cover
Contact Name
sulistiyanto
Contact Email
yantog98@gmail.com
Phone
+6281332986888
Journal Mail Official
jeecom@unuja.ac.id
Editorial Address
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jeecom/about/editorialTeam
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
ISSN : 27150410     EISSN : 27156427     DOI : -
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) is published by Engineering Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia. This journal encompasses research articles, original research report, : 1) Power Systems, 2) Signal, System, and Electronics, 3) Communication Systems, 4) Information Technology, etc.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022)" : 10 Documents clear
Pengawasan Nyamuk Aedes aegypti Menggunakan Ovitrap Dengan Metode Image Processing Dia Bitari Mei Yuana; Muhammad Diaz Ellyas Fenca Putra; Leovander Aditama Syahputra; Agil Gilang Chandra Saputra; Marzuki Akmal; Fatkhul Hidayah
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/jeecom.v4i1.3666

Abstract

Berdasarkan data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2020, kasus DBD (Demam Berdarah Dengue) tersebar di 472 kabupaten dalam 34 provinsi, sebanyak 95.893 kasus dan 661 angka kematian akibat DBD. Kasus Demam berdarah ini kian meningkat setiap tahunnya. Menurut keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), salah satu potensi DBD ditularkan ke manusia melalui gigitan Aedes aegypti betina yang terinfeksi. Gejala demam berdarah yang ringan dapat menyebabkan suhu badan tinggi, bintik merah pada kulit, rasa sakit pada otot serta sendi. Sementara itu demam berdarah dapat berakibat komplikasi yang dikenal dengan istilah dengue hemorrhagic fever, yang dapat menyebabkan Menorrhagia atau pendarahan yang berlebihan, serta Hipotensi atau penurunan tekanan darah secara ekstrem, bahkan menyebabkan kematian. Dengan urgensi terhadap DBD yang ditularkan oleh nyamuk ini, banyak masyarakat yang masih menggunkan cara manual untuk membasmi nyamuk, seperti menggunakan raket nyamuk ataupu kelambu. Cara itu dinilai kurang efektif dengan memakan banyak waktu dan tenaga serta hasil yang kurang maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah inovasi teknologi sebagai solusi alternatif dalam pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan masyarakat dalam membasmi nyamuk secara manual. Dalam tulisan ini, penulis mengembangkan inovasi teknologi menggunakan ovitrap dengan metode image processing. Alat yang diciptakan nantinya dapat menarik perhatian nyamuk dengan lampu uv, setelah itu nyamuk akan mati karena tersedot kedalam ovitrap. Selain itu, alat ini juga dapat mengambil gambar nyamuk yang terperangkap dan melakukan perhitungan serta pengklasifikasian nyamuk, yang kemudian ditampilkan pada aplikasi berbasis dekstop. Alat ini diharapkan dapat membantu masyarakat maupun Juru Pemantau Jentik (Jumatik) untuk menciptakan lingkungan yang terhindar dari bahaya DBD.
Kontrol Mesin Seasoning Dengan PLC DELTA DVP-SA2 Puji Khoriyanto; Agus Suprajitno; Bustanul Arifin
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/jeecom.v4i1.2951

Abstract

Dalam dunia industri, kecepatan dan efektifitas proses produksi sangat dibutuhkan agar bisa bersaing di pasar global. Semakin ketatnya persaingan dan  permintaan pasar mengharuskan proses produksi dilakukan dengan cepat, efisien namun tetap berkualitas. Saat ini proses seasoning masih dilakukan secara manual, sehingga proses seasoning memakan waktu yang lama dan tidak optimal. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi pada mesin seasoning agar proses produksi bisa dilakukan dengan kondisi yang paling optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, studi literatur, wawancara, dan dokumentasi. Mesin seasoning dirancang menggunakan weigher agar perpaduan antara produk dan bumbu bisa ditimbang secara otomatis. Dan kemudian produk akan dimixing di drum seasoning. Dari hasil perancangan, dilakukan pengujian pada mesin seasoning yang menghasilkan akurasi rata – rata weigher 99,53% dari berat sebenarnya. Drum seasoning dapat memixing bumbu secara rata sesuai yang diharapkan. Setelah dilakukan beberapa kali pengujian, dapat disimpulkan mesin seasoning dapat bekerja dengan baik dan jauh lebih optimal dibanding dengan cara manual
Perancangan Budidaya Pakcoy dan Lobster Menggunakan Sistem Aquaponic Berbasis Internet of Things Denny Trias Utomo; Muhammad Diaz Maulana Dhafin Rizqiandi; Dina Dwi Arika; Mochammad Ghazy Al Ghifari Hafid; Nicoela Jody Setiawan; Octavian Dava Putra Cahyono
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/jeecom.v4i1.3600

