cover
Contact Name
Rohita
Contact Email
rohita@uai.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalaudhi@uai.ac.id
Editorial Address
Universitas AL-AZHAR INDONESIA Kompleks Masjid Agung Al Azhar Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI)
ISSN : 26222469     EISSN : 27748243     DOI : 10.36722/jaudhi
Core Subject : Education,
Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh PG PAUD Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia menggunakan platform pengelolaan jurnal ilmiah secara online, yaitu Open Journal System (OJS). Jurnal AUDHI memuat naskah di bidang anak usia dini (AUD) yang ada di Indonesia dan terbit secara berkala, 2 (dua) kali dalam setahun, setiap bulan Juli dan Januari. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif mempunyai scope, namun tidak terbatas pada beberapa tema kajian berikut: 1. Kesehatan dan gizi anak usia dini, 2. Pendidikan anak usia dini, 3. perlindungan, pengasuhan dan kesejahteraan bagi anak usia dini.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2024)" : 6 Documents clear
Pengembangan Lagu Islami Berbasis Multimedia Untuk Mengembangkan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Hijriati Hijriati; Heliati Fajriah; Nurul Mughniy; Dina Amalia; Saptiani Saptiani
Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) Vol 6, No 2 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaudhi.v6i2.2687

Abstract

Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan nilai agama yaitu kegiatan bernyanyi lagu Islami. Lagu Islami dikaitkan dengan Agama Islam, maksudnya lagul yang selsulai ajaran Agama Islam dan biasanya dijadikan sarana ulntulk belrdakwah selrta melnyampaikan nilai dan ajaran yang telrkandulng dalam Agama Islam. Berdasarkan hasil observasi awal, permasalahan yang ada di TK Al-Muhajirin adalah kurangnya media untuk mengembangkan nilai agama, hanya tersedia poster Rukun Islam, Rukun Iman, dan poster nama-nama 25 nabi. Lagu yang tersedia juga berupa lagu dasar PAUD, tidak ada lagu untuk mengembangkan nilai agama. Ketersediaan media tersebut belrdampak pada pelrkelmbangan agama anak selhingga banyak yang melnggulnakan kata kasar, kata eljelkan, dan tidak melngelnal kalimat yang baik (Islami). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media lagu Islami berbasis multimedia dalam mengembangkan nilai agama pada anak usia dini. Jenis penelitian adalah R&D (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, observasi, dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 orang anak di TK Al-Muhajirin Aceh Besar. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sebanyak 2 kali diperoleh persentase 80% dengan kriteria layak. Sedangkan lembar observasi digunakan sebanyak 2 kali dan mendapat persentase 90% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba di TK Al-Muhajirin dengan anak berjumlah 10 orang diperoleh nilai 67.9% dan masuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Dapat disimpulkan bahwa lagu Islami berbasis multimedia untuk mengembangkan nilai agama pada anak usia dini “Layak” untuk digunakan
Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Media Balok Kayu Pada Anak Usia 5-6 Tahun Yunia Ningsih; Rohita Rohita
Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) Vol 6, No 2 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaudhi.v6i2.2635

Abstract

Kemampuan kerjasama merupakan hal yang penting dimiliki oleh setiap manusia, sehingga pengembangannya perlu ditanamkan kepada anak sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan peningkatan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun menggunakan media balok-balok yang dimainkan secara bersama-sama. Subjek penelitian adalah 15 orang anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan statistik sederhana menggunakan data yang didapatkan dari treatment dalam bentuk siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kerjasama dimana pada siklus 1 diperoleh data pada indikator: anak mau bermain dengan teman ketika bermain balok kayu; anak mau membantu teman dalam mencapai tujuan permainan;  anak mau bergantian menggunakan balok kayu secara berurutan; dan anak mau memberikan dan mendengarkan pendapat teman, secara berurutan yaitu: 73.3%; 66.6%; 73.3%; dan 66.6%. Sedangkan pada siklus II didapat data secara berurutan sebagai berikut: 100%; 93.3%; 93.3%; dan 93.3%. Pencapaian di siklus II sudah melebihi indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu sebesar 75%. Kesimpulannya adalah bahwa media balok kayu yang dimainkan bersama-sama sesuai dengan tema dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak.
Implementasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic, Montessori, Islamic (STEAMMI) Dalam Model Pembelajaran Kelompok Di Taman Kanak-Kanak Nofiyeni Istiqamah; Zirmansyah Zirmansyah
Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) Vol 6, No 2 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaudhi.v6i2.2634

