cover
Contact Name
Noor Indahwati
Contact Email
fkip.unigres@gmail.com
Phone
+6281233164633
Journal Mail Official
noorindahwati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Arif Rahman Hakim No. 2 B Gresik Jawa Timur Indonesia
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Jendela Pendidikan
Published by Universitas Gresik
ISSN : 20894554     EISSN : 26223635     DOI : -
Core Subject : Education,
Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2021): JENDELA PENDIDIKAN" : 10 Documents clear
analisis kesulitan mahasiswa PGSD dalam menulis ilmiah Umar, Arif Widodo
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i2.1312

Abstract

Menulis merupakan literasi dasar yang harus dimiliki seorang mahasiswa dalam menghadapi tantangan abad 21. Salah satu keterampilan menulis yang dibutuhkan mahasiswa adalah menulis artikel ilmiah. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan mahasiswa masih kesulitan dalam menulis artikel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa kesulitan menulis artikel ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan survei. Instrument yang digunakan adalah angket responden. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 yang sedang menempuh mata kuliah penulisan karya ilmiah. Data disajikan dalam bentuk diagram kemudian dijelaskan secara deskriptif. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa kesulitan dalam menulis artikel ilmiah karena tidak dapat menyusun kalimat yang baik, kesulitan mencari topik kajian, dan tidak tahu memulai menulis. Selain itu mahasiswa masih kesulitan dalam menemukan ide serta dalam menggunakan bahasa yang baik. Salah satu penyebab mahasiswa kesulitan dalam menulis ilmiah karena jarang membaca artikel di jurnal ilmiah dan belum terbiasa menggunakan aturan penulisan ilmiah dalam menyusun makalah. Kebiasaan copy paste di kalangan mahasiswa membuat kemampuan analisis mahasiswa menjadi tumpul. Implikasinya adalah mahasiswa selalu kesulitan ketika menyusun kalimat sendiri dalam menulis ilmiah. Maka dari itu mahasiswa diharapkan agar sering membaca artikel pada jurnal ilmiah dan membiasakan diri dalam menulis makalah dengan jujur sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah. Kata kunci: kesulitan menulis, menulis ilmiah, mahasiswa PGSD
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menerapkan Perwarnaan Mikroba Melalui Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas XI APL - 1 SMKN 1 Cerme Gresik Tahun Pelajaran 2019/2020 Sukartono, Eka Martina Muawanah, Ida Kurniati, Bekanadi, Ari Kurniati, M. Hekmat
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i2.1313

Abstract

Learning model is selected with a contectual approach (Contextual Teaching And Learning Learning (CTL) in an effort to improve student learning outcomes in the basiccompetencies of Applying Mikrobial Coloring, for this PTK activity, class XI APL -1 was selected, because the researcher was a teacher who taught at class XI APL-1 SMKN 1 Cerme Gresik, The results showed that out of 32 student, there were many students who were less active or indifferent in participating in the teaching and learning process, this can be due to the lack of prerequistes for student to follow the lessons on Applying Mocrobial Coloring material co that this material is considered difficult by some student. Then studfents must be motivated to be more enthusiatic in teaching and learning that is , among orthers, given the questions related to material presented, if the student’s answer is correct, the teacher gives reinforcement or praise so that the student feel happy, The teacher must also tell that the benefits of mastering the material of Applying Microbial Coloring are very important because they can be used to solve problems in everyday life related to Applying Microbial Coloring By looking at the results of student achievement, it turns out that out of 32 student there are 21 students (64%) who can be categorizet as incomplete learning, namely getting a value of < 75, while students who complete learning 12 students (36%) with an average of 67,8 and absorption of the subject matter 67,8%
Implementasi Pembelajaran dalam Jaringan (daring) di Sekolah Dasar Negeri 1 Rejosalam, Pasrepan Pasuruan Subkhan Nur Hamzah, Dwi Kristiani, Akhmad Shodikin, Yulia Nuryani Candra, Very Brillianto,
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i2.1314

