cover
Contact Name
Dodih Firmansyah
Contact Email
dodih.firmansyah@unpad.ac.id
Phone
+6282217676868
Journal Mail Official
jurnaltornare@gmail.com
Editorial Address
Pascasarjana UNPAD Jl. Dipatiukur No.35 Bandung - Jawa Barat - Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Sustainable Tourism Research
ISSN : -     EISSN : 27158004     DOI : http://dx.doi.org/10.24198/tornare.v3i1.25789
Tornare: Jurnal Pariwisata Indonesia Berkelanjutan. Yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pariwisata Berkelanjutan, Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran dengan fokus khusus pada studi pariwisata Indonesia. Jurnal Tornare berupaya untuk memajukan bidang pariwisata dengan aspek ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan dari pariwisata Indonesia. Jurnal ini menyambut baik hasil karya penelitian mengenai kepariwisataan, karya konseptual, studi empiris, aplikasi teoretis dan ulasan buku terutama di mana ia mendukung pengembangan studi pariwisata Indonesia melalui pendekatan yang lebih kritis terhadap ide dan konsep baru terhadap pariwitasa. Fokus jurnal Tornare berkaitan dengan bidang studi pariwisata Indonesia, Tornare juga akan mempertimbangkan artikel yang lebih khusus, terhadap investigasi masalah yang berkaitan dengan pengembangan masyarakat terhadap pariwisata, tipologi pariwisata, ekowisata, pariwisata pedesaan, industri perhotelan dan pariwisata, studi pemasaran, manajemen risiko, skema dan kebijakan akreditasi, kelestarian lingkungan, kawasan lindung, studi budaya, warisan manajemen studi, interpretasi, politik pariwisata, pengentasan kemiskinan, studi gender, pendidikan dan masalah keadilan dan perdamaian melalui pariwisata.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): Januari, 2020" : 8 Documents clear
PENGGUNAAN GOOGLE REVIEW SEBAGAI PENILAIAN KEPUASAN PENGUNJUNG DALAM PARIWISATA Fathia Uqimul Haq
Tornare: Journal of Sustainable and Research Vol 2, No 1 (2020): Januari, 2020
Publisher : Unpad Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/tornare.v2i1.25826

Abstract

Google review merupakan salah satu dari fitur Google maps. Fitur sederhana yang mampu berdampak besar ini digunakan untuk memberi nilai angka dan ulasan berupa teks dan foto pada sebuah tempat. Di era big data ini, pengguna dengan mudah memberikan nilai sesuai dengan faktor-faktor kepuasan pengunjung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana google review menjadi fitur untuk menilai kepuasan pengunjung dalam pariwisata. Metode penelitian menggunakan kajian literatur yang diambil dari jurnal, pustaka, dan media massa. Temuan dari penelitian ini google review dapat dimanfaatkan sebagai sarana evaluasi dini dalam sebuah sektor bisnis pariwisata untuk meningkatkan pelayanan daring. Diharapkan bisnis pariwisata saat ini bukan hanya memberikan pelayanan produk nyata saat pengunjung datang, tetapi mampu melayani melalui daring untuk membangun reputasi baik di hadapan warganet atau calon pengunjung.Kata kunci; Google review, kepuasan pengunjung, pariwisata.
PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL DI INDONESIA MELALUI KONSEP SMART TOURISM Hendry Ferdiansyah
Tornare: Journal of Sustainable and Research Vol 2, No 1 (2020): Januari, 2020
Publisher : Unpad Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/tornare.v2i1.25831

Abstract

Wisata halal di Indonesia merupakan potensi ekonomi yang unggul sebagai pemasok penerimaan negara. Banyak provinsi dan tujuan wisata telah menerapkan program pariwisata halal dan dengan terus meningkatkan jumlah wisatawan di Indonesia, pariwisata halal memiliki prospek pengembangan yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi wisata halal dan mengembangkan wisata halal di Indonesia melalui konsep smart tourism. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Indonesia memiliki populasi penduduk Muslim terbesar di dunia. Indonesia juga telah meraih penghargaan “World’s Best Halal Travel Destination” versi GMTI 2019. Sedangkan destinasi regional Indonesia yang meraih penghargaan “Best Halal Travel Destination” dari 10 destinasi halal lainnya di Indonesia versi Indonesia Muslim Travel Index 2019 dimenangkan oleh Destinasi Lombok. Lalu untuk pengembangan wisata halal di Indonesia dapat menerapkan unsur pengembangan destinasi yang ramah keluarga, layanan dan fasilitas yang ramah Muslim, sadar halal dan program pemasaran destinasi yang dapat distimulasikan dengan pemanfaatan konsep smart tourism dengan membangun unsur informativeness, accessibility interactivity, personalization untuk wisatawan Muslim.Kata kunci; wisata halal; smart tourism; Indonesia
PERENCANAAN LANSKAP UNTUK PELESTARIAN KAWASAN WISATA DANAU LIMBOTO, GORONTALO (STUDI KASUS SUB-DAS PAYUNGA) Rizkaf Zulfikar Kasim
Tornare: Journal of Sustainable and Research Vol 2, No 1 (2020): Januari, 2020
Publisher : Unpad Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/tornare.v2i1.25827

