengan 30 responden. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan bahwa variabel kompensasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja karyawan (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan variabel disiplin kerja (X2) tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,505. Pada hasil uji F kompensasi dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Pengaruh Online Customer Review dan Kepercayaan terhadap Minat Beli pada Marketplace Lazada Eka Syarifah; Karyaningsih Karyaningsih
Economics and Digital Business Review Vol. 2 No. 2 (2021): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v2i2.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Online Customer Review dan Kepercayaan terhadap Minat Beli pada Marketplace Lazada. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode slovin dengan teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling yang kemudian menghasilkan 100 sampel dari populasi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang cukup kuat dan signifikan antara online customer review dan kepercayaan, variabel online customer review dan kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, serta variabel online customer review dan kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervenning Dari Efek Kompetensi Terhadap Kinerja Awak Kapal PT. Multi Jaya Samudera Abbas Abbas; Irman Irman
Economics and Digital Business Review Vol. 2 No. 2 (2021): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v2i2.261

Abstract

Awak kapal adalah aset utama suatu peruahaan yang menjadi perencana dan pelaku aktif dari setiap aktivitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis pengaruh langsung kompetensi terhadap komitmen organisasi dan kinerja awak kapal serta pengaruh tidak langsung kompetensi terhadap kinerja awak kapal jika dimediasi oleh komitmen organisasi. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode analisis jalur dengan data yang berasal dari penyebaran kuisioner terhadap 60 responden yang datanya ditolah menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menemukan bahwa komptensi berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi maupun kinerja awak kapal. Fakta empiris selanjutnya menunjukkan bahwa komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja awak kapal sehingga efek mediasinya juga menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Ratna Dewi; Wahidah Amrah
Economics and Digital Business Review Vol. 2 No. 2 (2021): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v2i2.435

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada PT. Suracojaya Abadi Motor. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat atau konsumen yang menggunakan motor Yamaha Mio, sedangkan pengambilan sampel yang dilakukan adalah menggunakan metode sampel acak sederhana (metode simple random sampling) kepada konsumen pemilik motor Yamaha Mio, dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang pelanggan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer dari penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang di isi oleh para responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, distribusi, dan promosi dalam bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Mio PT. Suraco Jaya Abadi Motor. Dari seluruh variabel bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi) yang didapat setelah pengujian, variabel produk yang mempunyai pengaruh paling dominan dan signifikan dalam keputusan pembelian motor Yamaha Mio pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor.

Page 1 of 1 | Total Record : 8