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran dalam jaringan (daring) sebagai dampak dari covid-19. Yang berisikan tentang dampak dan kendala pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi (pengamatan), dan dokumentasi (pengumpulan bukti, pemilihan, pengolahan dan penyimpanan informasi). Alat yang digunakan berupa lembar wawancara yang berisi pertanyaan, lembar dokumen dan lainnya sebagai pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dalam jaringan kurang efisien jika diterapkan pada tingkat Sekolah Dasar. Karena pada dasarnya usia sekolah dasar pembelajaran masih berpusat pada guru. Masih banyak kendala yan ditemukan di lapangan salah satunya keterbatasan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga bagi siswa pembelajaran daring terkesan tidak menarik. Selain itu masih banyak siswa yang terkendala sinyal, sarana prasarana berupa gadget juga mempengaruhi pembelajaran dalam jaringan.
MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF BERBASIS SOSIAL BUDAYA DALAM PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Yuanita Ayu Wisudarini
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i2.1315

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan dan Teknologi saat ini telah dilakukan secara sadar, teratur dan terencana, namun akan menimbulkan dampak yang besar bagi penggunanya salah satunya pendidikan inklusif dimana pendidikan inklusif ini merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menyatukan anak berkebutuhan khusus dengan anak normal pada umumnya untuk belajar, dampak yang muncul dari kesetaraan gender ini yaitu, pertama munculnya masalah baru dengan bersatunya anak normal dnegan anak berkebutuhan khusus sehingga memicu perundungan, kedua pemahaman oleh GBK dalam melaksanakan system mengajar dalam satu kelas inklusif harus dibedakan sesuai dengan porsi siswaabk dan normal tersebut, ketiga guru harus memahami masa evaluasi antara siswa normal dan abk, ketiga siklus ini disebut sebagai fenomen dialektika pendidikan. Penulisan ini dilatarbelakangi permasalahan belum ada standar evaluasi pembelajaran yang pasti untuk anak yang memiliki kelebihan dan kekurangan, walaupun mereka mendapat pelayanan pendidikan di kelas inklusif.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SARIREJO Evif Lusia Chandra
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i2.1316

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik kelas sepuluh pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Berdasarkan uji normalitas, homogenitas, dan uji t dari data pretes-postes motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwapertamaterdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Kedua, terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas kontrol yang menggunakan media grafis. Ketiga, tidak terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK dengan kelas kontrol yang menggunakan media grafis.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI ( Studi Deskriptif Mengenai Pemanfaatan TIK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Plumpang) Tahun Pelajaran 2018/2019 Sundarum, Muhamad Salim, Septi Parmasari, Ponco Bagyo Susilo, Juli Kristianto
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i2.1317

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang pemanfaatan media IT/TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada Siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Plumpang taun pelajaran 2018-2019. Melalui penelitian ini diharapkan siswa mendapatkan wacana baru untuk dapat memanfaatkan kemajuan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang membantu apa yang mereka lakukan, Peneliti ingin tahu persis bagaimana gambaran pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di SMP Negeri 1 Plumpang. Berbeda dengan beberapa penelitian sebelumnya Dilakukan di fasilitas atau fasilitas teknologi informasi di Indonesia masih terbatas dan tidak merata. Metode penelitian ini yaitu deskriptif, dengan pengumpulan data melalui instrumen tes dan non tes, lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengidentifikasi bagaimana gambaran siswa SMP Negeri 1 Plumpang mengenali dan memanfaatkan teknologi informasi di sekolah dari usia siswa tersebut saat pertama menggunakan fasilitas IT. Kapan siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Plumpang tahun pelajaran 2018-2019 mengenali dan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi seperti komputer, laptop, Smartphone dan Internet. Fasilitas teknologi informasi seperti komputer, laptop dan internet yang dimiliki oleh sekolah, dan alasan-alasan yang mendorong siswa SMP Negeri 1 Plumpang memanfaatkan teknologi informasi di sekolah hingga seberapa sering penggunaan alat teknologi informasi yang mereka lakukan dengan memanfaatkan sarana teknologi seperti komputer, laptop, dan internet di sekolah.
Peningkatan Kompetensi Pedagogi Melalui Lesson Study di SDN Gambiran I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan Endang Sri Sunaeni, Hanifah, Luluk Inayatul Ilma, Siti Rochmawati , Sylvia Hayyu Lestari
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i2.1318