Abstract

Salah satu inovasi pembelajaran yang dipakai saat ini untuk menunjang era Revolusi Industri 4.0 adalah Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic (STEAM). Pada Lembaga TK Al-Hamidiyah pendekatan STEAM dikembangkan menjadi STEAMMI dengan memasukkan unsur Montessori dan Islamic. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perencanaan dan pelaksanaan implementasi pendekatan STEAMMI dalam model pembelajaran kelompok. Subjek penelitian adalah dua orang guru kelompok TK B yang dipilih secara purposive. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan model Miles and Huberman dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dengan pendekatan STEAMMI mencakup RPPM, RPPH, dan jadwal kegiatan. Pendekatan STEAMMI dilakukan dalam bentuk proyek, salah satunya adalah proyek “Adab Makan Sahur”. Pelaksanaan Pendekatan dari masing-masing bagian pada STEAMMI yang terlihat, yaitu: 1). Sains melalui pengumpulan informasi dari berbagai sumber yang disediakan guru; 2). Teknologi terlihat saat anak menggunakan berbagai media seperti gunting, lem, spidol, stik ice cream, dan kertas asturo; 3). Engineering melalui kegiatan menempel dan mengurutkan adab sahur; 4). Art melalui kegiatan menghias poster adab makan sahur; 5). Math terlihat melalui kegiatan mengurutkan gambar adab berbuka puasa; 6). Montessori terlihat saat menggunakan aparratus Montessori pada area practical life, sensorial, science & cultural, language and art, dan math; serta 7). Islamic terlihat melalui pelafalan doa sahur serta doa berbuka puasa bersama. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa pendekatan STEAMMI dapat dimunculkan pada berbagai kegiatan pada satu proyek asalkan direncanakan dengan benar.
Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Annisa Oktaviani; Khusnul Laely
Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) Vol 6, No 2 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaudhi.v6i2.2643

Abstract

Tanggung jawab merupakan sesuatu hal yang penting ditanamkan sejak dini supaya saat dewasa menjadi pribadi yang memiliki kecakapan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab anak melalui metode bercerita menggunakan boneka tangan. Subyek penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Kwaderan yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan model yang dipilih untuk melakukan tindakan yaitu siklus model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuntitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan sikap tanggung jawab anak kelas B TK Pertiwi Kwaderan Kecamatan Kajoran. Hal ini dapat dilihat hasil observasi yang menunjukkan bahwa perkembangan sikap tanggung jawab anak mengalami perubahan yang sangat baik. Rata-rata yang diperoleh berdasarkan hasil dari pratindakan yaitu 50,8%, selanjutnya setelah dilakukan siklus 1 meningkat menjadi 64,9 % dan setelah dilakukan siklus 2 secara meningkat menjadi 86%. Peningkatan yang diperoleh dari pratindakan sampai siklus 2 yaitu mencapai 35,2%.
Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Penerapan Media Buku Pop-Up Fadzilatul Khasna; Muhammad Nofan Zulfahmi
Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) Vol 6, No 2 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaudhi.v6i2.2673

Abstract

Student Profile Pancasila is an important character value taught to children, especially young children. The Pancasila Student Profile Strengthening Project commonly abbreviated as P5 is part of the program for implementing the Independent Curriculum. One effort to create children who have the character of the Pancasila Student Profile is by introducing local wisdom values and using interactive learning media. This research aims to describe the dimensions contained in Strengthening the Pancasila Student Profile through pop-up book media at Tarbiyatul Athfal Krapyak Kindergarten, Tahunan District, Jepara Regency. The research method used is descriptive qualitative. The subjects in this research were group B4 aged 5-6 years, totaling 21 students in the 2023-2024 school year. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation regarding the implementation of children's P5. The data analysis technique used is the Miles and Huberman model which consists of 3 flows, namely data reduction, data presentation, and concluding. The result of this research is the project of Strengthening the Profile of Pancasila Students through the application of pop-up book media containing several emerging dimensions including Global Diversity, Mutual Cooperation, Independence, Critical Reasoning and Creativity. Of these dimensions, the most prominent is the Mutual Cooperation and Creative dimension.
Pengaruh Bermain Wayang Tema Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Masithoh Bantar Suratiyah Suratiyah; Fauzi Fauzi
Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) Vol 6, No 2 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36722/jaudhi.v6i2.2734

Abstract

This research aims to determine the effect of playing shadow puppets on the speaking abilities of young children at RA Masithoh Bantar. The type of research used is a quantitative method with a pre-experimental design. Data collection methods used were observation, questionnaires, interviews, and documentary methods. Experienced teachers made sure the tools we used to collect information were accurate and reliable. Data analysis was carried out using normality tests and hypothesis tests, and managing this research data was assisted using SPSS 16.0. The research results obtained are: 1). The average score after playing the theme wayang is 45.13, which is higher than the average score before playing the theme wayang, namely 31.87; 2) The significance value of the nuji t-test is 0.000 because (p <0.05), then Ho is rejected and Ha is accepted, which means there is a difference in the score results before and after playing the puppet theme; 3). The correlation value of the pretest and posttest results of 0.783 is relatively high because it is almost close to 1. The significance value is 0.000, meaning that the pretest and posttest results are very significantly correlated. In other words, it means that playing themed puppets has an influence on the speaking ability of early childhood class B di RA Masithoh Bantar with a percentage increase of 41.60%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6