Abstract

Menurut Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo, pertumbuhan penduduk Sidoarjo pada tahun 2018 mencapai 2,2 juta jiwa yang artinya meningkat sebesar 1,62 persen dari tahun sebelumnya. Dari sisi jumlah penduduk, menempati urutan 4 se Jawa Timur setelah Surabaya, Malang, dan jember. Dengan pertumbuhan penduduk yang meningkat maka tidak menutup kemungkinan meningkatnya alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman. Oleh karena itu, budidaya pakcoy dan lobster menggunakan sistem aquaponic dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Sistem aquaponic dapat memadukan budidaya pakcoy dan lobster dalam satu wadah yang menghasilkan tumbuhan lebih baik dibanding dengan cara konvensional karena feses dan sisa pakan ikan memenuhi untuk nutrisi serta ketersediaan air. Untuk menunjang keberhasilan budidaya pakcoy dan lobster perlu memperhatikan beberapa aspek seperti intensitas air, kekeruhan air, suhu, kadar pH, dan pemberian pakan yang teratur. Jika aspek-aspek tersebut tidak diperhatikan maka lobster bisa mati dan pakcoy tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Oleh karena itu, teknologi yang diciptakan dengan banyak inovasi terbaru dan canggih diharapkan dapat membantu memonitoring dan mengontol alur sistem kolam.
Perancangan Sistem Monitoring Pergerakan Lobster Air Tawar Berbasis Internet of Things (IoT) Denny Trias Utomo; Abhinaya Fahar Laila; Dinda Amalia Julyandri; Miftakhur Rahman; Bilal Shandyarta Syamsudin
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/jeecom.v4i1.3625

Abstract

Lobster air tawar mempunya nilai ekonomis yang sangat penting dalam perdagangan dan juga menjadi komoditas unggulan di tingkat lokal maupun internasional. Peluang pengembangan budidaya lobster dipengaruhi oleh tingginya kebutuhan atau permintaan domestik maupun luar negeri. Di Indonesia usaha budidaya lobster air tawar hanya berkembang dalam skala kecil dan belum berkembang sebesar permintaan. Hal ini dapat dibuktikan dari rendahnya pengembangan dan produksi pada budidaya lobster air tawar di Indonesia. Jenis dan ukuran lobster juga dapat memengaruhi harga lobster air tawar menjadi sangat tinggi dan bervariasi. Selain itu, kualitas pada lobster air tawar juga dapat memengaruhi tinggi rendahnya nilai jual lobster. Oleh karena itu, diciptakanlah sebuah teknologi yang mampu memonitoring pergerakan lobster air tawar berbasis Internet of Things (IoT). Alat ini menggunakan 5 komponen yang terdapat pada alat ini. Komponen yang digunakan pada alat ini adalah raspberry pi 4, relay 4 channel, servo, lampu LED, dan power supply 12 volt . Dengan adanya alat ini para pembudidaya lobster air tawar dapat lebih mudah dalam  memantau pergerakan lobster air tawar dari jarak jauh.
Sistem Pelatihan Smart Innovation Untuk Atlit Taekwondo Menggunakan Sensor Multivariabel Dan Terintegrasi Dengan Website Selama Pandemi Covid-19 Ahmad Fahriyannur Rosyady; Adi Sucipto; Tegar Alam Qushoyyi; Dyiono -; Putri Adelia Khairunnisa; Arfan Astaraja; Owen Pratama Endramawan
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/jeecom.v4i1.3671