Abstract

Tujuan: Mendeskripsikan langkah-langkah lesson study dapat meningkatkan kemampuan pedagogi guru. Subjek guru SDN Gambiran I berjumlah 12 orang. Dilaksanakan 3 bulan (Januari-Maret 2020). Hasil: rerata kegiatan plen dari siklus I mencapai 71, siklus II mencapai 78, dan siklus III mencapai 85. Rerata kegiatan do mencapai 73 pada siklus I, 77 pada siklus II, dan 82 pada siklus III; pembelajaran berpengaruh positif, yaitu meningkatnya prestasi belajar peserta didik. Kesimpulan: kemampuan pedagogik guru meningkat dengan lesson study di SDN Gambiran I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan baik membuat pembelajaran yang menyenangkan maupun penguasaan karakter peserta didik. Kata Kunci: Pedagogi, Lesson Study
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMK NEGERI 1 SARIREJO Sumaiyah, Khoirul Huda, Harianto, Isyarini T.A, Srirohatul Jama`idah
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i2.1319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendidikan karakter berbasis multicultural terhadap perilaku siswa di SMKN 1 sarirejo, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter berbasis multicultural terhadap perilaku siswa di SMKN 1 Sarirejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Pemilihan subjek penelitian dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter berbasis multicultural dilaksanakan melalui program-program sebagai berikut: a) komitmen manajemen sekolah; b) melalui tata tertib sekolah; c) pengintegrasian pada program intrakurikuler; d) pengintegrasian pada program ekstrakurikuler; e) budaya sekolah dan f) program jaringan kerja. Sekolah mengembangkan nilai-nilai karakter: nilai religius, mandiri, peduli lingkungan, berprestasi, toleransi, demokratis, semangat kebangsaan, kompetitif dan cinta damai. Faktor pendukung antara lain: a) komitmen dan kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru, siswa, dan keterlibatan orang tua wali; b) dukungan pihak pemerintah dan swasta dalam jaringan kerja. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter terhadap perilaku siswa dengan basis multikultural di SMK Negeri 1 Sarirejo: (1) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Religius siswa (2) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Jujur Siswa (3) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Toleransi Siswa (4) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Peduli Sesama Siswa (5) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku (Perilaku Religius, Jujur, Toleransi, dan Peduli Sesama) Kata Kunci: pendidikan karakter, multikultural, perilaku siswa
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI SDN 357 SUNGAIRUJING Ahmad Riyan Hidayat, Adrijanti, Fahimatul Anis; Adrijanti; Fahimatul Anis
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i2.1320

