cover
Contact Name
Florensius Tijan
Contact Email
admin@unka.ac.id
Phone
+6281227902049
Journal Mail Official
admin@unka.ac.id
Editorial Address
Jl.YC.Oevang Oeray, Desa Sungai Ana, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang
ISSN : -     EISSN : 25993518     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
FOKUS, Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, kali ini memulai tampil dalam kemasan baru. Tampilan dan gaya baru bukanlah berarti menafikkan eksistensi dan substansi keilmuan, terutama ranah kajian administrasi publik. Terbitan ke 17 nomor 1, Maret 2019, tentunya banyak harapan dan tantangan yang masih harus dibenahi oleh Tim Penyunting. terutama yang berkaitan dengan isi, dimana edisi Jurnal kali ini belum dapat menyatukan tulisan dalam satu tofik (monograf). Namun demikian, tidaklah berarti mengurangi telaah substansi pembahasan sebuah persoalan keilmuan. Kritik yang bermanfaat sangat dihargai, namun bukan berarti kritik yang tidak bermanfaat tidak dihargai, hanya barangkali cara menempatkan kritik itu yang berbeda. Sebab semua kritik tentulah bermanfaat terlebih untuk Jurnal FOKUS ini. Semoga Jurnal FOKUS kedepan akan tampil semakin sempurna dan mampu menggugah kesadaran untuk menampilkan tulisan yang sangat erat terkait dengan ruang lingkup Ilmu Administrasi Publik dan mencapai tujuan bernegara yang bermuara pada penyelesaian persoalan publik (masyarakat), tentunya kontribusi yang tidak sebatas ide semata, namun yang sangat utama tentulah aksi-aksi (actions) konkrit.
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K" : 23 Documents clear
AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH Aida Fitriani
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.574

Abstract

Akuntabilitas Kinerja dapat dilihat dari: 1). Akuntabilitas Kinerja Tahunan pada aspek a).Kemampuan menyelesaikan pekerjaan sangat berkaitan dengan fungsi kerja esensial yang diharapkan.Pemahaman aparatur dalam menyelesaikan pekerjaan berkaitan dengan kinerja pegawai yangberkemampuan tinggi dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kepegawaian, ketepatan dancepatnya pelayanan administrasi kepegawaian. Keterampilan aparatur dalam menyelesaikan pekerjaanberkaitan dengan keterampilan pegawai dalam penguasaan teknologi informasi. Pengalaman aparaturdalam menyelesaikan pekerjaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, danketepatan waktu dalam memberikan pelayanan, telah ditempuh dengan kegiatan yang mendukungpeningkatan kualitas sumber daya manusia. b). Waktu menyelesaikan pekerjaan (pelayanan) bahwaberdasarkan waktu yang telah ditetapkan di dalam juklak dan juknis terkait dengan kinerja aparaturdalam menyelesaikan pekerjaan (pelayanan) Faktor Penghambat dan Pendukung Akuntabilitas KinerjaTahunan pada aspek: a). Sumber Daya Manusia yang ada mampu menggerakkan organisasi denganbaik maka suatu organisasi akan mampu berkembang dan melakukan tugas pokoknya dengan efektifdan efisien. Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan kunci penggerak organisasi.Keterampilan aparatur dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi berkaitan dengan sumber dayamanusia telah mengikuti pendidikan dan pelatihan serta penguasaan teknologi informasi. b). Kepemimpinandalam mendukung kualitas kinerja aparatur berkaitan dengan penyelenggaraan urusan Pemerintahanyang bertugas mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul danadat istiadat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Pola pengambilan keputusan pimpinan dalam mendukung kualitas kinerja aparatur. c). Sarana danPrasarana dalam mendukung kinerja aparatur yaitu sudah tersedia serta memadai dalam keadaan baik.d). Anggaran yaitu diperoleh dari 2 (dua) sumber anggaran yang pertama bersumber dari AnggaranPendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan yang kedua bersumber dana dari Anggaran Pendapatandan Belanja Negara (APBN) perubahan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021.Kata Kunci: Akuntabilitas Kinerja, Instansi Pemerintah Daerah
PERANAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT Oktavianus Oktavianus; KAJA Kaja
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.575

