cover
Contact Name
Faisal Y Habsyi
Contact Email
faisalhabsyi81@gmail.com
Phone
+6281297002940
Journal Mail Official
datjerenjaan@gmail.com
Editorial Address
Pendidikan Ekonomi STKIP Kie Raha Ternate Jl. Kampus STKIP Kie Raha Ternate Kelurahan Sasa-Jambula Kota Ternate Provinsi Maluku Utara
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN DAN EKONOMI (JUPEK)
Published by STKIP Kie Raha Ternate
ISSN : -     EISSN : 27461092     DOI : 10.5281
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK), dikelola oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Kie Raha Ternate. Artikel yang masuk pada ini diproses secara blind and peer-reviewed journal. Artikel yang dipublikasikan pada Jurnal JUPEK merupakan hasil Penelitian, kajian teori dalam bidang Pendidikan, Pendidikan Ekonomi, Ekonomi, dan Kewirausahaan. Jurnal ini terbit 2 kali setahun yakni pada bulan Desember dan Juni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)" : 6 Documents clear
ANALISIS PENDAPATAN BISNIS LAUNDRY DI KOTA TERNATE Sunarti Djoko
Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK) Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7505147

Abstract

Pendapatan adalah balas jasa atas penggunaan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh sektor rumah tangga, dan sektor perusahaan, misalnya gaji, pendapatan sewa, pendapatan bunga, serta keuntungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan bisnis jasa Nhada Laundry di kota ternate. Penelitian ini mengkaji analisis pendapatan usaha jasa laundry. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar pendapatan rata-rata usaha jasa laundry. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan proses analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa Pendapatan Bersih pada Bisnis Nhada Laundry Laundry dikota ternate Selatan pada tahun 2017 – 2021 berfluktuasi. tahun 2017 Rp. 152.165.000, tahun 2018 Rp. 136.448.000, tahun 2019 Rp. 133.735.000, tahun 2020 163,595.000, tahun 2021 Rp. 178.545.000.
PENGARUH FAKTOR KEPRILAKUAN ORGANISASI TERHADAP KEGUNAAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH Burhan Zakaria
Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK) Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7505217

Abstract

Tujuan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Dimana pengumpulan data dilakukan melalui metode survei dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang disebarkan secara lansung kepada pegawai yang berada di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Kepulauan Sula. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dukungan atasan bernilai positif sebesar 3,603 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari a = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dukungan atasan terhadap sistem akuntansi keuangan daerah, kejelasan tujuan bernilai positif sebesar 7,421 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari a = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kejelasan tujuan terhadap sistem akuntansi keuangan daerah, pelatihan bernilai positif sebesar 1,056 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,035 lebih besar dari a = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan tidak berpengaruh terhadap sistem akuntansi keuangan daerah pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Kepulauan Sula.
PENGARUH PENDAPATAN NELAYAN TERHADAP POLA KONSUMSI NELAYAN DESA TAWABI KECAMATAN BACAN BARAT KABUPATEN HALMAHERA SELATAN Faisal Y Habsyi; Julaiha Dahlan
Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK) Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7514401

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk memperoleh penjelasan mengenai pengaruh pendapatan nelayan terhadap Pola Konsumsi masyarakat Desa Tawabi Kecamatan Bacan Barat Kabupaten Halmahera Selatan. Penelitian ini dengan menggunakan angket dengan jumlah responden 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan nelayan berpengaruh signifikan pola konsumsi masyarakat nelayan di desa tawabi kecamatan bacan barat kabupaten halmahera selatan. Dengan persamaan regresi Y= 17,302+ 0,449 X artinya bahwa jika X = 0 maka pola konsumsi sebesar 17,302 sedangkan apabila terjadi kenaikan pendapatan sebesar 1% maka pola konsumsi masyarakat naik sebesar 4,49%. Nilai koefesien determinasi sebesar 0,144 artinya bahwa bahwa pola konsumsi masyarakat nelayan di pengaruhi oleh pendapatan nelayan sebesar 14,4% sedangkan sisanya sebesar 85,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam variabel penelitian ini.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI PADA MATERI HIDROSFER DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SULABESI TENGAH Dahri Hi Halek; La Dede N Jamsa
Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK) Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7623803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas keaktifan dan hasil belajar IPS dalam bidang geografi pada materi hidrosfer dan pengruhnya terhadap keidupan dengan penerapan model pembelajaran time token dan mendapatkan bukti bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sulabesi Tengah tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, setiap siklus di tempuh dengan 2 kali tindakan yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektifitas keaktifan dan hasil belajar dalam pelaksnaan pembelajaran mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan cara memulai samua komponen atau krateristik Time Token yang terangkum dalam 15 indikator kekatifan dan melalui penyampaian informasi (penyajian kelas), dan skor peningkatan individu, bukti peningkatan keaktifan siklus Isiswa, rata-rata 42,59% pada siklus II mengalami peningkatan yaitu menjadi 90,17%. Bukti peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Time Token selama pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hasil belajar siswa yang sudah memenuhi nilai KKM (70) pada siklus I sebanyak 5 siswa (27,77%) meningkat pada siklus II sebanyak 16 siswa (88,88). Dengan demikian model pembelajaran time token dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS.
ANALISIS PENDAPATAN WEDA REEF DAN RAINFOREST RESORT TERHADAP PARIWISATA DAN EKOWISATADI KABUPATEN HALMAHERA TENGAH Anhar Drakel
Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK) Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7659347

