cover
Contact Name
Rafiq Badjeber
Contact Email
rafiq_badjeber@iainpalu.ac.id
Phone
+6285298594681
Journal Mail Official
jurnalkoordinat@iainpalu.ac.id
Editorial Address
FTIK, IAIN Palu
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Koordinat : Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains
ISSN : -     EISSN : 27454215     DOI : https://doi.org/10.24239/kjpm.v1i1.1
Core Subject : Science, Education,
Koordinat: Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains dipublikasikan oleh Program Studi Tadris Matematika (TMAT) dan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini mengundang para dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan di bidang matematika dan IPA untuk berpartisipasi dengan mempublikasikan hasil riset maupun nonriset.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022)" : 6 Documents clear
VALIDITAS PENGEMBANGAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA/MA Nurul Fajriyah; Khairunnisa; Ita
Koordinat Jurnal MIPA Vol. 3 No. 2 (2022)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/koordinat.v3i2.39

Abstract

Education in the era of the industrial revolution 5.0 students are required to have critical thinking skills and also able to use innovative technologies for provisions in the world of lectures and the world of work. E-LKPD is an innovatively developed teaching material so that learners can improve their critical thinking skills using electronic media. The purpose of this study is to formulate the validity of E-LKPD as teaching material in improving students' critical thinking skills. This research uses the Type of Educational Development Research (EDR) research with the Tessmer formative evaluation design method which is limited by several stages, namely self-evaluation and expert review. Research data were obtained from validity instruments. The results of the study obtained the validity of E-LKPD has an average score of 3.60 with a very valid category. These results prove that E-LKPD is used to improve students' critical thinking skills.
ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TURUNAN FUNGSI DUA VARIABEL Hajerina; Indah Suciati; Nurhalida Sartika
Koordinat Jurnal MIPA Vol. 3 No. 2 (2022)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/koordinat.v3i2.41

Abstract

Penelitian deskriptif eksploratif dilakukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Lanjut dalam menyelesaikan soal turunan fungsi dua variabel. 25 Mahasiswa pendidikan matematika Universitas Alkhairaat T.A 2022/2023 diberikan tes diagnostik yang berkaitan dengan turunan fungsi dua variabel. Selanjutnya dipilih 3 mahasiswa secara purposive sampling dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi untuk keperluan wawancara. Dokumentasi juga dilakukan untuk memperoleh informasi lainnya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model Miles & Huberman. Temuan menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kategori tinggi hanya melakukan sedikit kesalahan dengan satu jenis kesalahan, sedangkan mahasiswa dengan kategori sedang dan rendah melakukan semua jenis kesalahan.
PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN SMART APP CREATOR (SAC) PADA MATERI PERSAMAAN NILAI MUTLAK Yandhu Ardiansyah; Agung Wicaksono
Koordinat Jurnal MIPA Vol. 3 No. 2 (2022)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/koordinat.v3i2.42

Abstract

Kegiatan belajar adalah kegiatan yang tidak bisa terpisahkan dari seluruh aktifitas kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai suatu tujuan, belajar melibatkan individu baik fisik juga psikis. Era digital saat ini proses belajar harus effisien dan peserta didik dapat cepat untuk memperoleh media informasi dan Teknologi. Satu dari beberapa teknologi yang bisadigunakan adalah dengan media Android. Penggunaan system operasi android banyak digunakan pada telepon seluler peserta didik. Dengan demikian menggunakan aplikasi yang berbasis android sangat mudah diterapkan pada peserta didik. Selanjutnya untuk membantu pembelajaran tersebut, peneliti menggunakan suatu aplikasi pembelajaran matematika berbasis android dengan menggunakan Smart App Creator (SAC). Aplikasi ini menjelaskan materi persamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel dalam bentuk gambar yang menarik disertai dengan suara dan video pembahasan. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode waterfall. Model pengembangan software ini merupakan model klasik yang sederhana dengan aliran sistem yang linier, keluaran dari tahap sebelumnya merupakan masukan untuk tahap berikutnya. Model ini sering dinamakan model waterfall. Metode waterfall adalah model klasik yang bersifat sistematis dan sekuensial yang memiliki beberapa fase dalam mengimplementasikannya Pengembangan aplikasi pembelajaran persamaan nilai mutlak berbasis android menggunkan smart app creator yang di ujikan dikelas x MIPA MAN 1 Kota Palu telah memiliki produk yang dapat di unduh melalui tautan : https://drive.google.com/file/d/1couiZzrbd_UxrZ4GMIrNFUO9ijnaLZem/view?usp=sharing. Adapun langkah langkah penginsalannya cukup mudah yaitu : a) klik tautan link aplikasi; b) tunggu sampai selesai mengunduh; c) ikuti perintah yang muncul misalnya untuk pengaturan aplikasi dari pihak lain; d) jika sudah selesai maka aplikasi siap digunakan. Aplikasi ini dibuat menggunakan program SAC yang dapat dengan mudah dipelajari dan dimanfaatkan karena tidak menggunakan basis coding seperti program yang lainnya. Produk aplikasi dari SAC ini juga bisa berupa aplikasi berbasis android atauapun desktop (perangkat computer). Metode sharing aplikasi ini cukup hemat paket data, hanya dengan satu kali mengunduh dan menginstal sudah bisa dimanfaatkan dalam waktu lama. Aplikasi ini masih bisa terus dikembangakan dengan cakupan materi yang lebih banyak segingga bisa jadi media belajar mandiri siswa dirumah. Pengembangan aplikasi ini mendapat respon cukup baik dari siswa kelas x yang telah menggunkannya.
PENERAPAN LABORATORIUM VIRTUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MAHASISWA PGMI Arda Arda
Koordinat Jurnal MIPA Vol. 3 No. 2 (2022)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/koordinat.v3i2.43