Abstract

Pelaksanaan aktivitas menjadi landasan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, untuk mencapai tujuan itu semua komponen harus memiliki fungsi dengan baiksehingga diperlukan pembagian tugas yang jelas dan memudahkan pelaksanaan tugas sesuaifungsi masing-masing yang tergambar dalam struktur organisasi. Struktur organisasimencerminkan adanya pemberdayaan yang dilakukan berkaitan dengan pendampingan daridinas koperasi usaha kecil dan menengah, tujuannya meningkatkan keterampilan danperekonomian masyarakat, sehingga diperlukan pembinaan melalui musyawarah menyampaikaninformasi dan hasil-hasil yang dapat diterapkan sehingga menjadi efektif dan efisien sesuaidengan harapan masyarakat dapat meningkatkan perekonomian masyarakat maupun daya belimasyarakat terutama pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Perencanaan melibatkanperwakilan masyarakat serta tokoh-tokoh masyarakat dalam merumuskan perencanaan untukdi usulkan dalam musrenbangdes (Musyawarah Pembangunan desa) dengan demikianperencanaan dimulai dari bawah sesuai dengan kebutuhan masyarakat artinya bukan hanyasekedar perencanaan tetapi mengutamakan tindakan nyata berdasarkan pembagian tugas yangjelas dan dapat dilaksanakan dengan baik sehingga dapat berjalan sesuai yang telahdirencanakan. Dalam usaha meningkatkan pembangunan yang berkesinambungan, menyeluruh,terpadu dan terarah maka penyelenggaraan pembangunan tersebut haruslah dapatmengakomodir kebutuhan pembangunan, baik di tingkat pusat maupun daerah sampai padatingkat wilayah administratif pemerintahan Kecamatan. Salah satu fungsi pemerintah yangutama adalah menyelenggarakan pelayanan umum sebagai wujud dari tugas umumpemerintahan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Birokrasi merupakan instrumenpemerintah untuk mewujudkan pelayanan publik yang efisien, efektif, berkeadilan, transparandan akuntabel.
IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA PANGERAN Abang Zainudin
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.576

Abstract

Salah satu program Pemerintah guna mengurangi masalah kemiskinan adalah ProgramKeluarga Harapan (PKH).Tujuan PKH adalah untuk meningkatkan taraf hidup keluarga penerimamanfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial,serta mengurangi bebanpengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan. Menciptakan perubahan perilakudan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan sertakesejahteraan sosial. Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Pangeran dilaksanakansesuai dengan ketentuan Peraturan Perung-Undangan yang berlaku. Dalam implementasi PKH di DesaPangeran terdapat paktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung berkaitan dengan adanyaKesiapan Sumber Daya Aparatur Pelaksana, aturan pelaksana yang jelas dan adanya PetugasPendamping PKH, sedangkan faktor penghambat adalah tempat tinggal peserta PKH di wilayah terpencildimana akses transportasi dan komunikasi masih minim dan terbatas sehingga kurang efektifnya dalamkegiatan pendampingan program PKH.
IMPLEMENTASI PROSES PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DAMPAK PANDEMI COVID-19 Martinus Syamsudin
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.577

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban, untuk dapat mengetahui, mendeskripsikandan menganalisis Implementasi Proses Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Dampak PandemiCovid-19. Jenis Penelitian ini adalah penelitian bersifat deskriptif dengan pengaolahan data analisiskualitatif, yakni penelitian yang dimaksudkan untuk membuat gambaran atau mengambarkan keadaanataupun kejadian. Subjek Penelitian ini adalah Kepala Desa, Kepala Urusan, Ketua BPD, MasyarakatPenerima Manfaat BLT-Dana Desa. Hasil Penelitian Proses Penyaluran BLT Dana Desa melaluipendataan masyarakat kurang mampu dan masyarakat yang belum menerima bantuan sosial lainnyadari pemerintah dan di klarifikasikan data dengan masyarakat penerima BLTDD melalui Musyawaratdesa secara khusus.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI WILAYAH PASAR SUNGAI DURIAN KECAMATAN SINTANG Emiliani Nindy Diana Rusega Sim; Petrus Atong
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.578