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter melalui audio visual untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SDN 357 Sungairujing, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan pendidikan karakter melalui audio visual untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SDN 357 Sungairujing Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah Sumber Primer dan Sumber sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitihan ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara serta analisis dokumen – dokumen . Data yang diolah dan dianalisis merupakan data kualitatif yang diperoleh melalui observasi dan interview pada kepala sekolah, guru dan siswa. Tahapan yang dilakukan guru pada pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui media audio visual sebagai berikut :1). Guru membuat rencana pelaksanaanpembelajaran 2) Guru mempelajari buku petunjuk penggunaan media. 3) Guru menyiapkan dan mengatur peralatan media yang akan digunakan 4). Guru memastikan media dan semua peralatan telah lengkap dan siap digunakan 5). Guru menjelaskan tujuan yang akan dicapai 6). Guru menjelaskan materi kepada siswa sebelum kegiatan berlangsung 7). Guru melakukan evaluasi. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui media audio visual di SDN 357 Sungairujing bahwa dapat disimpulkan kemampuan berbicara siswa melalui media audio visual telah dilaksanakan secara optimal. Kegiatan meningkatkan kemampuan berbicara siswa yang diberikan oleh guru berjalan sesuai dengan harapan dan ada peningkatan. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kemampuan Berbicara, Media Audio visual.
PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATAKULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN PADA MAHASISWA PRODI ADMINISTRASI PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENIDIKAN UNIVERSITAS GRESIK. Siti Bariroh
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i2.1321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik: 1)Pengaruh gaya belajar Visual terhadap hasil belajar matakuliah Psikologi Pendidikan Prodi Administrasi Pendidikan FKIP UNIGRES, 2) pengaruh Gaya Belajar Auditori terhadap hasil belajar matakuliah Psikologi Pendidikan Prodi Administrasi Pendidikan FKIP UNIGRES,3) pengaruh gaya belajar Kinestetik terhadap hasil belajar matakuliah Psikologi Pendidikan Prodi Administrasi Pendidikan FKIP UNIGRES. 4) Pengaruh gaya belajar visual, Auditori, Kinestetik terhadap hasil belajar matakuliah Psikologi Pendidikan Prodi Administrasi Pendidikan FKIP UNIGRES. Penelitian ini di kategorikan penelitian asosiatif, atau penelitian yang akan menguji ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat, menggunakan data berjenis kuantitatif. Populasi mahasiswa Prodi Administrasi Pendidikan yang mengambil matakuliah Psikologi Pendidikan. berjumlah 12 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini, menggunakan sampel jenuh sedangkan teknik pengumpulan data, menggunakan instrument angket dan dokumentasi. Pengaruh gaya belajar visual terhadap Hasil belajar mahasiswa ditunjukkan oleh hasil uji t, nilai t-hitung pada variabel visual sebesar 2,571 dengan tingkat signifikan 0,033<0,05 berarti variabel visual secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar. Pengaruh gaya belajar Auditori terhadap Hasil belajar mahasiswa ditunjukkan oleh hasil uji t, nilai t-hitung pada variabel Auditori sebesar 0,180 dengan tingkat signifikan 0,861>0,05 yang berarti bahwa variabel auditori secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar. Pengaruh gaya belajar Kinestetik terhadap Hasil belajar mahasiswa ditunjukkan oleh hasil uji t, nilai t-hitung pada variabel kinestetik sebesar -2,531dengan tingkat signifikan 0,0471<0,05 yang berarti variabel kinestetik secara parsial berpengaruh negative terhadap Hasil belajar, Pengaruh secara simultan gaya belajar Visual, Auditori dan kinestetik terhadap Hasil belajar mahasiswa yang ditunjukkan oleh hasil uji F, nilai F-hitung sebesar 29,064 dengan tingkat signifikan 0,00<0,05 yang berarti bahwa variabel visual, auditori, kinestetik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matakuliah psikologi pendidikan dilihat dari hasil penilaian responden menunjukkan bahwa responden dengan gaya belajar visual matakuliah psikologi Pendidikan hasil belajarnya sangat bagus. Sedangkan responden yang mempunyai gaya belajar kinestetik berpengaruh negative artinya jika nilai kinestetiknya tinggi maka hasil belajarnya rendah sebaliknya jika nilai kinestetiknya rendah maka hasil belajarnya tinggi. Hasil penilaian responden dengan gaya belajar auditori tidak mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa matakuliah Psikologi Pendidikan Prodi Administrasi Pendidikan Universitas Gresik. Kata kunci : Gaya belajar Visual, Auditori, Kinestetik, Hasil Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 10