cover
Contact Name
Noor Indahwati
Contact Email
fkip.unigres@gmail.com
Phone
+6281233164633
Journal Mail Official
noorindahwati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Arif Rahman Hakim No. 2 B Gresik Jawa Timur Indonesia
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Jendela Pendidikan
Published by Universitas Gresik
ISSN : 20894554     EISSN : 26223635     DOI : -
Core Subject : Education,
Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2020): Jendela Pendidikan" : 8 Documents clear
PERENCANAAN DAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKKAN MANUSIA SEUTUHNYA DI SD YIMI FULL DAY SCHOOL GRESIK adri janti; Taufiq Harris; Silvana Agustin
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 9 No 2 (2020): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v9i2.1061

Abstract

Perencanaan dan pengimplementasikan pendidikan karakter mampu mengembangkan dan meningkatkan kualitas peserta didik serta dapat menggunakan pengetahuannya secara mandiri dan menginternalisasikan nilai-nilai karakter kedalam perilaku sehari-hari Rumusan Masalah pada penelitian ini (1) Bagaimana Perencanaan Pendidikan Karakter di SD YIMI FULL DAY SCHOOL Gresik? (2) Bagaimana Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai upaya Pembentukan Manusia Seutuhnya di SD YIMI FULL DAY SCHOOL Gresik?. Jenis penelitian deskriptif dengan strategi studi kasus, teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara terbuka dan terstruktur dilengkapi dengan observasi partisipasi pasif serta Dokumentasi. Jenis analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Kegiatan analisis data tersebut, yaitu: data reduction; data display; conclusion drawing/verification. uji keabsahan data antara lain; uji credibility (validitas internal), tranferability (validitas eksternal), dependability (realibilitas) dan confirmability (obyektifitas) Pengelolaan pendidikan karakter di SD YIMI Gresik ada beberapa tahapan persiapan dalam pengelolaan pendidikan karakter yaitu sosialisasi pendidikan karakter dan Penyusunan Kurikulum yang dilakukan satuan pendidikan. Pelaksanaan pendidikan karakter di SD YIMI Gresik dilaksanakan dengan metode pengajaran terpadu (integrated learning) dengan mengintegrasikan segala aspek yang akan menunjang pencapaian tujuan dan memberikan berbagai kemampuan dasar yang lengkap dan menyeluruh kepada siswa Perencanaan pendidikan karakter SD YIMI Gresik yaitu berkaitan dengan perencanaan sekolah dalam pengelolaan pendidikan karakter, perencanaan program pendidikan karakter,serta perencanaan kurikulum pendidikan karakter. Demikian nilai-nilai karakter yang ditekankan dan menjadi perhatian paling utama bagi SD YIMI Gresik yaitu religius, disiplin, tanggung jawab dan kejujuran. Sedangkan penerapan pendidikan karakter pada peserta didik melalui pengintegrasikan pada mata pelajaran terutama pengelolaan nilai religius, disiplin, dan tanggung jawab, serta melalui program kegiatan PAS (Panduan Anak Sholeh), sholat berjama’ah sholat dhuha, dhuhur dan Ashar, Murrotal pembinaan baca Qur’an dan akhlaq setiap pagi, Spiritual Quotieon Muhasabah, istighotsah. Program kegiatan tersebut merupakan sebagai upaya pembentukan manusia seutuhnya di SD YIMI Gresik. Kata Kunci : Pendidikan karakter, Pembentukan Manusia seutuhnya
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA ISLAM DUDUKSAMPEYAN GRESIK TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017 Sri Sundari; Enggar Pinasti Putri
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 9 No 2 (2020): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v9i2.1052