Abstract

Implementasi kebijakan penataan pedagang kaki lima diatur berdasarkan peraturan daerahtentang penetapan rencana daerah tata ruang Kota Sintan, larangan mendirikan bangunan pada alurjalan Wirapati, terminal Sungai Durian, jalan Brigjen Katamso pinggiran sungai kapuas, serta jalanKolonel Sugiono, tentang ritribusi mendirikan bangunan, tentang perihal larangan berjualan bukan padatempatnya seperti trotoar dan pinggir jalan utama di wilayah Kecamatan Sintang. Kebijakan penataanpedagang kaki lima, antara lain diatur bahwa setiap pedagang kaki lima wajib memiliki izin penggunaanlokasi dan kartu identitas dari Bupati atau pejabat yang ditunjuk dan setiap pedagang kaki lima dilarangmelakukan kegiatan usaha pada tempat diluar lokasi yang telah ditetapkan. Berdasarkan data KantorDinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM tahun 2014 sampai tahun 2020 jumah pedagangkaki lima yang terdata di Kecamatan Saintang adalah 390 orang yang terdiri 290 orang berada padatempat yang bukan lokasi yang telah ditetapkan dan 100 orang menempati lokasi yang telah disediakan.Kesimpulan pada aspek kebijakan dapat dikatakan pada tataran implementasinya dianggap gagal karenatidak mendapat dukungan dari para PKL. Kemudian implementor harus memiliki sifat tanggungjawabdan komitmen untuk terimplementasikan kebijakan penataan PKL dengan baik sesuai target sasarancapaian kebijakan. Pengalaman dalam penataan PKL, apapun pahitnya dalam kaitan pertumbuhanekonomi merupakan sebuah input yang positif untuk meningkatkan kemampuan penegakan tertib hukum.Saran yang disampaikan perlu melakukan koordinasi, tersedia sumberdaya dukung aksi dilapangan,perlakuan yang sama kelompok sasaran dalam penataan, serta keharusan adanya strategi sosialisasikebijakan penataan PKL.
PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ANGGOTA PADA CREDIT UNION (CU) USAHA KITA TEMPAT PELAYANAN NANGA PINOH Evy Ratnasari
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.579

Abstract

Produktivitas kerja merupakan perbandingan jumlah produk yang dihasilkan oleh seorangkaryawan per satuan waktu. CU Usaha Kita juga mengharapkan tercapainya produktivitas kerja yangtinggi dari pengurusnya sehingga apa yang menjadi tujuan perusahaan dapat tercapai secara optimal.Namun terlihat nyata bahwa setiap orang memiliki produktivitas kerja yang berbeda-beda, yangselanjutnya akan dapat mempengaruhi tingkat produktivitas total CU. Dalam rangka meningkatkanproduktivitas anggota telah dilakukan upaya melalui pendidikan yang diberikan kepada pengurus, baikyang bersifat formal maupun non formal. Tujuan pendidikan dan pelatihan yang ingin dicapai adalahuntuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, sikap dan keterampilan pegawai agar lebih profesionaldalam menjalankan pekerjaannya sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dan memiliki keterkaitandengan kinerja pegawai.
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Ritma Ritma; Lin Magdalena
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.580

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga secaraparsial terhadap peningkatan loyalitas pelangkan pada PT Cahaya Bumi Sintang, serta untuk mengetahuipengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelangkan pada PT Cahaya Bumi Sintang di KabupatenSintang. Analisis data menggunakan bantuan program SPPS 18 untuk melakukan Uji Regresi LinierBerganda, Uji t (Parsial), Uji F (Simultan) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian setelahdianalisis diketahui bahwa: (1). terdapat hubungan positif antara harga jual, kualitas pelayanan terhdaployalitas pelanggan yang digambarkan melalui persamaan regresi linear berganda Y = 0.082+ 0.307X1+ 0.420X2; (2).terdapat pengaruh harga secara parsial terhadap loyalitas pelangga pada PT CahayaBumi Sintang. Ini terlihat dari nilai t hitung =6.86 dan Sig (0,00) < (0,05); (3).terdapat pengaruh kualitaspelayanan terhadap loyalitas pelangga pada PT Cahaya Bumi Sintang, Ini terlihat dari nilai t hitung =6.286 dan Sig (0,00) < (0,05); (4). Terdapat pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara simultanterhadap terhadap loyalitas pelangga pada PT Cahaya Bumi Sintang. dengan snilai F hitung = 2.584.567dan nilai signifikan =0,00 < 0,05; (5).besarnya pengaruh kontribusi variabel harga dan kualitas pelayananterhadap terhadap loyalitas pelangga pada PT Cahaya Bumi Sintang.sebesar 98,8% sedangkan sisanyasebesar 1,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar persamaan model regresi.Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan.
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMP EG) Imelda Margaretha Tomonob; Gradila Apriani
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.581