Abstract

Saat ini, pertumbuhan Covid 19 di Indonesia sangatlah signifikan, Pada Oktober 2021, jumlah kasus Covid-19 yang dilaporkan tumbuh relatif . Indonesia dan negara lain masih dihantui oleh gelombang ketiga Pandemi Covid-19. Pandemi ini berdampak pada semua sektor, terutama sektor olahraga. Atlet tidak bisa berlatih dengan aman karena atlet harus mengikuti protokol kesehatan. Dalam penelitian ini, penulis mengembangkan platform IoT untuk membantu seorang atlet. Ini dapat berguna untuk memantau atlet taekwondo. Atlet dapat melakukan latihan di rumah. Ini dapat menghindari covid-19 dan menganalisis daya tahan dan kekuatan setiap latihan menggunakan sistem IoT. Metode dalam penelitian ini adalah metode Nielsen dan sensor multivariabel. Sensor multivariabel terintegrasi dengan 3 sensor dan berdasarkan berat, usia, dan tinggi dari atlet. Sensor detak jantung akan mendeteksi detak jantung pada atlet. Setelah itu, para atlet menendang dan mengolah data melalui esp32. Selama atlet menendang, sensor Piezoelektrik akan menerima data bersama dengan sensor Limit Switch. Setelah itu akan memproses data ke Esp32. Kemudian, 3 data sensor diakumulasikan dan ditampilkan di website dashboard. Menggunakan metode sensor multivariabel, berhasil mengukur jumlah tendangan, menganalisis ketepatan tendangan dan mengukur detak jantung atlet saat menendang. Dengan menggunakan metode Nielsen, tingkat usability testing dari penggunaan produk ini adalah 94%. Nantinya, produk ini akan dilengkapi dengan sensor pendeteksi pukulan dan pelanggaran dalam olahraga taekwondo.
Digitalisasi UMKM Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomis dan Inovasi pada Industri Kreatif Ahmad Fahriyannur Rosyady; Fadlil Liwaul Hamdi; Rachmadani Anggowo Rizky; Kennyo Gendis Putri Harli; Ahnaf Bawedan; Muhammad Andra Kusuma Ramadhan
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/jeecom.v4i1.3660