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa permasalahan yang menjadi hambatan dalam dunia pendidikan yang saat ini dirasa jauh dari cita – cita bangsa. Hal ini di buktikan dengan kemerosotan moral pada anak dan kalangan remaja pada hari ini. Dalam realitanya, kehausan peserta didik akan sentuhan nilai – nilai karakter sangatlah terasa. Salah satu penyebabnya mungkin dikarenakan dalam prosesnya, pendidik lebih menekankan pada nilai kognitifnya dibandingkan dengan nilai afektifnya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang pendekatannya melalui pengamatan yang dilakukan sendiri dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Dengan subyjek penelitiannya adalah kepala sekolah, para pendidik, serta peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Sekilas pandang, implementasi pendidikan karakter yang ada di SMA Islam Duduksampeyan Gresik dilakukan melalui penanaman nilai – nilai karakter dan nilai – nilai akhlak yang diterapkan melalui pembiasaan serta suri tauladan yang baik, dimana pembelajaran akhlak tersebut mengacu pada ajaran ahlussunah wal jama’ah.Tidak dapat dipungkiri, bahwa implementasi pendidikan karakter di SMA Islam Duduksampeyan Gresik memiliki beberapa faktor penghambat dalam penerapannya, namun hal tersebut mampu diatasi oleh pendidik dengan cukup baik. 
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Metode Gallery Walk di SMK Negeri 2 Magelang Evi Santi Sasandaru
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 9 No 2 (2020): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v9i2.1149

Abstract

Metode pembelajaran konvensional disinyalir menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa Kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP-2) pada Mata Pelajaran (Mapel) Otomatisasi dan Tata Kelola (OTK) Sarpras di SMK N 2 Magelang. Dalam metode tersebut siswa masih kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran dan cenderung berorientasi pada teacher center. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII OTKP-2 pada Mapel OTK Sarpras dengan menggunakan metode gallery walk. Penelitian dilakukan melaui observasi dan kuesioner untuk mendapatkan data hasil belajar siswa didukung dengan catatan harian oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai prasiklus kategori lulus baik dan amat baik mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai pre test kategori baik meningkat sebesar 10% dan amat baik meningkat 18,5%, sedangkan pada siklus II kategori baik nilai pre test 15% pos tes 37,5%, sedangkan nilai amat baik pada siklus II pre test 80% dan pos tes 95% berarti terjadi peningkatan untuk kategori baik sebesar 70% sedangkan kategori nilai amat baik meningkat sebesar 65% dari 15% pada siklus I meningkat 80% pada siklus II. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan ari 67,5% siklus I menjadi 95% siklus II. Pembelajaran dengan metode gallery walk mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam praktik bermain peran sebagai pendemonstrasi yang memamerkan hasil (gallery) dan sebagai pemerhati. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengamatan pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut, yaitu keaktifan siswa pada siklus I 75% sedangkan siklus II 90% meningkat 15%. Pembelajaran dengan metode gallery walk mampu meningkatkan kerjasama antar siswa pada saat memamerkan (gallery) hasil kerja kelompok. Kerjasama antar siswa meningkat dari 80,05% siklus I menjadi 87,5% meningkat sebesar 7,5%. Saat menggunakan metode gallery walk guru hendaknya memperhatikan faktor psikologis siswa dan mampu menyusun skenario pembelajaran dengan kreatif agar pembelajaran tidak membosankan bagi Siswa. Sekolah hendaknya menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran seperti audio dan tempat praktek yang lebih memadai.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR DENGAN CUTTING SHOCK ABSORBER DEPAN SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO aci primartadi; Zainal Rohman Mahfudin
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 9 No 2 (2020): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v9i2.1047

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui bagaimana pembelajaran teknik sepeda motor dengan cutting absorber depan sepeda motor untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa universitas muhammadiyah purworejo, 2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran Teknik sepeda motor dengan cutting absorber depan sepeda motor untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa universitas muhammadiyah purworejo, 3) Penggunaan media pembelajaran teknik sepeda motor dengan cutting absorber depan sepeda motor untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa universitas muhammadiyah purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian adalah mahasiswa PTO semester IIIA dan IIIB yaitu semester IIIA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran dan semester IIIB dengan sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Instrumen pengumpulan data menggunakan pengisian angket. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pembelajaran alat peraga  dengan cutting absorber depan sepeda motor mahasiswa universitas muhammadiyah purworejo terbukti baik untuk memotivasi kegiatan belajar  setelah diadakannya pengembangan pembelajaran dengan media. Hasil uji coba kelompok kecil menggunakan angket yang melibatkan 5 siswa memperoleh skor 249 dengan presentase 83%, sedangkan hasil uji coba kelompok besar yang melibatkan 25 siswa memperoleh skor 1211 dengan presentase 80,73%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang termasuk kategori baik dan layak digunakan. Hasil analisis uji T menggunakan program SPSS pada motivasi belajar  diperoleh hasil nilai rata-rata perbandingan pada kelas kontrol 72,00 sedangkan kelas eksperimen 81,00 lebih besar dari kelas control. Dari hasil tersebut dapat dibutkikan bahwa media pembelajaran efektif dan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Kata kunci: Pengembangan Media cutting shock absorber, Motivasi belajar.
MENUMBUHKAN MINAT LITERASI SISWA DI SEKOLAH MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH fahimatul anis; Siti Bariroh
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 9 No 2 (2020): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v9i2.1055