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Implementasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Sistem InformasiManajemen Kepegawaian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenispenelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mengacu pada StandarOperasional Prosedur Pelaksanaan SIMPEG belum memiliki JUKNIS sebagai acuan penggunaanSIMPEG, namun penerapan SIMPEG sudah berjalan dengan baik. Berdasarkan dari SumberDaya Manusia Pelaksana SIMPEG sudah cukup baik, namun perlu adanya peningkatanmaupun penambahan jumlah pengelola SIMPEG dan memberikan BIMTEK kepada operatorSIMPEG agar terciptanya intergrasi data antar SKPD di lingkungan Pemerintahan. Berdasarkandari indikator sarana dan prasarana perlu adanya penambahan, pembaharuan baik fisik maupunnon fisik yang berkaitan dengan pengembangan kelangsungan SIMPEG. Berdasarkan hasil penelitiantersebut dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kebijakan SIMPEG di Badan Kepegawaian danPengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang sudah berjalan dengan baik, namun perluadanya peningkatan demi terciptanya intergrasi data.
PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PT. SAWIT PEDADANG ESTATE Paulus Paulus; Imam Asrori
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.582

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakanpedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data dianalisisdengan teknik analisis kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasidata). Penelitian dilaksanakan pada PT. Sawit Lestari Pedadang Estate. Pelaksanaan CSR telahdilakukan oleh PT. Sawit Lestari Pedadang Estate di wilayah kerja. Bentuk CSR yang dilakukan berupaprogram bantuan fisik kepada masyarakat. Koordinasi dapat terlaksana dengan baik dan menemukankesepakatan mengenai program CSR yang dilaksanakan. Bentuk-bentuk program CSR yangdilaksanakan meliputi program perbaikan jalan, jembatan, dan bantuan material pembangunan fasilitasumum seperti gedung serba guna desa, bagunan rumah ibadah, Polindes, dan program bantuan danauntuk gaji guru honorer serta bantuan untuk pencegahan covid -19. Prinsip pelaksanaan CSR mengacukepada konsep pembangunan berkelanjutan yang dilakukan secara transparan dan akuntabel. CSRbelum dapat dilakukan secara maksimal oleh perusahaan karena keterbatasan anggaran.Kata Kunci : Pelaksanaan, Corporate, Social, Responsibility
PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA ANGGOTA KEPOLISIAN DI BAGIAN SUMBERDAYA KEPOLISIAN RESOR SINTANG Jhony Fredy Hahury; Pujianto Pujianto
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.583

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan sumberdaya manusia anggotakepolisian di Bagian Sumberdaya Kepolisian Resor Sintang Propinsi Kalimantan Barat. informanpenelitian yakni kepala Bagian Sumberdaya dan Anggota kepolisian. Penelitian bersifat deskriptif kualitatifdengan teknik pengumpulan data wawancara, teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pengembangan sumberdaya anggota kepolisian Polres Sintang sudah dilakukandengan mengikuti diklat yang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing anggota kepolisian.Sementara disiplin kerja bagi anggota sudah baik dengan mengacu kepada aturan maupun ketentuanyang berlaku. Sedangkan motivasi kerja dengan pemberian insentif bagi anggota guna menambah spiritdalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Hal ini terlihat dengan sikap kerja yang taat pada aturanyang berlaku di kepolisian Resor Sintang dalam meningkatkan kinerja anggota kepolisian yang profesionaldan berwibawa.

Page 1 of 3 | Total Record : 23


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 21 No 2 (2023): FOKUS Vol 21 No 1 (2023): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 21, No 1 (2023): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 20, No 2 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 20 No 2 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 19, No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19, No 1 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19 No 1 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 18, No 2 (2020): FOKUS Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Ka Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 17, No 2 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 17, No 1 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 16, No 2 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 16 No 2 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Ka Vol 16, No 1 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 15, No 1 (2017): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 14, No 2 (2014): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 14, No 1 (2013): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K More Issue