Abstract

Abstrak — Indonesia merupakan Negara dengan beraneka ragam suku dan kebudayaannya, banyak sekali ragam budaya dan kerajinan yang terdapat di Indonesia, salah satu kerajinan yang telah berkembang di Indonesia dengan menggunakan bahan baku kuningan, perak, alumunium, dan tembaga. Namun, Hanya sedikit dari banyak budaya nusantara di Indonesia yang dapat dikenal oleh kalangan masyarakat luas maupun internasional. Menurut Departemen Perdagangan RI, Industri Kreatif didefinisikan sebagai industri yang memanfaatkan keterampilan, daya cipta dapat menghasilkan serta menciptakan kreasi dan inovasi pada penciptaan. UMKM di era Digitalisasi dan Pemasaran 4.0 telah dipengaruhi oleh Teknologi Informasi serta Sistem Informasi.Riset pada bidang kerajinan Prasegi Seni membuat produk dan perhiasan yang unik, kreatif dan berkualitas internasional dengan harga kompetitif. Prasegi Art juga turut serta serta dengan motif ornament tradisional Nusantara. Kerajinan Kuningan ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya nusantara di bidang kerajinan dengan cara yang ditawarkan pasar lokal hingga internasional agar lebih dikenal oleh masyarakat luas tetapi tetap menarik, mengundang, dan terbuka tanpa meninggalkan lingkungan sekitarnya. Perkembangan Industri Kreatif juga belum signifikan setiap tahunnya. agar budaya nusantara bisa lebih dikenal oleh pasar global dan mendorong inovasi serta meningkatkan nilai ekonomis terhadap industri kreatif dan dapat bersaing secara global pada era 4.0 .Prasegi Art juga turut serta serta turut serta dengan motif ornament tradisional Nusantara. Kerajinan Kuningan ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya nusantara di bidang kerajinan dengan cara yang ditawarkan pasar lokal hingga internasional agar lebih dikenal oleh masyarakat luas tetapi tetap menarik, mengundang, dan terbuka tanpa meninggalkan lingkungan sekitarnya. Perkembangan Industri Kreatif juga belum signifikan setiap tahunnya. agar budaya nusantara bisa lebih dikenal oleh pasar global dan mendorong inovasi serta meningkatkan nilai ekonomis terhadap industri kreatif dan dapat bersaing secara global pada era 4.0 . Prasegi Art juga turut serta serta turut serta dengan motif ornament tradisional Nusantara.Kerajinan Kuningan ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya nusantara di bidang kerajinan dengan cara yang ditawarkan pasar lokal hingga internasional agar lebih dikenal oleh masyarakat luas tetapi tetap menarik, mengundang, dan terbuka tanpa meninggalkan lingkungan sekitarnya. Perkembangan Industri Kreatif juga belum signifikan setiap tahunnya. agar budaya nusantara bisa lebih dikenal oleh pasar global dan mendorong inovasi serta meningkatkan nilai ekonomis terhadap industri kreatif dan dapat bersaing secara global pada era 4.0 .Kerajinan Kuningan ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya nusantara di bidang kerajinan dengan cara yang ditawarkan pasar lokal hingga internasional agar lebih dikenal oleh masyarakat luas tetapi tetap menarik, mengundang, dan terbuka tanpa meninggalkan lingkungan sekitarnya. Perkembangan Industri Kreatif juga belum signifikan setiap tahunnya. agar budaya nusantara bisa lebih dikenal oleh pasar global dan mendorong inovasi serta meningkatkan nilai ekonomis terhadap industri kreatif dan dapat bersaing secara global pada era 4.0 .Kerajinan Kuningan ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya nusantara di bidang kerajinan dengan cara yang ditawarkan pasar lokal hingga internasional agar lebih dikenal oleh masyarakat luas tetapi tetap menarik, mengundang, dan terbuka tanpa meninggalkan lingkungan sekitarnya. Perkembangan Industri Kreatif juga belum signifikan setiap tahunnya. agar budaya nusantara bisa lebih dikenal oleh pasar global dan mendorong inovasi serta meningkatkan nilai ekonomis terhadap industri kreatif dan dapat bersaing secara global pada era 4.0 .  Upaya agar tercakup dalam globalisasi yaitu dengan cara digitalisasi dan penerapan Marketing 4.0 yang diimplementasikan pada Website E-commerce. Teknologi E-commerce merupakan usaha dengan menggunakan Situs Web, Sehingga para pelaku usaha dapat meningkatkan hasil usaha dengan mudah. Kata kunci: Inovasi, Pemasaran 4.0, E-commerce. 
Perancangan Sistem Penyiraman Otomatis Pada Greenhouse Guna Meningkatkan Kualitas Bibit Tanaman Anggur (Vitis vinivera) Di Daerah Sidoarjo Denny Trias Utomo; Achmad Baihaqi; Haris Asysyauqi; Rizqi Azizissani; Abdulloh Haidar Azzam Ash'shobir; Herlambang Satria Wijaya
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/jeecom.v4i1.3581

Abstract

Teknologi di bidang industri pertanian dan perkebunan belum banyak dikembangkan, sehingga masih banyak petani yang melakukan penyiraman tanaman anggur dengan menggunakan cara manual. Penyiraman yang masih menggunakan cara konvensional memiliki kekurangan, seperti waktu dan tenaga yang banyak dan berulangnya pekerjaan dapat menimbulkan rasa jenuh. Untuk memaksimalkan hasil yang didapat, dibutuhkan teknologi yang dapat membantu petani dalam menyirami tanaman secara efisien dan tentunya efisien. Dari permasalahan diatas, penelitian ini ingin membuat alat agar dapat memudahkan petani dalam melakukan penyiraman tanaman anggur agar tidak membutuhkan banyakdan tenaga yang memakan waktu lama. Dengan hadirnya desain penyiraman diharapkan memudahkan petani dalam melakukan penyiraman tanaman anggur dengan efisiensi tinggi. Alat ini berguna untuk mendeteksi kelembapan dan suhu yang ada di dalam Greenhouse. Saat alat ini bekerja maka sensor akan otomatis mendeteksi kelembapan dan suhu yang berada di dalam Greenhouse tersebut, jika suhu kurang dari 23°C maka penyiraman akan otomatis aktif untuk meningkatkan suhu di dalam Greenhouse, sedangkan sudah mencapai 32°C maka penyiraman akan dilakukan secara otomatis . otomatis. akan otomatis berhenti.
Online Laboratorium Visit System using Microsoft Yetti Yuniati; Kaira Milani Fitria
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/jeecom.v4i1.3627