Abstract

Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia.Pemerintah dalam hal ini menjadikan kebiasaan membaca sebagai kegiatan wajib bagi setiap anak dengan harapan kelak menjadi budaya dalam kehidupan mereka. Untuk itu pemerintah mengajak seluruh stake holder pendidikan ikut andil dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah, mulai dari keluarga, sekolah hingga masyarakat.Untuk mengimplementasikan penumbuhan budaya literasi di sekolah diperlukan langkah-langkah sebagai berikut: persiapan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut. Persiapan merupakan kegiatan menyiapkan bahan, personal, dan strategi pelaksanaan. Pelaksanaan merupakan operasionalisasi yang telah dipersiapkan. Pemantauan, evaluasi, tindak lanjut merupakan kegiatan untuk mengetahui efektivitas kegiatan literasi yang telah dilaksanakan. Penumbuhan literasi di sekolah dapat dilakukan melalui kegiatan rutin dan kegiatan insidental. Kegiatan tersebut dilakukan dalam tiga tahapan literasi yaitu tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Key word: Literasi, siswa, sekolah
Kebijakan Standar Proses dan Pencapaian Kebijakan Standar Kompetensi Lulusan (Studi KasusSD YIMI Gresik) Etiyasningsih Etiyasningsih; Norhadi Norhadi
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 9 No 2 (2020): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v9i2.1038

Abstract

Ketentuan Umum Pasal 1 Ayat (3) Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Menjelaskan, Sistem pendidikan Nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan.  Pelaksanaan standar proses di sebuah sekolah berdasarkan pedoman Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Menteri ini menerangkan bahwa proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk itu setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan. Penelitian ini difokuskan pada satuan pendidikan di era otonomi ditinjau dari kajian standar proses adalah kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mengambil lokasi penelitian di SD YIMI Gresik  berada dikawasan Kabupaten Gresik. Data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini, disesuaikan sebagaimana fokus yang telah ditentukan, yaitu; 1) sumber data primer berasal dari informan yaitu seluruh yang terlibat dalam pengelolaan sekolah, seperti pengurus yayasan, kepala sekolah, para guru, tenaga kependidikan dan peserta didik, bahkan wali murid, adapun infoman kunci. Dan selanjutnya ditentukan secara snow ball sampling hingga proses pengumpulan data benar-benar jenuh. Kemudian data sekunder sebagai data pendukung dan pelengkap data primer – dalam bentuk dokumen yang ada di sekolah, dan juga yang ada pada wali-murid, dinas pendidikan dan dokumen-dokumen yang lain yang terkait dengn sekolah tersebut. Kebijakan standar proses dan standar pencapaian kompetensi lulusan Mata Pelajaran UASBN di SD YIMI Gresik “FULL DAY SCHOOL” perlu ditingkatkan dan disempurnakan karena pencapaian kebijakan standar kompetensi lulusan belum sempurna meskipun telah dilaksanakan optimalisasi standar proses pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran mata pelajaran UASBN belum semua sistematis karena belum semua ada sinkronisasi antara tujuan, materi, skenario, metode, dan media, serta penilaian dalam pengembangannya. Kebijakan standar proses dan standar pencapaian kompetensi lulusan mata pelajaran Ujian Nasional lebih disempurnakan lagi agar pencapaian kebijakan standar kompetensi lulusan Ujian Nasional dapat ditingkatkan lagi.Kata Kunci: Kebijakan, Standar Proses, Pencapaian Kebijakan, dan Standar Kompetensi Lulusan
Problematika Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Terhadap Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Lombok Tengah) Arif Widodo; Nur Saptini
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 9 No 2 (2020): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v9i2.1060