Abstract

Danau Limboto merupakan danau besar yang terletak di Kabupaten Gorontalo. Danau dengan luas sekitar 3.000 hektar ini merupakan muara dari lima sungai besar, yakni Sungai Bone Bolango, Sungai Alo, Sungai Daenaa, Sungai Bionga, dan Sungai Molalahu. Danau Limboto memiliki peran penting bagi masyarakat Provinsi Gorontalo khususnya pesisir danau. Beberapa fungsi Danau Limboto antara lain;(1) sumber ekonomi masyarakat pesisir danau, (2) reservoir alami limpasan air dari Daerah Tangkapan Airnya, (3) sumber potensial air bersih, (4) sumber keanekaragaman hayati, dan (5) taman wisata danau. Dengan permasalahan penyusutan dan pendangkalan yang terus terjadi setiap tahunnya akan sangat berpengaruh terhadap suatu ekosistem danau dan sekitarnya. Penelitian ini akan menganalisis daya dukung serta daya tampung dari kawasan sekitar danau limboto dengan pendekatan ekologi guna melestarikan kawasan wisata danau limboto sebagai suatu destinasi yang berkelanjutan. Perencanaan Lanskap untuk pelestarian kawasan wisata danau akan dituangkan dalam penataan lanskap sub-wilayah, yaitu pemukiman, perkebunan/pertanian, dan hutan.Kata kunci; Danau, ekologi, pelestarian
PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI WISATA UNTUK KELUARGA MELALUI AKUN INSTAGRAM @FAMILYGOERS Agustina Eka Putri
Tornare: Journal of Sustainable and Research Vol 2, No 1 (2020): Januari, 2020
Publisher : Unpad Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/tornare.v2i1.25828

Abstract

Media sosial hadir dalam rangkaian kehidupan dan sudah menjadi kelaziman. Berbagai kalangan berbondong-bondong menggunakan perangkat smartphone dan menggunduh berbagai aplikasi termasuk aplikasi untuk bersosial media. Karena itu, media sosial dapat dilihat sebagai medium (fasilitator) online yang menguatkan hubungan antarpengguna sekaligus sebagai sebuah ikatan sosial. Para pengguna baselayer menggunakan aplikasi Instagram sebagai media untuk  mendapatkan informasi mengenai penjualan baselayer. Biasanya para pengguna baselayer mem-follow (menjadi pengikut) dan mengunjungi akun-akun baselayer untuk melihat postingannya. Instagram sebagai salah satu media sosial yang dipilih dan digunakan ribuan bahkan jutaan orang dalam proses pencarian informasi yang dibutuhkannya dan adanya akun @familygoers menjadi sumber informasi traveler untuk keluarga yang diharapkan sebagai acuan oleh para followers-nya dan pengguna Instagram pada umumnya untuk mengetahui dan menjadi referensi dalam pencarian informasi untuk kegiatan pariwisata baik untuk destinasi di dalam negeri maupun di luar negeri. Hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan media sosial memungkinkan wisatawan untuk mengetahui secara singkat informasi-informasi dalam hal pariwisata, karena setiap wisatawan tersebut memiliki niat dan memiliki control terhadap kegiatan berwisata yang akan dilakukannya. Kemajuan pesat teknologi, khususnya media sosial juga memberikan perubahan pesat yang revolusioner dalam sector pariwisata, dengan banyaknya informasi di internet, calon wisatawan dapat menemukan informasi yang relevan dan memadai dalam membuat keputusan berwisata yang tepat dan sesuai dengan keinginannya.Kata Kunci : Media Sosial, Instagram @falimygoers, Smart Traveler 
TANTANGAN MILENIAL DI DESA WISATA Arfah Sahabudin
Tornare: Journal of Sustainable and Research Vol 2, No 1 (2020): Januari, 2020
Publisher : Unpad Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/tornare.v2i1.25824

Abstract

Kaum milenial mendominasi wisatawan di era pariwisata 4.0. Alam dan budaya jika dikemas akan menjadi produk wisata dengan daya pikat menarik bagi wisatawan khususnya wisatawan milenial. Salah satu produk yang dimiliki Indonesia adalah desa wisata atau kampung wisata, dengan atraksi wisata berupa alam dan budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap potensi digitalisasi desa wisata / kampung wisata untuk dikembangkan menjadi salah satu konsep layanan smart tourism yang mampu menarik wisatawan milenal lebih banyak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data primernya dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara mendalam. Data sekunder dengan studi kepustakaan. Analisis datanya menggunakan model interaktif, melalui tiga kegiatan yang dilakukan bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi, konsep smart tourism atau digitalisasi desa / kampung wisata merupakan langkah kongkrit yang dapat dilakukan oleh desa wisata / kampung wisata untuk memperbesar peluang kunjungan wisatawan utamanya wisatawan milenial. Kata Kunci : smarttourism, desa wisata, digitalisasi, milenial, era pariwisata 4.0
KEPARIWISATAAN TERKAIT 4.0 DENGAN MEMANFAATKAN BIG DATA Suwarni Suwarni
Tornare: Journal of Sustainable and Research Vol 2, No 1 (2020): Januari, 2020
Publisher : Unpad Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/tornare.v2i1.25829