Abstract

Salah satu inovasi pembelajaran virtual adalah dengan memanfaatkan perangkat digital secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi pembelajaran online. Pengelola sistem bertanggung jawab atas kegiatan pembelajaran agar acara berjalan dengan sukses. Peran administrator adalah untuk mengatur lingkungan belajar dan sekaligus sebagai fasilitator pembelajaran. Sistem penyelenggaraan acara visitasi laboratorium secara online terkadang kurang efisien di sisi asisten laboratorium. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diusulkan suatu solusi mengenai pelaksanaan visitasi laboratorium online sebagai salah satu rangkaian kegiatan pembelajaran online. Dengan menggunakan rangkaian layanan produk Microsoft Office 365 dan Microsoft Power Platform, akan memudahkan event organizer untuk mengelola aktivitas pre-event dan post-event. Kata kunci : Pembelajaran virtual; Microsoft; Office 365; Power Platform; Metode Belajar
Evaluasi Keandalan Identifikasi RFID MFRC522 dengan Barrier Berbahan Dasar Plastik Berbasis Sistem Mikrokontroler Kresna Wirawibawa; Ratna Susana; Hendi H Rachmat
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/jeecom.v4i1.2930

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan evaluasi keandalan RFID (Radio Frequency Identification) pada sistem keamanan pintu ruangan berbasis sistem mikrokontroler. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana modul  RFID dapat membaca RFID Tag Card yang terdapat barrier berbahan dasar plastik. Perancangan dan implementasi prototype sistem keamanan pintu ruangan terdiri dari modul RFID MFRC522, RFID Tag Card, mikrokontroler ATMEGA328, liquid crystal display (LCD), solenoid door lock dan power supply. Pengujian dilakukan dengan cara RFID Tag Card dilapisi dengan plastik mika. Terdapat 3 ukuran ketebalan plastik mika yang akan diuji yaitu 0,12 mm; 0,23 mm; 0,35 mm dimana ukuran ketebalan tersebut telah diukur menggunakan mikrometer sekrup. RFID Tag Card yang telah dilapisi oleh plastik mika tersebut akan di-scan oleh RFID Reader dengan jarak 1 cm dalam posisi sejajar. Pengambilan data dilakukan  sebanyak 30 kali setiap 15 detik untuk RFID Tag Card yang terdaftar dan tidak terdaftar. Dari hasil evaluasi tersebut, diperoleh bahwa modul RFID MFRC522 dapat membaca RFID Tag Card meskipun terhalang oleh benda berbahan dasar plastik (plastik mika) dengan persentase keberhasilan sebesar 100%.
Perancangan Alat Pengendalian Ketinggian Air Pada Tangki Dengan Menggunakan Kontroler Fuzzy Ranu Setyobudi; Abdul Munib; Ilmirrizki Imaduddin; Sulistiyanto Sulistiyanto; Amalia Herlina
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/jeecom.v4i1.6220

Abstract

Kendali tinggi muka cairan merupakan sebuah sistem pengaturan yang banyak di lakukan oleh industri – industri petrokimia, pabrik pembuatan kertas maupun di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Teknik kendali fuzzy merupakan salah satu alternatif pengendali yang menggunakan sistem pakar (logika manusia) sebagai pengendali, sehingga tidak memerlukan pengetahuan tentang parameter – parameter dari sistem. Teknik kendali fuzzy juga mempunyai kemampuan komputasi yang ringan. Maka pada tugas akhir ini di di rancang suatu alat “ Pengendalian Ketinggian Air Pada Tangki Dengan Menggunakan Kontroller Fuzzy “.Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat alat yang dapat mempermudah untuk mengatur ketinggian permukaan cairan pada tanggki penampung serta mengamati kinerja  kendali fuzzy. Pengendalian di lakukan dengan mengatur bukaan valve pada tangki penampung. Dari hasil penelitian tersebut di peroleh data pada setpoin 56, valve berada pada sudut 0° bersetatus buka semua (BS), pada waktu detik pertama atau 1 detik dan pada setpoin 41, valve berada pada sudut 45° berstatus setengah nutup ( SN ), di detik ke 13, dan valve akan bersetstus nutup semua ( NS ) jika valve berada pada sudut 90°, pada set poin 29, dengan waktu 1620 detik atau 27 menit.Kata kunci : Valve, Ketinggian Air, Kontroller Fuzzy

Page 1 of 1 | Total Record : 10