Abstract

Implementasi pendidikan karakter terhadap siswa berkebutuhan khusus tidak mudah, terutama bagi penyandang tuna laras dan hiperaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan dalam menerapkan pendidikan karakter.Lokasi penelitian ini terletak pada salah satu sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif di daerah Lombok Tengah.Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus.Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi secara mendalam.Sumber informasi utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas. Sumber pendukung dalam penelitian ini berasal dari artikel jurnal ilmiah, buku referensi, laporan penelitian dan sumber lain yang relevan. Masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana permasalahan yang dihadapi sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter terhadap anak berkebutuhan khusus, (2) bagaimana upaya sekolah dalam mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui permasalahan yang dihadapi sekolah antara lain anak berkbutuhan khusus sulit dikendalikan emosinya, perilakunya cenderung menggangu, sulit dinasehati, tidak menghiraukan perintah, menentang perintah, minat belajar rendah, dan bertindak sesuka hatinya. Upaya yang dilakukan sekolah dalam menghadapi permasalahan tersebut salah satunya dengan menggunakan pendekatan secara personal, keteladanan, memberikan perhatian lebih dan tidak memaksakan peraturan yang berlebihan.Pendekatan ini dirasa cukup efektif dalam mengendalikan perilaku anak berkebutuhan khusus.Walaupun demikian masih terdapat kesulitan dalam menjaga perilaku agar tetap baik, mengingat anak berkebutuhan khusus sering kambuh perilaku negatifnya.Hal ini dapat dipahami bahwa anak-anak berkebutuhan khusus berperilaku tidak baik bukan karena karakternya yang tidak baik, melainkan ada gangguan psikologis dalam dirinya.Solusinya adalah dengan memberikan bimbingan dan layanan yang sesuai agar mereka dapat berperilaku normal seperti anak pada umumnya.Kata kunci: pendidikan karakter, pendidikan inklusif, sekolah inklusi, anak berkebutuhan khusus AbstractThe implementation of character education for students with special needs is not easy, especially for people who are blind and hyperactive. This study aims to describe the problems faced by educational institutions in implementing character education. The location of this study is located in one of the elementary schools that provide inclusive education in Central Lombok. The paradigm used in this research is descriptive qualitative, using a case study approach. Data collection uses interviews and in-depth observation. The main sources of information in this study are the principal and class teachers. Supporting sources in this research come from scientific journal articles, reference books, research reports, and other relevant sources. The main problems examined in this study are (1) how the problems faced by schools in applying character education to children with special needs, (2) how the school's efforts in overcoming these problems. Based on the results of the study, it can be seen that the problems faced by schools, among others, children with special needs are difficult to control their emotions, their behavior tends to interfere, is difficult to be advised, ignores commands, opposes commands, low learning interest, and acts as they wish. One of the efforts made by schools in dealing with these problems is by using a personal approach, exemplary, giving more attention, and not imposing excessive regulations. This approach is considered quite effective in controlling the behavior of children with special needs. Nevertheless, there are still difficulties in maintaining good behavior, bearing in mind that children with special needs often recur negative behaviors. It can be understood that children with special needs behave improperly not because of their bad character, but rather a psychological disorder in themselves. The solution is to provide appropriate guidance and services so that they can behave normally like children in general.Keywords: character education, inclusive education, inclusive schools, children with special needs
Studi Relevansi Kurikulum S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang dengan Kompetensi Kerja di Sekolah Kejuruan dan Dunia Industri Khoirudin Asfani; Wahyu Nur Hidayat; Shofiyah Al Idrus
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 9 No 2 (2020): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v9i2.996

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat relevansi kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika (PTI) Universitas Negeri Malang, khususnya matakuliah Pemrograman Website, dengan kebutuhan kompetensi dalam mengajar mahasiswa sebagai guru KPL matapelajaran pemrograman website pada Sekolah Menengah Kejuruan di Malang, serta kompetensi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek pengembangan website di Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) pada saat melaksanakan kegiatan Praktik Industri (PI). Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Kurikulum Program Studi S1 PTI 2014, khususnya matakuliah Pemrograman Website, sangat relevan (85% dan 94%) dengan kompetensi yang dibutuhkan saat melaksanakan KPL dan PI 2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 8