Abstract

Peranan data sangat penting terutama memasuki era ledakan data atau "Big Data". Oleh karenanya, pihak yang mampu mengolah dan memanfaatkan data-data yang bervolume besar, cepat berubah, variatif, dan kompleks, dapat mengambil keuntungan yang besar. Mengacu pada manfaat besar yang dapat ditawarkan oleh teknologi Big Data, menarik untuk melihat sejauh mana teknologi Big Data sudah dimanfaatkan di Indonesia, khususnya di bidang Pariwisata.Munculnya era tourism 4.0, merupakan dampak dari revolusi industri 4.0 di sektor pariwisata. Era ini ditandai dengan adanya kemudahan akses atas informasi melalui media digital. Era tourism 4.0 juga menjadi penyebab munculnya fenomena pergeseran budaya siber dan visual pada wisatawan Indonesia, khususnya perilaku generasi milenial. Perusahaan Online Travel Agent seperti Traveloka, AirBnB, Ticket.com dan Pegipegi telah memanfaatkan penggunanBig Data untuk memberikan kemudahan dalam layanan tiket pesawat, hotel, tiket kereta dan wisata. Katakunci: Tourism 4.0, Big Data
KONSEPTUALISASI DESTINASI WISATA PINTAR Raden Willy Ananta Permadi
Tornare: Journal of Sustainable and Research Vol 2, No 1 (2020): Januari, 2020
Publisher : Unpad Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/tornare.v2i1.25825

Abstract

Istilah pintar mewakili kata pemasaran untuk semua hal yang ada tertanam atau ditingkatkan oleh teknologi. Satu konsep cerdas, yang telah didapat momentum dalam beberapa tahun terakhir, adalah Smart City. Ini terutama berfokus pada cara meningkatkan kualitas hidup warga dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi gies (ICT). Makalah ini bertujuan untuk mengeksplorasi dimensi mana kecuali teknologi kritis untuk pengembangan Smart Citydan Destinasi wisata Cerdas. Mengikuti beberapa pendekatan studi kasus, makalah ini mengembangkan kerangka kerja untuk kecerdasan di kota-kota dan destinasi wisata. Penelitian eksplorasi ini berpendapat bahwa kepemimpinan, inovasi, dan modal sosial yang didukung oleh modal manusia adalah konstruksi fundamental kecerdasan. Aplikasi teknologi dan TIK enabler, yang mendukung konstruksi inti tujuan cerdas. Hasil yang diperoleh adalah untuk membahas bagaimana mengubah 'kecerdasan' ke pariwisata dan level yang lebih tinggi. Kata kunci; Smart City, TIK, Destinasi Wisata Pintar, Teknologi
PENGARUH E-MARKETING SEBAGAI MEDIA PROMOSI POTENSI PARIWISATA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SAUNG ANGKLUNG UDJO Nurul Rochmah Pramadika
Tornare: Journal of Sustainable and Research Vol 2, No 1 (2020): Januari, 2020
Publisher : Unpad Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/tornare.v2i1.25830

Abstract

Revolusi industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasi antara teknologi cyber dengan konsep penerapannya tidak memerlukan tenaga kerja manusia dalam aplikasi prosesnya. Pemasaran di dunia bisnis pariwisata dengan menggunakan teknologi akan sangat membantu penyedia jasa memberikan gambaran produk terhadap calon klien mereka. Digitalisasi media yang digunakan dalam kegiatan pemasaran ini harus dilakukan secara efesien dan efektif,oleh karena itu dalam penelitian ini e-marketing diangkat sebagai topik karena dinilai sebagai salah satu cara aksi pemasaran yang dapat membantu berperan dalam promosi pariwisata. Dengan bermunculan atraksi dan daya tarik wisata yang baru dan menarik di kota Bandung, apakah akan berdampak pada motivasi kunjungan wisatawan ke Saung Angklung Udjo. Maka dari itu penulis mengidentifikasi daya tarik wisata yang terdiri dari potensi. EMarketingmembantu dalam memberikan gambaran potensi pariwisata kepada wisatawan baik mancanegara maupun domestikKata kunci; E-Marketing, digitalisasi, teknologi , potensi

Page 1 of 1 | Total Record : 8