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pendapatan Weda Reef danRainforestResort. Berdasarkan hasil analisis sebagai berikut: (1) Jumlah pengunjung wisatawan tidak menunjukan hubungan yang signifikan terhadap fasilitas, hal ini terlihat dari koefisien regresi sebesar 0,878 dan standart error sebesar 1,226. Hipotesis nol diterima karena p. value sebesar 0,50 yang lebih besar dari tingkat signifikansi 0,05, karena itu sesuai dengan theory trimming jalur jumlah pengunjung wisatawan ke Weda Reef dan Rainforest Resort dibuang atau dihilangkan. (2) Jumlah pengunjung wisatawan tidak menunjukan hubungan yang signifikan terhadap jumlah kamar, hal ini terlihat dari koefisien regresi sebesar 0,011 dan standart error sebesar 0,067. Hipotesis nol diterima karena p. value sebesar 0,953 yang lebih besar dari tingkat signifikansi 0,05, karena itu sesuai dengan theory trimming jalur jumlah pengunjung wisatawan ke Weda Reef dan Rainforest Resort dibuang atau dihilangkan. (3) Fasilitas menunjukan hubungan yang signifikan terhadap jumlah kamar, hal ini terlihat dari koefisien regresi sebesar 0,984 dan standart error sebesar 0,295. Hipotesis nol diterima karena p. value sebesar 0,026 yang lebih besar dari tingkat signifikansi 0,05, karena itu sesuai dengan theory trimming jalur jumlah pengunjung wisatawan ke Weda Reef dan Rainforest Resort. (4). Jumlah kunjungan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan retribusi obyek wisata, hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 1,000, dan standart error sebesar dan nilai dari p. value sebesar 0,000 yang kurang dari tingkat signifikansi 0,05, maka fasilitas sangat berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan.
PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH II KOTA TERNATE Narilah A Tuara
Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK) Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7680122

Abstract

Sebagai salah satu metode pembelajaran learning start with a question yang cukup baik untuk digunakan dalam proses pembelajararan metode learning start with a question merupakan suatu motode pembelajaran, yang mana siswa di tuntun untuk bertanya dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap sustu masalah yang sedang dibicarakan menemukan pemecahan masalah dari suatu pengetahuan yang mereka miliki, dan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk megaktifkan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh metode learning start with a question dengan metode konvensional terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VII Muhamadiyah II KotaTernate. Jenis penelitian dalam penelitin ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu desain ini menggunakan kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh metode learning start with a question dengan metode konvensional terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VII Muhammadiyah II KotaTernate . Dengan kriteria pengujian jika ttabel < thitung maka Ho diterima dan Ha ditolak, ternyata ttabel < thitung atau 2,001 > 4,276 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan perbedaan pengaruh metode learning start with a question dengan metode konvensional terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VII Muhamadiya II Sulamadaha Kecamatan Ternate Barat Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan pengaruh metode learning start with a question dengan metode konvensional terhadap hasil belajar IPS Ekonomi Siswa kelas VII SMP Muhammadiyah II KotaTernate.

Page 1 of 1 | Total Record : 6