Abstract

This research is an experimental research (quasi experimental design). It aims to determine the application of virtual laboratory to improve understanding of science concepts. Subjects of this research were PGMI students class of 2020. The results of data analysis using the t-test showed that students understanding of science concepts who received learning using a virtual laboratory differed significantly from students who received conventional learning. The gain based on the results of data analysis using the gain normalization of the experimental class was 0.60 and the control class was 0.41. It means that there is improvement on the students of PGMI science concept in medium category. The increase in understanding of science concepts in the experimental class was higher than in the control class.
Analisis Kemampuan Kognitif dan Miskonsepsi Pembelajaran IPA Materi Kalor Pada Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Adi Darma Surya
Koordinat Jurnal MIPA Vol. 3 No. 2 (2022)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/koordinat.v3i2.44

Abstract

Pendidikan melalui program pembelajaran pada dasarnya mempunyai tujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mewujudkannya calon guru harus memiliki kemampuan yang baik dalam memahami konsep-konsep dasar suatu bidang ilmu. Fakta menunjukkan bahwa pemahaman calon guru terhadap konsep-konsep dalam pembelajaran IPA masih rendah. Seringkali ditemukan kesalahan pemahaman mahasiswa terhadap suatu konsep ilmu (miskonsepsi) dan bahkan sama sekali tidak memahaminya. Apabila miskonsepsi mahasiswa calon guru ini dibiarkan, maka akan menimbulkan miskonsepsi yang berkelanjutan pada peserta didik, sehingga akan mempengaruhi kualitas outuput pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif dan kaitannya dengan miskonsepsi pembelajaran IPA materi kalor pada mahasiswa calon guru sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian yaitu mahasiswa calon guru sekolah dasar di STKIP Nasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah There Tier-Test yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada calon guru SD. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa mengalami miskonsepsi pada materi kalor dengan persentase sebesar 52,43% dan hanya 23,13% yang sudah memahami dengan baik konsep-konsep pada materi kalor. Selebihnya terdapat miskonsepsi (false negative) sebesar 15,16% dan miskonsepsi (false positive) sebesar 8,27%. Dengan demikian diperlukan inovasi baik pada strategi, media atau model pembelajaran sehingga pemahaman mahasiswa calon guru SD khususnya pada konsep-konsep materi kalor semakin baik dan tidak terjadi miskonsepsi yang terus berkelanjutan.
ANALISIS PROCEDURAL FLUENCY MATEMATIS MAHASISWA PADA MATERI BILANGAN Rafiq Badjeber
Koordinat Jurnal MIPA Vol. 3 No. 2 (2022)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/koordinat.v3i2.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis procedural fluency matematis pada materi bilangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 3 PGMI FTIK UIN Datokarama Palu yang berjumlah 71 mahasiswa. Selanjutnya dipilih 3 mahasiswa secara purposive sampling dengan kategori kemampuan rendah, sedang, dan tinggi Penelitian ini metode campuran (mixed methodsi). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes procedural fluency, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa procedural fluency mahasiswa dominan berada pada kategori rendah Mahasiswa dengan procedural fluency tinggi tidak memiliki pengetahuan mengenai prosedur secara umum, namun memiliki pengetahuan mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar, serta memiliki pengetahuan dalam menggunakan prosedur secara fleksibel, akurat dan efisien. Mahasiswa dengan procedural fluency sedang mengetahui prosedur secara umum namun melakukan kesalahan perhitungan serta dapat menggunakan prosedur secara fleksibel, dan akurat namun tidak efisien. Disisi lain, Mahasiswa dengan procedural fluency sedang tidak mengetahui prosedur apa yang digunakan serta bagaimana menggunakannya dengan benar. Selanjutnya, mahasiswa dengan procedural fluency rendah tidak memiliki pengetahuan mengenai prosedur secara umum, tidak memiliki pengetahuan mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar, serta tidak memiliki pengetahuan dalam menggunakan prosedur secara fleksibel, akurat dan efisien

Page 1 of 1 | Total Record : 6